Jumat, 21 Maret 2014

6 Alasan Kenapa Listrik Padam Bisa Menyenangkan

listrik padam

Malam pun tiba saat matahari udah seharian penuh bekerja buat nyinarin suatu daerah dan kini gantian shift ke tempat lain yang butuh sinarnya. Berganti dengan lampu-lampu di jalanan, taman dan di rumah yang menerangi setiap sudut kota dari kegelapan.

Efek listrik padam sangat merugikan segenap pelanggan sehingga bisnis mereka rugi besar. Peralatan elektronik langsung bertumbangan karena pemadaman arus listrik hingga anak-anak sekolahan dan kuliahan yang ngga bisa nyiapin tugas mereka. Well.. jadi listrik padam ngga ada serunya, malah merugikan bukan..? Harus diingat ngga sepenuhnya juga.
Hal ngga terelakkan pun terjadi, listrik padam dan semua pencahayaan yang bermodalkan arus listrik berdaya ikut mati. Terduduk lesulah dalam gelap sambil ngeluarin kata-kata sumpah serapah buat PLN.

Kadang sebahagian orang marah saat listrik sambli ngeluarin sumpah serapah buat PLN, dan mereka ngga tau bahwa kantor PLN juga ikutan mati #problemsolved

Jangan putus asa dulu dan nggap listrik padam ngga enak jadi ngga bisa ngapa-ngapain, pikirin kesibukan yang bikin kamu bisa sibuk. Jangan sampai sibuk mikirin sibuk ngapain. 

Well... dijamin kamu ngga bakalan suntuk dan digigit nyamuk dalam gelap, terlebih lagi semua gadget yang kamu pake lupa di cash sebelum listrik padam. Nah listrik padam bikin kamu meraba-raba buat nyari penerangan, rese bukan..!!

Nah gue mau ngasih sedikit tips santai yang mana listrik padam itu asyik dan sambil nungguin nyala banyak kegiatan seru yang bisa kamu jalanin dan dijamin ngga ngebosanin kayak mantan , cekidot:

1.      Bisa Melihat Bintang di Langit
Saat listrik padam alternatif yang bisa dilakuin salah satunya keluar dari rumah yang gelap gurita dan mencoba menjauh dari santapan nyamuk-nyamuk yang tiba-tiba pas listrik padam suka bisik-bisik ditelinga sambil ngorbit di kepala.

Dengan keluar rumah minimal sekali kamu bisa menghirup udara segar sambil menatap ke langit yang luas. Yap.. biasanya PLN matiin listrik pada jam-jam beban puncak saat semua orang pada butuh banget dengan listrik yang dimulai dari pukul 18:00-22:00.

Pada waktu segitu biasanya sedang terang-terangnya langit memamerkan bintang dan bulan jadi komandan terbesar. Jadi kesempatan asik sambil pandangin langit tanpa cahaya listrik. Dulu gue pernah dengar, waktu yang paling indah ngeliat bintang-bintang saat ngga ada lain, karena saat itulah sinar benda-benda langit ngga tersamarkan.

Coba sempatkan dirimu untuk pergilah ke ruang terbuka misalnya kayak lapangan terbuka dan duduk di sana, lebih seru bila kamu perginya rame-rame sambil seru-seruan bareng teman. Keliatan deh bahwa ngga selamanya gelap itu tanpa lampu..!!!


2.      Dengar Suara Jangkrik
Suara hewan-hewan bisa jadi simphoni alam, ngga harus tiap hari dengerin musik atau dengar raungan kendaraan yang lalu lalang. Listrik padam apalagi suasana agak sedikit larut, saat kamu bisa dengar suara jangkrik yang sahut-sahutan. 

Denger suara jangkrik itu ibarat denger detik-detik jam dinding dan sang jangkrik ibarat balas-balasan pantun siapa yang paling bagus suaranya di antara mereka. Dan kita semua sebagai saksinya.

Sebenarnya jangkrik ngga sendirian juga, banyak serangga malam dan hewan nokturnal lainnya yang mulai mencari nafkah saat malam tiba. Dan hewan begituan jarang banget kamu liat dan dengar suaranya biar cuman di dalam rumah, terlebih lagi bila cahaya lampu.

Dan gue mau ngasih sedikit qoute tentang jangkrik:

Dengar suara jangkrik berderik ibarat nunggu yang hal pasti, Dan semua lampu akan hidup pada waktunya kelak

3.      Melihat Kunang-Kunang Bersinar
Setelah tadi sebelumnya bisa dengar suara jangkrik, sekarang gantian mata kamu bisa ngarahin buat kelap-kelip cahaya kunang-kunang. FYI... kunang-kunang sejenis serangga yang lain dari yang lain, why..? bila hewan lain pas malam hari gunain kemampuan ultrasonik buat beraktivitas, kunang-kunang langsung ngandalin cahaya yang memancar dari perutnya.

Nih kesempatan saat listrik padam buat liat cahaya kunang-kunang dalam kegelapan. Kebanyakan kunang-kunang ditemuin di area pematang sawah atau semak-semak yang gelap, saat dalam keadaan bahaya ngirim sinyal di perutnya dalam bentuk cahaya terang ke teman-temannya yang lain.

Kunang-kunang cocok banget buat gantiin cahaya selain lilin, dengan cara dimasukin dalam botol dan amazing bukan cahaya, tapi ingatlah mereka punya kesatuan dan jangan sampai dari menikmati kamu malah menganiaya kunang-kunang yang terbang kesana-kemari #JadiMenyenangkan.


4.      Main Petak Umpet
Nih waktu yang seru banget buat main petak umpet, dijamin bikin greget buat yang kena jaga pada nyariin teman-teman yang pada ngumpet ntah kemana. Ibarat kucing-kucing sambil nyari teman-teman yang sembunyi, eh ngga taunya mereka ngumpet dekat pohon teman kamu jaga. Dan missing failed...

Lumayan sih minimal bisa keringat sambil ketawa-ketawa ngelupain namanya mati lampu yang belum beranjak hidup kembali. Waktu itulah kita semua terlarut dengan gelapnya malam. Kapan lagi bisa bermain dengan tetangga dekat apalagi saat listrik nyala malah sibuk dengan gadgetnya masing-masing. 

5.      Candle Light Romantis
Yang beginian pasti seru banget buat dibayangin apalagi saat listrik padam. Nyalain lilin dan kamu bisa candle light, banyak sih yang nganggap candle light kayak ritual jaga lilin. 

Harus dibedakan, kalo jalan lilin pada konotasi negatif itu berarti yang jadi tumbal saat lilin padam langsung digebuk warga. Bila secara denotasi, cukup nyari korek. Hal lain yang seru dari candle light, misalnya pas kena tahi lilin yang panas ke tubuh kamu, panas hangat gitu dan agak susah di bersihin.

Sambil nyalain cahaya lilin apa itu lilin ukuran gede, sedang dan kecil. Bisa kamu hidupin semua dan di taruh ke setiap sudut rumah, candle light terangnya buram dan keliatan romantis banget. Selain itu banyak kegiatan yang dilakuin lainnya yang anti mainstream dengan lilin selain makan malam, bisa ngelatih kemampuan mata kamu buat membaca dalam gelap.

6.      Main Bayangan
Alternatif lain yang seru saat listrik padam yaitu shadow play atau main bayangan dengan membentuk berbagai karakter yang kamu suka. Pas masa kecil, semua pasti sering banget main yang beginian sambil nunggu lampu nyala kembali.

Orang tua dulu sering menakut-nakutin agar jangan main bayangan saat listrik. Karena nantinya akan kebelet pipis sebentar-sebentar. Mau ke kamar mandi pun susah minta ampun. Kalo di analogi kan mungkin kalo keasikan main resikonya lilin mati dan susah buat dinyaliin *bisa jadi*

Caranya mudah dan gampang banget, tinggal dekatkan cahaya lilin dan senter. Dan bayangan yang kamu inginkan langsung berbentuk sesuatu karakter yang kamu inginkan. Upayakan dekatkan ke dinding, semakin dekat ke dinding maka semakin kecil bayangannya dan maka semakin besar di jauhi dindingnya. Bisa kamu coba sendiri...!

Nih berbagai karakter yang bisa di buat dengan tangan

Main bayang-bayangan sambil bentuk karakter tertentu itu seru sampai nunggu lampu nyala kembali, tapi jangan sampai terbawa oleh bayangan
masa lalu aja #SalahFokus
Share:

3 komentar:

Halo Penulis

Foto saya

Punya hobi membaca, mengobsevasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat musik EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis