Rabu, 18 September 2013

6 Kebiasan Nyeselin Saat Jumatan

Saat jumat jadi agenda wajib bagi para kaum lelaki muslim untuk mengikutinya, terutama diwajibkan meninggalkan segala aktivitas yang dilakukan dengan segera bergegas-gegas menuju masjid untuk mengikuti prosesi salat jumat dengan khidmat. 
Kadang sih banyak para jemaah yang berbondong-bondong ke masjid dengan maksud dan tujuan yang berbeda baik itu untuk mendapatkan pahala yang hakiki atau cuman buat ngerasain tempat yang sesuai atau kebiasaan yang mungkin bersifat unik bila diperhatikan.

Nah di sini gue mau sedikit menjabarkan berbagai kebiasaan unik yang cuman bisa ditemukan saat pelaksanaan salat Jumat. Kata sebagian orang terutama kaum hawa, Salat Jumat bisa menaikkan kadar ganteng, walaupun korelasinya cukup jauh dan tidak masuk akal antara tampang dengan ibadah. Menurut anggap gue itu hanya bentuk motivasi biar kamu rajin Jumatan sehingga menambah devisa pahala kelak, akan siapa sih yang ngga mau dengan lelaki taat. 

Selama pelaksaaan salah jumat banyak ditemui keganjalan-keganjalan yang buat jemaah lain terganggu, Nah mungkin di sini termasuk kebiasaan yang sering kamu liat dalam atau mungkin yang sering kamu rasakan saat Jumatan. Cekidot:

1.   Bersandar di Dinding dan Tiang Masjid
Kadang sih begitu banyak para jemaah yang datang cepat namun rela berada di belakang untuk bersandar di dinding atau di tiang-tiang masjid. Adanya yang menganggap sebagai tempat yang paling nyaman buat meluruskan tulang-tulang setelah setengah penuh harian beraktivitas.

Dan juga ada yang beranggapan orang yang bergolongan darah A yang punya hobi nyandar di dinding, tapi bila yang bergolongan darah A telat datang ke masjid, sama aja harus nunggu di luar. Dinding dan tiang adalah tempat favorit semua jemaah, makanya kalau jumatan datang cepat, bila tidak siap-siap ngga bisa bersandar dengan santai.

2.    Berada Dekat Hembusan Kipas Angin
Waktu salat jumat yang jatuh tepat tengah hari dan umumnya uap panas dari luar begitu menyengat dan bikin para jamaah berkeringat walaupun sebelumnya sudah mandi dan pake wangi-wangi dari rumah. Kebanyakan para jemaah banyak mencari tempat yang punya masukan atau perputaran udara yang segar dan itu berasal dari "kipas angin".

Ya begitulah, di setiap sudut masjid ditemukan begitu banyak kipas angin yang berputar dengan kecepatan yang beragam, tergantung dekat atau jauhnya target. Itulah prinsip yang berlaku bila mau dapat angin segar maka dekatlah dengan kipas angin terdekat. Marilah merapat di dekatnya dan rasakan segarnya saat di luar udara begitu terik menyengat, kipas angin adalah salah satu pemberi rasa segar yang tak ada lawannya.

3.      Sibuk Main Gadget
Dunia saat ini begitu di sokong dengan kemajuan informasi yang begitu cepat dan apabila kita tertinggal sejenak saja, begitu banyak info yang terlewatkan. Tapi kadang sih kamu harus tau tempat bergadget ria dan jangan sampai bisa-bisanya lupa tempat, misalnya di masjid saat pelaksanaan Jumatan apalagi khatib lagi wah-wahnya menyampaikan materi kamu malah sibuk dengan gadget di tangan. Salah satu hal yang dilakukan bagi yang gila gadget ialah update status live tweet via masjid.

Kadang sih ada baiknya juga sih nyampain apa yang diberikan langsung oleh khatib, seperti materi yang disampaikan atau tata acara salat jumat masjid A. tapi kadang sudah berlebihan apa yang di live tweetnya. Misalnya: gue sekarang lagi di samping om kantor, kasihannya keteknya basah. mungkin deodorannya ngga ampuh.

Atau mungkin begitu banyak yang maen game ria dibelakang, sampai-sampai hingga level akhir game itu. misalnya game pokapong, gila seru-seruan sampai kadang sih khatib sudah hampir turun mimbar gue masih maen. ini jemaah berat banget dan jangan ditiru.

4.      Salah Pake Kostum
Jumatan sih kita menghadap Allah SWT dengan sejenak mempersiapkan diri sebaik-baiknya salah satunya ialah pakaian yang kita kenakan. Kadang sering kita memperhatikan bahwa ada jemaah yang salah pake baju. Bayangin aja pergi jumatan malah pake kostum tim sepak bola kesayangan trus dibelakang bajunya tertulis namanya. 

Langsung deh dia dicap buruk dan namanya cukup dikenal dikalangan sekitarnya. Atau yang salah pake pakaian bergambar partai atau mungkin yang penuh tulisan di belakangnya. Kasihan yang dibelakang pas salat, bukannya baca al-Fatihah atau surat pendek, eh malahan baca mantra yang tertulis di baju orang di depan kita. Ampunilah mereka yang khilaf.

5.      Telat dan Nerobos Shaf Depan
Ini sih kebiasaan buruk jemaah yang bikin banyak jemaah lain mengeritkan dahi tanda marah. Hufft....!!! gue sih termasuk yang marah dengan tindakan yang tidak terpuji dalam tata tertib jumat. Masak gue datang yang paling cepat, maksudnya lumayan cepat. Eh malah yang datang telat langsung menerobos ke depan "bikin gondok". Tapi sebaiknya hal ini ngga usah kamu lakukan.

Semakin cepat datang ke masjid maka semakin besar pahala yang kamu dapat. Trus bila kamu temukan tipe jemaah yang kayak begini sebaiknya ditegur dengan baik selain dia ngga malu kamu juga ngga kena marah. Bisa aja pak ustad!!

6.     Nunggu di Luar Masjid
Ini sih banyak yang beginian, sudah datang cepat tapi malah nongkrong di luar masjid itu bisa duduk di dekat kios atau mungkin para penjaja makanan yang berseliweran di sekitar masjid. Mereka sih  umumnya berkata ini: di luar masih bisa mendengarkan khatib menyampaikan materi trus pas khatib baru turun mimbar baru mereka bergegas-gegas mengambil wudhu dan pergi salat Jumat.

Wah nih mungkin sebagian mau cari angin segar mumpung di dalam terbatas, tapi lebih baiknya bila kamu di dalam masjid biar kesan religiusnya kena banget ke hati. Terus siap salat baru kamu bisa ke mana aja memulai kembali aktivitas tadi yang belum selesai.
Apa sajakah kebiasaan nyeselin yang kamu liat, silakan share di kolom komentar. Bye!!!
Share:

2 komentar:

  1. SENDAL ILANG ---
    Gak tau deh siapa yang ngambil... mau minta cek CCTV sama pengurus mesjid kayaknya gak mungkin juga ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusi terbaik adalah sendal mas ngga hilang adalah bawa sepatu. Bila hilang nantinya bukan sendal tapi sepatu.

      Hapus

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis