Friday, August 19, 2022

Gerakan Push Up yang benar dan Manfaatnya

 

Gerakan push up memang sederhana tapi olah raga yang satu ini sangat efektif untuk membantu meningkatkan kekuatan pada bagian tubuh atas Anda. Olahraga yang bebannya ini adalah berat badan Anda sendiri baik untuk melatih otot otot pectoral yang ada di  dada dan trisep kemudian otot-otot di bagian belakang lengan atas.

Supaya push up yang di lakukan bisa memberikan manfaat yang maksimal untuk tubuh Anda ini harus melakukannya dengan benar. Masih banyak sekali orang yang melakukan push up tidak benar, apalagi para pemula, kesalahan tersebut membuat gerakan jadi tidak efektif bahkan bisa membuat cedera.

 

Gerakan Push Up yang Benar

Jika kita lihat secara sekilas push up ini memang sebuah olah raga yang memang mudah untuk dilakukan tapi sebenarnya ada beberapa detail yang harus Anda perhatikan supaya Anda bisa melakukan olah raga ini dengan benar. Pada kesempatan kali ini mari kita bahas secara lengkap mengenai gerakan push up yang benar.

·       Mulai dengan posisi berbaring tengkurap, letakan telapak tangan Anda di atas matras yang terbuka sedikit lebih lebar dari bagu. Pastikan juga kaki Anda lurus ke belakang dan coba atur jarak dari dua kaki Anda, Anda ini boleh memposisikan kaki Anda selebar bahu atau lebih rapat lagi carilah posisi nyaman Anda.

·       Jika sudah dorong badan Anda ke atas supaya berat badan Anda ini bertumpu di tangan dan juga kaki. Saat melakukan gerakan ini pastikan tangan Anda lurus ke atas dari bagian kepala hingga kaki. Bokong Anda juga tidak boleh naik ke atas atau kendur. Supaya postur tubuh Anda bisa lurus kencangkan perut dan bokong Anda.

·       Lalu perlahan tekuk siku Anda dengan membentuk 90 derajat, saat melakukan gerakan ini jangan lupa untuk tarik napas secara perlahan.

·       Gerakan terakhir buanglah napas sambil mendorong tubuh Anda dengan menggunakan tangan dan kembali ke posisi semula.

 

Manfaat Push Up

·       Menjaga kesehatan otot dan tulang

Jika Anda sudah memasuki usia 30, jaringan otot yang ada di tubuh berkurang akibat proses penuaan. Hal tersebut bisa membuat otot tubuh Anda berkurang hingga 5% setiap tahun. Maka dari itu Anda ini harus olah raga secara rutin untuk menjaga kesehatan tulang dan juga otot. Push up ini sangat baik untuk tubuh.

·       Mencegah dan mengatasi sarcopenia

Sarcopenia ini merupakan kondisi saat massa otot mengalami penurunan yang di sebabkan oleh proses penuaan. Penyakit yang satu ini biasanya terjadi kepada lansia dan hal ini bisa membuat tubuh Anda jadi lemah dan juga rentan. Penyakit ini cukup sering menyerang orang yang tidak suka berolahraga. Guna memperlambat penyakit ini terjadi Anda harus rutin untuk berolahraga. Salah satu olah raganya adalah push up.

·       Membentuk otot tubuh bagian atas

Gerakan dari push up ini lebih banyak memakai otot bagian atas, yaitu otot pada bagian luar lengan atas, bahu, dan dada. Walaupun gerakan ini lebih berfokus untuk bagian atas tapi gerakan yang satu ini juga bisa memperkuat bagian tubuh Anda yang lain misalnya tungkai, punggung, dada, dan oto perut.

·       Mengencangkan anggota tubuh

Jika Anda melakukan push up sebanyak 12 sampai 15 kali dalam 1 hari maka bagian tubuh Anda seperti tungkai, bokong, perut, lengan, dan juga payudara akan terlihat lebih kencang. Jika Anda melakukan olahraga lain maka hasil yang akan Anda dapatkan lebih maksimal.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer