Minggu, 31 Mei 2015

7 Moment Nyeselin Saat Nonbar

Penonton di belakang cuman keliatan rumput doang
Sepak bola kini sudah menjadi industri yang paling menghibur terutama sebagai tontonan yang menyajikan duel berbagai tim-tim top berasal dari Benua Eropa atau pun negara-negara yang punya reputasi tinggi di bidang sepak bola. Sekarang sepak bola ngga mengenal lagi berbagai waktu mainnya terutama yang sifatnya saat ini sebagai hiburan, apa itu akhir pekan, tengah pekan atau pagi, siang dan malam, atau yang live atau tayangan ulang. Tinggal nyari aja mana yang mau ditonton.
Yang paling enak nonbar bola dilakuin di stadion tapi yah sebagian besar klub-klub top mainnya di luar negeri dan butuh biaya yang gede banget, jadi nonton di stadion di kesampingkan. Jadi sebahagian besar dari kita semua ialah penonton setia layar kaca, bener kan...!

Tempat nonbar yang wajar ialah cafe, warkop, pos polisi atau tempat lain yan rame buat di nonton. Paling nonbar di tempat yang ada fans dari klub pendukung dari kedua pihak (heterogen). Jadi ada yang bisa disindir saat gol atau tim kalah, kalo tempat yang nonton bola semuanya fans sattu klub jadi ngga meriah, walaupun saat kalah jadi ngenes.

Gue di sini gue mau ngasih tau berbagai tipe orang atau teman yang saat nobar di cafe atau warkop bikin nyeselin dan dijamin kamu malah ngga semangat buat nonton, cekidot:

1.      Sibuk Online dan Download
 Tipe yang paling nyeselin pertama ialah lupa akan hakikat dasar dari nonton bola, terutama mengurangi yel-yel atau teriakan gol walaupun hanya menghasilkan goal kick. Zaman sekarang setiap sudut telah tersedia wi-fi gratis yang bisa di akses kapan aja dan gadget yang makin canggih banget, termasuk di tempat nonbar umumnya tersedia. Ini mengurangi kualitas penonton yang asik online dengan kecepatan wi-fi yang ngebut.

Hal yang sering dialamin orang yang sibuk online saat nonbar ialah pas ada yang teriak gol atau komentator intonasinya naik dan cepat langsung ngeliat ke layar tivi, saat ngga terjadi gol langsung kembali ke gadgetnya sambil lanjut online atau chatingan. Gitu terus sampai pertandingan bolanya selesai dan orang pada pulang semua.

Selain itu yang bikin kenapa orang sibuk online, chating atau juga download karena tim yang ditonton permainannya ngebosanin seperti parkir bus, tim jagoan udah menang besar dan lawan ngga mungkin lagi ngejar atau timnya kalah telak dan sibuk dengan gadget bisa mengurangi derita kengenesan.

2.      Sibuk Ngobrol
Sepak bola jadi tontonan yang paling digemari oleh berbagai kalangan dan menimbulkan obrolan hangat dari setiap kalangan tersebut terutama banget yang mendukung kesebelasan tertentu dan anti kesebelasan lain. Obrolan panas tersebut ditambah dengan komentar dijamin mah menambah tensi sebelum pertandingan.

Tapi hal itu akan jadi sia-sia saat pertandingan bolanya malah sibuk komentarin atau obrolin yang bikin kekhusyu’ nonton bola sirna. Tindakan sibuk ngobrol tentang sepak bola masih banget ditolerir walaupun ngeganggu orang yang nonton tapi arahnya masih mengenai dunia sepak bola.

Yang nyeselin itu obrolan yang jauh dari sepak bola bertanding, misalnya curhat tentang mantan yang telah jadian dengan pacar baru yang lebih jelek dan kere dari kamu atau selama ini kamu cuman dianggap friendzone sama gebetan yang udah lama banget diperjuangin.

Dan temen yang curhat begituan pasti nyeselin banget apalagi bila nonbarnya lagi seru-seru, tapi dia malah sedih ngegalauin hidupnya.

3.      Ketiduran
Persoalan pelik yang ngga enak banget dalam nonbar bola ialah ketiduran saat laga yang ditunggu-tunggu tiba. Dan kita pasti pernah ngerasain hal begituan atau punya teman yang paling gede suaranya sebelum kick off tapi malah layu kayak kerupuk yang jatuh ke dalam mangkok mie kuah ayam. Hal yang dilakuin pertama bila punya teman yang beginian ialah tetap suruh dia tidur nyenyak hingga bolanya habis dan tempat nonbarnya tutup biar dia kelabakan saat bangun.

Bila sikap yang pertama begitu sadis, ada cara yang sedikit lebih bijak yaitu saat laga nonbar bolanya kelar bangunin teman kamu yang tidur dan ceritakan hal yang beda dari hasil pertandingan. Misalnya klub yang dia dukung menang besar atau kalah telak. Di jamin dia makin kelabakan dan check livescore.

Tidur saat laga berlangsung mah jadi ngga enak banget walaupun teknologi kini banyak yang buat kita nonton ulang pertandingan yang sudah lalu, misalnya di youtube. Tapi euforia pertandingan yang live dan bareng suporter layar kaca lain terasa beda. Ingat buat yang biasa ketiduran...!

4.      Ngga Bawa Duit
Dalam persahabatan pasti aja ada teman yang beralasan dasar ngga bawa duit saat nonbar. Iya nyeselin banget pas lagi ngitung-ngitung sama kasir terus ada teman yang ngomong gini:

"Bro... gue ngga bawa duit. Pinjem duit elo dulu, kapan-kapan gue bayar"

Persoalan yang beginian yang kamu alamin pasti ngga enak banget, salah satu solusi yaitu cuma ngomong begini:

Bro.. duit gue pas buat sama pesanan tadi, maaf ya ngga bisa bantu. Coba deh nyuci piring mana tau orang cafenya mau ngasih minum gratis. Gue tinggal duluan ya....!!!

5.      Tempatnya Ngga Nyaman
Kenyamanan jadi alternatif yang dipilih banyak orang buat nonton bola, ngga Cuma harga, lokasi strategis hingga base camp klub besar. Karena banyak fans layar kaca yang rela bayar lebih buat kenyamanan. Gimana rasanya coba saat lagi seru-seru nonbar kursinya goyang-goyang, tempatnya banyak nyamuk dan ditambah di siaran TV banyak pasukan semut Ant-man yang lewat buat melancarkan aksi spionase.

Ngga enak banget kan.. Makanya kenapa nonbar jadi makin meriah bila faktor-faktor tadi terpenuhi. Jadi enak deh nonbarnya.

6.      Harga dan Pelayanannya Kurang
Hampir sama kayak point sebelumnya, ngga cuman nyaman tapi pelayanan yang ramah dan ngga bikin pelanggan harus nunggu lama biar pesanannya nyampek. Kan jadi ngga enak coba, saat nonbarnya selesai pesanannya baru nyampek.

Haus ama lapar udah hilang, eh malah datang. Makanya kenapa tempat nonbar yang pelayanannya bagus orang bela-belain jauh-jauh buat datang. Dan yang pasti murah..!!!

7.      Banyak Siaran
Mau nonbar yang mana ini....??? Kalimat tersebut muncul setiba di tempat nonbar. Alih-alih mau liat tim jagoan main dan kebetulan lawannya ngga sebanding malah berpaling ke televisi lain yang menyajikan laga big-match yang lebih kece.

Persoalan yang ngga enak banget kalo tempat nonbarnya punya banyak TV atau layar tancap yang punya begitu banyak channel multi olahraga ngga cuman bola, bisa jadi tennis, balap, hingga perlombaan congklak.

Nonbar jadi ngga fokus, lirik ke kiri, kanan atau belakang.. Ibarat lagi dinner ama gebetan ngga taunya di sebelah meja kanan dan kiri lagi atau cewek cantik yang lagi sendirian. Malah jadi refleks buat nyapa.. Kan jadi ngga enak sama gebetan yang udah diperjuangin begitu keras *salah fokus*
Apa saja moment nyeselin lain yang pernah kamu rasakan saat nonbar, silakan dishare di kolom komentar.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis