Kamis, 26 Maret 2015

5 Cara Melawan Intimidasi di Gym


Pusat kebugaran sekarang sudah menjadi primadona dan gaya hidup terutama sekali di perkotaan. Menjamurnya gym menjadi daya tarik sendiri bagi kalangan suburban yang terbatas akan tempat melatih fisiknya setelah bekerja seharian.
Bila di pedesaan hampir semua pekerjaan yang dilakukan menggunakan tenaga manusia, misalnya mencangkul sawah sehektar, jalan kaki jauh atau hingga naik gunung dan turun gunung. Semua sudah jadi rutinitas yang sangat memerlukan fisik dan lebih membuat tubuh bugar. Sedangkan di perkotaan banyak pekerjaan yang tidak lagi menggunakan fisik dan cenderung mengandalkan otak. Alhasil performa tubuh merasa lemah, salah satu caranya dengan bergabung menjadi anggota di pusat kebugaran.

Di tempat gym untuk proses mendapatkan tubuh ideal begitu banyak tantangan yang harus dihadapi. Gangguan itu umumnya sering sekali dirasakan oleh anggota baru. Tak punya pengalaman sebelumnya di tempat fitnes, bermodal niat nekat dan mau perubahan. Gangguan itu yakni gymintimidation.

Gangguan ini berbentuk intimidasi mulai dari yang terberat verbal (ucapan) hingga yang teringan berupa visual. Secara verbal adalah ucapan yang meremehkan kamu untuk bisa bertahan lama di tempat gym

Ahh... badan cungkring seperti kamu paling lama cuma seminggu, terus menghilang *Nyesek bukan*

Serta bentuk intimidasi yang dilakukan melalui visual, dari tatap mata tak mengenakkan serta seperti meremehkan akan kemampuan kamu saat melakukan latihan. Bagi kalian tak usah panik, karena hal seperti itu wajar terjadi di dunia gym. Nah... di sini gue mau menjabarkan cara melawan gymintimidation yang membuat begitu banyak anggota baru harus angkat kaki sebelum mendapatkan hasil yang ia inginkan.

1.      Cuek
Terlalu memikirkan anggapan orang lain adalah salah satu cara terburuk dalam menjadi latihan. Tak cuma di tempat gym, di tempat lain saat kamu terlalu stres dengan anggapan orang lain mampu membuyarkan target yang ingin sekali kamu gapai. Alih-alih ingin mendapatkan rasa bugar dan badan kekar, malah kalah dari stigma anggota lain.

Lantas cara terbaik adalah dengan cuek terhadap keadaan, karena semua yang masih baru butuh adaptasi untuk bisa mencapai level yang sama dengan anggota lama. Bisa jadi dahulunya, orang-orang yang mengintimidasi dari semua yang kamu perbuat lebih parah dari dirimu.

So... Jadi jangan terlalu diambil pusing, karena dengan sikap cuek mereka pun akan lelah dengan sendiri.

2.      Anggap Sekedar Becandaan
Sering sekali apa yang mereka lakukan adalah bentuk candaan semata. Tujuan bercanda namun sedikit mengintimidasi wajar terjadi di pusat kebugaran. Karena merasa tertekan dan langsung down kamu langsung menyerah, aduh... itu kesalahan fatal.
Baca juga: 10 Tipe Orang di Tempat Gym

Caranya adalah anggap saja itu bentuk candaan semata, mungkin sambil bisa melepas penat saat melakukan angkat beban. Sebaik tak usah terlalu diseriusi dan dimasukkan ke dalam hati.

3.      Berlatih Lebih Keras
Intimidasi di gym umumnya terjadi karena kamu masih newbie di tempat itu. Apakah masih salah dalam proses latihan, intensitas latihan yang masih sedikit serta faktor lainnya. Cara terbaik itu bisa terhindar dari gymintimidation yakni dengan berlatih sekeras mungkin berdasarkan tujuan yang kamu mau.

Suara-suara sumbang yang keluar dari pelaku gymintimidation akan menghilang apabila kamu mampu menerapkan latihan keras. Maksud latihan keras di sini bukan berlatihan dengan latihan begitu lama dalam sehari atau sepekan, tetapi lebih kepada latihan cerdas. Serta diimbangi dengan nutrisi dan istirahat yang optimal.

Nah bila target kamu telah tercapai, gymintimidation akan hilang sendiri. Kini giliran para pemberi suara sumbang yang bungkam.

4.      Cari Teman
Cara ampuh lainnya dalam memerangi tindakan gymintimidation yakni dengan mencari teman. Apakah teman tersebut sama-sama anggota baru ataukah yang telah lumayan lama berlatih. Dengan mencari teman, otomatis kamu punya sedikit kekuatan ataupun motivasi melawan setiap intimidasi.

Punya teman punya dampak positif lain terutama yang telah terlebih dahulu berlatih, ia mampu memberikan tips-tips melawan setiap intimidasi yang kamu terima. Serta yang paling penting adalah membantu proses mendapatkan tubuh yang kamu inginkan.

5.      Mau Belajar
Pada satu sisi, intimidasi di gym sangat baik terutama sekali sebagai media belajar. Dorongan yang kuat dari efek itu membuat kita belajar lebih baik. Salah satu contohnya mau berlatih sesuai dengan prosedur.

Bagi anggota baru sering sekali ditemui sifat “sok tau” dan yang paling benar. Mereka apa yang mereka kerjakan paling benar dan tepat. Nyatanya apa yang mereka lakukan sesuatu yang salah. Selaku anggota lama, salah satu caranya dengan memberikan tekanan psikis melalui gymintimidation. Alhasil banyak dari anggota baru yang tak sadar diri atas apa yang ia lakukan.

So.. sebaiknya perbanyak belajar mengenai apa-apa saja yang akan dilakukan, terasa sangat percuma andai yang dijalankan tak memperoleh hasil. Di satu sisi gymintimidation buruk terutama yang tak siap mental, akan tetapi pada sisi lain gymintimidation membuat anggota baru banyak belajar dan berubah ke arah lebih baik.

Karena dengan belajar, perlahan-lahan gymintimidation hilang dengan sendiri. Malah mereka yang melakukan intimidasi malah menjadi sahabat kamu. Terpenting jangan terlalu di ambil di dalam hati dan mawas diri.

Bila kalian punya pengalaman yang seperti itu, silakan share pengalaman kalian. Semoga memberikan pencerahan!!!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Punya hobi membaca, mengobsevasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat musik EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis