Selasa, 28 Januari 2014

Uang Receh, Siapa Bilang Ngga Perlu!!!

uang receh

Zaman setiap saat berubah semakin maju dalam waktu singkat, duit yang dulu punya nilai yang tinggi malah di anggap biasa aja. Pengaruh inflasi dari tahun ke tahun membuat barang yang di beli beberapa tahun yang lalu semakin mahal. Bisa di lihat dari harga emas atau barang-barang yang punya nilai yang tinggi.

Dulu sih dengan uang recehan Rp. 50, Rp. 100, Rp 200 Rp. 500 dan Rp.1000 bisa buat beli snack ringan buat ganjalan perut. Sekarng sih sebahagian uang logam recehan banyak yang ngga laku. Bila lagi di zona parkir dan si tukang parkir minta duit parkir, malah banyak yang nolak di kasih Rp. 500 dan Rp.1000 yang logam. Rata-rata bilangnya gini:
Maaf mas, duit ini ngga laku lagi. Ada duit lain..?

Padahal bila di pikir-pikir kenapa juga pemerintah ngeluarin duit logam recehan kalo bukan buat transaksi sehari-hari, tapi banyak yang ngga nerima buat transaksi. #Payah
BTW.. jangan anggap remeh uang recehan logam yang banyak dikesampingkan banyak orang karena nilainya yang kecil dan susah di bawa karena berat dan berisik bila masuk dalam kantong. Well.. gue mau ngasih sedikit pencerahan tentang uang logam recehan yang punya banyak kegunaan yang banyak belum tau. Nah cekidot:

1.      Proses Undian
Seremonial pertandingan sepakbola pun selesai dilaksanakan, di sambut tepuk tangan dan yel-yel yang membahana dari penonton yang telah memenuhi stadion. Majulah kedua kapten dari kedua kesebelasan berbeda sambil menemui wasit. Nah dilakukanlah proses yang ngga asing baik yang doyan atau pecinta sepakbola  yaitu proses undian.

Beberapa saat sebelum kick off di mulai, wasit pun memulai undian dan yang pasti ngga pernah lupa bawa uang recehan yang ia keluarkan dari dalam sakunya.


Di tunjukan oleh dua pilihan apa itu angka atau gambar..?

Dan kedua kapten telah memilih dan langsung saja wasit melempar koin recehan ke udara dan di sambut oleh tangannya. Dan kubu A yang berhak memulai kick off duluan. ternyata uang recehan sangat penting di sisi ini tanpa melihat nominalnya.

Banyak cabang olahraga yang mempertemukan kedua belah pihak selain sepakbola yang menggunakan koin recehan buah cara penentuan yang adil dan ngga butuh waktu yang lama. Ngga kebayang bila uang recehan ngga ada, masak pemain harus gambreng, suit atau cara lain. Ngga keliatan elit banget keliatannya. jadi uang receh perlu dan keliatan sederhana tapi efektif cara penentuannya.

2.      Layanin Pengemis dan Pengamen
Berhenti di perempatan lampu merah, rame yang udah siap-siap nyambut paa pengendara. baik dari layanan syahdu pengamen, kata-kata pilu pengemis sampai goyangan banci yang bikin lampu merah terasa lama.

Rogoh-rogoh di saku atau di dashboard mobil mana tau ada uang receh. Kadang sih ngasih uang kertas kasihan nominalnya gede, lebih baik ngasih uang receh logam biar mereka cepat pergi. Ngga kebayang saat ngasih bukan pake duit recehan masak kamu minta kembalian sama itu pengemis atau pengamen, jadi mirip transaksi jual beli aja.


Udah jadi sesuatu yang lazim di setiap persimpangan atau perempatan harus siap uang kejut (uang receh) walaupun ngga banyak tapi minimal bisa membantu buat mereka pergi baik itu pengemis yang terus-terus nyanyi, pengamen yang malah makin nempel di kaca sambil nyodorin tangan ke mobil atau banci yang ngga mau pergi menghadap jalan. Solusinya cerdas cuman dengan uang koin recehan. Aman deh...!!!!

3.      Buat Kerokan
Masuk angin pun menggerogoti badan bikin jadi meriang terasa badan kayak masuk angin dan kurang fit. Muncul cara ngilangin masuk angin dengan alternatif tradisional jitu yaitu kerokan sebuah metode keren nan sederhana buat ngilangin gejala masuk angin dengan metode menggaruk sembari menekan bagian permukaan kulit, biasanya sih bagian badan banyak yang di kerok sambil di campur oleh lumuran minyak ini digunakan agar tidak terjadi iritasi atau lecet pada kulit yang dikerok. Dan yang ngga di sangka-sangkai "uang logam recehan" sebagai alat pengerok.

Siap di kerok barulah tubuh kamu penuh guratan vertikal, hortizontal dan garis miring bekas kerokan. Masuk angin pun hilang. Pengobatan tradisional ini menggunakan semacam butuh banget uang recehan yang banyak yang ngga dianggap sekarang ini, selain karena bentuknya yang tumpul, mudah buat dipegang untuk proses kerokan dan juga sangat mudah di dapatkan. Jadi jangan anggap yang ngga penting itu ngga perlu.

4.      Aksi Solidaritas
Banyak aksi solidaritas yang ada dilakuin saat ini oleh berbagai organisasi atau LSM dalam rasa atau perasaan bagi yang membutuhkan terhadap orang lain, misalnya seperti korban bencana atau kemanusian dan lain-lain yang butuh uluran bantuan. Maka terbentuklah aksi solidaritas yang di lakukan di setiap perempatan traffic light, persimpangan atau aksi yang banyak di bantu oleh orang lain.

Contoh sederhananya Misal: Aksi sejuta koin untuk Anto yang butuh duit buat pulang kampung buat ketemu dengan orang tuanya, karena keterbatasan dana untuk bisa bertemu dengan kedua orang tuannya, ada banyak organisasi atau LSM yang kasihan dan ingin membantu dengan membuat aksi solidaritas.

Dengan membantu menyumbangkan koin receh demi receh buat si Anto agar bisa pulang kampung, aksi beginian uang receh sangat berperan besar walaupun punya nilai yang kecil tapi lama kelamaan menggunung seperti pepatah: 
Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. 
Jadi jangan pernah kesampingkan segala uang receh, tapi yang repot dari uang receh buat di bawa sama di hitung.

5.      Bentuk Standar Celengan
Bagi yang doyan nabung secara konvensional kayak di celengan, sering jumpain lubang dari celengan bentuknya pas buat masuk uang logam apapun. Udah di desain sedemikian rupa oleh industri pembuat celeng untuk bisa muat uang logam dan jadi bentuk ukuran standar dari semua celeng. Celengan udah menyesuaikan bentuknya saat proses produksi dengan uang logam yang paling besar untuk muat di dalam celeng. Beda dengan bentuk uang logam yang bisa dilipat-lipat dan ngga bisa jadi bentuk standar.


FYI... uang kertas yang nominal dari yang paling paling kecil ke yang paling besar punya ukuran panjang yang beda. Selain itu, uang yang udah di masukin dalam celeng susah buat dicongkel karena lubangnya yang kecil.

 Bila pun bisa butuh keahlian khusus dan waktu yang lama buat ngambil duit di dalam celeng. Biasanya kejadian begini terjadi sama orang yang lagi butuh sedikit duit di dalam celengnya atau celeng orang lain untuk jajan atau kebutuhan lainya tanpa pecahin atau merusak celeng. #JangandiTiru

6.      Sulit Dipalsukan
Saat liat berita kriminal di televisi tentang kasus pemalsuan uang palsu semuanya uang kertas, selain biasa pemalsuan yang mudah, biaya yang lebih murah dan punya nilai nominal yang lebih gede dari uang logam. Bisa dibayangkan para pelaku kriminal uang logam. Yang ada mereka tekor cuman buat produksinya daripada keuntungan yang di dapat.

Trus  bila nonton film action yang scene-nya lagi di ada pencurian dan  pembobolan bank. Penjahat langsung mengeluarkan karung besar dan memasukakan uang dari brankas rahasia bank yang berhasil di bobol. Sambil mengancungi pistol ke arah karyawan bank dan pengunjung bank, saat itu pula perampok bersiap untuk membawa kabur duit habis ngerampok.

Jarang aksi perampok yang nyuri uang logam recehan di masukin ke dalam karung apalagi nilainya ngga seberapa dan malah bikin perampok susah buat ngangkat itu karung, aksi nekat nih keuntungan malah bikin perampok ketangkap ama polisi.

7.      Instrumen Alat Musik
Kringgg.. kringgg suara koin-koin receh yang jadi alunan musik yang indah. Ngga ada yang nyangka dari uang-uang receh bisa jadi instrumen alat musik menghasilkan suara gemercing-gemercing. Dengan cara atur tempo yang baik di ikuti nada suara yang bagus, dijamin jadi instrumen alat musik yang keren.

Ngga butuh modal yang besar cuman dengan cara di masukin dalam kaleng atau uang-uang recehan di bolongin di tengahnya dan bisa buat gantiin tutup botol bila susah nyari tutup botol.
Bisa di coba...!!!

Apa saja kegunaan uang receh yang kamu ketahui, silakan share di kolom komentar. Sekian dari gue, Ciao.


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Punya hobi membaca, mengobsevasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat musik EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis