Sabtu, 04 Oktober 2014

Peluang Bisnis Bisa Datang dari Mana Saja Asalkan Jeli

sumber peluang bisnis

Kini sudah bukan zamannya hidup mengharapkan bekerja di instansi pemerintahan. Semua sudah mencapai titik jenuh dengan sangat mengglobal. Butuh persaingan kuat dan kadang harus kecewa di tengah jalan saat pekerjaan yang di idam-idamkan tidak terwujud secara maksimal.

Sebenarnya begitu banyak peluang yang bisa mendapatkan keuntungan asal jeli melihat segala peluang yang ada di sekitar. Peluang itu datangnya sesuai apa yang kita inginkan. Di sini saya mau membagikan beberapa sumber peluang usaha yang bisa digeluti ke depan, karena manusia kreatif dan inovatif akan bertahan dengan segala perubahan zaman.

Minat dan hobi, pekerjaan yang paling enak di dunia adalah hobi yang dibayar. Siapa yang tak tertarik saat hobinya menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan. Tak ada paksaan dan tekanan karena menjalankan pekerjaan berlandaskan pada minat dan hobi.

Kedekatan passion dengan minat atau hobi semakin kentara, kini begitu banyak yang rea mengejar passion-nya dan  sukses menggapai apa yang ia idam-idamkan. Ada sebuah paradoks saat sudah memiliki pekerjaan dengan bayaran yang besar, namun ada yang melepaskan pekerjaan tersebut untuk mengejar passion-nya yang tak seberapa. Memang masalah hati tidak bisa ditawar-tawar.

Pengalaman, guru terbaik adalah pengalaman, terutama sekali pengalaman dari lingkungan. Apakah itu lingkungan kerja, sekolah, sekitar, dan sebagainya. Dari sejumlah pengalaman itu, kita mampu belajar banyak andai ke depan mampu melihat peluang serupa.

Begitu banyak CEO besar lahir setelah sekian lama mendalami ilmu di tempat sebelumnya ia bekerja. Ia merasa setelah kenyang dengan pengalaman, sudah saatnya ia melakukan hal yang serupa.

Keluhan masyarakat, kini adalah zaman generasi Z di mana segala sesuatu sudah ditemukan oleh generasi X, dikembangkan oleh generasi Y. Sedangkan begitu banyak yang sudah ditemukan dan hampir sedikit istilah adanya penemuan baru. Selaku generasi Z adalah memperbaharui apa yang telah dikembangkan generasi sebelumnya.

Caranya dengan melihat selaku keluhan masyarakat misalnya saja generasi X sudah menemukan moda kendaraan, generasi Y membuat dan menyempurna fungi transportasi. Sedangkan generasi Z adalah mempergunakan sumber daya tersebut sesuai masyarakat kini.

Sulitnya mencari kendaraan pesanan akhirnya melahirkan aplikasi transportasi yang dengan mudah penumpang memesan kendaraannya tanpa terkena macet. Mereka mampu menjawab keluhan masyarakat dengan adanya aplikasi penumpang. Keluhan masyarakat sangat perlu karena setiap zaman keluhan selalu saja berbeda. Nah di situlah lahir peluang yang bisa dimanfaatkan sebagai lahan bisnis.

Kajian lapangan, sebelum terjun ke dunia bisnis sangat diperlukan sekali kajian lapangan atau survei agar bisnis yang ingin dikembangkan mampu berkembang dengan pesat. Itu perlu sekali dilakukan apalagi melihat pangsa pasar saat bisnis ingin digeluti dengan serius.

Akan menjadi sebuah petaka yang begitu besar andai tidak melakukan survei terlebih dahulu sebelum membuka peluang usaha. Dan bila sudah ada yang lebih dahulu atau banyak persaingan di segmen yang sama. Jangan berkecil hati buat lebih unik dan inovatif, anggaplah sebagai bentuk persaingan sehat dalam menggaet konsumen.

Media massa, kini begitu banyak media massa yang muai memberikan sejumlah inspirasi akan entrepreneur muda atau bisnis startup. Pihak media malah punya rubik khusus membahas dan memberitakan berbagai kesuksesan tersebut baik dari dalam atau luar negeri.

Secara tidak langsung itu mampu menjadi inspirasi yang sama terutama yang tertarik mengembangkan bisnis. Walaupun bentuk tentu cocok dengan daerah anda, namun ide tersebut bisa disimpan atau disesuaikan dengan berbagai kebutuhan termasuk sekali dari keluhan masyarakat.

Salah satu media yang sangat gencar di dunia seperti Bloomberg atau berbagai channel Youtube yang bisa jadi inspirasi buat kita semua ke depan. Seperti perkembangan toko online yang awal mula berdirinya dari negara asing yang sudah mulai berkembang, kemudian para startup lokal melakukan hal yang serupa dan hasilnya jadi ladang bisnis yang menggiurkan.

Itu tadi berbagai penjabaran tentang bisnis yang bisa kamu kembangkan kelak, jadi jangan takut berwirausaha dan mengembangkan potensi minat bakat. Asalkan bisa jeli melihat segala peluang yang ada menjadi ladang uang yang menggiurkan buat diri sendiri dan orang lain.
Salam jiwa wirausaha.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis