Rabu, 01 Januari 2014

Tahun Baru Baru, Apa yang Pertama Dilakukan?


Awal tahun pun tiba, bau-bau tahun baru masih tercium apalagi bau bekas arang membakar ikan dan sisa kembang api. Hampir seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun baru selalu menyuguhkan berbagai harapan, semangat dan energi baru.

Untuk menyambut tahun baru, banyak yang ingin dilakukan. Pasti setiap tahunnya banyak hal yang segera diwujudkan. Berikut ini hal yang tidak bisa ditunda-tunda lagi, apa sajakah itu berikut ulasannya.

Punya kalender baru, Sudah jadi kewajiban yang dimiliki pertama kali di tahun baru adalah kalender baru. Walaupun punya berbagai jenis gadget yang memudahkan termasuk keberadaan aplikasi penanda hari dan tanggal, tetap saja ada yang kurang.

Kalender di gadget tidak memiliki tanggal libur terkecuali hari Minggu, sedangkan di kalender itu semua ada. Mulai dari liburan, cuti bersama, sampai tahun dari perhitungan seperti masehi dan Jawa ada. Keberadaan kalender tidak bisa ditunda-tunda dan sifatnya yang mendesak.

Dan bila anda belum memiliki kalender resmi ayo segera miliki karena akan terjadi hal buruk saat tak tahu ternyata hari libur, anda malah beraktivitas seperi biasa. Gawat bukan!!

Membuat resolusi, cara ingin sangat efektif dalam target yang ingin dicanangkan. Apa yang masuk ke dalam jangka pendek, menengah, dan panjang. Agar lebih efektif lagi, adalah membuat list-list yang masuk ke dalam resolusi yang diwujudkan. Itu bisa ditulis dalam bentuk catatan kertas atau via virtual di gadget.

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan membuat mindmap akan resolusi yang diinginkan. Ini begitu efektif membayangkan segala bentuk keinginan dan mimpi bisa berjalan.

Pengen banget punya mobil, sedangkan sekarang ke mana-mana masih naik motor. Tenang saja, mainkan mindmap anda seakan-akan naik motor rasa naik mobil. Seakan-akan kaki menginjak pedal gas, dan tangan seakan memegang setir kemudi.

Cara mindmap sedikit banyak berpengaruh kepada respons otak dalam mencapai tujuan dengan seakan-akan membiasakan diri pada yang belum dialami. Namun karena dianggapkan akan berhasil, otak akan berusaha sekeras mungkin mendapatkannya.

Jadi lebih baik, setiap tahun jadi bahan evaluasi terhadap sejumlah kinerja yang dilakukan. Apa memuaskan, cukup atau kurang, dengan itu bisa tahu lini mana saja yang bisa diperbaiki dan ditingkatkan. Nah.... bukan berarti yang sudah baik harus dikendurkan di tahun sebelumnya, tapi dipertahankan.

Mengisi dengan liburan, awal tahun cara terbaik adalah dengan liburan. Cuti yang berlangsung di awal tahun menjadi kesempatan merilekskan sejumlah pikiran. Apalagi efek liburan berpengaruh terhadap kinerja ke depan, ia mampu menghalau stres dalam jangka 6 bulan ke depan untuk satu liburan yang menyenangkan.

Tak usah jauh-jauh, cukup di dekat daerah anda dan rasakan sensasi liburan dengan melupakan segenap jenuh dan penat di tahun sebelumnya. So... di jamin sepulang dari situ anda merasa bertenaga kembali.

Itulah berbagai hal yang patut dicoba dan sekali lagi, selamat tahun baru dan menjalani rutinitas baru. Semoga memberikan inspirasi Ciao!!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Punya hobi membaca, mengobsevasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat musik EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis