Jumat, 06 Februari 2015

10 Tipe Orang di Tempat Gym


Kota dengan begitu banyaknya tekanan dan terbatasnya waktu olahraga melahirkan begitu banyak tempat-tempat kebugaran. Sedikitnya lahan olahraga outdoor menjadikan gym sebagai salah satu tempat kebugaran kekinian yang dilakukan secara indoor. Kini olahraga telah menjadi salah satu gaya hidup terutama setelah melepas penat di tempat kerja.
Di tempat gym ditemukan beragam macam orang dari berbagai profesi. Dari level profesional hingga level coba-coba. Mereka pun punya tujuan yang berbeda-beda, ada yang menginginkan kurus, badannya sixpack hingga sebagai lokasi fotogenic.

Nah... apa sajakah yang sering sekali kamu temukan saat menginjakkan kaki pertama kali ke gym, cekidot:

1.      Show off
Di gym sering sekali ditemui oleh anggota-anggota yang sangat show off (pamer). Sebelum melakukan angkatan ia akan pura-pura memberi isyarat. Bersuara atau menjadi perhatian dari orang lain. Sesuatu yang mengganggu banget, itu pun dari jumlah angkatan yang ia angkat tak seberapa namun membuat anggota lain iri.

Sebaiknya bila menemui orang di tempat gym tak usaha terlalu diperdulikan karena bisa mengganggu fokus untuk tujuan anda masing-masing. Karena anggota yang sudah profesional tidak terlalu show off atas kemampuannya.

2.      Banyak Cerita
Booming-nya tempat kebugaran menghasilkan begitu banyak lahir anggota yang ikut-ikutan. Melihat temannya menjadi anggota dia pun tak mau kalah ikutan mendaftar. Hasilnya saat berada di tempat gym, bukannya malah latihan tetapi lebih asik berbincang-bincang dengan koleganya. Niat mendapatkan bugar dan segar malah lebih banyak dihabiskan dengan ngobrol sambil curhat, hasil malah tak dapat.

Ngobrol masalah gym hal yang wajar, selain sebagai saran kepada anggota lain terlebih lagi adalah telah lumayan lama berlatih. Saran yang kamu berikan sangat berguna dan tak ada ruginya saling berbagi tak pelit ilmu.

3.      Sibuk Main Gadget
Teknologi adalah salah satu yang sulit banget dipisahkan, ditambah dengan berbagai sosial media dan game. Gangguan dari gadget malah menggerogoti hingga saat melakukan proses latihan. Tujuan utama dari pergi ke tempat kebugaran adalah mendapatkan hasil yang optimal. Namun gadget mempengaruhi kualitas latihan, baru saja memulai sudah disibukkan dengan notifikasi dan chat yang dibalas.

Hasilnya latihan terasa kurang maksimal, terlalu lama istirahat setelah proses latihan membuat otot menjadi dingin. Proses pembentukan tubuh terkendala karena masalah tak perlu dan terkesan tidak serius memulai latihan.

Ada baiknya tanggalkan gadget sejenak, waktu kurang lebih sejam tanpa gadget untuk hasil maksimal terbayar kelak. So... dengan begitu kamu lebih efisien dalam mengatur waktu latihan, apalagi biaya gym tak murah lho.

4.      Kelebihan Latihan
Anggapan bagi kaum awam yang pertama sekali mencicipi adalah dengan berlatihan sebanyak mungkin dan sekuat mungkin akan cepat menghasilkan bentuk tubuh yang diinginkan. Hasilnya malah ssebaliknya. Bukan tubuh ideal yang didapatkan tetapi malah rasa capek dan tubuh malah menyusut. Tubuh terutama otot mengalami stres hebat, alih-alih mendapatkan tubuh ideal tapi malah membuat hasilnya tak dapat.

Banyak berbagai latihan dalam sehari latihan adalah kesalahan fatal, apalagi tanpa ilmu pengetahuan tentang body building yang kurang. Di sarankan, selain itu perbanyak pengetahuan dengan bertanya dengan yang lebih ahli. Bila merasa terlalu sungkan untuk bertanya lebih banyak perbanyak bacaan dari

5.      Tukang Coba
Gym punya berbagai macam alat yang dapat digunakan oleh anggota. Ada alat yang bersifat manual seperti Dumbbell dan alat mesin seperti Leg Press Machine atau Treadmil. Cara penggunaannya pun beragam tergantung anggota inginkan, apakah ia mau berlatihan dengan alat manual atau alat beroperasi dengan mesin.

Penggunaan alat manual dilakukan oleh gerak tubuh untuk mengatur gerak benda secara fleksibel. Misalnya penggunaan Dumbbell berupa angkatan ke atas, ke depan, ke samping dan ke belakang. Kelemahan dari alat manual adalah peluang cedera yang sangat besar apabila dilakukan dengan cara yang salah. Selain punya berat tertentu, sebaiknya tidak dipaksakan. Sebaiknya bertanya dengan yang lebih ahli atau pakai jasa instruktur.

Alat mesin sifatnya statis, kita diharuskan mengikuti cara kerjanya yang sudah diatur. Kemampuannya juga lebih mudah diukur dan bisa mengurangi cedera saat latihan. Tetapi alat mesin punya batas maksimal tertentu, seperti beratnya dan juga kecepatan yang ia hasilkan. Bagi profesional yang punya angkatan di atas rata-rata, mereka sering bermain dengan alat manual.

Tergantung kita mau memilih yang mana sesuai selera dan jangan terlalu banyak coba-coba namun tak mendapatkan hasil konsisten. Latihan itu bukan diukur secara kuantitas tetapi kualitas yang didapatkan.

6.      Tukang Minta Air
Latihan membutuhkan nutrisi yang cukup, selama proses latihan sangat banyak energi dan lemak yang bakar. Tidak salah kenapa kita sangat mudah dehidrasi, minum air adalah salah satu cara melepas dahaga setelah rehat sejenak dari latihan.

Di tempat gym akan ditemui orang-orang nekat berlatih tanpa membawa air, atau membawa air tetapi dalam jumlah yang kecil. Saat latihan baru saja  sudah kehabisan air. Alih-alih beli, malah ada istilah: 
Bro... bagi air sedikit
Sangat mengganggu, sekilas tentang dehidrasi. Di waktu latihan sebaiknya perbanyak minum air agar tubuh tetap segar, karena begitu banyak kering yang terkucur kelauur dari tubuh. Sebagai ganti ion tubuh, air jadi penangkal rasa lelah dan mengurangi dehidrasi. Bila andai yang minta air sebaiknya katakan saja:
Maaf bro.. ini aja kurang, kalo mau beli sana!!!
7.      Cuek
Selain tempat gym diisi oleh orang-orang yang show off (pamer), gym juga diisi oleh orang-orang yang sangat cuek dengan keadaan sekitar. Tak banyak berbicara dan bertutur kata serta cenderung berlatih seorang diri.

Tempat gym punya nilai sosial yang tinggi terutama sekali dengan anggota yang sudah begitu lama berlatih. Salam sapa dan tanya kabar adalah basa-basi wajar yang terjadi tempat gym. Wajar saja bila ada anggota yang super cuek pasti jadi sesuatu yang aneh, minimal tau nama dan profesinya.

Karena di gym partner (teman latihan) sangat dibutuhkan, misalnya terjadi hal yang tidak diinginkan seperti: tertimpa barbel ada yang menolong. Sebaliknya saat kamu ramah, orang lain pun ikutan ramah kepada kamu.

8.      Sok Akrab
Sebaliknya dari sifat cuek adalah sok akrab, walaupun terlihat mudah bergaul dan kenal orang lain. Perilaku anggota yang sok akrab juga lumayan mengganggu. Hampir sama dengan show off (pamer). Sok akrab dengan orang lain kadang dinilai sebagai stigma negatif.

Orang yang sok akrab biasa biasa ada maunya serta membuat orang lain jadi curiga. Apa ini jangan-jangan mau menawarkan bisnis atau lain-lain. Melihat gelagat anggota yang ikut di gym masih bertampang Newbie, kesempatan buat menawarkan produk atau menawarkan hal lain.

Sebaiknya jangan terlalu digubris, karena semua itu kadang ada maksud terselubung. Fokusnya ke latihan yang kamu jalani.

9.      Failure Forever
Anggota yang ikut berlatih ada yang hasil yang dia dapatkan selama berlatihan terlihat maksimal. Misalnya otot tubuh yang mulai terlihat atau masa lemak yang terpangkas habis. Namun ada juga tipe orang yang sudah sangat lama berlatih tetapi hasilnya tak pernah terlihat dengan jelas.

Tipe yang seperti in dinamai oleh tipe Failure Forever alias gagal melulu. Saya melihat orang yang tipe ini punya cara latihan dan implementasi seperti makan atau istirahat yang buruk. Alih-alih mendapatkan tubuh yang ideal, tapi malah tak ada perubahan.
Semua itu terbongkar saat berbincang-bincang,
Mas sudah berapa lama latihan di sini? 
Hmm... baru 2 tahun 
Waduh!!!.. kok badan mas ngga jauh beda dengan saya yang baru latihan seminggu
Itulah kenapa di dalam latihan dibutuhkan sekali ilmu yang mumpuni, bila seperti itu yang ada begitu banyak waktu, biaya dan juga tenaga yang terkuras. Semoga kalian tak termasuk manusia tipe ini di tempat gym.

10.  Makhluk KW
Tipe yang paling ditakuti lagi di benci oleh semua anggota gym adalah makhluk berbadan macho tetapi berlabel KW. Akibat dari mereka, citra tempat gym tercoreng dan dicap sebagai tempat manusia KW.

Saya pernah membaca bahwa, manusia KW banyak sekali mencari ruang di 3 tempat yakni dunia model, dunia hiburan dan dunia gym. Manusia-manusia seperti ini biasa mencari mangsa terutama wajah-wajah newbie yang bisa diganggu.

Walaupun sudah niat diperangi, tetapi mereka juga anggota yang bayar. Pihak pemilik usaha tak bisa berbuat banyak dengan tingkah polah mereka. Ada baiknya dihindari agar kamu tidak jadi korban mereka. Hiiiii!!!!

Nah itulah beberapa ciri dari anggota gym yang sering ditemui, selain yang terlansir di atas. Apa saja tipe lain yang pernah kamu lihat, silakan share di kolom komentar. Sekian dan semoga memberi pencerahan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Punya hobi membaca, mengobsevasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat musik EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis