Sabtu, 02 Januari 2016

Tahun Baru Saatnya Untuk?

 tahun baru

Awal tahun pun tiba dan begitu banyak pencapaian-pencapaian penting atau kenangan buruk yang telah dilalui penuh setahun sebelumnya. Mumpung bulannya masih fresh banget yang ingin segera dilakukan di awal tahun, jangan tergiur mentang-mentang masih diawali tahun kemudian berleha-leha dan ngga nyangka sudah di penghujung akhir tahun lagi. Rugi waktu, umur dan kesempatan bukan...!.

Menjelang detik-detik penutupan tahun lama menuju tahun baru, banyak banget kawula muda dan kawula tua buat acara. Dari kumpul-kumpul, bakar kembang api, bakar ikan, bakar sampah, hingga muter-muter keliling kota semalaman cuma buat ngabisin bensin secara elegan. Ada yang bahagia besok hari libur dan ada juga yang kurang bahagia karena ngga dapat hari libur. Semua saling siap menyambut tahun baru di depan muka.

Nah apa sajakah yang wajib banget kamu segera wujudkan diawalkan tahun tanpa harus ditunda-tunda lagi, cekidot:

1.      Nyari Kalender Baru
Kewajiban utama yang ngga bisa ditunda-tunda lagi di awal tahun yaitu beli kalender baru. Hukum wajibnya bila tahun baru datang, mumpung yang ada baik hati ngasih hadiah kalender walaupun gambar di kalendernya bikin kamu lebih banyak liat gambar yang terpampang di kalender dibandingkan ngeliat hari ini tanggal berapa dan ada tanggal merah ngga.

Sebaiknya kalender yang kamu dapat sesuai di mana ada jumlah tanggalnya lengkap, tanggal merahnya jelas serta ada keterangan tanggal di bulan hijrah atau penanggalan tahun Jawa. Biar tahun Jumat ini malam Jumat Kliwon atau Malam Minggu Kliwon.

Iya... wajib banget yang pertama sekali yang dilakuin yaitu membeli kalender baru biar tahun kapan aja hari libur jatuh. Bila mengandalkan kalender yang ada di gadget udah pasti hari Minggu doang yang ditandai sebagai tanggal merah sedangkan hari yang lain bukan tanggal merah (libur) alias tanggal warna hitam.

 kalender baru


Mau ngga kamu pasti mengalami awkward moment saat pergi sekolah, kuliah dan kerja. Orang lain lagi di rumah sambil kongkangin kaki dan kamu malah beraktivitas tanpa rasa berdosa telah mandi di pagi buta, sial ternyata tanggal merah atau sebaliknya.

2.      Pergi Liburan dan Jalan-Jalan
Liburan awal tahun jadi pengalaman yang menyenangkan banget mengingat banyak sekolah, kampus dan tempat kerja cuma meliburkan. Bagi yang ngga merasakan hari libur tahun baru jangan berkecil hati, tetap sabar mana tau ada hikmah ke depan #MenghiburDiri.

Pergi liburan dan jalan-jalan paling asik saat tahun baru, karena kamu dan ribuan orang yang lain juga pergi ke objek liburan yang sama dengan yang kamu pergi ditambah lagi libur akhir tahun baik orang kantoran dan anak sekolah ikutan libur panjang, macetnya juga panjang lho.

macet panjang


Nah berarti kita telah memindahkan objek macet dari kota ke tempat destinasi liburan. Mau foto di objek yang keren malah latarnya ibu-ibu lagi selfie serombongan atau anak-anak lagi pipis sembarangan, momentnya ngga dapat bro. Tapi ngga apa-apa daripada tidak merasakan hari libur tahun baru.

3.      Membuat atau Melanjutkan Resolusi
Banyak yang bingung sebenarnya apa itu "resolusi" yang sering orang ucapkan anak muda kekinian dan anggota PBB. Nah maksud dari resolusi itu, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata resolusi diterjemahkan sebagai berikut:

Re-so-lu-si/ putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang di tetapkan oleh rapat (musyawarah,sidang): pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang sesuatu hal: rapat akhirnya mengeluarkan sesuatu hal: rapat yang akhirnya mengeluarkan sesuatu yang akan dia ajukan oleh pemerintah.

Yah biar lebih gampang dicerna terutama sekali bila di antara kalian IQ tiarap, resolusi ialah sesuatu yang kita dapat gunakan untuk menyimpulkan harapan, tujuan dan hal yang konkret untuk masa depan. Sebagai manusia modern yang mau lebih baik dari yang sudah dilakukan terdahulu, resolusi jadi penyemangat buat melakukan hal yang lebih baik ke depan. Nah awal tahun jadi waktu yang tepat banget walaupun ngga menutup kemungkinan resolusi bisa diharapkan kapan saja ngga harus di awal tahun.

Resolusi kalian agar gampang diingat sewaktu-waktu saat lupa ialah dengan ditulis dalam bentuk memo, bisa di diary ata di smartphone kamu, ngga cukup diingat di dalam otak. Karena gampang lupa serta gampang mengabaikan. Target bulan ini selesaikan resolusi ini dan bulan selanjutnya kelarin resolusi lain. Upaya sudah maksimal namun resolusi kamu ngga berhasil, jangan berkecil hati bisa jadi tahun depannya lagi mungkin resolusi kamu bisa terwujud #Ngeles

4.      Ingin Lebih Baik
“Hari kemarin lebih baik dari hari ini atau tahun kemarin lebih gemilang dari tahun ini adalah sesuatu yang hmmm rugi banget”

Maksud kalimat gagal menjadi motivasi di atas, jangan sampai mengalami kemunduran dari kemajuan yang sudah dilakukan sebelumnya. Sesuatu yang sudah lama dibangun pelan-pelan malah kemudian dihancurkan dalam sekejap misalnya: berbulan-bulan diet dengan program intensif, karena melihat toko cokelat mata jadi gatal. Malah satu truk cokelat habis. Hasilnya sia-sia..

Pada kehidupan sehari-hari, contoh lainnya kayak dari status single jadi taken atau level single naik kelas jadi married. Jangan kejadian buruk dari taken turun level ke single. Kehidupan gaya hidup yang gitu-gitu aja juga dianggap sikap jalan di tempat sama layaknya mundur ke belakang seperti dari dulu level jomlo dan sekarang masih tetap jomlo. #Ngenes

5.      Berburu Barang Rilisan terbaru
Awal tahun banyak produk ternama saling berlomba-lomba buat merilis produk andalannya supaya jadi trendsetter di awal tahun. Tunjangan atau bonus yang meluncur di awal tahun bagi pekerja, banyak dimanfaatkan produsen buat mencari konsumen buat membeli barang rilisan mereka. Dari harga promo, bonus ini gratis itu, hingga dapat kupon berhasil.. Macem-macem ya....!

Dunia perfilman juga ngga mau kalah, awal tahun jadi waktu rilis yang ideal banget apalagi ngga semua liburan harus jalan-jalan ke wisata luar kota, ke mall atau . Bioskop jadi tempat yang renyah sambilan melihat film-film kece yang ngga kalah seru cukup duduk manis, ngga harus macet-macet seperti wisata keluar kota dan betis kebas nan lemas akibat keliling mall cuma buat bandingan baju toko A dan toko Z. Dan akhirnya ngga jadi beli akibat duit kurang. Nonton film yang paling asyik. Ingat waktu nonton film jangan bawa tikar dan jagung rebus dari rumah, sebab ini bukan layar tancap di lapangan.

6.      Nunggu Tahun Depan
“Resolusi tahun ini = Resolusi tahun-tahun kemarin yang tertunda dan macet”

Sungguh bila jiwa dan pikiran kalian sudah tertanam konsep kolot beginian, maka kalian melangkah mundur. Tahun kemarin dengan tahun sekarang ngga ada perubahan paling waktu diawali tahun saat menulis ujung tahun agak sedikit kagok dan salah misalnya 2016 tertulis 2015. Bila kamu merasakan hal seperti itu, berarti kalian masih sulit move-on dari bayang-bayang masa lalu.

Untuk bisa memenuhi target resolusi di tahun baru, baiknya resolusi dibatasi jumlah dan tingkat kesulitan biar gampang diwujudkan serta jangan yang aneh-aneh nan ngga masuk akal. Ada baiknya jangan terlalu muluk-muluk biar ngga menyesal di akhir tahun.

Banyak dari kita semua di awal tahun panas-panas tahi ayam mewujudkan resolusi, tengah tahun mengendur dan akhir tahun langsung resolusi tahun ini digabungkan dengan resolusi tahun depan. Begitu terus-terus hingga Picollo kepanasan lalu buka sorban...!
Share:

4 komentar:

  1. Sumpah gegara post ini baru inget belum punya kalender 2016 bhahaha

    BalasHapus
  2. Meme yg diatas bkin ngakak tngah mlm aja...hadewh...

    BalasHapus
  3. wah... berarti anda siap menjalankan resolusi yang tertunda lama sejak ahun 1998.

    BalasHapus

Halo Penulis

Foto saya

Punya hobi membaca, mengobsevasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat musik EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis