Selasa, 16 Oktober 2018

Aksi Sehat Ceria Menjaga Jiwa dan Raga Hingga Tua


Setelah tamat kuliah aktivitas berhubungan dengan fisik sudah berkurang jauh. Dulu hampir setiap harinya saya selalu menyempatkan diri untuk olahraga sudah jadi sebuah kewajiban. Aktivitas fisik mulai dari futsal main bola, jogging, dan olahraga lainnya seperti berenang ikut dijajal. 

Hampir setiap harinya ada keringat yang mengalir setelah olahraga. Seakan rasa capek olahraga seakan mengalirkan hormon endorfin yang bikin pikiran jadi rileks dan bahagia. Seakan olahraga punya dampak besar buat fisik dan mental.

Namun setelah tamat kuliah, aktivitas tersebut durasinya makin berkurang dan bahkan nyaris tidak ada. Ada banyak kesibukan yang menyita waktu di kantor atau kerjaan lainnya. Otomatis membuat jadwal berolahraga berkurang. Tidak ada lagi teman yang sempat berolahraga semakin otomatis membuat semangat berolahraga berkurang.

Saat kami berkumpul bersama, tidak ada lagi perut ramping dan sixpack dari pinggang teman-teman. Mereka kini mulai buncit seperti bapak-bapak. Pasti ini karena jumlah intensitas olahraga yang berkurang drastis, pikir dari saya.

Jangan heran di usia yang belum genap 30 tahunan banyak pria yang mengeluhkan sakit di badannya. Konsumsi gula juga makin meningkat, apalagi di daerah saya Aceh ngopi adalah rutinitas wajib yang biasa dilakukan para lelaki. Mungkin ada yang sampai 5 kali sehari ngopi dengan kandungan gula tinggi. Yaduh…

Bisa dibayangkan bagaimana hasilnya, olahraga jarang, minuman manis meningkat, dan daya gerak berkurang. Penyakit bisa mengintai kapan saja dan akan ada banyak dana yang dikeluarkan di masa depan.

Ini tidak bisa dibiarkan, apalagi memulai hidup sehat diawali dari hal paling kecil. Olahraga memang murah, hanya saja banyak yang menyia-nyiakan dan menganggapnya terlalu sepele. Terlalu sibuk dengan pekerjaan sampai-sampai mengorbankan kesehatan yang begitu mahal harganya.

Cara itu berhasil saya terapkan dengan bertahap pastinya. Di dalam dirinya yang sehat pastinya akan ada pikiran yang sehat pula. Itu yang saya coba terapkan di dalam hidup. Saya pun merasa dengan olahraga tidak akan rugi, selain bikin semangat menjalani hari serta mampu meningkatkan koordinasi tubuh.

Berikut sejumlah cara yang saya terapkan rutin setiap harinya dengan tujuan menjaga tubuh tetap sehat. Cekidot:

1). Awali pagi dengan perenggangan
Setelah bangun tidur, banyak bagian tubuh yang merasa kaku dan bahkan kram. Penyebabnya bisa karena kelelahan di hari sebelumnya dan juga karena posisi tidur yang salah. Memulai hari dengan sedikit perenggangan akan membuat tubuh Anda jadi siap beraktivitas kembali. Seakan membuat otot-otot mengalami perenggangan.
Image result for stretching 
Selain gampang dan praktis, perenggangan bisa dilakukan di mana saja. Perenggangan dimulai dari bagian kepala hingga kaki yang hanya memakan waktu 5 menit. Kini kita bisa memulai hari dengan optimal.

2). Melakukan pemanasan yang baik
Setelah usai melakukan perenggangan, jangan lupa untuk melakukan pemanasan saat olahraga. Begitu banyak orang yang cedera setelah berolahraga, ia langsung terjun dengan latihan berat tanpa terlebih dahulu melakuan pemanasan.
 Related image
Menurut Dr. Jordan Metzl dari Hospital For Special Surgery di USA. Otot kita butuh waktu sekitar 40 menit untuk bisa rileks. Durasi itulah yang baik digunakan buat proses perenggangan dan pemanasan sebelum melakukan olahraga sebenarnya.

Memang pemanasan memakan waktu yang lebih lama, tetapi itu berguna sekali untuk menghasilkan durasi olahraga yang baik dan bebas cedera. Tubuh pun bisa merespons segala gerak yang kita lakukan nanti. Jadi jangan pernah anggap remeh pemanasan.

3). Berlatih latihan dasar
Setelah perenggangan, ada sejumlah latihan dasar yang bisa dilakukan tanpa alat. Memang saat ini trend ke tempat kebugaran sudah menjadi gaya hidup. Namun buat yang punya waktu yang mepet dan ingin praktis. Latihan dasar jadi sebuah pilihan wajib.

Latihan dasar beragam dan yang paling sering saya pilih adalah Push up, Pull up, dan Sit up. Durasi yang digunakan beragam, saya menggunakan intensitas sedang dengan 10 repetisi pada setiap latihan yang dilakukan. Tak hanya itu saja, saya melakukan Plank dengan durasi dari 30 detik hingga 60 detik dengan 5 kali repetisi.
Related image 
Tujuan melakukan latihan dasar karena bisa memperkuat otot tubuh dan mengatur pernapasan. Selain gampang dan mudah, karena bisa dilakukan di mana saja. Medianya bisa menggunakan bantuan kursi, tiang gantung, dan bahkan dinding.

Jadi saat kerja dan bingung mau ngapain, bisa lakukan latihan dasar yang optimal. Di jamin otot tangan yang tadinya lunak jadi keras. Anda pun tidak perlu harus ke tempat kebugaran karena di tempat Anda sudah bisa disulap menjadi lokasi terbaik berolahraga.

4). Upayakan perbanyak jalan kaki
Siapa yang di sini untuk beli kemiri harus naik motor?
Hampir sebagian dari kita sangat jarang jalan kaki dan bahkan ke tempat yang sangat dekat rela naik motor. Seakan budaya jalan kaki terlihat begitu kuno dan bahkan ketinggalan zaman. Mereka yang jalan kaki atau naik angkutan umum terlihat kere dibandingkan dengan yang naik kendaraan pribadi.
Image result for more walk
Marilah kita mengubah stigma tersebut dengan lebih banyak lagi jalan kaki. Memang persoalan masyarakat malas jalan kaki karena di tanah air cuacanya lebih panas, sedikitnya pedestrian buat pejalan kaki.

Tetapi dengan menambah durasi jalan kaki, misalnya saja di lokasi relatif dekat dapat dijangkau dengan jalan kaki, memarkirkan kendaraan lebih jauh supaya menambah daya jalan. Karena dengan kebiasaan itu akan baik buat tubuh, karena setiap harinya manusia baiknya berjalan 10 ribu langkah atau sekitar 3 km.

5). Mengurangi konsumsi gula dan soda
Siapa yang tidak tergiur dengan makanan yang bertabur gula di dalamnya. Godaan itu seakan meluluhkan siapa saja yang melihatnya. Makanan manis seakan dikemas sedemikian rupa dan membuat siapa saja tergiur.
 Image result for stop sugar and soda
Kandungan gulanya seakan buat siapa saja yang mengonsumsi kelebihan gula di dalam tubuh. Bukan hanya pada makana, itu ditemui dari beragam minum yang dikonsumsi mengandung gula berlebih. Minuman yang paling banyak mengandung gula ialah minum bersoda. Intensitasnya bisa kurangi dengan mengganti dengan minuman bebas gula.

Manisnya gula seakan penyakit mengintai di masa depan, banyak penderita diabetes yang terserang akibat konsumsi gula berlebih.

Salah satu cara yang saya terapkan dalam mengurangi gula adalah dengan tidak lapar mata. Godaan makanan dan manis boleh saja, hanya saja jumlah dikontrol. Bila dahulunya saat makan harus dengan es teh manis, kini diganti dengan air putih kaya mineral. Atau menggantinya dengan gula rendah kalori, karena lebih baik mencegah dibandingkan mengobati.

6). Kurangi waktu duduk
Pekerjaan saat ini begitu banyak dilakukan dengan duduk, bahkan banyak yang lupa kapan ia harus berdiri atau jalan. Efek terlalu banyak duduk berakibat pada timbunan lemak di bagian perut, sakit pinggang, dan kaki kram.Penyakit sejenis ambien pun mengintai.
Image result for kurangi duduk
Memang tidak mungkin mengganti pekerjaan yang banyak dilakukan duduk dengan berdiri. Akan tetapi kurangi jumlah duduk tadi dengan olahraga yang rutin. Bila pun mengharuskan duduk dapat dengan melakukan perenggangan. Karena punggung begitu lelah menopang tubuh karena beratnya itu dengan berdiri mampu.

7). Menjaga kesehatan mata
Bekerja di depan laptop setiap harinya kadang membuat mata gampang perih, berair, dan kelelahan. Untuk itu cara yang bisa dicoba ialah dengan menjaga kesehatan mata dengan sejumlah cara.
 Image result for mata lelah
Tips yang bisa diterapkan adalah dengan mengistirahatkan mata sejenak dari tatapan laptop. Jarak tatapan dengan laptop yang berkisar 30-40 cm diganti dengan melihat pemandangan di luar ruangan. Sehingga mata tidak gampang capek dan menghindari rabun jauh.

Lalu upayakan konsumsi vitamin mata yang mencukupi, mata yang sehat memaksimalkan kerjaan. Pastinya saya atau Anda tidak mau mata yang mengalami gangguan akan membuat pekerjaan tidak optimal.

8). Mengatur waktu tidur dan menjauhi ponsel
Di era smartphone saat ini, banyak yang waktu tidurnya terpangkas karena sibuk dengan gawainya. Lebih buruknya lagi tidur bersebelahan dengan ponselnya setiap hari, gelombang elektromagnetik seakan mengganggu kualitas tidur.

Kombinasi buruk ini banyak dilakukan oleh generasi milenial. Dampak buruknya mereka sering telat bangun, kualitas tidur yang buruk, dan stres. Paparan sinar ponsel di kala gelap mampu merusak hormon melatonin saat tidur.
 Related image
Sebaiknya tidurlah sebelum lewat tengah malam, karena tidur melewati waktu tersebut tidak akan mampu memulihkan tubuh namun hanya menghilangkan kantuk saja. Kemudian bagi yang sulit bangun pagi tanpa alarm.

Gunakanlah jam beker sebagai penanda alarm, jangan gunakan ponsel karena membuat Anda sulit untuk tidur. Belum lagi paparan gelombangnya dari aktivitasnya. Walaupun sudah mematikan paket data, tetap saja gelombang elektromagnetik tersebut mengganggu kualitas tidur Anda.

9). Minum air putih setiap bangun tidur
Kebiasaan yang sering saya lakukan di pagi hari setelah bangun pagi adalah meneguk air putih. Tujuannya adalah membersihkan tubuh dan melancarkan metabolism pencernaan setelah lebih dari tujuh jam tanpa apapun.
 Image result for drink water
Selain mampu membuat kulit tetap kencang, tindakan ini mampu menghilangkan toksik yang terpapar di hari sebelumnya. Cara yang sederhana dan pastinya bisa dicoba oleh siapa saja. 
Yuk sekarang setiap bangun tidur jangan lupa mengonsumsi air putih!

10). Menghilangkan Kebiasaan Merokok
Saya pribadi memang tidak rokok dan sedikit menjaga paparan diri dari para perokok. Menurut saya rokok jadi salah satu pemicu beragam penyakit selain malas olahraga dan konsumsi gula berlebih.
Image result for stop smoking
Bagi Anda yang tergolong perokok, memang cukup sulit untuk bisa menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Namun bukan berarti mustahil untuk lepas dari belenggunya. Salah satunya adalah kebulatan tekad agar kebiasaan merokok bisa hilang. Kesehatan yang mahal bisa dijaga dengan berhenti merokok dan menekan pengeluaran uang dari rokok.

11). Rutin donor darah
Hidup sehat bisa diterapkan dengan rutin mendonorkan darah Anda, kini mendonorkan darah begitu gampang, ada banyak mobil donor darah yang nangkring di beberapa pusat. Manfaat Donor Darah yang didapatkan dari donor darah beragam, salah satunya membersihkan darah pendonor dan tergantikan dengan sel darah baru.
Related image
Manfaatnya seakan membantu membuang kelebihan zat besi yang ada di dalam tubuh. Apalagi zat besi tersebut punya andil besar menyebabkan oksidasi kolesterol pada dinding arteri. Sehingga mampu mengurangi risiko penyakit jantung,  kanker, dan menurunkan berat badan.

Donor Darah  juga tergolong dalam sadaqah dan amal jariyah, khususnya pada mereka yang membutuhkan. Sumbangan darah Anda mampu membantu umat yang membutuhkan. Mari kita galakkan semangat donor darah untuk hidup sehat dan saling berbagi.

12). Tidak Melewatkan Sarapan
Kebiasaan buruk yang sering kita lakukan adalah dengan melewatkan atau bahkan melupakan sarapan. Para mahasiswa dan pekerja yang sering melupakan waku makan pagi dan menumpuknya di makan siang. Alasannya karena tidak adanya waktu dan waktu pagi yang sangat mepet.
Related image
Efeknya jumlah makanan relatif besar dan bahkan tinggi kalori. Bila pagi baiknya mengnsumsi kandungan protein tinggi dan mineral, kini terganti dengan jumlah karbohidrat berlebih. Penyakit semacam obesitas, maag hingga asam lambung mengintai.

Penyakit maag pernah mendera diri saya saat pertama kuliah, saat itu saya sering melewatkan sarapan dengan alasan takut terlambat masuk ke ruangan. Belum lagi kebiasaan minum kopi yang memperparah penyakit maag yang saya derita.

Saat makan pagi begitu terasa sakitnya dan butuh beberapa bulan buat sembuh. Saya kapok dengan kejadian tersebut dan menjadikannya sebagai pelajaran bahwa melewatkan makan pagi akan berdampak besar buat tubuh.

Kini saya mengatur makan pagi dengan sehat dan seimbang, saya pun aktif di pusat kebugaran. Makanan pagi pun kaya dengan protein, mineral, dan mengandung karbohidrat karbo. Efek kenyang jadi lebih lama dan mudah dibakar oleh tubuh.

13). Menghilangkan makan di larut malam
Siapa yang tidak tergoda makan di malam hari, saat begadang nonton film atau mendukung tim kesayangan. Akan ada banyak energy yang dibutuhkan dan bikin lapar. Makan di malam hari begitu syahdu dan sulit ditolak. Belum lagi makin malam makin banyak makanan yang ingin disantap.
Image result for eat midnight
Sebaiknya kurangi kebiasaan makanan larut malam, alasannya karena tubuh kesulitan untuk mencerna makanan. Sudah waktunya bagian organ pencernaan, namun ia dipaksa bekerja keras dengan mencerna makanan berat. Belum lagi durasi tidur dengan makan begitu dekat dan menyulitkan Anda tidur. Otomatis bikin berat badan naik drastis.

Bila pun sudah begitu ngebet, ganti dengan makanan kaya gizi dan mudah dicerna tubuh. Misalnya saja buah-buahan. Nah kini mendukung tim kesayangan larut malam jadi aman karena makanan kaya gizi.

14). Membaca dan Menulis
Bukan hanya tubuh saja yang diperhatikan harus sehat tetapi juga pikiran diasah menjadi sehat. Salah satu tips yang paling saya lakukan adalah dengan membaca buku berbagai genre.Saya melihat genre dari sains, sejarah, sastra hingga self improvement. Semuanya seakan memberikan warna baru dalam pola pikir.
check, class, desk
Tak berhenti di situ saja, saya sering menuangkan ide dalam tulisan di sejumlah blog yang saya miliki. Semuanya bertujuan untuk membuat otak selalu berpikir kritis terhadap ide. Semakin sering ia digunakan maka semakin banyak ide dan gagasan yang lahir.

Menulis adalah pilihan terbaik sekaligus kombinasi baik setelah olahraga, makanan bergizi, dan tidur yang cukup. Akan lahir karya dan tulisan renyah karena pola hidup sehat tersebut.

15). Berpikir positif
Terakhir ialah berpikir positif, terdengarnya sangat sederhana memang. Untuk mereka yang selalu berpikir positif akan jauh dari penyakit dan stress. Penerapannya gampang, yaitu tidak terlalu memikirkan orang lain dan menghilangkan aura negatif yang ada di dalam diri.
backlit, clouds, dawn
Semua penyakit nyatanya datang dari faktor psikologis diri seseorang. Dengan selalu berpikir positif maka akan menghilangkan beragam penyakit di dalam diri dan mengurangi penyakit di luar diri.

So.. itu semua gampang dan bisa diterapkan kepada siapa saja, berpikir positif seakan memberikan kecerian pada diri kita dan orang lain. Untuk yang ingin lebih tahu lebih banyak dunia kesehatan, Anda bisa mengakses website DokterSehat. Ada banyak tips kesehatan yang bisa dengan mudah Anda dapatkan, pastinya makin membuat Anda cinta pada hidup sehat dan cerita.

Itulah sejumlah tips yang bisa diterapkan buat kita semua dari saya. Sehat itu bagaikan investasi jangka panjang yang baik. Setelah lelah bekerja jangan pernah kesampingkan olahraga tetapi anggaplah ia sebagai kebutuhan.

Semoga postingan ini menginspirasi dan silakan komentarnya mengenai pola hidup sehat yang baik di kolom komentar.

Have a Nice Day

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email