Sabtu, 11 Juli 2015

Mood yang Dirasakan oleh Fans Sepak Bola

fans sepak bola

Sepak bola sudah menjadikan rutinitas wajib nan dinanti oleh para pencintanya. Di saat ada jeda internasional atau libur musim panas dan dingin, dahaga menonton sepak bola terasa begitu membuncah.

Para kalangan suporter sepak bola beragam macamnya, dari suporter sejati kelas satu yang hidup dan tinggal di tempat klub itu bernaung hingga fans layar kaca nan jauh di sana yang gonta-ganti klub saat suatu klub performanya mengalami grafik yang sangat bagus.
Di sini gue mau melansir beberapa perilaku dan mood yang dirasakan oleh benar-benar fans sejati, bukan fans yang hanya meledak meletup (Karbitan) tanpa arah. Siapakah dan apakah yang paling berkesan bagi mereka kepada klub mereka, cekidot:

1.      Ekspektasi Besar
Memasuki awal musim  segala gebrakan tim yang dilakukan selama bursa transfer seperti pemain masuk dan keluar sebuah kebanggaan tersendiri. Di situ tersemat begitu banyak ekspektasi dalam mengarungi musim yang begitu panjang.

Selaku fans sejati, di masa transfer sangat giat mengikuti perkembangan tim yang ia dukung. Melihat skuad yang ada seperti ini berpeluang besar menyapu bersih gelar ditambah dengan pelatih yang mumpuni ujar suara hati fans.

Ekspektasi yang begitu besar adalah yang wajar banget mengingat klub punya target sendiri. Namun tetap saja yang paling besar ekspektasi adalah fans, apalagi timnya beberapa tahun belakangan puasa gelar atau tidak bisa berlaga di kancah elit Eropa.

2.      Bahagia Datang Pemain Baru
Siapa sih yang tidak bahagia saat mendengar kabar pemain baru yang berhasil di transfer adalah pemain hebat. Selain muda, terkenal dan punya kelebihan khusus. Pemain yang diharapkan adalah pemain idola dari kalangan fans termasuk kamu.
Kedatangan pemain yang dibeli klub ini mampu mengangkat pamor tim yang ia dukung merangkak naik atau mempertahankan dominasi tim yang ia dukung.

Sering sekali mood fans mendatang hancur apabila pemain incaran yang sudah begitu lama dikaitkan dengan klub yang ia dukung malah berpaling ke klub rival. Atau juga pemain yang diharapkan fans menolak klub yang kamu dukung karena menganggap klub kamu hanya sebatas klub semenjana semata. *sabar ya*

3.      Gundah Pemain Cedera
Musim baru saja dimulai, badai cedera menghampiri pemain andalan klub. Siapa sih yang tak pusing, tak hanya manajer tetapi juga fans. Di saat klub rival sedang onfire, tim kamu malah sebaliknya.

Silih berganti yang cedera, posisi penyerang sembuh, gelandang sayap cedera. Saat semuanya sehat kiper andalan diragukan tampil atau bek harus mengalami sanksi akibat tindakan tak terpuji terhadap lawan.
Kegundahan sangat memuncak saat harus melawan musuh bebuyutan, tim yang kamu dukung sedang dalam keadaan timpang sedangkan tim lawan sedang begitu trengginas. Kamu selaku fans di saat itu hanya bisa harap-harap cemas perbanyak doa.

4.      Rasa Emosional
Fans punya sifat emosional yang tak kalah dengan pemain. Saat pemain buang-buang peluang emosi memuncak padahal sangat gol. Kata sumpah serapah jadi hal yang wajar banget terucap. Sebaliknya saat pemain yang tak buang-buang pemain gantian fans mengelu-elukan namanya sambil berucap:
Wah keren banget akselerasi saat membuka ruang dan penyelesaian akhir

Saat tim sedang tertinggal, fans terlihat murung dan di dalam dada tersimpan begitu banyak amarah yang kapan saja bisa meledak. Gue ingatkan jangan memancing kemarahan fans yang telah lama timnya terpuruk atau lagi tertinggal dalam laga. Bisa-bisa kamu dilempar ke dalam kandang buaya.

5.      Senang Seharian
Kesenangan semakin lengkap saat di malam seninnya tim kamu menang besar atau berhasil mengalahkan tim rival. Hari senin terasa begitu menyenangkan, ke mana-mana tersenyum sambil nyengir. Melakukan hal berat sekalipun terasa begitu ringan tanpa mengeluh.
Baca juga: 7 Moment Nyeselin saat Nonbar

Kondisi sebaliknya terjadi bila klub kalah dan dipermalukan. Hari terasa begitu muram dan gelap, semua orang terasa ingin menertawakan klub yang kamu dukung. Padahal itu semua hanya perasaan kamu saja.
Di saat itu kamu harus sadar, menang dan kalah adalah roda yang saling berputar. Selaku fans harus menerima dengan tabah
6.      Bahagia Melihat Tim Rival Kalah
Pepatah senang melihat orang susah tapi susah melihat orang lain senang salah satu ciri kecintaan pada klub sendiri dan kebencian pada klub lawan. Kebahagian itu terjadi saat tahu klub rival kalah, tersingkir dan ditahan imbang.

Walaupun bukan dengan klubmu, tetap saja kebahagianmu bertambah-tambah. Akhirnya ada bahan lelucon malam ini, ujar fans. Giliran klub kamu yang mengalami hal yang serupa kamu pun harus diam seribu bahasa

7.      Menghilang dan Susah Dihubungi
Ilmu menghilang adalah ilmu yang dilakukan oleh fans ketika klub yang dia dukung kalah. Misalnya biasanya terlihat di timeline sosial media, namun tiba-tiba menghilang dan mendadak offline.

Bisa juga menjadi susah dihubungi apalagi yang menghubungi adalah teman yang mendukung tim rival. Baper (read: bawa perasaan) menghampiri setiap saat, padahal si teman hanya niat pinjam duit kamu malah menganggap akan dicengin (dikata-katain).

Selaku fans sejati harus menerima kemungkinan terburuk tapi bila tak sanggup cukup perbanyak sabar sambil menunggu tanggal main teman kamu yang menghilang atau mendadak susah dihubungi.

8.      Membela Pemain Walaupun Salah
Selaku fans, sudah jadi hal yang wajib membela pemain dari timnya walaupun punya kesalahan sebesar apapun. Memang karena kecintaan terhadap sesuatu kadang membuat kita lupa diri. Membela secara berlebihan walaupun kesalahan yang dilakukan mutlak.

Misalnya sengaja menyikut lawan, menekel lawan dari belakang hingga perilaku yang buat si pemain di usir. Walaupun fans membela, kadang bila pemain yang bersangkutan sering melakukan hal yang serupa sepertinya selaku fans layak mengkritisi pemain. Batas-batas pembelaan ada pembatasnya, bila sudah kelewatan lebih baik si pemain yang harus diberi sanksi tegas.

9.      Menyalahkan Wasit
Istilah cowok selalu salah selalu bergema, namun dibalik kata-kata itu ada istilah yang lebih dalam yakni wasit selalu salah. Apalagi lagi yang jadi wasit seorang cowok, jelas-jelas salahnya dua kali.

Wasit orang yang bertugas menjalankan permainan selalu tak pernah lepas dari kritik. Berbagai kemajuan dan teknologi yang disematkan di lapangan tetap saja wasit masih melakukan kesalahan. Karena manusia tak pernah luput dari segala kesalahan.
Karena istilah wasit dibayar sudah mendunia, wajarlah wasit dibayar bila ngga dibayar anak dan istri harus makan apa

Tindakan wasit yang merugikan tim kadang hasil di luar dugaan, misalnya tak diberikan penalti, pelanggaran tak berbuah kartu, hingga keputusan yang membingungkan. Selaku fans mood yang dilakukan wasit kadang menimbulkan frustasi berkepanjangan.

10.  Nonton Terganggu
Mood yang paling mengganggu saat menyaksikan tim kesayangan bertanding adalah saat tim yang kamu tonton tidak ditayangkan di TV lokal. Itu sangat mengganggu banget apalagi dijadwal tertera TV lokal tersebut menyiarkan, namun malah tak jadi menyiarkan. Sungguh tindakan PHP terselubung.

Bermodal harus mencari tempat nonbar hingga channel streaming yang mumpuni, dijamin emosi selaku fans sangat terganggu. Apalagi jaringannya lelet atau di tempat nonbar gambarnya kabur. Mood kamu malah turun, tetapi selaku fans hal itu jadi sarapan yang sering terjadi.

Nah itulah beberapa mood yang dirasakan sebagai sebagai fans, apa sajakah mood lain yang pernah kamu rasakan saat menjadi fans sejati. Silakan sampaikan keluhan kalian.

Salam fans sepak bola
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Punya hobi membaca, mengobsevasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat musik EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis