Rabu, 18 Juli 2018

Melihat Drone Kekinian di Masa Depan



Lalu lintas di udara begitu padat tak lain adalah sejumlah drone yang beterbangan ke sana kemari. Mungkin dahulu drone hanyalah permainan mewah kelas atas dan malah jauh sebelumnya  drone hanya digunakan militer dalam proses pengintai musuh. Kini drone modern bertransformasi menjadi salah satu teknologi industri di berbagai bidang.

Itu bermula dari gebrakan oleh pabrikan Phantom asal dalam merilis drone untuk kalangan masyarakat dengan harga terjangkau. Adanya drone,  Anda dengan mudah bisa melakukan proses pengambilan gambar serta video dari ketinggian dan pemetaan lokasi.

Di masa depan peran drone semakin kompleks, misalnya saja proses pengantar barang yang langsung menjangkau rumah pelanggan. Kontrol yang dilakukan adalah dari jarak jauh dan nilai menekan biaya pengantaran barang seperti makanan dengan transportasi darat.

Saat ini drone dianggap sebagai potensi yang sangat besar, apalagi manusia di masa depan ingin sesuatu yang efisien dan cepat. Adanya drone seakan membantunya, bagaimana susahnya seorang deliver makanan harus menembus macet di jam-jam sibuk. Adanya drone seakan jadi sebuah solusi.

Sang penyedia layanan makanan atau kiriman akan memanfaatkan drone milik mereka dalam menjangkau pengiriman barang. Ia akan terbang menuju lokasi yang ia inginkan sesuai dengan yang tertera di GPS.

Saat macet melanda, banyak deliver yang mengeluh macet, belum lagi para pelanggan yang kecewa andai pesannya tidak sampai. Ini jadi peluang yang menjanjikan di masa depan, pihak pengembang menganggap drone jadi solusi terbaik. Selain tidak melelahkan para driver yang harus menerobos macet. Drone adalah sebuah pilihan terbaik di masa kini dan masa depan.

Salah satu perusahaan asal China bernama Ele.com yang berada Jinshan District of Shanghai di kini sudah menerapkan konsep tersebut. Inovasi yang mereka terapkan adalah pada pengantaran makanan ke sejumlah rute. Saat ini ada 17 rute yang sudah tersedia dengan menjangkau area seluas 58 kilometer persegi khusus melayani 100 restoran di distrik tersebut.
Image result for ele.com drone
Metode yang digunakan dalam mengantar pesanan pelanggan 
Alasan utama perusahaan tersebut melakukan pengadaan drone bertujuan untuk menghemat waktu tempuh dan macet. Andai menggunakan jasa motor dibutuhkan waktu 30-60 meter ke setiap pelanggan sedangkan menggunakan Drone hanya butuh waktu 20 menit. Tak hanya itu saja, menggunakan drone mampu menekan biaya staf pengantar, risiko kecelakaan, dan bahan bakar kendaraan yang mereka gunakan.

Nantinya ada tim yang menyiapkan antar barang, pengoperasian rute drone, dan proses landing dan take off drone di lokasi tujuan. Di setiap rute akan ada petugas yang menjemput makanan dan memberikan pada pelanggan. Bukan drone yang datang ke rumah Anda dan mengetuk pintu rumah.

Namun banyak masalah yang belum dipecahkan seperti saat mendung dan hujan, jelas drone tidak bisa terbang serta makanan yang diantar akan basah. Solusi tersebut akan bisa dipecahkan di masa depan.

Yang dibutuhkan saat ini adalah kemampuan pemetaan yang begitu kompleks, ini membuat semua pelanggan bisa terdata dengan detail oleh GPS. Kemampuan ini mampu menunjang dan bahkan mengurangi kesalahan dalam pengiriman paket.

Pengiriman drone kadang punya kendala besar khususnya mereka yang tinggal di daerah kompleks. Drone tidak bisa mengirimkan secara langsung karena ia sulit masuk pada ruangan tertentu. Namun kendala itu bisa diatasi pada lokasi tertentu pada sehingga pelanggan bisa mengambilnya atau ada petugas khusus.

Pelanggan di daerah flat juga tak kesulitan, drone bisa datang dari jendela dan mengantarkan pesannya. Waktu itu jelas lebih singkat dan tidak menyulitkan pengantar pesan, peluang salah lokasi atau pesanan batal jadi lebih kecil.

Ukuran drone saat ini lebih beragam sehingga membuat mampu menembus sejumlah lokasi. Pastinya drone berjalan secara IoT (Internet of Things). Kontrol penuh berada pada perusahaan pengantar jasa pesanan.

Tak cukup sampai di situ saja, drone jadi moda transportasi alternatif. Di masa depan kemacetan tetap sebuah solusi yang belum terpecahkan. Banyak pabrikan mobil yang masih melakukan terobosan konkret mengenai mobil terbang. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pengembang drone menghasilkan moda transportasi berbasis drone.

Walaupun hanya muat seorang atau dua penumpang, akan tetapi ini sangat membantu bagi yang tidak mau terjebak dalam kemacetan panjang. Bahkan bisa jadi drone penumpang akan sama pesatnya dengan jasa delivery berbasis drone. Sangat menarik kita membayangkan masa depan.

Begitu kurang lebih potret dari drone di masa depan mungkin saja drone bisa menggantikan jasa pengantar secara lebih luas. Kini tinggal waktu saja semua akan terwujud. Apakah Anda yakin itu bisa terwujud atau tidak, silakan komentarnya.

Have a Nice Day

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email