Selasa, 30 Juni 2015

Ramadan Tiba, Inilah 7 Hal yang Spesial

ramadan tiba

Bulan puasa yang penuh akan rahmat pun tiba diawali dengan iklan sirup, obat kumur hingga sarung di TV tiap iklan. Kemudian barulah muncul menteri agama sambil buat konferensi pers bahwa hilal Bulan Ramadan telah datang, menteri agama paling cuman nongol waktu menentukan kapan awal Ramadan dan awal Bulan Syawal. 

Bila dipikir-pikir awal Ramadan dan awal Syawal jatuhnya tanggal 1, untuk apa diributkan yang penting dijalankan berdasarkan ajaran yang telah Nabi Muhammad kepada umat. Gue jadi religius gini, maklumlah teman dekat kawan gue banyak duluan di belenggu.

Banyak hal menarik yang hanya datang saat bulan puasa dan di bulan lain hal begini langka atau ngga ada. Nah gue mau ngasih tau berbagai hal itu, cekidot:

a)      Setan Dibelenggu
Ngga cuman kaya berbagai pahala di Bulan Ramadan yang siap dipetik, tapi setan yang biasa mempengaruhi lho buat melakukan tindakan yang menyimpang pada dibelenggu selama sebulan penuh. Jadi bila selama ini ada teman, gebetan atau pacar yang ngga ngasih kabar sebulan sejak puasa besar kemungkinan dia lagi dibelenggu. Jadi jangan lupa buat ngucapin salam perpisahan sejenak ya.

Hal lain yang enak di Bulan Ramadan itu waktu ke tempat angker, tengah malam ngga perlu takut karena para setan lagi dibelenggu paling mah di tempat angker banyak orang yang ngga puasa pergi makan dan malam hari orang cabut tarawih.

b)     Salat Tarawih
Sehari sebelum puasa yang pertama kali dilakukan umat muslim yaitu salat tarawih berjamaah. Masyarakat kita paling senang di awal-awal Ramadan, buktinya masjid penuh sesak dan jelang akhir baru deh banyak yang gugur atau sibuk berburu baju lebaran. Selain itu banyak para ABG yang jadikan salat tarawih sebagai ajang nyari jodoh. 

Dikit-dikit yang cowok waktu ceramah tarawih menoleh ke belakang sambil nyari jemaah cewek yang bening. Ada juga tipe jemaah waktu tarawihan buat ajang pamer sesuatu yang baru misalnya yang bapak-bapak suka pamerin batu cincin baru sedangkan para kaum ibu suka pamerin mukena dengan motif baru.

Buat anak-anak dan ABG yang susah banget move-on, biar tiap tarawihan yang paling doyan dan bikin berisik itu waktu perang sarung. Sarung mahal-mahal dari berbagai merk dari wadimor, gajah duduk hingga wajah rebahan malah diikat ujungnya hingga berbentuk gumpalan buat diadu sama penantang lain.

Pertarungan perang sarung paling sakit pas kena sarung layaknya kena bogem mentah dari Manny Pacquaio. Biasa yang udah ketagihan susah ngelewati moment perang sarung asal tiap Ramadan. Fyi... para peserta yang mau ikutan jangan lupa pake dalaman celana dan yang ngga ada dalaman jangan ikutan, ntar jadi malu-maluin. Trus cewek mah jangan ikutan, ntar malah hal lain yang ditonton. Astafirullah tobat!!!

c)      Berburu Tanda Tangan Ustad
Setelah salat tarawih kelar, pak imam dan pak ustad penceramah terutama buat melayani anak sekolahan buat minta tanda tangan. Dan semua anak sekolahan pasti pernah buat ngisi buku rutinitas bulan puasa dari berapa hari puasa bolong, berapa juz yang dibaca, berapa kali ke masjid, dan berapa banyak tanda tangan penceramah yang memenuhi buku aktivitas Ramadan.

Tapi sekarang denger-denger ngga ada lagi buku aktivitas Ramadan dan jadi kapan lagi saatnya generasi muda islam bisa dapat tanda tangan orang sholeh di bulan lain. Di bandingkan ngantri minta tanda tangan artis kekinian jelas pahala ngantri pak imam dan pak ustad lebih tinggi.

d)     Asmara Subuh
Kebiasaan langka yang cuman ada di bulan ramadan yaitu asmara subuh. Ini jadi ajang tahunan yang ditunggu-tunggu oleh anak muda umumnya setiap salat subuh. Yang dulunya malas bangun pagi dan ke masjid langsung deh berbondong-bondong bela-belain buat ke masjid buat nyari gebetan.

Selain itu asmara subuh diawali dari jalan-jalan setelah subuh, ibarat long macth dari masjid setempat mungkin hingga ke Zaire tanpa rasa capek. Selain asmara subuh bisa mengobati jemaah ABG yang jomblo harian hingga jomblo dari zigot buat nyari jodoh yang belum ketemu, atau malahan jadi makin ngenes ngeliat orang lain ketemu jodoh kamunya malah orang nemanin doang.

e)      Ngabuburit
Bila di subuhnya ada asmara subuh, agak sore-an dikit jelang berbuka banyak yang menyempatkan diri buat jadi jalan-jalan sore atau lebih familiar dengan sebutan ngabuburit.

Setelah waktu Asar jalanan macet dengan pengendara dari yang nyari bukaan, jalan-jalan hingga jualan berbuka. Sudah dipastikan waktu ngabuburit kebanyakan merasakan macet dengan pengendara lainnya. Yang penting bisa nyari-nyari angin dibandingkan di rumah asik ngeliat iklan sirup yang bikin ngiler.

f)       Jualan Menu Berbuka
Hanya di Bulan Ramadan kita semua nemuin di hampir setiap pinggir jalan banyak ditemukan orang menjajakan makanan untuk berbuka. Dari menu segar, manis dan renyah semua ada ditemui di jalanan dengan harga bervariasi sesuai isi kantong.

Persoalan saat mencari menu berbuka datang dari godaan siapa yang jual, bila yang jualan cewek cantik atau cowok tampan dijamin lebih cepat laku keras dari lawan jenis yang beli. Terserah apa menu berbukanya enak di kemudian saat berbuka atau malah cuman manis di penjualnya.

Ramenya pedagang yang menjual menu berbuka dari kalangan anak muda hingga orang tua, atau yang cuman penjual musiman hingga yang udah lama eksis jualan jajanan menu tersebut di luar Bulan Ramadan. Ada yang tujuannya buat menambah pengalaman interpreneur, buat nyari tambahan duit jajan di hari raya dan buat cari pelanggan sekaligus melanjutkan berdagang setelah Ramadan. Dan kebanyakan bulan puasa jadi tolak ukur orang buat memulai usaha, biasanya berbuah manis buat yang serius.

g)      Tempat Hiburan Tutup
Berbagai tempat hiburan tutup terutama banyak ormas yang mengatakan diri mereka suci. Berapa hari jelang Ramadan banyak ormas yang melakukan razia rutin ke tempat-tempat hiburan malam. Saat bulan Ramadan tiba giliran razia tempat makan yang buka saat jam-jam puasa di siang hari. Kadang sih suka heran kenapa warung yang buka siang hari harus di razia padahal warungnya buka doang tanpa jual apa-apa cuma pemilik buka warung buat mencari angin. #Alesan

Banyak tempat hiburan yang tutup bikin sebagian anak muda menghilangkan rasa lapar lewat tidur dari subuh hingga lebaran, atau menyibukkan diri dengan hiburan kayak nonton, browsing dan juga main PS. Ngga atau kenapa tempat kayak rental PS sebentar masuk, pas siap main sudah dekat waktu berbuka. Tapi jangan terlalu sering, ntar dompet kamu bengkak.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Punya hobi membaca, mengobsevasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat musik EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis