Jumat, 01 Desember 2017

Konten Marketing, Strategi Jitu Dapatkan Pembaca

Bro... tulisan gue kok ngga ada yang baca? 
Dari segi konten dan keunikan judul malah tak kalah dengan Blogger lainnya, tapi kenapa masih minim yang baca? 
Memang siapa aja yang baca? 
Gue dan tukang bakso dekat rumah yang gue ancam buat baca. 
Yaelah!!! Itu berarti elo harus belajar strategi konten marketing ya benar.
Makin ke sini menulis di Blog makin ramai pesaingnya, bila dulunya Blog hanya sebatas tempat curhat atau Blog hanya diisi oleh bahan tugas.

Kini Blog telah bertransformasi ke arah yang lebih kompleks, itu semua berkat peluang besar yang dihadirkan para Blogger.

Setiap tulisan yang ditulis ternyata mampu mendatangkan pembaca dan keuntungan menarik lainnya. Salah satu strategi yang diterapkan yakni dengan konten marketing.

Dalam percakapan di atas, ia melupakan dari itu semua, namanya konten marketing di dunia Blogger.

Ibaratnya bermain sepak bola, dunia tulis-menulis di Blog penuh taktik yang jitu untuk bisa mendapatkan apresiasi dari pembaca.

Bagaimana perasaannya, sudah capek-capek nulis namun yang baca hanya diri Anda dan orang lain yang ada paksa buat baca.

Pasti ada hal yang salah dalam strategi yang diterapkan di dunia Blog. Saat ini persaingan dunia Blog makin ketat dan butuh lebih dari sekedar konten menarik dan jago menulis.

Ada hal yang sangat perlu diperhatikan salah satunya menerapkan strategi konten marketing dengan benar.

Sebenarnya apa itu marketing konten?
Konten adalah raja....

Itulah gambaran yang tepat dalam menulis Blog dan konten marketing, salah satu metode ilmu yang ada di dunia marketing dalam mempromosikan konten. Semua strategi yang ada di internet, mulai dari promosi video, artikel, dan bahkan Blog.

Tujuannya utamanya mendapatkan pembaca setiap. Siapa yang tidak mau Blognya didatangi banyak pembaca dan konten marketing cara yang tepat.

Dulunya strategi konten marketing sangat dikejar oleh para perusahaan di internet buat mendapatkan pembaca, lalu berinisiatif membeli produk mereka.

Kini malah para Blogger telah getolnya melakukan hal serupa dan strategi ini sangat jitu.

Di era digital saat ini konten marketing sudah mencakupi semua hal. Alangkah meruginya andai belum mempraktekkannya.

Tapi tak perlu khawatir, saya akan mengajarkan bagaimana bisa menghasilkan sebuah konten yang menjual dan saat dipublikasikan mampu menarik animo yang besar dari pembaca.

Sebenarnya apa manfaat dari strategi konten marketing?
Saat ini strategi konten marketing jadi salah satu sebuah syarat wajib yang harus Blogger pelajari.

Banyak manfaat yang kemudian memudahkan konten yang ditulis dan nama Blog-nya mendapatkan perhatian pembaca. Berikut ini sejumlah manfaatnya.

Meningkatkan pembaca, siapa sih yang tak kepincut saat tulisan berhasil dibaca oleh puluhan ribu pembaca dan di-share ribuan orang dalam sekejap. Ada rasa bangga dan senang yang menyelimuti diri.

Pembaca yang dahulunya hanya sekejap sahabat dekat dan yang mengomentari Blog Anda hanya teman dekat dan satu komunitas, kini secara luas cakupannya.

Dengan strategi konten marketing yang benar kita bisa tahu tulisan yang kekinian dan disukai oleh anak millenial.

Terlebih dahulu butuh riset panjang dalam menghadirkan tulisan, tidak asal postingan. Karena tulisan yang dipersiapkan dengan baik pasti mendapatkan perhatian lebih dari pembaca.

Mulai dari gaya tulisan, pemilihan judul, dan gambar yang menarik. Karena setiap tulisan di blog dimulai dari ide yang kemudian dikembangkan sedemikian rupa. Mulai dari poin-poin yang akan dituliskan.

Apalagi bila Anda masih pendatang baru di dunia Blog, pasti butuh waktu yang panjang untuk bisa menarik pembaca setia. Dengan strategi yang benar, dijamin para pembaca yang datang langsung tertarik dari tulisanmu.

Semua faktor itu ada, pembaca yang baru datang akan ketagihan untuk datang di lain waktu. Mereka juga akan merekomendasikan Blog Anda sebagai referensi baca. Bila cara itu telah terwujud, salah satu strategi konten marketing telah berhasil dijalankan.

Membangun personal branding, membangun brand banyak dilakukan oleh Blogger saat ini, makin ketatnya persaingan dibutuhkan keunikan sendiri yang ditonjolkan.

Sebagai contoh ialah makin banyak Blogger yang bergelut di bidang travelling dan lifestyle.

Banyaknya yang bergelut jelas persaingan makin ketat dalam mendapatkan pembaca dan halaman pertama Google.

Namun karena tak punya keunikan dan konten yang biasa-biasa saja membuat artikel Anda tenggelam jauh ke dasar halaman Google.

Selain itu membangun personal branding sangat membantu pihak ketiga untuk bekerja sama dengan Anda.

Mulai dari pemasangan content placement, iklan hingga menjadi brand ambassador untuk sebuah produknya.

Mendapatkan posisi terbaik, Pembaca yang tertarik dengan tulisan Anda tidak dipungkiri mampu mengangkat reputasi Blog ke posisi terbaik. Kesempatan berada di jajaran elit halaman pertama Google dengan mudah bisa didapatkan.

Hal paling dasar dalam memahami strategi konten marketing bersumber pada SEO. Banyak Blogger saat mendengar SEO langsung ciut nyalinya.
 
Salah satu artikel saya yang berhasil berada di page 1 Google
Sebenarnya sangat mudah, asalkan dengan mengoptimalisasi SEO dengan benar, peluang berada di halaman pertama bisa didapatkan.

Penggunaan kata kunci yang benar dan tepat makin memudahkan proses pencarian. Bila hanya mengandalkan kunjungan langsung dari Website Anda pasti jumlahnya sedikit. Namun bila dari hasil pencarian organik Google hasilnya jauh lebih besar.

Pemilihan kata kunci yang tepat dengan tulisan yang menarik hasilnya mampu sebuah konten berkualitas dan diminati oleh pembaca.

Tak hanya itu saja, semakin banyak konten yang Anda hasilkan semakin menarik, maka semakin banyak peluang dari setiap tulisan Anda berada di halaman satu.

Mengapa Konten Marketing lebih mengedepankan Blog dibandingkan media sosial?
Jawabannya karena Blog punya durasi paling lama hingga 2 tahun dan tulisan itu tetap mampu menarik pembaca.

Mendapatkan Pembaca dengan Metode Konten Marketing

Berdasarkan perbandingan Blog dengan sejumlah media sosial dan video sharing, Blog punya durasi yang lebih lama bertahan.

Mulai dari Twitter yang bertahan 18 menit setiap Tweet, Facebook selama 5 jam, Instagram selama 21 jam, Linkedin selama 24 jam, video di Youtube selama 20 hari, postingan di Pinterest selama 4 bulan.

Ini semua menadakan bahwa dibutuhkan konten marketing yang baik, agar tulisan Anda mampu menggaet pembaca bukan hanya hari ini dan esok tetapi hingga 2 tahun atau bahkan lebih.

Menghemat biaya, strategi konten marketing mampu menekankan biaya yang harus dikeluarkan. Misalnya saja menggunakan jasa SEO atau bahkan menggunakan jasa pengeditan gambar.


Karena Blog saat ini tidak hanya sekedar kemampuan menulis saja yang diasah. Blogger harus mampu mengikuti zaman yang terus berubah.

Saat ini saja banyak Blogger yang telah jago dalam membuat infografis, kemampuan web design dan kemampuan lainnya.

Selaku Blogger harus mampu mempelajarinya, karena dengan bisa maka mampu menghemat biaya yang harus dikeluarkan dari setiap kemampuan tersebut.

Cara menghasilkan konten marketing yang menarik
Ada sejumlah cara jitu yang dapat digunakan dalam membangun konten marketing, terlepas dari konten tersebut menarik. Berikut ini yang harus anda persiapkan dengan jitu.

Kemampuan menulis, Setiap Blogger harus memiliki kemampuan menulis yang mumpuni. Itu didukung dengan jam terbangnya di dunia perbloggeran.

Menulis di Blog sedikit berbeda dengan menulis di laman sebuah halaman koran. Dibutuhkan kemampuan menarik pembaca dari kata pertama.

Mendapatkan Pembaca dengan Metode Konten Marketing
Memang kemampuan menulis di Blog harus terus diasah sampai tajam, dengan begitu Anda mampu menggaet pembaca. 

Setiap Blogger pastinya memiliki gaya bahasa sendiri yang ia tonjolkan, ini sangat membantu pembaca untuk jatuh hati dari setiap konten yang ia terbitkan.

Panjang tulisan, semakin panjang tulisan yang ditulis maka semakin lengkap dan menarik. Walaupun bukan berarti memaksakan tulisan tersebut harus panjang.

Maksud di sini sesuai kebutuhan, Google selaku mesin pencari terkemuka saat ini sangat ramah dengan konten yang panjang, karena semakin panjang informasi yang dihadirkan makin lengkap pula.

Menurut Dr. Jonah Berger dalam bukunya Contagious Why Things Catch On mengatakan bahwa sebuah konten yang memiliki panjang lebih dari 2000 kata mampu menjawab kebutuhan pembaca.
 
Semakin panjang dan lengkap, maka semakin shareable
Selain itu juga konten dengan jumlah seperti itu punya kemampuan share lebih tinggi mencapai angka 52% dibandingkan konten yang serupa.

Tak pernah berhenti berinovasi, Segala sesuatu yang dilakukan tanpa inovasi, siap-siap saja untuk mati atau malah ditinggalkan pembaca. Konten marketing saat ini sangat dibutuhkan, salah satunya dalam menjawab pertanyaan pembaca.
 
Ide cemerlang selalu ada dalam setiap artikel
Bila dahulunya cukup dengan konten berupa sepotong gambar saja dan kemudian di posting. Saat ini strategi tersebut sudah dianggap telah ketinggalan zaman.

Penulis Blog dibutuhkan ahli di berbagai bidang, bukan hanya kemampuan menulis saja banyak kemampuan lain yang perlu dikembangkan.

Misalnya kemampuan membaca minat pembaca, kemampuan menyesuaikan bahasa saat ini hingga termasuk kemampuan editing seperti grafis, pengambilan gambar, dan juga edit video.

Bukan berarti harus dipaksakan, akan tetapi dengan kerasnya persaingan saat ini, dengan sedikitnya kemampuan non-teknis tersebut mampu membuat Anda unggul beberapa langkah dibandingkan para kompetitor.

Promosi di media sosial, Kesalahan yang sering sekali pengguna Blog ialah ia tidak memanfaatkan media sosial. Saat ini saja media sosial punya peran besar dalam penyebaran konten yang telah diposting.
Konten Marketing, Strategi Jitu Dapatkan Pembaca

Setiap media sosial punya spesifikasinya pembaca masing-masing, dengan menyebarkannya maka mereka akan tahu keberadaan Blog Anda.

Promosi yang mumpuni dari sosial media tersebut mampu menggaet pembaca lintas platform media sosial.

Ada sebagian Blogger yang masih kurang PD dengan tulisannya mengabaikan postingan di media sosial yang ia miliki. Asalkan kontennya menarik dan tidak menyinggung orang lain tidak masalah.

Kekuatan gambar, Tulisan tanpa gambar terasa gersang dan kesannya tak kuat dan untuk menghasilkan sebuah tulisan yang baik harus ada gambar yang merepresentasi tulisan tersebut.

Tidak harus dari pengambilan si penulis saja, kini dengan mudah dapat ditemukan berbagai gambar gratis yang tidak menyalahi hak cipta dalam penggunanya.

Mendapatkan Pembaca dengan Metode Konten Marketing

Salah satu tempat penyedianya mulai dari pexels.com dan pixabay.com  serta ada pula situs penyedia yang kayak akan gambar ikon menarik seperti yang mudah ditemui di freepik.com
 
Tampilan dari freepik dan sejumlah gambar yang ditawarkan
Dengan pemilihan gambar yang tepat dan kuat makin meyakinkan serta memperkuat argumen yang Anda sampaikan di dalam artikel tersebut.

Menggunakan Infografis, Saat ini begitu banyak Blogger yang menggunakan infografis dalam memperkuat artikelnya.

Ibarat rangkuman dari tulisannya, si Blogger seakan menggiring pembaca yang “agak sedikit malas membaca” untuk terhipnotis dengan infografis.

Alhasil artikel yang punya infografis terlihat lebih eye catching oleh pembaca dan mendapatkan rekomendasi lebih banyak.
 
Berbagai model infografis yang dapat dicoba para blogger
Menurut data dari Buzzsumo, artikel yang mempunyai infografis mampu di-share lebih banyak 2,3 kali lebih banyak dan mendapatkan respons lebih besar.

Menurut saya pribadi, baik menggunakan atau tidak infografis kembali kepada Bloggernya. Karena kekuatan artikel  tulisan kadang mampu menghipnotis pembaca dibandingkan sebatas infografis.

Namun bila tujuan Anda membangun konten marketing, infografis harus disertakan. Apalagi saat ini begitu banyak aplikasi yang bisa akan pakai dalam membuat infografis.

Punya humor, bisa di awal atau di akhir, karena tulisan yang terlalu kaku membuat pembaca tidak terbawa perasaan dengan tulisan anda. Pengaruh humor ringan sangat dibutuhkan dalam mencairkan suasana.
 
Pengaruh pembaca dari artikel yang Anda tulis
Pemilihan humor bisa di awal, tengah, dan akhir postingan. Walaupun tidak selalu dianjurkan, apalagi diri Anda tidak memiliki selera humor yang baik. Itu berakibat pembaca akan garing menanggapinya.

Kemampuan menghadirkan tulisan mengandung humor bisa didapatkan dengan cara berlatih dan memperbanyak membaca. Dengan begitu pembaca mampu terkesima dari setiap tulisan yang berhasil dihadirkan.

Bersifat Shareable, maksudnya di sini tulisan yang mampu membuat membaca dalam sekilas tertarik dan melakukan share. Ada beberapa hal yang membuat mengapa tulisan bisa di-share selain menarik saja.

Mulai dari tulisan yang berbeda dari media mainstream, mampu memainkan perasaan dari senang, lucu, dan sedih hingga kadang menjawab segala yang selama ini ia cari. 

Bila sejumlah karakteristik tersebut berhasil dihadirkan, pastinya tulisan anda telah tergolong shareable.

Konsisten, menghasilkan tulisan yang baik itu mudah namun untuk konsisten menulis yang sama baik dari tulisan sebelumnya adalah hal yang sulit.

Banyak para Blogger yang telah terperdaya karena tulisannya telah berhasil memikat hati banyak pembaca. Namun karena tidak konsisten dan miskin ide, ia seakan kehilangan momentum melanjutkan kesuksesan tersebut.

Bila sebuah Blog telah berhasil menarik pembaca maka dibutuhkan kemampuan menghasilkan tulisan sama baiknya. Modalnya dengan konsisten dan persiapan yang matang sebelumnya. Saat pemilihan niche (judul Blog) harus diikuti dengan kemampuan menghasilkan konten yang kontinu.

Itu bisa sejumlah cara jitu yang dapat mendatangkan pembaca dengan strategi konten marketing. Bila punya pertanyaan tentang hal terkait, dapat ditanyakan di kolom komentar.

Semoga menginspirasi untuk tetap ngeblog. 
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis