Kamis, 03 September 2015

Pengagum Rahasia dan Deritanya

Pengagum rahasia

Hampir sebagian besar penyesalan yang paling besar adalah dari cinta terpendam tak pernah berhasil diutarakan dan berbalas. Sebatas pengagum rahasia.

Pernyataan di atas saat saya membacanya malah ikutan merasakan nyesek mendalam. Iya hampir semua dari kita punya cinta terpendam tapi ngga sempat atau berani diungkapkan. Semua penyesalan dan rasa ngenes bercampur aduk di dalam benak pikiran.  Saya menamai itu dengan istilah cinta tak berbalas dan sesosok pengagum rahasia.
Siapa sebenarnya pengagum rahasia?
Orang yang tak berani membuka kedoknya kepada yang tercinta atau rasa kagum. Anggapan bahwa pengagum rahasia hanya berani di belakang layar dan apabila statusnya terbongkar ia akan kelabakan, ia merasakan rasa bersalah mendalam telah jatuh cinta terhadap orang yang ia sukai.

Memang cinta tak harus sama-sama memiliki dan merasakan, tetapi sangat menyakitkan bila hanya bisa merasakan sendiri tanpa diketahui oleh si target. Itu sudah jadi menjadi risiko yang diambil oleh sang pengagum rahasia.

Dia merasakan dirinya belum pantas dan belum waktunya bersanding dengan yang dikagumi. Kecilnya nyali serta rasa penolakan membayangi andai ia nekat melakukannya. Jadi pengagum rahasia berada di zona tak terlalu dekat dan terlalu jauh  melancarkan kode-kode cinta.

Zaman pun berubah, dahulunya bermodal info teman dekat dengan menyogoknya makan bakso sepuasnya di kantin sebagai pelicin rencana. Kini gerakan bawah tanah tak terlalu perlu Hablumminannas (berbuat baik kepada orang lain), cukup bermodal stalking akun media sosial.

Andai satu sekolah, kelakuan seperti ini sering terjadi. Seperti menilap foto orang yang dikagumi di bidang tata usaha sekolah. Foto yang kelaknya sebagai pas foto untuk rapot rela digondol untuk mengobati kerinduan yang memuncak, namanya saja rindu. Tak ada sosial media dan bergerilya cara tersebut adalah cara terbaik bermain aman.

Ada cara-cara aneh lainnya yang lahir andai tak satu sekolah semisal memakai jasa merpati pos untuk mengirim surat dan di, surat kaleng, request lagu sekalian titip salam via Radio biar semua orang dengar dan tahu termasuk si dia. Saat ditanya dari siapa, kadang form tersebut dikosongkan atau bahkan ada yang rela membuat Hamba Allah. Waduh!!!

Bila masih merasakan rindu yang memuncak adalah dengan lewat depan rumahnya, mana tahu sempat melihat wajahnya sambil menyapu halaman rumah atau menyiram tanaman. Terlihat aneh dan orang kompleks di dekat rumahnya bisa mencurigaimu sebagai mata-mata atau loper koran keliling. Tak ada, semua dilakukan agar mengurangi rasa rindu.

Sekarang zaman telah maju, kemudahan ini menjadikan mematai tak harus mengirim nama surat yang namanya tersamarkan, request lagu ke radio termasuk menilap foto pas foto ukuran 3 x 4. Cukup saja Kepo sosial media atau masuk dalam inner cycle pertemanannya, berdoalah banyak-banyak agar sosial medianya tidak digembok layaknya rumah yang ditinggal mudik. Bila tak berhasil pula.
Hidup ini antara mencintai diam-diam atau penasaran diam-diam, keduanya sama-sama nyesek karena didasarkan rasa takut hingga hanya sebatas angan-angan

Pengagum rahasia selalu menjadi melihat orang yang ia cintai dari kejauhan, terlalu berbahaya untuk bisa mendekati. Bisa jadi yang ia cintai akan risih, menjauh dan hilang. Menjaga jarak dan tetap melihat dari kejauhan berharap yang kamu cintai tetap jauh namun terasa dekat. Perjuangan menjadi pengagum rahasia butuh kesabaran.
Lebih baik mana coba, mati dalam rasa penasaran yang menggebu-gebu atau mati dalam tak sempat mengungkapkan?

Menjadi pengagum rahasia sering merasakan rasa iri dan luka tergantung bagaimana yang ia kagumi terutama kaum hawa sering sekali menjadi korban rasa penasaran yang terus membuncah. Sesungguhnya jadi pengagum rahasia itu tersiksa batin apalagi tahu segala tentangnya  dan kita hanya mencintai secara jarak jauh dan diam-diam.

Menurut studi, lelaki suka pada suatu wanita ia akal berkhayal terhadap orang yang ia sukai sedangkan lelaki yang suka pada wanita yang ia suka dia akan diam dan diam. Mengatakan akan jadi pengalaman yang begitu berat, takut yang disukai perlahan akan menghilang. Takut dia menganggap dirimu sebagai benalu kelak walaupun kamu tak pula selalu mengharapkan balasan serupa dari cinta yang dirasakan.

Jatuh cinta itu gratis tapi saat kamu mengutarakan harus perjuangan yang sedikit dan pundi-pundi uang juga keluar tak sedikit. Dan bila tak diterima malah semakin sakit.
 Jangan sampai hidup ini ibarat belum sempat memiliki tapi sudah merasa kehilangan

Sekarang sulit sekali menemukan pengagum rahasia yang melakukan aksinya mengirimkan pesan rahasia melalui radio kesayangannya. Mereka bermain lebih aman lagi dan mungkin masa depan lagi, para pengagum rahasia lebih bermain aman lagi agar jadi dirinya tak terungkap.

Apakah stalker termasuk pengagum rahasia atau hater?
Ada sebuah kecenderungan terlalu benci dan tak suka memunculkan rasa kangen dan rindu andai tak KEPO. Mencari tahu segala sesuatu tentangnya secara langsung secara diam-diam sebagai bahan cercaan. Nyatanya terlalu benci malah menghasilkan cinta atau sebaliknya.

Sebenarnya, tak ada yang terlalu perlu dicintai dan di benci karena zona tersebut membuat jarak antara pengagum rahasia dan pembenci punya jurang yang sangat tipis. Malah derita sama-sama tak nyaman melihat orang yang ingin didekati dan dimusuhi.

Sebagai penutup, menjadi pengagum rahasia sebagai bukti bahwa disaat belum memiliki saja sudah bahagia dan belum tentu saat memiliki rasa itu sama. Nikmatilah sebaik mungkin, karena di masa depan kita akan menertawakan apa-apa yang lucu-lucu di masa lalu. Termasuk menjadi pengagum rahasia yang kemudian malah balik mengagumi kita.

Semoga memberi pencerahan dan senyuman.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis