Senin, 27 Mei 2013

5 Penyebab Saat Jumatan Malah Ngantuk


Pergi jumatan udah jadi rutinitas yang wajib dilaksanain oleh setiap cowo tanpa terkecuali. Hari jumat waktunya pendek tapi berkahnya banyak, ngga putus-putus sama kayak rasa kantuk. Ngga tau kenapa asal jumat banyak yang awalnya fit bertenaga, namun kemudian rasa kantuk malah datang.
Banyak faktor-faktor teknis yang bikin ngantuk malah muncul dadakan, kemudian selesai jumatan malah ngantuk mendadak hilang. Nah gue mau ngasih tau kenapa ngantuk banyak banget muncul di setiap kaum jamaah jumatan sekalian, cekidot:

1. Khutbahnya Terlalu Panjang
Pak khatib kadang sih punya visi dan misi beragam ada yang menceramahi, ada yang mengingatkan dan ada yang juga malah curhat pengalaman pribadi dan jamaah yang dengerin.

Yang ngga enak banget yang khutbahnya melenceng topik kerohanian dan malah ke unsur politik  atau  masalah-masalah lainnya yang jamaah mengerutkan dahi tanda tak ngerti khutbah apa yang disampaikan khatib.

Banyak jamaah yang mengalihkan pandangan ke arah lain, misalnya memperhatikan kaligrafi yang ada di masjid, nulis-nulis sesuatu di lantai masjid pake tangan atau menoleh ke luar masjid ngeliat sandal mana yang layak di bawa pulang bagi yang doyan ngerampok sandal alias curandal. *Jangan di Tiru*

Khutbah yang panjang selain bikin jamaah yang berada di dalam bengong, juga bikin jamaah yang di luar masjid kelelahan nunggu sambil berdiri nungguin di pagar luar masjid.Hari jumat identik dengan panas, kondisi beginia yang jamaah yang terlambat ganteng ke masjid rela nutupin kepala pake sajadah atau kipas-kipas wajah pake peci.

2.      Suara khatib Membius Tidur
Hal lain yang awalnya cuman ngantuk  malah naik level ketiduran. Sebenarnya tidur itu ibadah dan ngantuk itu pra-ibadah, tergantung lokasi dan pengaruh yang bikin kenapa ngantuk itu muncul. Iya.. suara dan intonasi yang dimaini khatib punya andil yang bikin ngantuk itu muncul. 

Materi yang beliau tersampaikan malah lebih mirip suara-suara nyanyian yang bikin ngantuk pengantar tidur sambil duduk bersila dan pandangan kepala tertunduk ke bawah.

Hampir sama seperti poin pertama, yang menyebabkan jamaah mengantuk banyak pengaruh besar dari khutbay yang monoton. Efek lanjutan khutbah yang panjang dan monoton tadilah yang bikin jamaah sulit fokus dan banyak yang menyerah dan mengantuk. Jadi suara, isi khutbah dan waktu punya korelasi tepat bikin jamaah pada ngantuk berdasarkan analisa gue.

3.  Suasana Tempat/Shaf Enak Buat Tiduran
Pemilihan shaf  atau tempat yang kamu dapatin selama pergi jumatan juga punya pengaruh yang bikin ngantuk ikut datang. Well.. gue mau jelasin sedikit, shaf yang paling enak itu yang ada sandaran di belakangnya ada tiang masjid dan berada di lokasi perputaran kipas angin, apa itu kipas angin kek baling-baling bambu Doraemon atau kipas angin putar, yang pasti itu sama-sama adem.

Ngga tau kenapa asal jumatan shaf depan belum penuh, tapi banyak jamaah yang rela buat nyari tiang buat sandaran sama kipas angin.
Oh iya gue punya sedikit Qoute keren:

Dan ingatlah semua bahwasanya yang namanya sandaran itu enak dan bikin ketagiahan buat ngga ninggalin, kecuali sandaran sama bahu jalan
4.      Capek Pulang Kuliah atau Kerja 
Waktu antara keluar sekolahan, kuliahan sama kerja hampir berdekatan buat jumatan. Mau jumatan di dekat sekolah, kampus atau dekat kampus jadi serba salah, apalagi banyak yang pulang. Apa boleh buat harus pulang cepat-cepat sambil bergegas pergi jumatan.

Kondisi yang pertama yang kamu rasakan ialah capek numpuk ke sendi-sendi, otot kaku dan otak tiba-tiba kekurangan oksigen sambil mulut nguap-nguap minta mata menutup diri saat pak khatib lagi menyampaikan materi khutbah. Di tahap itulah akhirnya kamu beranjak ke alam mimpi sejak.

Semua itu awalnya dari  aktivitas padat dari paginya yang bikin kamu ngga sempat break sejenak saja walaupun buat menarik nafas, berefek kamu ngga bisa dapat intisari khotbah yang bisa bawa pulang. Kadang sih kondisi begini ngga bisa disalahin. Tips dari gue cuman satu, banyak-banyak berwudhu, karena wudhu bikin mata ngga cepat kehabisan watt dan badan tampak segar.

5.   Ngga Sempat Mandi dan Langsung Ke Masjid
Pengaruh lain bikin ngantuk ialah sebelum jumatan lupa mandi dan langsung berangkat ke masjd dengan alasan: harus antrian mandi masih panjang, udah telat dan yang parah memang ngga tau diri.

Mandi sebelum jumatan bukan kewajiban, hanya sunnah. Well..!!! banyak yang beranggapan ngga mandi dan pergi apa adanya. Dengan baju kantoran atau kuliahan yang bau matahari. Pas kipas memutarkan angin di dalam masjid, bikin hawa baunya pindah ke mana-mana.

Kembali lagi ke masalah kenapa kalo ngga mandi langsung ke masjid bikin ngantuk..?
Dengan ngga mandi bikin kondisi badan lengket dan seakan-akan aktivitas yang kamu lakukan sebelum bikin dirimu kehilangan tenaga saat ke masjid.

Saat itulah kenapa banyak jamaah yang diam ngga gerak-gerak, pas di liatin udah terkujur tidur sambil kepala nunduk ke lantai. Andai saja kamu mandi hal beginian ngga terjadi, paling kurang badan keliatan lebih segar dan ngantuk bisa tertunda sejenak dan ngga ganggu jumatan.

Apa penyebab lainnya kamu mengantuk saat Jumatan, silakan berbagi pengalaman di kolom komentar, sekian.

Share:

2 komentar:

  1. Saya selalu mandi jumat tapi kadang tetap aja ngantuk ... mungkin karena godaan ngantuk dari setan yang terkutuk

    BalasHapus
  2. Mungkin kipas angin dan sandaran dinding yang jadi andil bear buat ngantuk datang.

    BalasHapus

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis