Selasa, 30 Desember 2014

Akhir Tahun Saatnya Untuk?

akhir tahun

Tak terasa sebentar lagi adalah waktu tutup tahun dan sebagai gantinya tahun baru datang menghampiri. Waktu berjalan begitu cepat, yang tadinya masih merasa paling muda malah sudah mulai tua dan yang tua makin lebih tua. Dulunya masih seorang Mahasiswa baru bertampang lugu dan imut, kini jadi mahasiswa sisa yang menunggu surat DO datang dari fakultas.
Perumpamaan waktu terasa begitu lambat ibarat kamu menunggu bus di halte sambil terlalu fokus melihat waktu di arlojimu, dijamin pada saat itu waktu berjalan sangat lambat. Sedangkan perumpamaan waktu begitu cepat saat tim sepak bola sedang tertinggal dan menggempur habis-habisan tim lawan di sisa waktu, namun waktu yang tersisa berjalan begitu cepat.

Ada yang mengatakan waktu sekarang berjalan begitu cepat karena kita disibukkan oleh hal-hal yang tak perlu tanpa disadari sudah lembar tahun baru membentang. Sebenarnya itu kembali ke pengalaman dan perasaan masing-masing saja. Nah... di sini saya mau menjabarkan apa saja yang harus dipersiapkan oleh banyak orang di akhir tahun sebelum tahun baru datang, cekidot:

1.      FlashBack atau Kaledoiskop
Sudah jadi sesuatu yang wajib banget dilakukan oleh stasiun televisi, koran terkemuka, website berita buat membuat berita khusus bertemakan flashback atau kaledoiskop selama setahun terakhir tentang berbagai isu yang berkembang selama setahun terakhir, dari yang kontroversial, hangat hingga yang ngga kelar-kelar selama setahun terakhir.

Berita terhangat yang paling banyak diangkat dan diulang kembali biar masyarakat tahu apa sajakah yang bikin masyarakat termakan isu atau terbawa isu. Bermanfaat banget bukan...!

Hampir semua media mengangkat tajuk tentang flasback bertujuan menyadarkan ingatan masyarakat tentang hal-hal lama. Di satu sisi cara ini membuat kita bisa intropeksi agar ke depan hal-hal yang tak baik sebagai bahan pembelajaran sedangkan hal yang baik bisa dipertahankan ke depan.

2.      Rekap Hasil Keuangan
Bagi perusahaan dan badan pemerintah sudah jadi tradisi akhir tahun dijadikan sebagai untuk melaksanakan rekap hasil keuangan berupa uang masuk dan uang keluar. Perusahaan serta badan pemerintah yang paling lelah dan kurang tidur tentunya bagian keuangan buat ngitung-ngitung segala kurang dan lebih. Di saat tahun baru tiba, lembaran baru dibuka dan lembaran lama telah terekap semua.

Maka ngga heran orang jadi bendahara orang yang perhitungan banget. Kebayang ngga bila kamu punya istri seorang bendahara, pas waktu ngitung duitnya kurang dan uang kamu yang diambil. Maaf becanda, tapi ini serius.

3.      Kejar Target
Akhir tahun jadi sesuatu yang banyak banget diburu oleh kalangan yang dikejar target terutama kontrak atau kerjanya harus kelar sebelum tutup tahun. Biasanya yang beginian pada proyek pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dan diserahkan secara langsung kepada kontraktor. Member MLM juga ngga kalah sibuknya buat nyatat-nyatat berapa banyak downline yang ketemu selama setahun terakhir. Mana tau uangnya cukup buat beli kapal pesiar dalam walaupun dalam bentuk miniatur.

Jam lembur agar target tercapai jadi hal yang lumrah yang terjadi jelang tutup tahun. Apabila ngga terkejar pada target yang dicanangkan, mau ngga mau biaya bisa di stop dan kamu harus menanggung sendiri biayanya. Berat banget kan...

Kerjaan yang ngejar target biasa gajinya menggiurkan andai target tercapai dan gajinya cukup buat kamu kongkangin kaki di awal tahun. Andai tak tercapai, perbanyak saja berdoa agar kamu tak termasuk orang yang terdepak.

4.      Menyusun Agenda Tahun Depan
Menyelesaikan serta mencapai target yang diharapkan di akhir tahun ialah hal wajib dan kemudian membahas agenda yang akan diperbuat di tahun depan melalui rapat dengan masing-masing anggota.

Pada rapat akhir tahun yang paling ditekankan yaitu masalah keuangan selama setahun terakhir serta apa-apa sajakah gebrakan yang  mau dilaksanakan. Hari kemarin lebih baik dari hari ini atau tahun kemarin lebih gemilang dari tahun ini adalah sesuatu yang hmmm banget.

Di satu sisi, akhir tahun punya catatan buruk yakni proyek yang kebut target terutama yang berasal dari pemerintah. Lamanya proses dana cair serta pelaksanaan proyek yang sedikit berleha-leha sering mengakibatkan proyek yang jadi ngga optimal. Semoga di tahun depan saat penyusun agenda tak ada lagi sistem kebut jelang deadline.

5.      Diskon Produk
Setiap akhir tahun akan ada promo berbagai produk dengan harga yang tetap aja mahal terjangkau terutama yang dijajakan pada mall-mall. Diskon gila-gila pun bikin banyak cewek-cewek dan ibu-ibu saling sikut seperti arena UFC buat dapat barang yang mereka mau.

Bila dipikir-pikir harga yang sudah didiskon gila-gilaan sebahagian besar sudah duluan dinaikkan dan kemudian di diskon atau program cuci gudang, kebetulan gudangnya ngga muat #DipukulinIbu-Ibu.

Produk yang dipromosikan andai masih baru adalah prototipe yang dicoba di pasar dan yang lama ialah produk cuci gudang. Namanya saja menarik minat pembeli yang akhir tahun banyak membeli kebutuhan baru.

Sebagai langkah antisipasi sebaiknya beli yang berdasarkan kebutuhan bukan keinginan semata, masalah harga yang murah ngga menjamin itu harga yang paling murah. Mana tahu di mall lain dijual lebih murah lagi. *Ajaran sesat*

6.      Launching Film
Niat mau pergi liburan duit yang ditabung malah ngga cukup dan mau beli produk promo  walaupun sudah diskon hingga 99% (memang ada..?) juga ngga mampu. Betapa mirisnya akhir tahun. Cara paling bijak pergi ke bioskop buat nonton film-film keren, bila ada uang lebih dan ngga ada teman nonton bagusnya beli dua tiket biar enak nonton sambil rebahan santai.

Harus kamu ketahui, di akhir tahun banyak banget film yang launching. Mulai dari film luar negeri hingga lokal dari berbagai genre berbondong-bondong buat launching untuk mencari penonton yang butuh hiburan di liburan akhir tahun.

Jadi tentukan terus pilihan terus film apa yang mau kamu nonton dan jangan lupa waktu nonton di bioskop jangan latah, misalnya bawa tikar dari rumah sambil makan sagu. JANGAN...!

7.      Memulai Hidup Baru
Di awal tahun pasti kita semua kenal dengan istilah resolusi, yakni proses atau cita-cita yang ingin dicapai sebelumnya. Tak heran jelang akhir tahun begitu banyak resolusi yang gagal tercapai. Pasti jadi ssesuatu yang mengecewakan andai keinginan tak sesuai harapan.

Namun jangan cepat berkecil hati, di akhir tahun jadi kessempatan besar sebelum awal tahun datang. Caranya dengan memulai hidup baru walaupun di akhir tahun. Cepat memulai efeknya lebih baik. Selain bisa mengevaluasi segala kegagalan yang terjadi sebelumnya. Juga buat kamu semakin terpicut bisa lebih baik lagi, anggaplah dirimu sebagai kertas baru sebelum memulai tahun baru.

Itu saja yang mau saya sampaikan, apa sajakah kebiasaan dan pengalaman kamu lakukan saat akhir tahun, silakan komentari di kolom komentar. Semoga akhir tahun kali menyenangkan. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis