Jumat, 10 Oktober 2014

8 Alasan Mahasiswa Ingin Cepat Tamat

 Cepat tamat

Tamat kuliah ialah cita-cita yang diingin banyak oleh semua mahasiswa yang duduk di jenjang bangku perkuliahan, apalagi lulus dengan predikat baik, tepat waktu dan juga bisa membanggakan orang lain dan lingkungan atas gelar yang udah kamu dapatkan.
Well... semua itu didapatkan dengan kerja-keras dari pribadi dan juga semua pihak yang ngedukung buat kuliah kamu kelar dengan predikat sangat memuaskan (Cum Laude). Tapi sih banyak juga hal lain yang diinginkan mahasiswa agar cepat tapi dengan alasan beragam. Nah gue mau bahas sedikit yang ngebet banget di buru mahasiswa yang ingin cepat tamat, cekidot:

1.  Nyari Kerjaan dan Melanjutkan Kerjaan yang Tertunda
Udah jadi hal wajib banget buat mahasiswa cepat-cepat kelarin kuliah buat nyari kerja dan biasanya pedoman dasar yang di kejar ialah siapa yang cepat dan lebih baik, apa itu IPK-nya atau sih link buat dapat ngelamar kerja maka dia dapat duluan.

Banyak penerimaan pekerjaan di buka saat akhir tahun atau awal tahun dan mahasiswa ngejar banget bisa lulus kuliah di waktu itu, walaupun urusan buat di terima dengan begitu banyak saingan di dunia kerja yang makin tahun naik.

Gue ibaratin itu dulu pas sarjana masih terbatas, buat di terima susah banget dan prosedur seleksi ketat banget kek baju om-om berbadan besar yang di pake buat ngegym. Dan butuh banget pengalaman dalam CV yang kamu lampirkan. Terus selalu aja dalam setiap tempat kerja yang kamu lamar, mereka selalu aja minta syaratnya pengalaman kerja. Iya pengalaman kerja.

Akan muncul pertanyaan besar yang sulit banget buat di jawab dan dipenuhi ama lulusan perguruan tinggi, buat kerja harus ada pengalaman dan gimana ada pengalaman apabila kerjaan ngga di kasih. Yaudeh deh, kembali nganggur abis kuliahan selesai.

Dan faktor lain yang jadi alasan buat kelarin siap kuliah, mau kelarin kerjaan yang masih belom kelar atau ngejar mimpi yang masih tertunda di bangku perkuliahan. Pasti banyak banget mahasiswa yang mau ini dan itu harus terkendala dengan kuliah dan skripsi-an yang bisa jadi gangguan jiwa tingkat stadium 3. 

Dengan cepat angkat kaki dari kampus atau naik level dari mahasiswa terus ke sarjana maka beban itu sedikit berkurang walaupun beban lain malah datang. Sabar ya sabar sarjana muda...!

2.      Mau Segera Liburan
Waktu buat kuliah menyita banyak waktu dan juga tenaga yang banyak habis buat ngelar gelar sarjana. Banyak hal-hal yang mau diwujudkan saat perkuliahan tapi waktu ngga cukup. Atau pas waktunya kosong, yang teman mau diajak ngga bisa ikut atau masalah finansial yang tipis banget kek lapisan ozon.

Saat mau liburan di masa perkuliahan akan jadi momok yang menakutkan banget pas tau “BESOK SENIN” langsung batal deh atau ngga kuat apalagi sabtu atau minggu capek banget ama liburan. Dan saat udah semua urusan perkampusan kelar, ngga jadi masalah banget buat liburan hari apa aja dan dengan siap aja. 

Apalagi bila kamu udah janjian ama teman-teman bila habis lulus kuliah mau liburan bareng dalam waktu yang lama. Asik bangetkan, itulah kenapa banyak banget yang ngejar lulus cepat buat liburan. Apalagi setelah masa itu akan banyak yang sibuk dengan kerjaan masing-masing.
Ngga masalah, yang penting liburan

3.      Mau Kuliah
Banyak sekarang yang mau ngelanjutkan jenjang perkuliahannya dari hanya sarjana S1 ke magister atau lebih tinggi lagi. Mengingat umur buat fresh graduate masih segar banget dan ilmu yang di dalami masih lengket banget di kepala, beda dengan yang udah berumur. Selain itu sih belom banyak tanggung jawab yang membebani terutama banyak yang masih tanggung jawab keluarga.

Kapan lagi ngga sia-siain kesempatan langka ini apalagi bila orang tua kamu lagi mampu banget buat membiayai kuliah ke jenjang berikutnya atau bila ngga mau membebani. Bisa juga nyari beasiswa, sekarang nyari beasiswa banyak banget walaupun agak susah-susah gampang. Yang penting semua persyaratan bisa dipenuhi, maka jadilah kamu bisa nyelanjutin buat sekolah.

Ngga semua orang sih mau ngelanjut sekolah walaupun buat biaya kuliah atau semua persyaratan mau dipenuhi. Kadang sih jalan pikir semua orang ngga sama, ada yang mau sukses di bidang akademik dan ada juga yang mau sukses di non-akademik. Yang penting sih semua itu jalan hidup setiap orang masing-masing dan ngga ada yang bisa ngelarang buat berprestasi di mana pun itu.

4.      Meringankan Beban Orang Tua
Biaya perkuliahan saat ini tinggi banget dan makin susah banget yang cuman modal pinter aja buat kuliah walaupun ada beasiswa tapi sih itu semua ngga mengurangi tanggungan buat yang kurang mampu. 

Buat kuliah di perguruan tinggi negeri aja mahal apalagi swasta yang mencekik leher banget. Banyak yang ngga bisa kelarin kuliah karena dana atau harus non-aktif sementara waktu buat menuhi kebutuhan perkuliahan.

Di masa depan bangku perkuliahan akan di isi oleh kaum berduit dan yang ngga punya duit cuman bisa ngeliat dari luar tembok kampus bagaimana sistem belajar-mengajar di bangku perkuliahan.

Buat ekonomi yang pas-pasan, lulus cepat itu jadi berkah untuk meringankan beban kedua orang tua. Apalagi dengan cepat kelar bisa membantu meringankan beban ditambah lagi dalam keluarga bukan cuma kamu aja yang kuliah atau yang dibiayain, tapi ada adik-adik lain yang butuh biaya pula. Cepat kelar kuliah jadi solusi yang baik banget dan bisa terus nyari kerja buat meringankan beban keluarga.

5.      Mau Segera Nikah
Banyak banget yang ingin buru-buru segera kelar kuliah dengan harapan mau segera ngelanjutin hidup ke jenjang pernikahan dan itu biasanya buat kaum cewe. Mereka beranggapan bahwa dengan menikah maka gugurlah tanggung jawab buat keluarga dan bisa nyenangin bathin sesaat. Tapi sih makin banyak tanggung jawab yang datang pas nikah dan umumnya sih terikat banget dan itu persoalan yang umumnya di alamin cewe. Langung deh curhat ama keluarga...!

Dan hal yang beginian jarang banget mah yang cowo lakuin kecuali anaknya perusahaan minyak, yang lain mah pada terlunta-lunta 5-6 tahun dulu setelah kuliahan kelar baru deh bisa buat meminang anak orang. Biaya nikah sekarang mahal banget dan setiap senin harga naik ibarat apartemen pod*m*r*. Yang sabar ya...!

6.      Pamer Sama Teman Lain
Cepat tamat jadi alasan yang kuat banget mahasiswa saat ini buat bisa pamer ama teman-temannya terutama banget yang se-kampus. Biasanya berkedok memberi motivasi padahal mah ngeledek sambil pamer-pamer gelar sarjana dan papan bunga ucapan selamat yang banyak banget.

Walaupun ntar ujung-ujungnya nganggur yang penting bisa ledekin teman yang belum lulus jadi kepuasan sendiri. Yang beginian jadi ajang yang sering banget dilakuin saat ini. Posisi yang udah lulus duluan keliatan lebih hebat dari yang masih mahasiswa, well...! wajar banget yang belom siap bukannya malah cepat siap, tapi banyak tertekan sampai susah buat cepat nyusul yang lulus.


7.      Pake Baju Toga
Alasan lain yang dipakai buat cepat tamat yaitu mau segera pake baju toga dan sambil foto-foto di belakang papan bunga ucapan selamat wisuda. 

Alasan yang beginian kebanyakan ngga masuk akal akan tetapi harus dihargai. Jarang-jarang lho yang bisa pake baju toga sambil ngelempar topi toga yang ada talinya. Bila kamu doyan banget jalan pas hujan, di jamin pake ngga bakal basah.

Pake baju toga jadi moment emosional banget dan keren banget apalagi dengan nilai kelulusan terbaik (cum laude, bayar kampus-kampus tertentu pake toga sambil pawai keliling kota sambil bangga lulusa sambil pake baju toga. Keren kan...!

8.      Biar Dibilang Sarjana
Alasan buat cepat lulus yang masuk akal lainnya ialah pas udah bisa pake gelar yang udah capek-capek diperjuangin. Dari zaman pengejar tugas, midtem, final hingga masa mahasiswa pengejar skripsi yang tak kenal siang dan malam.

Di jamin banyak yang senang banget di belakang nama mereka yang lulus ada titel dan bisa di pamerin atau bisa di tulis dibelakang nama. Kan itulah kenapa banyak banget yang mau sarjana. Kamu mah tipe yang gimana..?

Ternyata merk kapur aja udah sarjana



Share:

2 komentar:

  1. udah lupa seh.. soalnya 20 tahun yg lalu lulusnya.. jadi ga tau kategori yg mana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda mungkin tipe siap tamat langsung bumihanguskan sisa revisi. hehe

      Hapus

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis