Selasa, 25 April 2017

Pilih Mana, Menulis di UC News atau Babe?


Sebelumnya saya sudah pernah membahas bagaimana cara bisa mendapatkan pundi-pundi pemasukan yang bisa anda dapatkan dari internet melalui menulis.

Di era Plogging seperti saat ini bagi yang memiliki kemampuan Blogging akan terbantu dengan mudahnya memperoleh pendapatan. Tidak harus menunggu Adsense yang sulitnya minta ampun untuk bisa disetujui oleh pihak Google. Banyak metode lain yang bisa dicoba dan salah satunya menjadi penulis lepas di Plogging kenamaan kini.

Nah... sekarang sedang begitu booming UC News di bawah bendera UC We Media, anak perusahaan dari Alibaba Company. Ada pula Babe (Baca Berita) berada di bawah pengembang Mainspring, salah satu penyedia dan pengembang konten ternama karya anak negeri.

Ini jelas membuat semua yang ada di dalamnya anak bangsa yang berkreasi dalam menyediakan aplikasi bermutu dan bisa diakses oleh semua kalangan.

Berikut ini sejumlah perbandingan head to head antara kedua Plogging antara UC News vs Babe (Baca Berita) mengingat besarnya kebutuhan akan akses informasi saat ini, cekidot:

Tampilan
Sekilas dari tampilan dari masing-masing Plogging punya ciri khas masing-masing. Bila UC News lebih menonjolkan logo seekor Rusa termasuk loadingnya animasi dari seekor Rusa sedang berlari.
Interface dari UC News vs Babe
Sedangkan Babe lebih menonjolkan logo dari Babe (sebutan Ayah dalam Bahasa Betawi) yang mengenakan peci dengan kumis tebal. Aplikasi ini telah mengunduh baik di App Store maupun Google Store mencapai 10 juta pengguna.
Menurut saya pribadi, tampilan yang ditampilkan lebih ringan saat menggunakan UC News baik via mobile ataupun via PC. Selain itu pengguna yang telah mengunduh UC News mencapai 50 juta kali, walaupun hadir belakangan namun strategi yang dilancarkan oleh UC News lumayan jitu terutama menggaet media cetak dan para penulis tanah air.

Tampilan Babe agak sedikit kurang menarik, namun terkesan lebih sederhana termasuk ada kolom pencarian yang tidak dimiliki pesaingnya tersebut. Selain itu di aplikasi Babe anda bisa dengan mudah menemukan berita terbaru, rekomendasi, terpopuler dan yang memiliki komentar terbanyak.


UC News hanya menampilkan berita populer saja dan tidak semuanya baru, sehingga sangat sulit menemukan tulisan yang terbaru. Namun kelebihan yang ditawarkan dari UC News ialah dengan adanya kolom langganan. Pembaca bisa mengikuti penulis yang menarik dan menanti setiap tulisan mereka dan fitur tersebut tidak dimiliki oleh Babe.

Pada berita dari media langganan UC News agak sedikit bermutu rendah bagi saya pribadi, seakan menjual berita sensasi semata. Sedangkan bagi penulis yang bergabung di UC News butuh seleksi ketat untuk bisa lolos. Semoga pihak UC News mau memperbaiki hal tersebut.

Registrasi
Kini saya membahas bagaimana mendaftar jadi penulis di Plogging tersebut. Mulai dari UC News, setiap pendaftar akan mendapatkan uang hasil pendaftaran sebesar $ 4,5 atau sekitar Rp. 60 ribu. Ini jadi modal berharga terutama dalam mengumpulkan pundi-pundi pendapatan, apalagi bila anda diterima Program Monetisasi dan Super 1000. Sungguh sangat menggiurkan.

Proses registrasi kedua platform berbeda, saya mulai dari UC News terlebih dahulu, ada 4 tahap harus ditempuh. Mulai dari daftar yaitu dengan mengisi email dan sebagainya, berlanjut ke verifikasi email, informasi akun, dan status akun.
Proses registrasi dari UC News
Syaratnya begitu panjang dari berbelit-belit, misalnya meminta nomor KTP atau sejenisnya dan kadang proses ini memakan waktu lama. Saat dahulu saya membuat akun tahun lalu, proses verifikasi email hingga status akun akun akan diterima dalam waktu cepat.

Namun kini sangat lama dan bahkan ada yang harus menunggu hingga seminggu lama. Mungkin itu diwajarkan karena makin banyak yang ingin bergabung menjadi penulis UC News dan prosesnya butuh kesabaran serta tidak sedikit ada yang ditolak untuk mendaftar ulang.
Babe untuk proses mudah dan gampang, terutama untuk menjadi penulis Babe. Proses registrasi cukup melalui sosial media Facebook dan Google+ serta melalui email. Nah.. dalam sekejap anda sudah terdaftar penulis Babe. Tak perlu menunggu hingga berhari-hari.
Proses registrasi dari Babe
Menu Tampilan
Perbedaan antara menu yang dihadirkan terdiri atas 5 item, kita mulai dari UC News memiliki menu mulai dari Home, Kiriman, Pendapatan, Laporan, dan Panduan. Sekilas terlihat sangat sederhana namun modern dengan pemandangan berlatar dark dari akun UC News anda.

UC News yang menampilkan mulai dari viewer, follower, dan Dollar yang dihasilkan. Ada pula sejumlah menu lainnya mulai dari notifikasi, kode undangan, dan ketentuan dari platform.
Perbandingan tampilan dari keduanya
Sedangkan Babe punya menu mulai dari Beranda, Pembayaran, Pengguna, Kode Refferal, dan Panduan Penulis. Secara keseluruhan Babe memiliki Sub-Menu lainnya mulai dari Dasboard, Tulis Artikel, Artikel Saya, dan Statistik. Selain itu tersedia juga rubik informasi umum dan cerita sejumlah penulis ternama yang telah menjadi “Anak Babe”

Kode Referral
Punya fitur yang sama terutama dalam mengajak penulis baru yang bergabung dengan kode Refferal yang kita berikan. Akan ada reward yang didapatkan kelak andai berhasil menggaet penulis baru di masing-masing platform tersebut.

Kita mulai dari UC News, Kode Referral  terdapat di pojok kanan dari akun UC News. Proses pembagiannya hanya bisa dibagikan via sosial media (terbatas hanya Facebook dan Twitter semata) serta secara kiriman langsung via email. Menurut saya pribadi terlalu terbatas!

Setiap pengguna yang berhasil bergabung akan terdata dari Kode Referral yang diberikan. Namun untuk bisa mendapatkan imbalan, pemilik akun hasil undangan harus minimal mendapatkan viewer dari sebuah postingan  minimal 1000. Biayanya tetap 20 Ribu asalkan telah melewati batas tersebut.
Perbandingan dari kode refferal
Itu jelas sulit khususnya penulis pemula yang mendapatkan viewer sebanyak itu, makanya bukan hal yang mengherankan banyak yang mendaftar melalui kode undangan anda namun sedikit yang berhasil menghasilkan bonus bagi si penulis pengajak. Faktor viewer sebanyak itu jadi alasan utama.

Babe melakukan cara mendapatkan Refferal beragam, sedikitnya ada 3 cara. Mulai dari semua sosial media, via email kiriman, dan terakhir via Banner yang bisa dipasangkan pada Blog anda. Bagi para Blogger, cara ini sangat menguntungkan karena setiap pembacanya bisa saja mengeklik Banner tersebut yang ada di Widget si Blogger sesuai ukuran yang diinginkan.
 
Banner dari refferal kode Babe
Secara tak langsung saat pengunjung mengeklik banner tersebut langsung mengarah pada Kode Refferal anda. Saat itulah penulis baru tersebut terdaftar atas undangan refferal dari anda, andai tulisannya diterima anda akan dapat reward.

Hampir sama dengan UC News, namun setiap penulis yang diterima langsung terdaftar dan mendapatkan bayaran 20 Ribu tanpa harus menunggu si penulis hasil undangan anda mendapatkan viewer minimal 1000.

Namun karena mekanisme seleksi ketat, banyak penulis pemula belum tahu trik dan selera yang diinginkan oleh redaksi dari Babe. Sebaiknya penulis pemula bisa membaca artikel yang berhasil terbit terlebih dahulu, agar bisa mengetahui selera dari tim redaksi Babe.

Penulisan artikel
Ada bisa mulai menulis artikel yang menarik dari memilih kategori sesuai keinginan, menulis judul (minimal 3 kata atau maksimal 90 huruf termasuk spasi) dan isi tulisan (150-300 kata). Sedangkan untuk lomba yang diselenggarakan diharuskan menulis hingga 500 kata dengan minimal 3 gambar.
Proses penulisan artikel dari masing platform
Penulisan di Babe lebih sederhana, setiap penulis menulis cukup menulis minimal 150 kata dengan menyisipkan minimal 2 gambar di dalam postingan. Selain itu jangan lupa memasang Banner berukuran 700 x 350 sebagai Banner dari Judul.
Preview sebelum terbit
Jumlah dari judul pun relatif singkat harus terdiri 72 huruf (sudah termasuk spasi) jadi membuat penulis Babe harus berpikir untuk judul yang singkat dan menarik dan dilirik oleh editor.

Kelemahannya mengharuskan penulis mengedit gambar menurut ukuran sebelum diupload sedangkan di UC News cukup mencocokkan bagian mana yang ingin dicrop. Ini akan menjadi kesulitan berarti bagi yang tidak begitu paham dalam pengaturan ukuran gambar.

Kategori
UC News ada sekitar 28 kategori yang bisa dipilih penulis, secara tak langsung UC News punya keunggulan niche yang lebih beragam. Sedangkan Babe hanya tersedia sebanyak 7 kategori saja. Itu dilakukan Babe mengingat tidak ada tumpang-tindih berita dengan media yang bekerjasama dengan pihak Babe sendiri.
Babe beralasan untuk niche lainnya mutlak dipegang oleh media langganan. UC News juga memilih hal demikian namun tetap menampung penulis di bidang yang bersinggungan dengan media langganan.

Satu sisi membuat tulisan di UC News lebih beragam dan ada lebih dari 10 media terpercaya dalam negeri yang bekerja sama dengan UC News. Babe juga demikian punya berbagai media terpercaya gandengan sendiri.

Panduan menulis
Panduan menulis sangat dibutuhkan bagi para penulis. Kedua Plogging ini punya kebijakan yang berbeda menurut versi masing-masing yang harus dipatuhi supaya tulisan bisa terbit.

Mulai dari UC News, mereka punya standar menulis untuk berbagai artikel menarik pembaca. Mulai dari penulisan judul, kalimat pembuka, hingga tanda baca yang sesuai. Mereka sering mengupdatenya tiap dua Minggu sekali.
Panduan menulis dari masing-masing platform
Panduan ini sangat membantu penulis pemula untuk bisa meningkatkan level tulisan yang diinginkan oleh pembaca. Namun cara ini punya kekurangan, karena sering mengalami penambahan setiap Minggunya membuat banyak penulis UC News pusing.

Tulisannya sering ditolak karena tidak layak, sedangkan tulisan lain dengan model yang sama malah diterima. Ini menurut saya butuh konsistensi dalam editor, bukan hanya mudah diterima namun kualitas konten dari setiap penulis.

Sedangkan Babe telah menetapkan secara jelas paduan menulisnya dalam 19 aturan menulis menurut Babe hingga proses lainnya. Jelas tidak membingungkan karena penulis bisa langsung mengacu pada peraturan tersebut. Namun penulis harus meraba-raba model artikel bagaimana yang diinginkan oleh tim redaksi Babe.

Penolakan yang beragam juga jadi alasan mengapa banyak penulis yang malas melanjutkan menulis di Babe mengingat waktu tunggu relatif lama (1-4 Minggu). Sebaliknya dari UC News, tulisan lebih mudah diterima, satu sisi ini sebuah apresiasi walaupun nantinya minim viewer.

Babe punya kebijakan jelas dalam membayar penulis sejumlah 50 Ribu untuk 1 tulisan yang diterima tanpa harus melihat berapa banyak viewer yang masuk. Masalah viewer tergantung selera dari pembaca dan tim Babe telah menilai layaknya tulisan anda terbit.
Update: 
Kini Babe memberlakukan sistem baru dalam pembayaran jadi 5 (lima) level tergantung viewer yang datang. nantinya akan mendapatkan bayaran berbeda setelah 7 hari postingan tersebut terbit. Berikut nilai bayaran yang akan Anda terima secara langsung.

Kelebihan dari Babe adalah memiliki halaman kontributor terbanyak mulai dari viewer terbanyak, artikel terbanyak tayang, dan penghasilan terbanyak. Sedangkan UC News masalah pendapatan bulan hanya si penulis dan pihak UC News yang tahu.
Laman top artikel, viewer dan penghasilan dari Babe
Selain itu babe punya rubik Cerita Penulis di Blognya si babe setiap Minggunya, semua penulis ngetop babe akan diulas habis-habisan termasuk triknya sehingga tulisan mereka bisa tayang. Sehingga mampu memotivasi para penulis lainnya untuk terus berkarya dan mendapatkan pendapatan maksimal dari artikel yang mereka tulis.

Proses tayang
Kedua platform tersebut punya kebijakan berbeda dalam penayangan tulisan. Saya mulai dari UC News. Proses penayangannya tergantung dari tulisan yang ingin diposting, kadang dalam hitungan menit sudah tayang hingga jam.

Pihak UC News akan memberitahukan bahwa tulisan tersebut terbit atau ditolak. Pihak UC News akan memberikan penolakan pada notifikasi yang diterima. Setelah diperbaiki dapat dikirim ulang, andai sudah sesuai dengan kaidah yang mereka inginkan. Tulisan langsung bisa tayang.

Pihak Babe memberlakukan hal berbeda, proses seleksi tulisan yang masuk ke redaktur Babe lebih lama, kisarannya 1-4 Minggu. Ini jelas sangat membuat penulis merasa Bete akibat terlalu lama menunggu, walaupun tulisan yang menarik bahkan bisa dikonfirmasi dalam waktu beberapa hari.

Hal yang paling tidak mengenakkan ialah saat sudah menulis cukup banyak, hanya 1 atau 2 tulisan yang terbit. Jelas-jelas sangat mengecewakan walaupun bayaran yang didapatkan di Babe lebih besar dibandingkan hasil pendapatan Monetisasi iklan di UC News.

Pendapatan
UC News dan Babe punya cara sendiri dalam membayar para penulis, Bila Babe langsung membayar tulisan yang diterima langsung tunai yaitu 50 Ribu dengan minimal penarikan yaitu 200 Ribu (atau 4 artikel diterima).

Perhitungan dimulai dari tanggal mulai ini yaitu tanggal 26 hingga 25 bulan depan. Misalnya saja tanggal 26 April bulan ini, hingga 25 Mei bulan depan. Riwayat pembayaran baru terbit di bulan berikutnya yaitu tanggal 3 dan butuh 10 hari untuk menyelesaikan proses pembayaran. Lumayan lama!

Pilihan pembayaran juga gampang karena mengakomodir sejumlah bank yang ada di tanah air. Sedikitnya ada 11 bank lokal tanah air yang bekerja sama dengan Babe dalam pencairan invoice penulis.
Bank lokal yang bekerja sama dengan Babe
Pembayaran UC News menurut saya pribadi lebih sulit, apalagi UC News merupakan perusahaan asing berasal dari negeri tirai bambu. Mereka punya 2 cara memperoleh pendapatan yaitu dengan Program Monetisasi iklan dan Super 1000. 
Program andalan UC News, Super 1000
Program Monetisasi iklan memiliki berbagai syarat mulai dari akun yang berusia 7 hari dan memiliki tulisan sebanyak 2000 viewer. Bila syarat telah memenuhi pihak UC News akan mengonfirmasikan dalam waktu dekat.

Pendapatan pun akan dihitung selama sepekan terakhir dengan rincian pada setiap Rabu dini hari (pukul 00:00) pemasukan di update berkala. Proses penarikan dapat dilakukan pada tanggal 26 -28 setiap bulannya bila telah memenuhi PO.

Penarikan dapat dilakukan bisa dengan menggunakan menggunakan bank lokal dan Payoneer. Bila penarikan yang dilakukan pada rekening Bank harus memperoleh sebanyak $100 untuk bisa dicairkan. Sedangkan via Payoneer cukup maksimal penaikan sebesar $ 50.

Bagi penulis awam, pembayaran seperti ini sedikit membingungkan terutama dalam pengisian informasi pembayaran. Selain menyulitkan, terutama pengisian Kode Swift Bank. Proses pembayaran yang relatif lama dan sering telat jadi alasan membuat bayaran di UC terasa lebih lama, terutama dalam proses konversi mata uang Dollar ke dalam Rupiah. Saya sendiri baru mendapatkan bayarannya di tanggal 10 -13 dan juga bila menggunakan rekening bank dibutuhkan waktu 10 hari untuk bisa masuk ke rekening anda.

Waktunya relatif lebih lama khususnya yang menggunakan rekening bank sebagai penerimaan pembayaran sedangkan menggunakan Payoneer sedikit lebih cepat karena konversi mata uang.

Lomba
UC News telah mengglobal dan memiliki investor yang cukup besar, bukan hal sulit untuk mengadakan lomba. Untuk menerima penulis dari program Super 1000 saja pihak UC menganggarkan dana hingga $ 30 juta untuk 3 negara yaitu Tiongkok, India, dan Indonesia.

Itu baru satu program saja, belum lain program dari monetisasi iklan berbagai lomba berhadiah baik sebagai pembaca dan penulis. Selain itu pada setiap kesempatan, selalu saja ada lomba berhadiah dengan tema tertentu dengan hadiah puluhan juta Rupiah. Ini sangat memacu para penulis untuk berlomba-lomba membuat konten di UC News.
Salah satu lomba yang diselenggarakan oleh UC News
Sedangkan Babe tidak mengadakan lomba serupa mengingat sangat sulit mencari investor, berbeda dengan UC News yang telah besar dan merupakan anak dari perusahaan ternama di dunia. Walaupun begitu, Babe memberikan bayaran lumayan besar dan jelas dibandingkan UC News tanpa harus pusing-pusing memikirkan trafik.

Promosi
UC News gencar mempromosikan aplikasinya di berbagai media cetak dan elektronik termasuk menggandeng sejumlah artis papan atas tanah air. Walaupun UC News perusahaan luar, namun hampir semua direksi yang dipekerjakan ialah putra-putri asli Indonesia.

Termasuk aplikasi yang disesuaikan dengan Bahasa Indonesia, ini jelas membantu apalagi UC News membuka cabang di di Indonesia. Hingga call center semuanya dilayani baik melalui Email, Facebook, dan Twitter.

Pendekatan Babe dalam melakukan promosi serupa namun lebih banyak melalui elektronik dan sosial media walaupun tak segencar UC News. Melalui sosial media dan sejumlah Blogger terutama dari Banner yang disediakan. Jelas cara yang jitu dan tidak terlalu menguras biaya.

Proses memerangi plagiat
Kedua platform punya jurus sendiri dalam memerangi plagiat di era digital. UC News memeranginya dengan proses pencarian di mesin pencaharian, mulai dari proses pencantuman sumber baik gambar atau kutipan dari orang lain.

Namun cara ini sering tak selaras, saya pribadi pernah mengalami penangguhan akun karena mengambil tulisan yang ada di blog pribadi dan mencantumkan sumber. Namun pihak UC News menganggapnya sebagai pelanggaran karena plagiat dan membekukan akun saya sementara waktu.
Kebijakan yang diterapkan oleh UC News bagi pelanggar
Proses memerangi plagiat dari UC News cukup baik, namun seakan membuat semuanya kena termasuk penulis yang memasukkan tulisan blognya di akun UC News. Kebijakan lainnya adalah daftar penulis plagiat yang diumumkan pada notifikasi, cara ini bisa membuat malu dan jera bagi akun suka memplagisasi tulisan orang lain dan menebarkan berita hoax.

Namun cara itu tidak berlaku pada sejumlah media RSS Feed UC News. Menurut saya tulisan dari media tersebut tidak layak dan dengan mudah bisa tayang. Mungkin kebijakan tersebut bisa direvisi oleh pihak UC News.

Sedangkan Babe dengan tegas melarang tulisan yang mengandung plagiat dan juga kata atau kalimat larangan. Tim Babe langsung dengan cepat menolak tulisan yang mengandung pelanggaran tersebut. Tulisan yang mengandung kata plagiat akan berwarna merah dan tim redaksi Babe menolaknya dengan alasan yang padat dan jelas.

Cara penolakan kedua platform ini juga berbeda, UC News menurut saya pribadi sedikit kasar dari notifikasi penulis. Cara tersebut sering membuat bingung penulis UC News karena pelanggarannya dijabarkan secara umum bukan khusus.

Itulah sejumlah perbandingan dari kedua Plogging berikut, walaupun begitu semua kembali kepada masing-masing dalam mencari uang di internet. Keduanya menawarkan cara berbeda untuk menghasilkan pundi-pundi pendapatan melalui pasar yang sama.

Bila merasa bingung dan ingin bertanya lebih,  dapat bertanya lebih di kolom komentar dan semoga memberi pencerahan.
Share:

46 komentar:

  1. Sekarang aplikasi UC News sudah update dan punya fitur pencarian, mas. Tapi langganan penulis yang ada di profil kita jadi hilang karena update itu.
    Saya belum nyoba Babe, lama nunggu artikel tayangnya kabarnya lama ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, pagi ini saya baru update dan pihak uc news telah menambah kolom pencaharian. hilangnya sejumlah langganan jadi sebuah kerugian berarti. menulis di babe butuh waktu lama, apalagi proses seleksi memakai waktu berminggu-minggu. Saya pribadi mengakali dengan menulis banyak artikel dan berpeluang besar banyak yg terbit

      Hapus
    2. Babe itu dibatasi hanya 6 tulisan ya min ? Semuanya nunggu oersetujuan tapi gak ada kotak terbirkan lagi saat mau buat artikel

      Hapus
    3. tidak ada batasan tulisan yang bisa dikirim, saya pribadi kadang mengirim puluhan artikel dengan asumsi banyak yang terbit. Hal yang sedikit merepotkan ialah proses persetujuan relatif lama, namun mereka akan konfirmasi tulisan yang anda kirim ditolak atau tidak.

      Hapus
  2. Bermanfaat nih. Thanks gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, makasih udah mampir

      Hapus
  3. Artikel tips menulis fiksi dan nonfiksi apa bisa diterima di 2 media itu? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diterima, apalagi kedua media menyediakan banyak kategori termasuk tips menulis fiksi dan nonfiksi. Silakan dicoba mas.

      Hapus
  4. Gan yg babe itu payoutnya 10 hari stlh tgl 3 bulan dpnnya? Berarti paling lmbt tanggal 13 gitu ya? Btw, tulisannya bermanfaat banget, tolong balas ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan, tanggal 3 adalah proses update. Penerimaan pembayaran paling lambat tanggal 13, tergantung bank yang anda gunakan. Saya pribadi paling lambat tanggal 10 telah menerima pembayaran dan juga tidak terhalang hari libur (misalnya sabtu minggu).

      Hapus
  5. Salam kenal sebelumnya.
    Saya sudah daftar di Uc News dan pendaftaran berhasil namun saya ngga bisa menulis artikel di "artikel saya" karna di situ cuma ada perintah JUDUL ARTIKEL, UPLOAD FOTO, DAN KATEGORI. MENgherankan karna saya ngga tau mau nulis dimana. Kok ada judul tapi ruang nulisnya ngga ada. Trimakasih sudah balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa untuk tulis artikel, namun dalam beberapa kesempatan (biasanya di akhir pekan) uc news sering melakukan pembaharuan dan perbaikan. Yang paling sering terjadi perbaikan sistem penulisan dan penayangan. Jadi silakan dicoba kembali karena proses ini dilakukan oleh pihak uc news untuk memberikan kenyamanan bagi para penulis uc.

      Hapus
    2. Coba buka lewat chrome.

      Hapus
  6. Berapa lama min kalau withdraw di uc news via rekening bank menurut pengalaman admin ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pribadi menerima bayaran di tanggal 17-20, karena proses pengalihan ke bank lokal memakan waktu 10 hari (tidak termasuk hari libur).

      Hapus
  7. Min mau tanya tentang babe,

    1. Kalau tulisan si tolak di babe bisa di edit dan kirim ulang gak?
    2. Kalau salah penulisan sedikit misal santer jadi tertulis sater bakal di tolak babe gak min?
    3. Kalau saya tulis meme dari artis A, kemudian saya edit jadi meme yang dijadikan sebagai sumber apakah dokumen pribadi atau dari media sosial artis A?
    4. Kalau melansir berita dari luar negri, trus saya artikan, ntar penulisan sumbernya sama seperti sumber foto atau bagaimana min? Letaknya dimana?
    Makasi ya admin yg baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik.. Akan ane jawab satu persatu.
      1.jelas bisa, karena mereka akan Kasih alasan setiap penolakan. Namun ada juga yg ditolak karena alasan memang tidak cocok dengan judul.
      2.akan ada editor yg memperbaiki setiap kesalahan tersebut apabila tulisan yg agan tulis dirasa layak tayang.
      3.itu masuk media artis A gan, walaupun ada sedikit modifikasi dari kita.
      4. Diletakkan pada bawah gambar, misalnya gambar via situs bla bla..

      Hapus
  8. https://unik.babe.news/924b68/fashion-show-unik-diperagakan-kepiting

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulisannya sudah bagus, dan tinggal anda mengirim artikelnya ke redaksi babe

      Hapus
    2. ini emang udah terbit mas,, cuma viewrs nya gak nambah2.. masih 0 , gak tau mungkin ada kesalahan sistem ap ya.. pdhl udah di share k sosmed jg, minimal 1-2 klik adalah

      Hapus
    3. silakan sabar menunggu, mungkin tulisan mbak di babe punya giliran tayang. Itulah alasan mengapa belum ada lonjakan viewer.

      Hapus
  9. kalo saya pribadi lebih memilih ucnews min. Maklum udh dibikin putus asa sama babe, nulis sampai 5 artikel gak ada yg approve padahl ori semua.

    BalasHapus
  10. Nulis di Babe terbitnya lama, di UC cepet tp pendapatan tergantung viewrs. Kalau viewrs kurang iklan jg nggak masuk pdhal nyari viewer di UC rada susah apa lg buat niche tertentu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Setiap platform punya kelebihan dan kekurangan masing-masing

      Hapus
  11. 28 kategori di uc news apa aja mas iqbal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada banyak mas, mungkin ada beberapa yang cukup populer dan banyak diminati pembaca seperti Teknologi, Lifestyle, Sports, Entertainment,Ekonomi dan sosial

      Hapus
  12. Saya nulis min view nya paling 1000 dalam 1 hari.biasanya min, tapi pas aku kirim dgn judul yang menarik ga sampai 12 jam sdah 70 ribu view. Kenapa ya bisa jauh gitu perbedaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uc news salah satu plogging (platfom + blogging) yang banyak dibaca berbagai kalangan. Apalagi dengan banyaknya pembaca pasti butuh judul menarik untuk menaikkan trafik dan itu wajar di mana-mana, asalkan tidak menipu pembaca dan relevan gan. Saran saya, gunakan judul menarik (bukan bombastic) dan isi yang tak kalah menarik juga. Di jamin trafik anda bagus

      Hapus
    2. Sama-sama kembali, silakan ditanya kalo bingung

      Hapus
  13. mas iqbal, salam kenal, saya juga penulis Babe, namun seringnya tulisan saya di tolak babe dengan catatan cantumkan sumber gambar. padahal berulang kali saya cantumkan di caption gambar?
    minta saran, kalo sumber gambar di Babe itu sebaiknya di cantumkan dimana mas? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih dan salam kenal kembali, pihak redaktor nulis babe biasa menolak gambar bukan hanya masalah cantumkan sumber gambar. Mungkin saja resolusi gambar yang mas gunakan terlalu kecil atau pecah. Selain itu jangan mencantumkan alamat gambar, misalnya www.blabla.com tapi cukup source from blabla.com. sebaiknya caption di bawah gambar tepatnya di tengah mas

      Hapus
  14. kenapa artikel yang saya kirim ke babe selalu ditolak. dengan alasan sudah dimuat dimedia.
    padahal artikel yang saya buat asli dari pemikiran sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang persoalan pelik ini sering saya alami, tulisan hasil buah pikir sendiri dianggap plagiat atau sudah pernah di muat media. Namun jangan berkecil hati, saran saya yaitu buat judul seunik mungkin dan lakukan sedikit perubahan isi. Dijamin saat anda kirim ulang, pasti diterima.

      Hapus
  15. Maaf min,boleh di bimbing sy penulis baru di uc news,tapi knp link tampilkan dan link simpan(aktif,tapi saat dinklik,bwoses tdk loading apapun) link untuk publikasikan selalu tdk aktif,padahal saya sudahbmemenuhi semua persyaratan penulisan. Sampai terakhir saya coba dengan mengcopi (saya nonton tutorial cara nulis di youtub). Dengan sama persis dari tandabaca,spasi,huruf besar dan kecilnya jg saya samakan persis seperti video,tapi knp di video tutorialnya artikel ttp bisa di posting,bisa di simpan,bisa juga di tampilakn dulu.nah di akun u news saya kok msh gk bisa yaa. Mohon pencerahan. Saya menggunakan linux ubuntu dg browser chromium dr linux ubuntu. Apakah ngatuh jg d browser yg saya pkai? Jika di babe semua nya berjalan lancar,artikel bisa di publikasikan. Tgl nunggu di cek sama pihak babe nya. Tp uc news bingung saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih pertanyaannya, saya pernah mengalami permasalahan ini. Itu terjadi pada mesin pencarinya, saya mengalaminya di google chrome. Saat mencoba "Tulis Artikel" namun halamannya error. Lalu saya komplain ke pihak UC news dan mereka menganggap akun saya tidak bermasalah. Lalu mereka menyuruh coba check di engine search yang anda gunakan. Akhirnya saya mencoba search engine lain (salah satunya microsoft egde) alhasil saya mampu menulis artikel dan juga posting tulisan. Saran saya coba search engine lain atau coba uninstall ulang engine search yang anda gunakan. Silakan dicoba gan.

      Hapus
  16. Peraturan di uc news sangat aneh dan ngak masuk akal.

    1.setiap artikel wajib mencantumkan url referensi dan sumber gambar.itu arti nya uc news nengajarkan kita untuk membuat artikel non original harus wajib kata di lansir nya. Dan bagaimana kalau kita buat artikel tutorial yang jelas hasil pemikiran sendiri dan gambar sendiri (hasil sreenshot) gimana mau pasang link sumber nya.


    2.Untuk MONETISASI iklan akun kontributor harus berstatus jadi kontributor tingkat lanjut (bukan 1000 view/artikel.

    3.Untuk menjadi kontributor tingkat lanjut harus punya poin index di atas 50. Dan yang aneh nya poin index yang di dapat bukan dari faktor-faktor yang telah di tetapkan.

    4. Artikel dengan jumblah view paling banjak 50k ke atas ada iklan tapi kita tidak dapat apa2 karna akun masih berstatus kontributor perunggu

    INI PENGAMATAN DAN PENGALAMAN SAYA

    1A. Artikel saya sering di tolak karena alasan tidak mencantumkan sumbar lansiran artikel dan gambar.padahal artikel tutorial adalah hasil pemikiran sendiri dan gambar hasil screenshot.

    2B. Banyak yang bilang untuk MONETISASI IKLAN view artikel harus 1000 view/artikel dan usia akun lebih dari 7 hari (itu semua bohong.akun saya udah 10 aktif dengan 10 artikel dan jumblah view perhari 50k next.

    3C. Pernah dalam seminggu saya aktif menulis di uc news dan jumlah view nya sampai 100k dalam sehari dan yg share artikel saya juga mencapai 50x share.tepat pada hari rabu waktu update index poin, saya hanya mendapatkan 14 poin index. Dan yang paling aneh nya tepat ini rabu 27 september 2017 index poin yang saya dapat 29 padahal saya udah 1 minggu ngak aktif.kok bisa?

    4D.Kata nya akun yang tidak di MONETISASI tidak akan tampil iklan di artikel tersebut.(BOHONG BANGAT) saya pernah kedapatan uc news menampilkan iklan di artikel saya yang jumblah view nya 30k/artkel. Dengan membagikan artikel tersebut ke fb lalu saya buka pake hape adik saya, dan apa yang terjadi....ada iklan di artikel tersebut.

    UC NEWS sangat licik itu lah pengalaman buruk saya jadi kontributor di UC NEWS

    NOTE: mungkin setiap kontributor di UC NEWS mendapatkan perlakuan serta pengalaman yang berbeda2.tetapi itulah realita yang saya alami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin Uc News butuh suntikan dana tapi tidak mau timbal balik dengan penulisnya, jumlah penulis di uc sudah semakin membludak, kalau semua penulis uc news mendapatkan bayaran sesuai kerjanya, saya yakin uc akan bangkrut, oleh karena itu dia memainkan hasil pendapatan penulisnya, menurut saya sih seperti itu

      Hapus
    2. Iya.. Padahal jumlah penulis uc news cukup banyak. Walaupun kita tak mengetahui jumlahnya berapa. Tapi kadang hasil tulisan mereka tak dibayar setimpal.

      Hapus
    3. terima kasih ulasannya, banyak yang kecewa termasuk saya. Namun Pihak UC News ingin melakukan perbaikan ke arah lebih baik seperti memperbanyak lomba

      Hapus
  17. Pagi mas, saya mau tanya pada tab statistik saya di babe terjadi delay terus knp ya mas ? apa mas pernah mengalami hal tersebut ? padahal sudah ada artikel saya yang diterbitkan, jadi saya tidak tau perkembangannya kalau terjadi delay terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. permasalahan klasik di babe ialah statistik yang sering delay, coba tunggu lebih dari 1 x 24 jam hingga 2 24 jam. Bila tidak, biasa statistik akan diupdate setiap senin.

      Hapus
    2. owalah ternyata masalah klasik ya mas, saya mau tanya lagi mas, apa benar kalo artikel kita sudah terbit langsung mendapat 50rb atau harus menunggu viewer baru bisa dapat uangnya mas ?

      Hapus
  18. knapa ya? aku dah daftar u nulis di babe tapi selesai daftar tampilan dasbornya nggak muncul2?

    BalasHapus

Halo Penulis

Foto saya

Punya hobi membaca, mengobsevasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat musik EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis