Tuesday, September 6, 2022

4 Ciri Lain Hamil Muda yang Sehat

 

Ciri hamil muda yang sehat bisa kita lihat dari kondisi wanita hamil yang bersangkutan. Salah satu ciri paling umum yaitu mual dan muntah yang terjadi di pagi hari atau dikenal juga dengan istilah morning sickness.

Terjadinya morning sickness menandakan bahwa adanya perubahan hormon Human Chorionic Gonadoptrin (hCG) yang terbentuk selama kehamilan berlangsung. Alih – alih hanya mengabaikannya, sebaiknya ibu hamil mulai mengenali ciri hamil muda yang sehat. Tujuannya adalah agar ibu hamil lebih mudah menjaga kandungannya pada trimester pertama. Mengingat janin di usia muda lebih berisiko mengalami keguguran, sehingga ibu hamil harus benar – benar menjaga kesehatannya.

Sebenarnya ciri hamil muda yang sehat bisa dirasakan sendiri oleh ibu hamil tanpa perlu melakukan pemeriksaan. Namun meski bisa mengenalinya sendiri, ibu hamil tetap dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin, agar kesehatan janin dapat dipantau dengan benar kondisinya.

 

Untuk informasi lebih lengkap, berikut 4 ciri hamil muda yang sehat yang perlu ibu hamil ketahui :

1.     Telat Haid Dan Morning Sickness

Telat haid adalah ciri hamil muda yang sehat. Kemungkinan wanita akan melewatkan haid empat minggu setelah proses pembuahan. Hal itu termasuk juga ciri hamil muda yang sehat, sehingga tidak perlu khawatir.

 

Setelah selesai implantasi, tubuh wanita akan mulai memproduksi human Chorionic Gonadotropin (hCG). Hormon tersebut dapat membantu tubuh menjaga kehamilan. Selain itu, hCG juga akan memberitahu ovarium untuk berhenti mengeluarkan telur matang setiap bulan.

Sementara morning sickness adalah ciri hamil muda yang sehat yang cukup khas. Meskipun sebenarnya mual di pagi hari rata – rata akan dimulai antara minggu keempat dan keenam kehamilan.

 

Bagi banyak wanita, morning sickness merupakan ciri hamil muda yang sehat paling awal. Morning sickness akan mempengaruhi setidaknya sekitar 80 persen dari semua wanita hamil.

 

2.     Mengalami Nyeri Punggung Hingga Perut

Rasa nyeri pada punggung bagian bawah menjadi ciri hamil muda yang sehat selanjutnya. Kondisi tersebut terjadi akibat melonggarnya ligamen. Pada beberapa kasus, terdapat wanita hamil yang merasa nyeri punggung sejak awal hingga proses persalinan.

 

Nyeri di punggung ini bisa menjadi ciri hamil muda yang sehat karena janin tumbuh di dalam kandungan. Pada minggu pertama, setelah terjadinya pertemuan antara sel telur dan sel sperma (konsepsi) kram perut akan terjadi.

 

3.     Ngidam Dan Sensitif

Wanita hamil yang ngidam dan sensitif tiba-tiba memang membuat khawatir. Namun, sebenarnya tidak perlu cemas karena hal itu termasuk ciri hamil muda yang sehat. Apalagi, jika terjadinya kondisi tersebut setelah aktif berhubungan badan. Ngidam adalah salah satu ciri hamil muda yang sehat dan cukup dikenal.

 

Hal itu bisa menjadi ciri hamil muda yang sehat, meski memang tidak benar-benar akurat. Karena wanita yang memasuki masa menstruasi juga bisa mengalami ngidam dan sensitif bahkan hingga membuat mual.

 

4.     Payudara Sensitif

Payudara disebut – sebut sebagai bagian dari tubuh yang pertama kali akan mendapatkan pesan saat sperma bertemu dengan sel telur. Payudara sensitif juga merupakan ciri hamil muda yang sehat. Payudara bisa terasa nyeri saat disentuh, lebih penuh atau lebih berat dari biasanya.

 

Perubahan efek dari ciri hamil muda yang sehat bisa dilihat pada areola (area di sekitar puting susu) yang terlihat menjadi lebih gelap. Perubahan tersebut bisa terjadi satu atau dua minggu setelah pembuahan dan sering menjadi tanda awal kehamilan.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer