Kamis, 27 November 2014

Anak Muda dan Rayuan Duit


Rojo adalah orang yang punya ambisi yang begitu besar untuk bisa kaya, segala sesuatu ia lakukan untuk bisa kaya. Ia menganggap gebetan yang pernah menolaknya dulu akan menyesal di kemudian hari kelak. Karena ia punya bakat jadi jutawan dan semua yang dia inginkan bisa terbeli.
Share:

Kamis, 13 November 2014

5 Perasaan Suka Duka Pasangan LDR

pasangan LDR

Sekarang makin banyak hubungan percintaan dan asrama yang berlandaskan pada dasar-dasar hubungan jarak jauh atau lebih di kenal dengan LDR (Loe Dimana Relationship atau Long Distance Relainshit buat yang ngenes merasa hubungan jarak jauh itu ngga enak. Dan buat yang merasa bahagia walaupun pada dasarnya ngga bahagia singkatan itu lebih jelas dengan Long Distance Relationship.

Banyak banget saat ini harus memperjuangkan persoalan cintanya dengan alasan LDR dan umumnya ngga enak banget, walaupun perkembangan yang begitu pesat dibarengi dengan kemajuan alat komunikasi dan media sosial yang banyak banget. Tetap saja LDR itu ngga enak, ibarat makan nasi tapi lauknya nasi juga. Begitulah tepatnya.

Nah gue di sini  mau jelaskan berbagai tipe-tipe kaum LDR yang ngga sering kita lihat dan mungkin yang ngerasain hubungan hanya di ujung telepon tapi jarang bertatap langsung, cekidot:

1.      LDR Beda Kota
LDR yang banyak banget di alami oleh segala jenis kaum ialah LDR beda kota, misalnya cowoknya di Jakarta dan ceweknya di Bekasi. (memang Bekasi masuk bumi ngga dekat Jakarta cuma buat ke sana harus mengorbankan tenaga dan juga bensin. Kita tak ada yang gratis.

Dan cinta beginian termasuk LDR dan yang harus selalu ada di samping kaum LDR yaitu alat komunikasi yang mumpuni misalnya ponselnya keren tapi pulsa dan kouta malah kaga ada, atau semuanya lengkap apa itu ponsel, pulsa/kouta tapi sinyal malah ngga ada. Eeeh.. ternyata pasangnya tinggal di daerah terpencil..! mesti kirim pakai surat dan untuk tunggu suratnya sampai harus menunggu 2 Minggu lamanya. #Kasihan

BTW.... orang dulu yang minim banget alat komunikasi hanya mengandalkan surat. Tapi masalah percintaan dan rindu mereka menggebu-gebu banget dan umumnya langgeng seumur hidup dan malah dengan banyak juga mudahnya komunikasi malah bikin cinta jadi mudah basi. Gue permisalkan tentang masalah mengingatkan hal yang ngga penting.

Cowok  : Sayang... kamu udah makan, kalo belom jangan lupa makan yach..  
Cewek  : Apahh..! jadi kamu cuman ngingetin makan..? sedangkan minum kaga,  
gimana kalo aku mati keselek? *Tanggung jawab*  
Cowok : Cowo selalu salah..

Atau begini..

Cowok: Hai sayang, buruan shalat duhur ya 
Cewek: Apa!!! kamu cuman ngingetin shalat aja, wudhu kaga..! percuma sayang  shalatnya ngga sah juga.  
Cowok: Ambil nyawaku tuhan..!

Hubungan per-LDR-an yang dibutuhkan itu kepercayaan dari kedua belah pihak. Komunikasi itu buat memperkuat cinta dan kerinduan bukan bersifat berlebihan. Malah sifat begituan yang buat hubungan jadi beda dan timbul rasa curiga satu sama lain berdampak berat pada hubungan ke depan. Ingat... sudah biaya kouta mahal, jangan diperburuk lagi dengan rasa curiga.

2.      LDR Beda Negara
Tipe yang serupa tapi sama dengan LDR beda kota yaitu hubungan berbataskan negara, dalam artian di sini buat telepon/sms-an harus pakai kode wilayah tersebut dan biayanya lebih mahal. Biasa sih hubungan beginian enakan pakai media sosial kayak Skype misalnya karenanya berdasarkan kouta internet.

LDR beda negara mereka sih akan mengurangi tindakan alay atau pengingat yang ngga penting dan umumnya berbarengan waktu buat LDR beda kota tapi malah jauh banget buat yang LDR beda negara, misalnya beginian..

Cewek  : Hai sayang yang jauh di sana..! jangan lupa shalat jumat yah, biar tambah ganteng (walaupun muka asli pacarnya absurd banget). 
Cowok  : Beb.. Di sini udah sabtu...! (ternyata cowoknya dinasnya di Alaska).

3.      LDR Musiman
Sering banget masalah LDR terjadi saat musim sekolah atau ngampus pun tiba. Yang sering banget ngerasain beginian mah mahasiswa. Cowok atau ceweknya penduduk asli tempat mereka kuliah sedangkan pasangannya beda kota. Bisa juga keduanya beda kota tapi karena menuntut ilmu di kota yang sama tapi saat musim liburan harus berpisah.

Moment yang beginian sering banget diadopsikan dalam film-film Fashion TV FTV, cowoknya datang sambil mengejar-ngejar ceweknya di bandara elit banget terminal antar kota antar provinsi. Sedangkan ceweknya dengan muka cemas sambil melihat ke segala arah dari dalam bus yang mau berangkat. 

Beberapa menit sambil melihat si cowok datang, pas sampai ke tujuan si cowok langsung mengucapkan perpisahan sementara, dan saat si cewek mau berangkat ternyata kernet bus bilang begini:

Neng..! kamu berangkatnya besok. Coba check kembali tiketnya, kursi ini sudah punya mbak yang ini.  
Oh iya bang, maaf lupa, hehehe..

Atau tetap jadi berangkat sekarang sambil gantungan di pintu bus ibarat kernet bus antar kota antar provinsi, moment romantis hilang.

Kaum LDR musiman ialah paling ngga enak banget. Saat liburan atau itu Hari raya hati mereka hampa dan saat itu mereka termasuk dalam golongan kaum LDR beda kota sementara waktu.

4.      LDR Selamanya
Tipe LDR selanjutnya ialah yang seluruh jiwa dan batinnya diperjuangkan hidup dalam belenggu kebatilan cinta berbasis LDR. Segala sesuatu dalam percintaannya hanya kena LDR dan ngga pernah jauh dari keyboard laptop dan layar ponsel yang lecet berat akibat LDR selamanya.

Gue kasih contoh LDR selamanya misalnya begini, si cowok tinggal di kota A dan si cewek tinggal di kota B dan salah satu pasangan sekolah/kuliah/kerja di kota C. Segalanya memang sulit, ketemu dengan alasan biaya yang mahal dan jarak yang jauh. Tipe yang beginian cocok disematkan sebagai LDR selamanya yang berbentuk nyata.

Bila ada yang mengalami yang beginian saran gue cuma satu, hentikan perjuangan karena akan sia-sia dan banyak kebohongan yang ditutupi oleh salah satu pihak. Mana tahu dia malah senang-senang dengan orang lain di tempat jauh di sana dan kamu malah berharap chat, sms atau yang lainnya darinya. Malahan kamu akan tersiksa batin, saran gue lebih baik yang dekat karena yang dekat lebih mudah diperjuangkan.

5.      Merasa LDR
Tipe yang terakhir yaitu tipe yang merasa dirinya LDR jauh dari segala tipe LDR lainnya, segalanya jauh dari pasangan yang disukai. Padahal mereka tinggal di kota yang sama dan rumah mereka bisa di kata dekat tapi semua terasa LDR alias terasa ngga dianggap, ada tetapi serasa ngga ada dan memiliki.

Ibarat pepatah: 
Belum memiliki tapi sudah merasa kehilangan

Cinta beginian bukan termasuk LDR tapi hubungan tak beranggap, mau chat balasnya singkat mau ketemuan malah sibuk padahal waktunya banyak dan pas ke rumahnya malah lagi di luar. Sebaiknya yang beginian di akhir saja dibandingkan menyusahkan batin secara berlarut-larut. Kesendirian ngga berarti kesepian tapi kebersamaan yang fana malah lebih nyesek.


Apa saja hal lain derita yang pernah kalian rasakan selaku pejuang LDR, silakan pengalaman buruk dan nyesek kalian. Bye!!
Share:

Senin, 03 November 2014

Persahabatan Paling Tulus, Persahabatan Ala Anak Kecil

persahabatan ala anak kecil

Kamu jahat banget, kami semua ngga mau temanan lagi.
Asal main selalu curang, besok kami ngga ke sini lagi. 
Kami nyari tempat main lain.
Maaf ya.!!

Beberapa hari yang lalu saya mendengar percakapan khas anak-anak itu di lapangan tempat mereka bermain. Sifat anak kecil begitu lucu, mereka gampang marahan dan cepat baikan dalam bermain. Terlebih selalu mengutarakan isi hati apa adanya, boleh dibilang:

Anak kecil itu lebih jujur dan apa adanya

Itulah kata-kata manjur yang sering keluar dari persahabatan ala anak kecil. Beda banget dengan para dewasa yang sangat selektif dan birokratif dalam memulai persahabatan. Masa kecil juga masa terindah di mana punya begitu banyak sahabat dan kenalan tanpa batasan. Walaupun penuh kata-kata jujur bila tak suka, namun akan kecil transparan dalam membangun persahabatan.

Persahabatan itu bukan memilah mana untung dan rugi, tapi bagaimana bisa bermain bersama. Andai terasa ada yang tidak puas langsung saja dengan cekatan ia memutuskan persahabatan tanpa istilah “bicara di belakang”

Di waktu beranjak besar, barulah kita menyadari bahwa saat di usia dewasa manusia lebih mementingkan logika dalam berteman bukan sebatas nyaman semata. Bukan sesuatu yang aneh saat ada istilah teman mencari keuntungan, memanfaatkan teman dan sampai teman makan teman. Semua karena logika sudah bermain.

Di usia dewasa pulalah jumlah pertemanan semakin sedikit, selain karena lokasi bermain yang semakin sempit. Serta aktivitas dan rutinitas membentuk suatu kebiasaan mengharuskan selektif memilih teman. Pola pikir juga sudah berbeda dijamin pembicaraan tak seseru saat masih kecil seakan ada gengsi dan batasan-batasan mutlak dalam persahabatan ala orang dewasa.

Nostalgia kembali masa kecil bila dipikir-pikir jadi sangat indah, apalagi masa itu lebih banyak menghabiskan waktu bermain dengan segala permainan alam. Bukan terbelenggu dengan gadget masing-masing.

Saya pribadi pernah membaca bagaimana teman masa kecil punya andil menjadi teman seumur hidup. Persahabatan yang terjalin lebih dari 8 tahun akan awet sampai mati. Coba dihitung-hitung apakah kalian punya sahabat yang seperti itu? Bila ada pertahankan sebaik mungkin.

Jangan melihat teman masa lalu tidak sesukses atau sepintar dirimu, namun lihat perjuangannya menjadi temanmu. Berganti waktu dan tahun segala tindak tanduk dirimu sejak masih kecil. Bukan terlalu legowo dengan teman yang baru dikenal kemarin sore tetapi sudah begitu akrab denganmu. Mana tahu ia ingin mencari keuntungan atau meninggalkan saat dirimu jatuh.

Kedekatan dirimu dengan sahabat masa kecil seakan ia mengetahui seluk beluk dirimu sebenarnya. Makanya jangan heran pendapat seorang sahabat masa kecil begitu ditunggu. Karena persahabatan yang lama seakan berakar kepada pengetahuan kepada sahabatnya. Ia memuji sepantasnya dan mengkritik sewajarnya.

Kedekatan dengan sahabat masa kecil itu paing tulus saat beranjak dewasa. Walaupun usia sudah dewasa tapi rasa tulus dan yakin satu sama lain seakan kembali ke masa kecil. Paling menarik dari teman masa kecil adalah bercerita akan segala kenangan saat kecil dan sesekali tertawa terbahak mengingat kenangan itu.

Apakah kalian punya sahabat masa kecil yang menyenangkan dan tak terlupa terganti oleh zaman? Bila ada bisa share di kolom komentar.

Karena persahabatan masa kecil setulus-tulusnya jalinan persahabatan. Semoga menginspirasi.

Share:

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis