Minggu, 22 Desember 2013

Buku itu Gudang Pengetahuan, Kasihan Kalau tak Dirawat

buku gudang pengetahuan
Sebagai pribadi yang punya segudang buku koleksi yang beragam akan terasa begitu  sia-sia andai buku yang dibeli dari hasil keringat dan mengumpulkan uang jajan harus jadi kuning dan bau apek tak terawat.

Pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia memang benar adanya, sejumlah tulisan yang orang lain tulis jadi sebuah referensi kita akan ketidaktahuan. Dengan membaca buku kita bisa merasakan banyak dunia dan imajinasi orang lain dalam satu bacaan.

Nah, selaku rang yang sangat suka membaca dan membeli buku, kadang kita semua lupa cara merawatnya dengan benar. Banyak buku yang telah dibaca malah seperti terabaikan dan terasa apa yang telah dibaca kadang seperti tak berharga seperti pertama dibuka kulit sampulnya.

Sebenarnya buku adalah investasi yang begitu besar dan apalagi sejumlah buku jadi koleksi dan punya nilai tinggi di masa depan. Bingung bagaimana cara merawatnya? Saya mau membagikan bagaimana cara merawat buku dengan baik yang mana tetap terasa seperti kala dibeli di toko buku tempo dulu.

1.      Menyediakan Rak Khusus
Rak buku jadi tempat paling penting agar buku tidak berantakan, selain tidak tercecer ke mana-mana. Rak buku juga sebagai tempat membuat buku tersusun rapi sesuai dengan genrenya.

Rak pulalah yang membuat buku bisa tersusun secara rapi terutama dengan cara berdiri. Buku yang saling bertumpuk-tumpuk cenderung tidak awet karena memudahkan perkembangan jamur pada kertas buku.

2.      Menyampul Buku
Memang terlihat begitu sepele, tetapi dengan menyampul buku akan membuat usianya lebih panjang dan jauh dari tumpukan debu. Debu dan air jadi musuh utama yang buat usia buku pendek. Salah satu caranya adalah dengan menyampul buku dengan baik dan benar. 

Sampul yang rusak akan mempengaruhi usia buku tersebut, jelas dengan menyampul akan mampu mengurangi bakteri pada buku yang dapat membuat buku tersebut tidak layak baca lagi.

3.      Jangan Biasakan Melipat Buku
Saya pribadi paling tidak senang andai buku yang saya beli dan dipinjamkan oleh orang lain dalam keadaan banyak halaman yang terlipat. Atau tertekuk sehingga meninggalkan garis tebal di halaman cover.

Seperti yang harus diketahui bahwa buku yang terlibat dalam waktu lama akan mempengaruhi kertasnya dan juga estetika buku. Sebaiknya gunakan pembatas kertas setiap berhenti membaca bukan dengan melihat halaman sebagai penanda.

Andai orang yang malas membaca, jadinya hampir setiap halaman ada bekas lipatan. Kasihan bukan bukunya, apalagi itu termasuk buku mahal dan kesayangan pemiliknya.

4.      Sering Bersihkan Buku
Tak hanya pemiliknya saja yang harus bersih, buku juga harus merasakan hal istimewa itu juga. Upayakan setiap sebulan sekali dilakukan pembersihan buku dari segenap debu yang mengepul.

Cara ini cukup menjaga buku tetap terlihat baru, bak aset yang begitu berharga. Buku juga butuh perhatian khusus dengan perhatian lebih yang ia berikan dari sejumlah informasi yang ia berikan. Ibarat simbiosis mutualisme.

5.      Bersihkan Tangan
Tangan juga mempercepat proses rusaknya buku, bukan hanya dari faktor melipat dan menekuk buku. Tangan yang kotor rentan merusak kertas buku akibat perkembangan jamur ke kertas buku.

Itulah mengapa negara maju menganjurkan mencuci tangan hingga bersih sebelum membaca buku. Jadi segala kotoran di tangan tidak berpindah ke buku juga lembaran buku yang kotor juga dapat menyebarkan penyakit ke pembaca buku lainnya

6.      Buat Perjanjian dengan Peminjam
Menyakitkan bukan, buku yang dipinjam oleh orang lain bisa rusak sedang dirimu sendiri sudah berupa keras menjaganya. Memang ilmu itu tidak boleh pelit termasuk dalam meminjamkan sejumlah buku, tapi harus ada peraturan ketat yang mengatur.

Buat perjanjian seperti kerusakan dan kehilangan ditanggung oleh si pembaca. Jadi anda dengan leluasa meminta ganti rugi andai ada kerusakan kumpulan gudang ilmu yang dimiliki.

Itulah segala ara merawat buku dan jangan sampai mereka (read:buku) rusak akibat keteledoran anda atau orang lain. Semoga tips ini bermanfaat sob!.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Punya hobi membaca, mengobsevasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat musik EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis