Sabtu, 31 Desember 2016

Akhir Tahun dan Resolusi yang Tercapai

akhir tahun dan resolusi yang tercapai
Waduh,... sudah di penghujung tahun dan resolusi yang berjalan hanya 0,022%, untung saja resolusi di tahun 1998 sudah jalan.

Tak terasa sudah di penghujung tahun, padahal 8.760 jam yang lalu baru saja tahun lalu. Hmm.... waktu berjalan begitu cepat, padahal banyak resolusi yang dibuat di awal tahun hanya menjadi wacana semata dan tak sesuai ekspektasi.

Bagi yang berhasil mewujudkannya, selamat tahun depan ada setumpuk resolusi baru yang masuk ke tahap “eksekusi”. Umumnya di akhir tahun banyak orang menghitung atau merayakan persentase keberhasilan resolusi yang berhasil dibuat. 
Ada yang nyaris sempurna 98,9 % 
Menengah sekitaran 62,2% 
Kaum papan bawah sekitar 12,5% 
Atau yang bingung, resolusi itu makhluk planet apa?

Baiklah, bagi yang masih bingung sebenarnya apa itu "resolusi" yang sering diucapkan anak muda kekinian tukang foto dan anggota PBB. Maksud dari resolusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ialah: 
Re-so-lu-si/ putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang di tetapkan oleh rapat (musyawarah, sidang): pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang sesuatu hal: rapat akhirnya mengeluarkan sesuatu hal: rapat yang akhirnya mengeluarkan sesuatu yang akan dia ajukan oleh pemerintah.

Penjelasannya sedikit rumit, namun intinya yang banyak dibicarakan dan diharapkan anak muda kekinian adalah penafsiran kedua. Itu berupa pernyataan tertulis terhadap tuntutan yang didapatkan selama setahun terakhir berjuang mewujudkan harapannya.

Sebenarnya resolusi itu untuk apa?
Menurut saya pribadi resolusi itu ibarat ekspektasi dan harapan besar di masa depan. Dengan adanya resolusi serta target yang dicapai, sudah pasti ada tujuan jelas untuk mewujudkan setiap resolusi itu.

Saya mencontohkan seperti ini:
Bila tahun ini ke mana-mana pergi naik motor, kena debu dan panas. Tahun depan ada resolusi untuk lebih baik, misalnya punya mobil dari hasil tabungan sendiri. Tak apa mobil bekas yang penting bisa sedikit memudahkan terutama perjalanan jauh.
Baca juga: Akhir Tahun, Apa yang Harus Dilakukan?
Bila tahun ini hanya bisa pakai stiker logo Apple di laptopnya biar mirip Macbook beneran, tahun depan bisa terwujud membeli Macbook beneran. Bila tahun ini terlalu kurus atau terlalu gendut kelebihan berat badan, tahun depan bisa punya badan ideal.

Atau tahun ini ibadahnya masih lemah dan banyak terlambat serta sedekahnya masih jarang. Tahun depan ibadahnya kuat, tepat waktu dan sedekahnya banyak lagi rutin. Dan bila tahun lalu masih sendiri, tahun depan sudah berdua ada yang mengisi hati.

Mengapa manusia butuh resolusi?
So... dalam agama sendiri saja dikatakan sudah ditekankan bahwa: Barangsiapa yang hari sekarang lebih baik dari kemarin maka dia termasuk orang yang beruntung. Dan resolusi jadi salah satu cara mencapai target yang diinginkan dan menjadi golongan orang yang beruntung.
Baca juga: Tahun Baru, Saatnya Untuk?
Jangan sampai resolusi jadi wacana semata yang makin jelang akhir tahun makin layu dan gugur satu persatu. Siklus resolusi yang saya pribadi perhatikan umumnya seperti ini: 
Awal tahun semangat menggebu-gebu > Masuk tengah tahun mulai lesu > Akhir tahun, resolusi makhluk wujud apa itu? > Repeat agains.

Agar resolusi itu tidak luntur dan padam, saya punya tips pribadi sehingga mampu mengawal tumpukan resolusi yang ingin dijalankan di tahun depan. Saat tahun baru tiba, ada rasa bangga sendiri mewujudkan segala yang telah ditargetkan. Semua itu bisa didapatkan tertanam dedikasi dan tekat kuat mewujudkannya. Berikut ini tips yang bisa dicoba:

Buat Catatan Khusus, ini salah satu pengingat yang kuat dan mengingatkan sekali lupa dan putus-asa akan target. Pada catatan itu tertera berbagai poin yang ingin dicapai, kapan deadlinenya dan cara menggapainya.

Cara ini sangat efektif apalagi tertempel di meja kerja, catatan, dan sampai di smartphone. Jadi saat singgah ke spot-spot itu, secara tak sengaja langsung ingat target ingin dicapai. Dorongan ini buat manusia semangat akan targetnya harus diraih, malu bila hanya ditulis tapi tak diwujudkan. Setiap bulannya ada evaluasi atas keberhasilan dan terus ditingkatkan sebelum tutup tahun

Metode Mindmap,  hampir sama dengan membuat catatan, tapi metode mindmap ibarat sebuah pemetaan di dalam pikiran dan otak. Cara ingin dengan cara membayang-bayangkan seandainya resolusi menjadi kenyataan.

Misalnya begini, bila ke mana-mana naik motor dan resolusi memiliki mobil. Seakan-akan saat naik motor serasa naik mobil. Membayangkan saat memasukkan porsneling, menekan pedal dan pegang setir mobil

Ingin jago berbahasa asing, seakan-akan cas-cis-cus ke sana kemarin pakai bahasa yang anda gemari. Seakan-akan lagi berbicara dengan orang native negara bersangkutan. Walaupun terlihat aneh, itulah salah satu cara bentuk mindmap.

Eksekusi, ini yang paling penting agar resolusi bisa berjalan sesuai rencana. Seandainya hanya bentuk catatan pengingat dan mindmap saja tapi mau mewujudkan, itu sama saja dengan bohong. Selain itu jangan terlalu banyak buat resolusi andai tak sanggup dijalankan, nanti ditertawai oleh resolusi dari tahun-tahun terdahulu.

Proses eksekusi resolusi sebaiknya mana lebih mudah atau sulit terlebih dahulu tergantung mana yang paling nyaman didahului. Buat deadline setiap ekseksusi dari setiap resolusi. Bila tidak, ia akan jadi wacana dari tahun ke tahun.

So... itu saja yang ingin saya sampaikan, dan sebagai penutup akhir tahun saya mengucapkan selamat tahun baru. Saat suara letusan kembang api, keriuhan di sana-sini. Saat itulah kita merasa tahun yang lewat memberikan sejuta kenangan akan ekspektasi yang terwujud dari daftar resolusi yang dibuat.

Teman-teman sekalian, resolusi apa yang ingin diwujudkan di tahun depan dan apa saja resolusi yang berhasil tahun sebelumnya. Andai saja ada bisa share di kolom komentar dan sebagai penutup selamat tahun baru. See You Agains Guys!!
Share:

4 komentar:

  1. Resolusi saya 2017

    Apa ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow... resolusi awesome banget. Saya ikutan terharu

      Hapus
  2. alhamdulillah resolusi tahun 2016 beberapa menjadi kenyataan.. dan ini sudah nyusun untuk tahun ini.. terus yang nulis apaan? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resolusinya saya ringan dan ngga muluk-muluk, seperti: menjajah Alaska :D

      Hapus

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis