Minggu, 09 April 2017

Pustaka Unsyiah, Multifungsi untuk Semua Kalangan Akademisi




Tak terasa sudah 7 tahun yang lalu saya diterima di kampus Jantong Hate rakyat Aceh, Universitas Syiah Kuala, berbagai kenangan saat masa duduk di bangku perkuliahan begitu membekas. Saat ini saya telah berhasil menyelesaikan studi akademik di salah satu kampus di Universitas Syiah Kuala yaitu Fakultas Kelautan dan Perikanan.

Pustaka Unsyiah jadi lokasi yang tidak asing bagi saya semenjak awal perkuliahan dan bahkan setelah tamat sekalipun. Transformasi wajah perpustakaan dari awal mula kuliah hingga saat ini begitu saya rasakan. Dahulu saat mendengar kata perpustakaan, terbesit di dalam pikiran identik ialah rak buku tinggi yang sulit digapai dan tempat perkumpulan kutu buku.

Namun kini hal itu tidak berlaku lagi saat ini. Perpustakaan Unsyiah telah bertransformasi menjadi pustaka yang diakui di tingkat Nasional. Mengusung tema More Than Just a Library, Saat di depan terpampang jelas di papan nama dari Pustaka Unsyiah. Tertulis dengan jelas Knowledge is Free at Our Library, Just Bring Your Own Container, tergambar dengan jelas bahwa Pustaka Unsyiah bukan hanya sekedar pustaka namun banyak hal menarik yang ditawarkan.
pustaka unsyiah

Apalagi Pustaka Unsyiah saat mulanya saya kuliah di medio 2010 hanya sebahagian mahasiswa yang mau datang ke sana. Itu pun karena terpaksa mengerjakan tugas dan anjuran dosen. Fasilitas kurang lengkap dan nyaman seakan membuat mahasiswa sedikit malas ke perpustakaan kala itu.

Mahasiswa cenderung lebih memilih menghabiskan tugas di kedai kopi yang begitu menjamur di Banda Aceh. Alhasil perpustakaan hanya diisi oleh yang benar-benar memiliki minat membaca dan mahasiswa yang terpaksa mencari bahan kuliah karena tidak ditemukan di internet.

Kini pustaka Unsyiah telah berbeda dibandingkan dahulu, mahasiswa lebih senang menghabiskan waktu luangnya belajar, mengerjakan tugas dan kerja kelompok di perpustakaan Unsyiah.

Kenal Dekat dengan Pustaka Unsyiah,
Perpustakaan Universitas Syiah Kuala mulai berdiri di tahun 1970. Awal mulanya masih menggunakan gedung Fakultas Ekonomi untuk sementara waktu. Barulah setelah penantian panjang selama 24 tahun, pada bulan April tahun 1994 Pustaka Unsyiah memiliki gedung sendiri. Di tahun yang sama keluarlah Keputusan Rektor No. 060 Tahun 1994 mengenai ide penyatuan semua perpustakaan di lingkup Unsyiah dalam satu wadah UPT Perpustakaan Unsyiah.

Bergeser satu dekade setelahnya tepatnya Desember 2004, gempa bumi dan tsunami yang sempat meluluhlantakkan Aceh. Walaupun sempat menerjang kampus Jantong Hatee rakyat Aceh, Gedung Perpustakaan Unsyiah tetap berdiri kokoh. Sejumlah koleksi Pustaka Unsyiah berhasil selamat dari amukan bencana dahsyat tersebut.

Setelah mengalami proses pasang surut pada Pustaka Unsyiah yang telah berdiri hampir 47 tahun. Bukti langkah maju yakni melakukan gebrakan dengan menjadikan Pustaka Unsyiah sebagai pustaka modern. Tak hanya yang terkenal di Aceh saja, namun di tingkat nasional. Proses itu mulai ditonjolkan di bawah kepemimpinan Bapak Dr. Taufiq Abdul Gani selaku Kepala Pustaka Unsyiah yang menjabat semenjak tahun 2012.

Gebrakan yang dilakukan dengan memodernisasikan pustaka bukan hanya sebagai lokasi meminjam dan membaca buku semata, namun bersifat multifungsi untuk segala kegiatan kemahasiswaan. Pembenahan Pustaka milik universitas nomor satu di Aceh ini pun dilakukan, apalagi saat itu akreditasi Unsyiah sempat terpuruk. Salah satu ide mengangkat mengangkat moral kampus dimulai dari membangun perpustakaan.

Untuk meningkatkan kembali mutu pendidikan yakni dengan cara meningkatkan minat baca dan kunjungan mahasiswa serta dosen ke pustaka. Apalagi Unsyiah yang terkenal dengan publikasi terbanyak di tingkat nasional, akan terasa sia-sia bila tidak didukung dengan perbaikan di pelayanan pustaka. Cara yang dilakukan untuk menaikkan taraf Pustaka Unsyiah menjadi lebih kompeten dan bersaing di level nasional.
pustaka unsyiah
Kerja keras berbuah Akreditasi A Perpustakaan RI
Langkah yang dilakukan dengan memodernisasi pustaka ke arah yang diminati oleh para akademisi. Ganjarannya dari segala kerja keras tersebut terbayar karena Pustaka Unsyiah berhasil mengantongi akreditasi Nasional A dan Sertifikasi ISO 9001:2008 mulai dari tahun 2013 dari Lembaga Perpustakaan Nasional RI.

Penampilan Sekilas Pustaka Unsyiah
Pustaka Unsyiah terletak di Jalan Teuku Nyak Arief di Kopelma Darussalam, bersebelahan dengan Gedung Biro Utama Universitas Syiah Kuala dan Masjid Utama Kampus. Selain letaknya yang strategis, Pustaka Unsyiah menyediakan parkir yang luas untuk menampung roda 2 dan 4 dengan penjagaan oleh pihak keamanan kampus. Sehingga tak perlu khawatir saat anda membawa kendaraan ke sana.
Deretan parkiran kendaraan di Pustaka Unsyiah
Memiliki halaman yang luas dan taman yang diperuntukkan untuk para mahasiswa yang ingin merasakan belajar dengan alam outdoor. Keberadaan kursi taman yang ada di depan pustaka membantu mahasiswa untuk beristirahat. Selain itu di depan Pustaka Unsyiah terkoneksi secara langsung dengan halte Bus Trans Koetradja selaku moda transportasi massal.

Saat memasuki Pustaka Unsyiah, pengunjung terutama yang berasal dari mahasiswa Unsyiah melakukan harus melakukan Scan elektronik menggunakan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa). Sedangkan bagi pihak luar akan dikenakan biaya setiap masuknya yaitu sebesar Rp.5.000 setiap masuk ke pustaka. Pembayaran dilakukan secara Cashless Service dengan ATM menggunakan alat EDC (Electronic Data Capture) yang ada di meja pustakawan Unsyiah.
pustaka unsyiah
Scan Elektronik sebelum masuk pustaka
Selanjutnya di pintu masuk terdapat alat EM Detector, sedikitnya ada 2 Alat EM Detector yang terpasang masing-masing berada di pintu masuk utama pustaka dan di ruang “Pinjaman Singkat”. Penggunaan EM Detector bertujuan menghindari pencurian buku oleh pengunjung pustaka yang tak bertanggung jawab, apalagi sejumlah buku yang ada tergolong langka. Hampir seluruh buku yang ada di pustaka Unsyiah pun telah memiliki nomor kode dan terdaftar di mesin EM Detector.
Alat EM Detector yang terpasang di pintu masuk
Sesaat memasuki perpustakaan, suasana terasa sangat lebih hidup dirasakan oleh pengunjung, pemilihan warna dan sejumlah fasilitas pendukung dirasakan sangat nyaman. Semua itu dilakukan agar pengunjung betah membaca buku dan mencoba segala fasilitas yang ada di dalam Pustaka Unsyiah.
pustaka unsyiah
Pustaka Unsyiah yang begitu luas dan bersih
Bagi pengunjung yang data ke Pustaka Unsyiah tak perlu bingung, dikarenakan Pustaka Unsyiah memiliki 3 lantai yang dapat digunakan sesuai kebutuhan pengunjung ingin. Menurut data resmi dari Onesearch, sedikitnya ada sekitar 116.683 koleksi buku yang ada di Perpustakaan Unsyiah dengan rincian 81.805 katalog pustaka, 22.973 berupa ETD dan sisanya sebanyak 11.905 berupa katalog dan jurnal dari sejumlah kampus di Unsyiah.  Angka tersebut membuat Pustaka Unsyiah adalah pemilik koleksi pustaka terbanyak nomor 7 di Indonesia dan di peringkat ke 3 untuk tingkat Universitas.

Pustaka Unsyiah yang memiliki 3 Lantai tersebut didominasi oleh sejumlah buku, jurnal, dan karya ilmiah. Pada lantai 1, pengunjung dapat menemukan sejumlah koleksi katalog perpustakaan yang di dominasi oleh buku-buku Ilmu Pengetahuan Sosial seperti hukum dan ekonomi.

Selain itu, juga terdapat ruangan tertutup yakni Ruang Peminjaman Singkat. Di ruangan tersebut para pengunjung dalam membaca buku atau meminjam secara singkat. Pengunjung cukup menuliskan nama, NIM, dan asal kampus. Pihak pustaka juga memberikan izin untuk mengkopi buku yang ingin dipinjam sementara. Ruangan ini membantu terutama bagi para pengunjung yang berasal dari luar lingkungan Unsyiah.

Beranjak naik ke Lantai 2, di lantai tersebut lebih banyak didominasi ilmu pengetahuan alam, teknik, dan kedokteran. Semasa kuliah dahulu, saya dengan mudah menemukan buku-buku sesuai jurusan saya baik yang berbahasa Indonesia mampu berbahasa Inggris.

Setiap rak pustaka terdapat sejumlah kode buku dan jenis bidang ilmu terapan, ini memudahkan pengunjung menemukan buku yang dicari. Pengunjung cukup melihat petunjuk yang tertera dengan jelas di setiap rak.
Sistem penomoran rak buku di Pustaka Unsyiah
Pencarian buku kini telah dipermudah karena Pustaka Unsyiah memiliki UILIS (Unsyiah Integrated Library Information System). Sistem salah satu sistem ini terintegrasi dengan OPAC (Online Public Acces Catalog) dan setiap lantai dari Pustaka memiliki komputer yang terhubung dengan OPAC. Ini memudahkan para pengunjung mencari buku yang diinginkan hanya dengan pencarian kata kunci. 
Sekilas tentang UILIS Unsyiah
Pustaka Unsyiah memiliki Local Content yang bisa diakses di mana saja. Sejumlah fitur yang ditanamkan tersebut mampu memudahkan para akademisi dalam mengakses. 
pustaka unsyiah
Tampilan Uilis Unsyiah
Local Content Pustaka Unsyiah
Aplikasi yang tersedia di Pustaka Unsyiah punya sejumlah fungsi memudahkan pemustaka. Sedikitnya ada 15 fitur yang tersedia yang bisa diakses di UILIS Unsyiah.
Tampilan Local Content Pustaka Unsyiah
Apa sajakah fungsi dan kegunaan fitur tersebut, berikut ini ulasannya:

OPAC (Online Public Acces Catalog)
OPAC memiliki fungsi memudahkan pengunjung dalam mengakses sejumlah pencarian buku, katalog, dan dokumen yang tersedia di Pustaka Unsyiah. Adanya fitur ini dapat menghemat waktu dan tenaga dari pengunjung pustaka dalam menemukan buku yang dicari.
pustaka unsyiah
Tampilan menyeluruh dari OPAC Unsyiah
Pengunjung pustaka cukup dengan memasukkan kata kunci yang diinginkan, dengan mudah menemukan apa yang dicari. Selain itu OPAC mampu terintegrasi secara langsung dengan segala macam mesin pencarian.

Pengunjung dapat melihat di mana buku yang dicari berada sesuai dengan kode yang tertera. Pustaka Unsyiah juga memiliki kualifikasi buku sesuai lantai. Dengan melihat kode yang tertera, pengunjung dapat dengan mudah menemukan buku yang dicari.

Selain itu, di Pustaka Unsyiah terdapat komputer di setiap lantainya yang terhubung secara langsung ke UILIS. Ini memudahkan pengunjung yang tidak membawa gadget bisa mengakses melalui komputer di Pustaka Unsyiah.

ETD (Electronic Theses and Disertations)
Bagi mahasiswa tahap akhir dari berbagai jurusan, keberadaan fitur ETD sangatlah membantu dan memudahkan sebagai bahan referensi tugas akhir. Cukup dengan mengakses ETD dan memasukkan kata kunci, maka secara tak langsung akan muncul berbagai Skripsi, Tesis dan Disertasi secara online.
pustaka unsyiah
Tampilan menyeluruh dari ETD Unsyiah
ETD Unsyiah bisa diakses di mana saja tak harus di Pustaka Unsyiah dan ini sangat membantu mahasiswa. Apalagi begitu banyak sejumlah karya tulis mahasiswa sebelumnya yang telah lulus dan masuk dalam koleksi ETD Unsyiah. Pengunjung cukup dengan memasukkan kata kunci berupa nama, judul atau pengarang, dalam sekejap anda bisa menemukan karya tulis yang ada mau.

E-Jurnal (Electronic Jurnal)
E-Jurnal ialah aplikasi yang memudahkan mahasiswa menemukan jurnal ilmiah hasil terbitan dari sejumlah kampus di lingkungan Unsyiah. Sedikitnya ada sekitar 71 media jurnal di bawah naungan Unsyiah. Angka publikasinya cukup tinggi yang berasal umumnya dari kalangan mahasiswa dan dosen.
pustaka unsyiah
Hasil pencarian di E-Jurnal
Google UPT Unsyiah
Di dalam UILIS Unsyiah terdapat mesin pencaharian yang terintegrasi secara langsung dengan mesin pencari Google. Layanan mesin pencaharian juga tidak saja terbatas di lingkup kampus saja, namun terkoneksi secara langsung dengan dunia luar.
pustaka unsyiah
Tampilan menyeluruh dari Google Pustaka Unsyiah
UUC (Unsyiah Union Catalogue)
Terintegrasi secara langsung dengan sejumlah katalog yang ada di Pustaka Unsyiah. Pengunjung cukup melakukan pencarian di kotak yang tersedia dan terdapat kotak Search Now yang tersedia mulai dari Perpustakaan Induk, Electronic Thesis and Desertation Unsyiah, Pustaka ICAIOS, Pustaka FKIP, Pustaka FK, Pustaka FKEP, dan All Nodes.
pustaka unsyiah
Tampilan dari UUC Unsyiah
Open Access
Fitur Open Access yang dimiliki oleh Pustaka Unsyiah dapat memudahkan pengunjung dalam proses pengumpulan jurnal, artikel, tesis, Research Report dan sebagainya dari Repository mancanegara. Selain itu Open Access memberikan kemudahan pengunjung untuk mengakses segala koleksi dalam format digital.
Tampilan dari Open Access Unsyiah
Open Theses
Memiliki lebih Browse Item 145.091 tesis dalam negeri dan Browse Collection sebanyak 79 tesis dari seluruh mancanegara. Anda dengan mudah dapat mencari tesis yang tersedia dan bisa diunduh secara cuma-cuma.
pustaka unsyiah
Open Theses dengan koleksi yang begitu memadai
Jurnal Terakreditasi
Pustaka Unsyiah memberikan fasilitas penunjang dan rekomendasi dalam mencari jurnal-jurnal yang telah terakreditasi secara nasional terhitung dari tahun 2011 sampai dengan 2015.
pustaka unsyiah
Jurnal Terakreditasi mencakup semua jurnal terbitan tanah air
Selain itu tersedia jurnal Hard Copy yang tersedia di Pustaka Unsyiah dan jurnal yang telah terindeks di situs Scopus selaku pusat data literatur ilmiah dunia. Adanya fitur ini memudahkan pemustaka menemukan berbagai jenis jurnal terbaru yang telah resmi terdaftar.

Serial
Aplikasi ini bermanfaat bagi pengunjung yang ingin membaca sejumlah jurnal-jurnal yang berada di Pustaka Unsyiah terutama dalam bentuk Hard Copy. Pengunjung cukup memasukkan kata kunci pencarian untuk menemukan jurnal yang ingin dicari.
pustaka unsyiah
Tampilan dari Serial Unsyiah
e-book
Portal aplikasi e-book berfungsi sebagai berbagai jenis buku elektronik yang menjadi langganan Pustaka Unsyiah. Apalagi dengan perkembangan gadget pesat, pemustaka lebih memilih mengakses dengan menggunakan gadgetnya dalam format e-book.
Tampilan dari e-book Unsyiah
Unsyiana
Fitur yang baru diluncurkan pada awal tahun 2017 ini lebih kepada Local Content berupa isi-isi berita tentang Unsyiah, sejumlah hasil penelitian dosen, dan pidato rektor. Di dalam Unsyiana terdapat 6 item mulai dari Resource of Excellence, e-Journal, ETD, Tsunami’s Memoir, Institutional Repository, dan Browse all item.
Tampilan sekilas dari Unsyiana
Statistik Perpustakaan
Bekerja sama dengan Google Analytics, Pustaka Unsyiah melakukan pengukuran jumlah pengunjung yang datang pada fitur Local Contents seperti OPAC, Open Access, Uilis, dan ETD. Statistik pengunjung dapat dilihat mulai dari 10 kota dan negara pengakses terbanyak selama setahun terakhir.
Total statistik dari pengunjung Pustaka Unsyiah
Library Unsyiah
Website dari Pustaka Unsyiah ini menghadirkan sejumlah kegiatan dan informasi mengenai pustaka. Pengunjung lihat secara langsung dengan mengakses Library Unsyiah. Salah satunya ialah informasi mengenal pencapaian Pustaka Unsyiah, pemilihan Duta Baca Unsyiah dan Lomba Blog Pustaka Unsyiah. Penulis sendiri mendapatkan informasi lomba Blog dari laman Website Pustaka Unsyiah.
pustaka unsyiah
Tampilan dari website Library Unsyiah
Pustaka TV
Portal aplikasi ini dapat dinikmati oleh para pengunjung pustaka melalui siaran TV atau Video Channel Documentary secara streaming dari gadget masing-masing. Sejumlah acara menarik kampus sering hadir dalam fitur ini.
pustaka unsyiah
Tampilan dari Pustaka TV Unsyiah
Youtube Pustaka
Pustaka Unsyiah juga memiliki Channel Youtube yang dapat ditonton berlangganan secara langsung. Sejumlah kegiatan di lingkungan perpustakaan diupload di channel tersebut. Salah satu video terbaru yaitu mengenai More Than Just a Library. Ayo silakan Subscribe!
pustaka unsyiah
Tampilan channel Youtube Pustaka Unsyiah
Literature Searching Service
Fitur yang tersedia tersebut digunakan dalam pencaharian koleksi buku yang bisa diakses secara online terhadap koleksi buku yang ada di Pustaka Unsyiah. Pengunjung cukup dengan mengisi formulir yang tersedia.
Tampilan Formulir LSS
Pihak pustakawan Unsyiah akan mengabarkan bahwa buku yang dicari ada melalui email balas. Bagi pemustaka yang berada di luar kota Banda Aceh dan menginginkan rujukan dalam bentuk Hard Copy. Pustakawan Unsyiah akan mencari bahan yang dicari mulai dari biaya penelusuran, fotokopi bahan, dan proses pengiriman menjadi tanggungan sepenuhnya dari pemustaka.

Database Elektronik Langganan Unsyiah
Selanjutnya tersedia fitur dari sejumlah Jurnal Internasional ternama yang menjadi langganan Pustaka Unsyiah. Sedikitnya ada 7 Jurnal Internasional terkemuka yang menjadi langganan tetap Unsyiah.
pustaka unsyiah
Sejumlah langganan Jurnal Elektronik Unsyiah
Saat saya masih kuliah, banyak bahan kuliah dan proses persiapan skripsi yang mengacu pada dari jurnal langganan Unsyiah salah satunya Springerlink. Selain kompeten dan terpercaya, mahasiswa bisa menambahkan referensi bacaan.
pustaka unsyiah
Tampilan menyeluruh dari salah satu jurnal langganan
Dalam beberapa kesempatan, jurnal internasional tersebut memberi akses secara gratis khususnya dalam lingkup Unsyiah. Cara ini sangat membantu para akademisi dalam acuan referensi tugasnya.

Pengembangan Aplikasi ke Arah Mobile
Berkembangnya aplikasi membuat Pustaka Unsyiah tak mau ketinggalan melakukan terobosan baru. Salah satunya ialah pengadaan aplikasi Mobile, apalagi hampir sebagian besar akses internet berasal dari Smartphone. Terobosan jitu yang dilakukan dengan membuat aplikasi mobile bernama UILIS Mobile.
pustaka unsyiah
Tampilan keseluruhan dari Uilis Mobile
Pengguna dengan mudah dapat melakukan pencarian OPAC, historis peminjaman, dan proses perpanjangan peminjaman hanya dari gadget masing-masing. Bagi pengguna Smartphone bisa mendownload aplikasi Uilis Mobile yang tersedia dalam platform Android dan IOS.

Beranjak ke Lantai 3, sebahagian buku didominasi buku tentang Fiksi bahasa, karya tulis ilmiah dan jurnal. Di Lantai 3, keseluruhan karya tulis mahasiswa terdahulu masih tersimpan rapi dan bisa dipinjam seluruhnya. Pemustaka cukup menuliskan judul terkait terkait, pustakawan Unsyiah langsung mencarikan buku atau pun jurnal yang anda cari.

Selain itu, Lantai 3 telah bertransformasi dalam pengadaan buku-buku fiksi dan bahasa. Bagi anda yang menyukai buku-buku berbau fiksi dan sastra, lantai 3 jadi tempat yang paling tepat larut dalam khayalan bacaannya.

Korea Corner
Di Lantai 3 pustaka terdapat Korea Corner berkat kerja sama Pemerintah Indonesia dan Korea Selatan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan. Lokasi ini begitu favorit bagi penggila budaya dari negeri ginseng tersebut.

pustaka unsyiah
Korea Corner di Lantai 3 Pustaka Unsyiah
Berbagai buku, ornamen, lukisan, dan pakaian adat khas Korea ada di Korea Corner. Jadi tak harus jauh-jauh ke Korea Selatan, karena di Lantai 3 Unsyiah pengunjung seakan merasakan langsung aura dari negeri Ginseng tersebut.
Rak buku dan sejumlah suvenir khas Korea
Fasilitas Penunjang di Pustaka Unsyiah:
Cafe Pustaka
Konsep Cafe Pustaka Unsyiah dengan menawarkan sejumlah makanan ringan terutama bagi pengunjung yang ingin mengganjal perut atau melegakan tenggorokan. Harganya juga relatif terjangkau. 
pustaka unsyiah
Mahasiswa sedang menikmati ngopi di Libri Cafe
Selain itu Cafe dengan nama Libri Cafe tersebut dibuat dengan konsep anak muda kekinian serta dikelola secara langsung oleh mahasiswa. Lokasi Libri Cafe sering menghadirkan sejumlah penampilan khususnya Relax and Easy, mulai dari mahasiswa yang berbakat hingga musisi ternama khas Aceh pernah tampil di panggung tersebut.

Loker Penyimpanan Barang
Awal mulanya sebelum memasuki perpustakaan Unsyiah, pengunjung harus memasukkan barangnya di Loker sebelum melakukan pengecheckan scan elektronik. Namun membludaknya jumlah pengunjung dan sangat merepotkan pustakawan Unsyiah, sistem tersebut diganti. Loker penyimpanan berada di setiap sudut dari Perpustakaan dan bagi pengunjung yang ingin menyimpan sekali barangnya bisa menyimpannya tanpa harus kerepotan.
pustaka unsyiah
Loker penyimpanan yang tersedia di setiap sudut pustaka
Tempat Foto kopi
Bagi mahasiswa yang ingin mengkopi tugas tak perlu repot lagi, karena di dalam perpustakaan Unsyiah terdapat mesin Foto Kopi. Tak perlu harus meminjam, cukup dengan mengkopi bagian buku yang dianggap perlu. Harganya pun cukup terjangkau dan tanpa harus repot-repot mengkopi buku keluar pustaka.

Penjualan Souvenir Kampus
Pustaka Unsyiah juga terdapat gerai penjualan sejumlah Suvenir khas kampus bernama Library Gift Shop (LGF). Sejumlah kerajinan tangan berasal dari UKM kampus dan perorangan. Cara ini mampu menumbuhkan semangat berkreasi dan berwirausaha bagi mahasiswa.
LGS berasal dari kreativitas mahasiswa
Letaknya yang strategis yaitu di dekat tangga menuju lantai selanjutnya sering dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk membelinya. Di LGF pun sejumlah kerajinan mulai dari gantungan kunci, syal hingga pakaian semuanya hasil karya mahasiswa.

Lounge Room
Terletak di lantai 1 yang sering dimanfaatkan oleh sejumlah mahasiswa sebagai lokasi membaca buku dan membuat kelompok tugas. Ruangan yang cukup nyaman terutama untuk duduk di alas berlapiskan matras. 

Sofa Lounge
Spot ini sering dimanfaatkan oleh sejumlah pengunjung untuk duduk, pada Sofa Lounge ada sejumlah koran, majalah dan buletin terbaru setiap harinya. Di jamin pengunjung tak perlu membeli bacaan lagi karena semua telah tersedia di Pustaka Unsyiah.

Mushalla
Walaupun Pustaka Unsyiah bersebelahan dengan Masjid Kampus, namun bukan berarti tidak memiliki Mushalla. Tujuannya menunjang sejumlah pengunjung khususnya kaum perempuan dapat melaksanakan ibadahnya. Di dalam Mushalla juga tersedia peralatan salat mulai dari sajadah, mukena, dan kain sarung.
Mushalla di Pustaka Unsyiah
Pengadaan Komputer
Ini dapat digunakan oleh sejumlah pengunjung Pustaka Unsyiah yang ingin mengakses UILIS dengan mudah.  Setiap lantai dari Pustaka Unsyiah memiliki 2 komputer khusus mengakses pencarian buku, letaknya berada tepat di depan tengah pustaka.
pustaka unsyiah
Pengadaan Komputer untuk memudahkan pengunjung mengakses Uilis Unysiah
Ruang Baca
Terdiri atas dua ruangan baca mahasiswa dan Pasca Sarjana dengan tempat yang begitu lapang. Pengunjung dapat membaca sekaligus seloyoran menikmati bacaanya. Ruang baca juga sering dimanfaatkan sebagai lokasi belajar kelompok kecil.
pustaka unsyiah
Kelompok belajar di ruang baca
Penerangan yang Memadai
Penerangan dan listrik yang memadai membuat perpustakaan tidak mengalami masalah, apalagi Aceh sering mengalami krisis listrik. Hal ini tidak menghambat karena hampir di setiap lingkup Unsyiah termasuk Pustaka Unsyiah memiliki generator listrik yang memadai.
pustaka unsyiah
Penerangan yang begitu memadai termasuk di malam hari
Ini mendukung mahasiswa dalam mengerjakan sejumlah tugas dan mengecas sejumlah peralatan elektronik. Pustaka Unsyiah pun melayani hingga malam hari, yaitu mulai dari pukul 19:30 hingga pukul 23:00. Sehingga cukup membantu mahasiswa dalam mengerjakan tugas dan membuat kelompok belajar.

Journal Room
Terdapat sejumlah jurnal dari setiap fakultas di Unsyiah dan nasional. Karena lokasinya yang terbatas maka sebahagian jurnal bisa diakses di ETD Unsyiah dan Data Elektronik dari langganan Unsyiah. Selain lebih praktis dan lebih gampang untuk dicari oleh pengunjung.
pustaka unsyiah
Tampak depan Journal Room
Ruang Karya Ilmiah
Ruangan yang berada di lantai 3 tersebut membuat mahasiswa bisa mencari sejumlah skripsi zaman dahulu. Anda cukup dengan mencantumkan nama penulis, judul dan sebagainya. selanjutnya pustakawan Unsyiah akan mencari karya ilmiah yang dimaksud.
pustaka unsyiah
Tampak depan Ruang Karya Ilmiah
Namun karena bertambahnya jumlah kara tulis ilmiah khususnya mahasiswa dari tahun ke tahun sehingga tak mampu tertampung di lagi rak pustaka. Kebijakan diganti dengan cara akses secara online di ETD Unsyiah.

Ruangan Baca Buku
Ruangan ini sering dimanfaatkan sebagai lokasi membaca tambahan, mengingat jumlah pengunjung yang membludak dan kadang tidak mendapatkan tempat duduk. Bagi yang senang membaca, dapat memanfaatkan ruangan baca buku sambil duduk dan meluruskan kaki.

Hotspot Area
Pustaka Unsyiah juga memiliki sejumlah Hotspot Wifi berkecepatan ngebut. Mulai dari WLAN (Wifi Wireless) dan kabel LAN (local Area Network). Ini mampu mendukung pengguna dengan mudah mengakses sistem UILIS Unsyiah dan pencaharian tugas lainnya di internet.

Kotak Sumbangan Buku
Kotak kaca yang berada di luar pustaka ini jadi salah satu lokasi mahasiswa menyumbangkan buku. Tak hanya buku pelajaran, tetapi juga sejumlah buku fiksi yang berasal dari sumbangan mahasiswa. Buku hasil sumbangan kelak akan diseleksi dan kemudian masuk dalam jajaran koleksi resmi Pustaka Unsyiah.
pustaka unsyiah
Buku sumbangan dari pengunjung Pustaka Unsyiah
Proses Peminjaman Buku
Kini pengunjung dapat dengan mudah dapat melakukan peminjaman buku secara mandiri dengan menggunakan alat bernama Self Loan Station yang berada di lantai 1. Pengunjung yang memiliki kartu KTM bisa dengan mudah meminjamkan buku, sedangkan pengunjung dari luar lingkup Unsyiah juga bisa membuat kartu Pustaka Unsyiah dengan memenuhi persyaratan yang diminta.
pustaka unsyiah
Self Loan Station dan lokasi pengembalian buku
Kabar baik bagi pengunjung Pustaka Unsyiah, mulai tanggal 1 April 2017 Pustaka Unsyiah menaikkan batas pinjaman buku dari 3 buku menjadi 7 buku yang bisa dipinjam. Ide ini mampu meningkatkan minat baca dan sekaligus menambah koleksi bacaan yang bisa dibawa pulang ke rumah. Waktu pengembalian buku pun berlangsung relatif panjang yakni selama 14 hari dengan sekali masa perpanjang lanjutan.

Jadwal Buka Pustaka Unsyiah
Pustaka Unsyiah melakukan gebrakan dalam waktu buka. Ini dilakukan untuk menunjang proses belajar dari mahasiswa. Banyak pustaka yang harus tutup di akhir pekan dan malam hari, namun Pustaka Unsyiah melakukan gebrakan dengan buka setiap hari. Berikut ini jadwal kunjungan Pustaka Unsyiah:
Jadwal kunjungan Pustaka Unsyiah
Alasan untuk Pergi ke Pustaka Unsyiah
Mengusung konsep More than Just a Library ternyata memberikan banyak perubahan pada pengunjung Pustaka Unsyiah. Hasil wawancara saya pribadi dengan sejumlah pengunjung pustaka, dan saya menyimpulkan alasan mereka datang ke pustaka di antaranya:

Nyaman dan tenang, kesan pertama yang dirasakan oleh pengunjung ialah rasa nyaman, mulai dari sarana prasarana yang tersedia dan jumlah buku yang memadai. Hal ini yang mendorong sejumlah pengunjung merasa kerasan berlama-lama duduk di Pustaka Unsyiah.

Mengoptimalkan waktu, jam kuliah yang kadang tidak berurutan membuat mahasiswa menunggu dosen ataupun sebaliknya. Pergi ke perpustakaan ialah cara terbaik mengoptimalkan waktu dan menambah wawasan membaca.

Menambah ilmu pengetahuan, pustaka gudang ilmu terbaik dan sumber mendapatkan ilmu. Tak heran beragam ilmu bahkan yang lintas ilmu yang dienyam dapat dengan mudah ada di Pustaka Unsyiah. Menambah relasi, Pustaka Unsyiah selaku pustaka induk dari segala pustaka yang dimiliki oleh sejumlah kampus.

Secara tak langsung hampir semua mahasiswa dan pengunjung dari luar Unsyiah datang ke sana, tanpa disadari mampu menambah relasi dan kenalan baru. Kata siapa ke pustaka “kuper” (kurang pergaulan) malah sebaliknya.

Bebas Asap Rokok, Area bebas asap rokok salah satunya di Pustaka Unsyiah mampu membuat pengunjung nyaman. Ini berbeda jauh dengan sejumlah lokasi salah satunya kedai kopi yang begitu rentan dengan asap rokok. Ini jadi alasan kuat sejumlah mahasiswa lebih memilih menghabiskan waktu tanpa paparan asap rokok di Pustaka Unsyiah.

Menghadirkan Hiburan ala Mahasiswa, adanya pagelaran yang diusung mampu menambah animo pengunjung Pustaka Unsyiah. Mulai dari Kelas Literasi Informasi, Kegiatan Harmoni Kampus, dan Acara Relax and Easy.

Secara tak langsung mereka yang kurang suka minat membaca mampu tumbuh dengan sendirinya dengan acara tersebut. Kesempatan ini bisa dimanfaatkan oleh duta baca Unsyiah dalam mempromosikan perpustakaan Unsyiah dan menanamkan minat baca bagi kalangan akademisi.

Jadi itulah sejumlah alasan mengapa Pustaka Unsyiah bukan sekedar pustaka biasa. Dengan konsep dan animo dari pengunjung yang terus meningkat, tak tertutup kemungkinan Pustaka Unsyiah jadi terus menjadi model role pustaka modern bukan hanya di Aceh saja tetap tingkat nasional.

Jadi tunggu jangan menunda waktu lagi untuk pergi ke pustaka, anda bisa mendapatkan segalanya. karena Pustaka Unsyiah Really More Than Just a Library.

*Tulisan ini diikutsertakan pada Lomba Unsyiah Library Fiesta 2017 dengan Tema: More Than Just a Library.
Referensi acuan:
http://uilis.unsyiah.ac.id/
http://library.unsyiah.ac.id/struktur/sejarah/
https://www.instagram.com/upt_perpustakaan_unsyiah/
Share:

12 komentar:

  1. Dulu sempat cari bahan kuliah di sini, tapi karena bukan mahasiswa USK cm bisa salin ke buku catatan saja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi kini bisa menjangkau semua kalangan tanpa terkecuali. Silakan berkunjung ke pustaka unsyiah bang

      Hapus
  2. eTTO... Keren banget tulisannya, Pak
    Lengkap bingit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima atas kunjungan, kalo jalan-jalan ke Aceh jangan lupa mampir ke Pustaka unsyiah. Dijamin pasti betah deh.

      Hapus
  3. Super detail wak penjelasannya. Jadi juga sampai 3000 kata ya tulisannya? Awesome Iqbal. Semoga menang ya, lomba blognya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih dukungannya, hasil observasi selama seminggu akhirnya selesai

      Hapus
  4. Balasan
    1. benar bang, membahas pustaka unsyiah harus sedetail mungkin biar animo pengunjungnya meningkat

      Hapus
  5. ikbal warbiasak.. keren dan lengkap tulisannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama, ayo semangat nulisnya tina

      Hapus
  6. Wah lengkapnya ternyata menjual aksesoris juga y :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap sekali, jadi tak saat pulang pengunjung bisa membawa pulang buku dan sejumlah souvenir menarik ala pustaka unsyiah

      Hapus

Halo Penulis

Foto saya

Punya hobi membaca, mengobsevasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat musik EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis