Kamis, 05 Maret 2015

7 Tindakan Nyeselin Saat Jumatan

tindakan nyeselin saat jumatan

Salat Jumat dan mendengarkan khotbah yang disampaikan oleh khatib sudah jadi sesuatu yang wajib diikuti oleh kaum adam terutama yang udah aqil baligh. Saat waktu jumat tiba dan bergegaslah beranjak dari segala tempat untuk pergi ke masjid, jangan lupa mandi, pakai baju bersih dan sopan untuk ke masjid dan pake deodorant agar jemaah lain tidak terganggu pernafasannya.

Ingatlah sebelum beranjak ke masjid janganlah semata-mata kamu mengharap ridha agar pulang-pulang jadi ganteng seperti yang biasa kaum hawa bilang. Bila kalian percaya anggapan seperti berarti maka pergilah ke salon saja.

Kembali ke topik kita, sebenarnya banyak hal-hal kecil yang nyeselin datang dari tempat yang ngga kita duga apalagi terjadi tempat itu merupakan tempat ramai yang sering didatangi oleh berbagai orang salah satunya masjid. Hal-hal nyeselin lagi mengganggu itu seperti beginian, cekidot:

1.      Bocah Berisik
Suara bocah berisik jadi momok yang ngga nyaman banget saat pelaksanaan salat Jumat apalagi bocah-bocah itu bila ditegur akan membuat rukun salat kamu rusak. Pake isyarat malah ngga dipatuhi dan bila di diamin kamu ngga akan fokus mau dengan khatib atau bisikan suara bocah. Di tambah dengan kapasitas masjid yang agak sempit saat waktu Jumatan dan tertutup dengan kaca. Di satu sini masjid yang ketutup dengan kaca jadi keliatan bersih dari terpaan debu dan sisi lain bila kipas angin main dan bocah berisik buat jemaah jadi gerah nan emosian.

Bocah kadang sukar diatur, waktu ada yang menegur sebelum khotbah atau sebelum salat Jumat mereka mengangguk iya dan diam. Pada waktu khotbah dimulai dan salat Jumat di mulai mereka malah ribut. Dasar-dasar anak...!

Nah moment nyeselin lainnya waktu salat akan ada anak-anak yang teriak AMMMIINNN kencang dan lama banget mengalahkan suara imam yang pakai microphone di shaf terdepan.
Ada dugaan karena itu buat anak-anak moment yang mengasikkan tapi ngga buat jemaah dewasa, bikin telinga pekak. Namun bisa jadi kebiasaan anak-anak saat ini yang doyan banget cengin nama-nama orang tua, kebetulan ada teman mereka yang nama orang tuanya Amin jadi kesempatan buat katain bareng teman lain tanpa rasa bersalah #Pengalaman.

2.      Orang Parkir Sembarangan
Jumat ialah hari terakhir buat para pekerja sebelum weekend dan setelah jumatan banyak para pekerja kantoran yang masih masuk kerja. Bagi yang kerja ngga mengenal hari libur jangan berkecil hati karena banyak dari saudara-saudara kita malah hidup di bawah garis pengangguran. Waktu yang mepet ditambah macet butuh yang lumayan untuk bisa pulang rumah dan pergi jumatan. Salah satu alternatifnya banyak pekerja nyari masjid terdekat dari tempat kerja buat jumatan.

Hal nyeselin saat jumatan selalu aja ada orang yang parkir sembarangan akibat datang telat dan parkiran kebetulan lagi penuh. Maka mereka melakukan tindakan nyeselin lagi ngga terpuji dengan parkir sembarangan di jalan keluar.

Ngga heran banyak yang sulit keluarin kendaraan dan jemaah lain yang hendak keluar tertumpuk rame di parkiran. Saran agar kurangilah naik kendaraan ke masjid dan perbanyak jalan kaki agar sehat serta banyak pahala. Kebayang ngga banyak pahala kalo pergi jumatan jalan kaki ke tanah suci. #AyoBuruan

3.      Jemaah Berbau
Salat Jumat ngga cuman mencukupi segala rukun salat dan dapat cepat sebelum khatib naik ke atas mimbar tapi ngga mengganggu jemaah lain seperti bau badan menyengat kena matahari, bau ketek menahun, hingga bau napas naga yang buat jemaah di sebelah harus latihan menahan selama mungkin. Niat nyari pahala eh malah bikin orang lain kewalahan dan dosa secara ngga langsung.. Hayoooo...!

Bagi jemaah jumat lover, yang paling kerasa memang bau napas dibandingkan bau ketek. Itu karena letak mulut yang lebih dekat ke hidung dan ketek agak sedikit rendah dari hidung jemaah lain.
Apalagi waktu salat jumat, jemaah yang napasnya bau berada di shaf ujung dekat kipas angin. Semuanya langsung mencium. Ini napas siapa sih (timbul saling tuding antar jemaah).

4.      Makmum Tulisan
Tulisan dan gambar punya banyak arti serta makna buat yang tau, itu sangat mengganggu tingkat kekhusukan salat  bila ada jemaah pake baju yang membuat jemaah di belakang bukan sibuk mendengarkan imam membaca ayat tapi malah sibuk baca tulisan di baju orang di depannya.
Gimana coba kalo tulisan di baju si jemaah yang pake adalah tulisan provokasi yang pake ngga tau artinya apa atau gambar ngga senonoh. Jadi hal nyeselin banget kan.

Makanya pakailah baju yang baik dan rapi lagi suci. Serta ngga harus baru dan mahal. Ingat jangan sampai ada adegan pamer logo sarung walaupun memang pake sarung paling keren logonya nonggol di belakang, biar jemaah di belakang tau merk sarung kita merk Gajah Duduk Tiarap.
Bila kamu termasuk golongan yang begitu, berarti kamu jemaah nyeselin lagi pamer.

5.      Telat dan Menerobos Shaf
Datang cepat dapat pahala berlipat ganda dan shaf paling depan, siapa yang ngga mau coba. Jadi bisa milih mau di dekat kipas angin, di dekat dinding biar enak bersandar santai dan dengan calon mertua. Supaya hati calon mertua hatinya luluh melihat calon menantu datang shaf paling depan #Ngarep.
Datang Jumat selain pahala ngga dapat dan juga harus nungguin di shaf paling belakang atau luar masjid hingga khatib turun mimbar  untuk memulai pelaksanaan salat jumat. Banyak jemaah yang memaksakan diri buat masuk padahal kapasitas yang asal jumatan selalu terlihat kecil dibandingkan waktu salat lainnya.
Baca juga: Kebiasan nyeselin saat jumatan
Ini nyeselin banget apalagi bila lututnya nyundul kepala atau badan kamu kena paha dia. Mau marah langsung deh orang yang nerobos paksa langsung pasang muka bego atau senyum manis.
Ada baiknya jemaah yang telat agar sabar menunggu di luar masjid walaupun kena panas atau hujan, namanya aja sudah datang telat sudah jadi konsekuensinya seperti begitu. Hal baiknya bisa tau kalo ada jemaah yang doyan nyolong sandal #PositifThinking

6.      Main Gadget
Di waktu Jumat cobalah sejenak untuk sama-sama duduk mendengarkan khatib yang jauh-jauh datang ke masjid untuk memberikan informasi atau syiar agama. Maka janganlah kamu termasuk golongan maniak gadget yang ngga mengenal waktu buat update status, balas cchat hingga ngabarin ke pacar bahwa ini lagi salat Jumat di shaf nomor 3 dari depan dan kebetulan berdekatan dengan kipas angin.

Atau sibuk baca berita online yang dari pagi belum terbaca sama sekali dan waktu Jumat malah jadi waktu baca berita. Itu tindakan mengganggu banget apalagi jemaah yang di sebelah mau online dengan gadget juga tapi ponselnya ngga ada baterai, pulsa dan cuma biaya telponan dan sms-an. Nyeselin banget bukan...!

7.      Jemaah Ngga Khusu’
Khusu’ jadi salat satu syarat sah salat, banyak banget orang yang rajin salat tapi khusu’nya ngga dapat. Malah ada dapat inspirasi cara mengalahkan main PS saat waktu salah berlangsung. Sungguh sia-sia saudara-saudara, apalagi bila imam baca ayat atau surat yang buat jemaah yang ngga khusu’ imajinasinya bisa sampai ke Planet Namec.

Tindakan ngga khusu’ seperti di atas merugikan di sendiri tapi apabila ada jemaah yang sibuk garuk-garuk, geserin sempak yang nyelip, batuk tanpa jeda hingga liat hingga ke langit-langit. Ada berapa kemungkinan, bisa jadi jemaah di sebelah anda salat bisa saja ngga khusu, ngga tau rukun salat, IQ tiarap atau emang orang gila yang lagi nyamar buat bisa salat bareng jemaah lainnya.


Masak kalah sama anak muda GTA
Baiklah, itulah sejumlah tindakan nyeselin saat jumatan dan yang penting jangan sampai lupa ibadah dan melalaikan perintah, Sekian semua cuy!!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis