Sabtu, 09 Januari 2016

Kerjaan Idaman Calon Menantu di Aceh

calon menantu idaman di aceh
Kamu nak kerjanya apa? 
Saya kerja di sini pak dan bu 
Kok terdengar aneh ya? 
Nganggur ya? Nanti anak saya tak jelas masa depannya

Pertanyaan yang biasa digaungkan orang tua Camer (Calon Mertua) saat kamu jalan-jalan ke rumahnya. Niat cuma jalan-jalan tapi mengarah ke pertanyaan yang bikin kamu deg-degan dan sulit dijawab.

Apalah daya hidup ini andai pekerjaan yang kamu dapatkan dengan sudah payah tidak masuk dalam list. Walaupun halal dan sangat menjanjikan setiap gajian, tetap saja orang tua di Aceh punya kriteria pekerjaan idaman tertentu.

Mau kamu anak semata wayang Raja Arab atau pewaris tahta perusahaan Bill Gate yang mulai menua, andai masuk kerjaan yang orang tua Camer harapkan. Kamu tetap saja gagal. Dengan itu sudah hal yang wajar kerjaan yang diharapkan oleh Camer terjadi persaingan yang begitu ketat, karena dengan cara itu peluang menggaet wanita idaman bisa lebih gampang.

Terbatasnya lahan pekerjaan menjadikan Aceh sulit mencari pekerjaan, ditambah lagi sangat sedikit perusahaan industri yang bergelut di Aceh. Banyak yang mengandalkan keterampilan dan menjual jasa. Namun masih banyak orang tua yang belum membuka mata dan mengharuskan anaknya atau calon pasangan anaknya dari elit pekerjaan menurut mereka.

Apa sajakah pekerjaan itu hingga membatasi ruang gerak lelaki pendulang mahar yang kerja pagi pulang pagi untuk menggaet wanita idamannya yang mulai gundah gulana. Gue melansir ada beberapa kerjaan yang harus digapai oleh lelaki pelamar, berikut pekerjaan itu:
1.    PNS
Siapa sih yang senang kalau ternyata calon menantunya adalah seorang PNS di sebuah kantor ternama. Mendengar saja langsung hati mertua senang tak karuan. Kamu yang terjadi di situ dapat prioritas utama andai adalah beberapa pelamar yang mengajukan diri. Memang ketertarikan sang anak (yang mau menikah)  juga pertimbangan pribadi, tapi mana ada orang tua yang mau anaknya sengsara.

Proposal lamar sangat dipertimbangkan oleh orang tua, bila kamu PNS langsung orang tua melewatkan berkas lamaran kamu hingga ke level wawancara. Ibarat lamaran pekerjaan saja!!

PNS adalah pekerjaan impian sejuta mertua dan pula bagi yang telah menamatkan kuliah. Dengan jadi PNS citra mereka membaik dan terlihat begitu elit walaupun keuangan pas-pasan. Minimal sudah pasti uang bulanan, pensiun aman dan yang hampir mustahil dipecat.

Makanya tidak heran saat ada pembukaan penerimaan PNS begitu banyak yang berbondong-bondong ikutan. Saling sikut-sikutan hingga memperoleh sebuah nama di kolom kecil untuk PNS. Kini apa daya, pemerintah kini membatasi PNS. Malahan yang sudah ada dan punya kinerja yang buruk langsung didepak.

Sebuah malapetaka besar, apalagi PNS sudah tidak dibuka seperti dahulu yang setiap tahunnya. Andai yang dibuka, paling tenaga honorer semata yang kisaran gaji lebih rendah. Kecewa?? Jelas.

Niat baik pemerintah agar banyak masyarakat tak bertumpu bekerja di instansi pemerintah tapi bisa berwirausaha dan melahirkan peluang kerja yang baik untuk perekonomian bangsa. Namun apa di kata, mertua maunya harus PNS nomor satu.

2.    Dokter
Saya rasa punya menantu Dokter adalah idaman semua mertua, seakan jadi halyang sangat dibanggakan dengan tetangga sekitar. Apalagi pekerjaan dokter sangat identik dengan membantu orang lain.

Pendapatan yang didapatkan dokter juga fantastis walaupun harus ditopang dengan biaya fakultas kedokteran yang selangit. Namun tak menghalangi niat untuk bersekolah di kampus kedokteran.

Punya menantu dokter jadi aset sangat berharga dan buruan serta target utama mertua. Jangan salah bahwa saingan banyak dan sebuah kebanggaan bisa anak anda jadi prioritas utama.

3.    Kontraktor (Pemborong)
Kalimat yang pertama sekali saat mendengarkan kata “Kontraktor adalah sebuah kekaguman dan identik dengan proyek besar. Walaupun tak pasti jumlah pendapatannya, bisakah besar atau sepi peminat, namun ada daya tarik sendiri.

Seorang pelamar datang melamar dan mertua berpikir keras antara menolak ataukah menerima. Prospek yang cerah dan peluang tender yang besar menjadikan kontraktor tetap pilihan utama walaupun bukan golongan PNS.

Bagi anak muda seperti, mendengarkan kata-kata “kontraktor” jadi sebuah antusiasme berlebih. Masalah proyek besar atau kecil-kecilan urusan belakangan, yang penting logo kontraktor tetap melekat.

4.    Karyawan Bank
Berpakaian serba rapi dan pagi-pagi buta sudah pergi ke kantor ialah ciri-ciri utama pegawai bank. Kesan utama mereka yang serba rapi, santun dan tepat waktu jadi kesan tambahan buat calon menantu karyawan Bank.

Masalah pemasukan yang didapatkan relatif kecil dan nama pekerjaan keren, urusan belakangan. Memang bekerja boleh di mana saja tetapi anggapan yang bekerja rapi dan rutin (Senin-Jumat) sudah melekat di pikiran orang tua. Gajinya harus pasti di awal bulan termasuk kaum karyawan Bank.

Bila anda termasuk tipe yang bekerja jadi karyawan bank, peluang menggaet anak orang relatif besar walaupun masih kalah besar dibandingkan level PNS dan Dokter. Ayo usaha lebih giat dan lebih rapi.

5.        Hakim
Berbaju panjang hingga menutup seluruh tubuh dengan hiasan bernama Bef dan selempang panjang bernama Simare. Duduk tegap di kursi tinggi sambil bersiap mengambil keputusan perkara dan memukul palu (keputusan).

Hakim terlihat begitu gagah dan berani mengambil keputusan berat nan kontroversial. Kesan itu bisa membuat banyak mertua yang luluh saat anaknya dipinang oleh hakim muda dengan sejuta pengalaman.

Gelar perkara dan kasus yang semakin banyak menjadikan pemasukan hakim naik. Segala fasilitas dari rumah dinas, kendaraan dinas dan uang saku jadi daya tarik lebih hakim.

Banyaknya lulusan fakultas hukum menjadikan hukum sebagai jurusan favorit anak muda kini dan bisa menjadi bagian penyenang hati calon mertua. Mereka akan sulit menolak anaknya termanjakan kelak.

6.    Polisi/TNI
Pihak selanjutnya datang dari kalangan penegak hukum dan penjaga bangsa. Kalangan ini jadi bidang yang sangat diminati. Awal masuknya memang sulit dengan kriteria dan tes begitu banyak sampai pengumuman tahap akhir.

Saat telah diterima, masih gaji datang dengan sendirinya. Yang pasti Polisi dan TNI terkesan gagah mengayomi masyarakat. Di usia yang relatif muda (tamatan SMA) dan memiliki pendapatan lumayan. Polisi dan TNI sangat menggoda si anak gadis dan orang tuannya.

Kesan gagah, disiplin, pemberani dan mengayomi masyarakat jadi pilihan yang sukar ditolak. Pekerjaan ini jadi prioritas anak muda Aceh, itu dilihat dari tes kepolisian dan TNI yang begitu ramai. Hanya segelintir yang lolos, tujuan semata biar menyenangkan calon mertua.

7.    Artis
Level artis kini sudah merangkak naik dan masuk daftar resmi calon mertua. Gempuran tayangan tv nasional dan lokal menjadikan daya tarik artis naik. Tawaran pekerjaan dan bayaran yang menggiurkan menjadi artis layak diperhitungkan.

Selain karya yang dihasilkan, ketenaran juga tak bisa bohong. Dalam konteks ini saya hanya menggambarkan level lokal saja (Aceh) artis lokal yang namanya sangat terkenal. Bayaran tak pasti tak menyurutkan niat calon mertua, karena popularitas menjadi kunci yang sukar ditolak.

8.    Politisi
Politisi juga masuk hal yang diidam-idamkan, apalagi kariernya bagus. Memang terjun ke politisi butuh lebih sekedar niat semata. Persaingan politisi berat layaknya terjun ke dunia usaha, sedikit kesalahan saja langsung jatuh hingga sulit bangkit. Nah... itulah beberapa kerjaan idaman anak muda Aceh, selain karena anggapan tetua dahulu dan syarat menggaet “anak orang”

Memang begitu banyak pekerjaan lain yang bisa mendapatkan pendapatan jauh lebih besar dan masa depan cerah. Apa lacur, orang tua masih menomor satukan pekerjaan di atas. Namun... bila kalian tidak tergolong dalam pekerjaan di atas, luruskan niat dan percaya bahwa rasa cinta serta yakin tidak bisa menghalangi niat tulus melamar anak orang.

Pekerjaan idaman menurut para mertua akan luluh saat yang datang seorang berbudi pekerti baik, bertanggung jawab dan buat anaknya sulit berpaling. Tak ada sih yang ingin bikin anak orang lain lapar. Karena saat bertanggung jawab dan mau berusaha, rezeki datang dari mana saja.

Sekian cerita panjang saya, apabila punya pengalaman ngenes serupa dan dianggap calon mertua. Silakan share di kolom komentar.

Semoga menginspirasi.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis