Senin, 27 Maret 2017

UC News, Jadi Jutawan Hanya dari Menulis


Menulis dan kemudian bisa jadi jutawan siapa yang tak mau?
Sebelumnya saya sudah membahas tentang apa itu Plogging dan sangat berkembang untuk saat ini. Saya juga pernah membahas platform lainnya yang hampir serupa yaitu Babe. Kini saya gantian membahas tentang Platform UC Browser yang sedang ngehits.

UC Browser adalah Plogging dari perusahaan terkemuka Alibaba, saat ini mulai mengembangkan sayapnya ke seluruh dunia. Di bawah komando UC We-media bertugas merangkul sejumlah media masa dan penulis untuk mengisi sejumlah kategori artikel yang siap dibaca jutaan pembaca setiap harinya.
Ini peluang emas serta ladang basah yang sekedar hobi menulis, penulis profesional, media ternama untuk menghasilkan tulisan terbaik. Setiap tulisan terbaik akan mendapatkan balasan setimpal mulai dari aktulisasi diri, trafik, dan pundi-pundi pemasukan.

Kenal dengan dengan UC We-Media
UC Browser adalah milik UC Web yang menghimpun konten-konten terpilih dari sejumlah media dan penulis tanah air. Pihak UC We-Media mengajak semua pihak untuk terlibat menulis di UC Browser dengan kategori yang ia minati.

UC Browser tanpa ragu membayar sejumlah penulis handal yang telah berkontribusi secara langsung di UC. Saat anda mendaftar di UC, anda akan memiliki bonus pengguna baru yaitu sebesar 4,5 dollar.

Apa syarat menjadi penulis UC?
Caranya sangat gampang, anda tinggal masuk dan mendaftarkan langsung ke https://wm.ucweb.com/login.html Di situ anda akan diarahkan untuk mengisi beberapa form pendaftaran sebagai penulis baru.

Ada bisa memasukkan kode undangan saat mendaftar walaupun tak harus. Misalnya saja kode undangan dari saya yaitu: d64334. Kemudian tinggal waktu verifikasi email dan anda mulai bisa mengaktifkan akun UC anda.


Anda kemudian akan mendapatkan email notifikasi dari pihak UC We-Media karena telah bergabung menjadi bagian dari mereka. Kemudian pilihlah Dasboard untuk masuk ke akun UC anda.


Ada beberapa cara untuk bisa Log In akun, bisa dengan email, Facebook dan Google+. Setelah mengisi keseluruhan, anda akan dipandu masuk ke akun UC-We Media.


Seperti inilah tampilan dari akun UC We-Media dan ini adalah akun UC saya pribadi.

Pada bagian bawah terdapat 2 fitur yang harus diperhatikan terutama yang telah lama menulis yaitu “Notifikasi Platform” dan “Notifikasi”.

Pertama adalah “Notifikasi Platform” yang berfungsi sebagai informasi tentang pemberitaan dari pihak UC We-Media.


Sedangkan “Notifikasi lebih banyak diisi oleh segala pemberitahuan akan postingan anda.


Setiap tulisan yang anda posting akan ditangguhkan atau ditolak sementara dengan beragam alasan. Sebaiknya anda perbaiki sesuai dengan kesalahan yang ditujukan. Seperti ini contohnya:


Baiklah kembali lagi ke cara menulis, kemudian pilih “Tulis Artikel” dan saat itulah anda bisa memulai pengembaraan dengan menulis dilanjutkan mendapatkan viewer dan dollar.


Ada bisa mulai menulis artikel yang menarik dari memilih kategori sesuai keinginan, menulis judul (minimal 3 kata) dan isi tulisan (150-300 kata). Ada beberapa kategori yang dapat dipilih oleh sejumlah penulis dalam memposting tulisannya sesuai minatnya dan pastinya orisinal.

Berbagai pendukung seperti gambar sampul, dan beberapa gambar di dalam artikel sebaiknya ada serta melampirkan sumber bila gambar milik orang lain. Terakhir pemilihan judul yang menarik judul jadi efek kejut yang bisa anda berikan. Hal itu makin membuat artikel yang anda terbitkan nantinya digemari pembaca setia UC.

Ada beberapa fitur yang ada di “tulis artikel” yang tidak asing bagi anda telah biasa menulis di platform blog termasuk fitur “tampilan”  untuk melihat tulisan yang telah anda tulis sebelum diterbitkan. Fitur ini berguna untuk melihat kesesuaian tulisan saat diterbitkan nantinya.


Bila telah dianggap sesuai, tinggal ada mengeklik “terbitkan” dan pihak editor dari UC akan menyeleksi tulisan anda. Semakin menarik, orisinal dan tidak mengandung hal menyimpang makin mempercepat tulisan anda tayang.

Andai saja tulisan anda ditangguhkan, ada beberapa poin yang harus diperbaiki sesuai arahan. Setelah anda lakukan perbaikan ulang, maka dapat andai posting ulang. Waktu postingan juga diperhatikan terutama pada jam kerja. Di saat anda memposting tulisan di jam kerja lebih cepat tayang dibandingkan bukan jam kerja, misalnya melakukan postingan di malam hari.

Selain karena yang menjadi editor adalah manusia dan tidak bekerja 24 jam, maka itu wajib dimaklumi karena tulisan anda paling lama di respons yaitu 1x24 jam. Jadi bersabarlah guys!

Keuntungan yang didapatkan saat menulis di UC browser
Mendapatkan viewer, bagi sebahagian Blogger viewer adalah bukti eksistensi dari menulisnya. Dengan menulis UC maka si Blogger secara tak langsung dapat kecipratan viewer bahkan untung blognya.

Caranya bisa di biodata akun UC anda atau tulisan yang pernah anda tulis di blog dapat dicantumkan kembali ke akun UC anda. Jangan lupa untuk mencantumkan link sumber ke  blog anda. Banyak pembaca yang penasaran dengan tulisan yang anda tulis menarik. Secara tak langsung itu jadi ladang promosi buat blog.

Melatih kemampuan menulis, secara tak langsung UC News merangkul penulis handal baik yang telah profesional hingga level coba-coba. Karena melihat penulis yang handal secara tak langsung anda pun ikut termotivasi untuk lebih baik dalam setiap postingan.

Anda juga mampu membaca keinginan pembaca UC Browser inginkan, nah cara itu efektif memperbaiki setiap postingan anda. Siapa tak senang saat tulisannya bisa dibaca ratusan ribu pembaca atau di share ribuan kali.

Mendapatkan pundi-pundi pemasukan, kerja keras tak akan mengkhianati hasil dan pepatah itu layak disematkan bagi pemilik akun yang serius menulis secara konsisten dan menarik minat pembaca. UC pun kini memiliki Program Monetisasi dan yang terbaru ada Program Super 1000.

Walaupun telah lama hadir di tanah air, UC We Media baru memulai sistem monetisasi pada awal tahun ini. Penulis aktif dan kreatif akan mendapatkan pemasukan dari iklan yang terpasang di akun anda dengan syarat setiap akun UC yang telah terdaftar minimal 7 hari.

Pemilik akun harus memiliki tulisan yang dibaca mencapai 2000 viewer sebagai syarat selama seminggu setelah akunnya aktif. Setelah syarat itu terpenuhi, maka mulai Minggu depan tepatnya hari Rabu anda telah memiliki pendapatan dollar. Gampang bukan.

Ada beberapa yang bertanya bagaimana penilaiannya, apakah dari iklan saja?
Ternyata tidak. Pihak UC We-Media juga tak hanya menilai dari klik iklan layaknya Adsense, mereka juga punya penilaian sendiri. Mulai dari tulisan unik, menarik pembaca hingga konsisten. Maksud di sini adalah tulisan yang hanya mengejar viewer semata.

Ada beberapa akun yang mencari isu yang hangat walaupun bukan kategori yang ia pilih. Alhasil tulisan yang ia terbitkan mendapatkan viewer yang cukup banyak, namun saat melihat pemasukan di setiap hari Rabu tidak terjadi kenaikan yang signifikan. Sedangkan akun yang mendapatkan viewer yang sedikit namun konsisten mendapat penilaian lebih bagi pihak UC We-Media sendiri.

Program kedua ialah Super 1000 adalah program baru yang digagas oleh UC untuk menggaet sejumlah penulis handal yang dari 2 negara yaitu India dan Indonesia. Pihak UC We-Media menyediakan dana sebesar 30 juta dollar untuk setiap penulis yang terpilih. Penulis yang terpilih akan mendapatkan pendapatan minimal sebesar 10 juta setiap bulannya. Buset banyak banget, bisa kaya mendadak!

Syaratnya seperti yang tertera di bawah ini.

Terkenal, siapa yang tidak mau punya puluhan atau bahkan ratusan ribu follower setiap yang mengikuti akun UC. Mereka sangat menunggu setiap tulisan anda terbit, secara tak langsung anda akan dikenal dengan dekat oleh follower anda.

Ini jadi salah satu aktualisasi diri terbaik anda, secara tak langsung anda tak perlu belajar SEO, belajar memenangi halaman pencarian dan sebagainya layaknya menjadi Blogger. Cukup menulis artikel menarik dan mengundang banyak pembaca.

Selain itu juga ajang promosi terutama untuk para komikus mempromosikan karya. Walaupun tak harus menulis panjang hingga 150-300 kata, komikus bahkan pembuat Meme cukup memasukkan gambar hasil karya.

Ada beberapa hal yang harus dihindarkan saat memiliki akun UC di antaranya:
Plagiat, banyak sekali yang menjadi korban penangguhan akun hingga penghapusan akun akibat melanggar kebijakan UC We-Media. Ini jelas merugikan anda sendiri apalagi telah cukup banyak mengumpulkan pundi-pundi dollar.

Menyebar berita hoax, ini jelas pelanggaran berat yang akan diterima apalagi hanya untuk mencari viewer semata. Pihak UC We-Media tidak akan memaafkan pemilik akun yang melakukan hal tersebut.

Hukumannya beragam tergantung kesalahan yang dilakukan. Mulai dari peringatan, pemblokiran akun hingga penghapusan akun. Akun yang melakukan pelanggaran akan disebarkan namanya ke notifikasi platform supaya pelakunya jera.

Cara mengundang rekan penulis
Cara mendapatkan viewer tak hanya dari monetisasi dan program serbu 1000. Ada cara lain yang bisa dicoba dengan menyebarkan undangan kepada kolega atau sahabat yang tertarik bergabung dengan UC We-Media.


Setiap teman yang bergabung akan mendapatkan imbalan setimpal yaitu Rp. 20 ribu atas tulisannya saat dibaca lebih dari 1000 pembaca. Andai saja anda bisa mengundang banyak penulis dan tulisannya banyak dibaca, bukan tidak mungkin anda mendapatkan guyuran uang berlimpah.

Banyak akun UC yang tidak terlalu sering dan banyak menulis namun pendapatan sebulannya cukup besar karena berhasil mengajak koleganya. Selain itu kolega yang diajak juga kecipratan hasil yang sama banyaknya.

Fitur Analisis Trafik UC We-Media
Ada beberapa fitur menarik lainnya yang ada di UC seperti mengetahui jumlah viewer selama sehari dan selama anda terdaftar sebagai penulis di UC sendiri. Pihak UC selalu mengupgrade viewer setiap 10 menit sekali, mulai dari trafik dan jumlah viewer setiap artikel yang dibaca pengunjung akun anda.



Selain itu UC We-Media juga melakukan upgrade viewer selama sehari penuh mulai dari pukul 00.00 WIB dan di pagi harinya yaitu pukul 07:00 anda bisa melihat viewer dan follower kemarin yang terkumpul.


Kepelatihan Penulisan yang baik dan benar
Dari itu semua, pihak UC We-Media juga sangat peduli terhadap penulis yang bergabung terutama dalam meningkat kualitas tulisan dari waktu ke waktu. Salah satunya idenya ialah dalam kepelatihan penulisan yang baik dan benar.

Begitu banyak penulis yang masih kebingungan dalam hal tersebut dan juga meningkat kemampuan penulis jempolan yang tergabung di UC We-Media. Sedikitnya telah ada 5 “Seri Wajib Baca” yang telah terbit. Berikut ini salah satu contohnya:
Setiap seri jadi bahan bacaan menarik sekaligus mengoreksi setiap kesalahan yang telah dilakukan saat memposting tulisan sebelumnya. Cukup membantu setiap penulis UC untuk terus berkembang menyajikan artikel terbaik.

Itulah semua tentang menulis di UC dan peluang anda jadi jutawan hanya dari memposting tulisan. Jadi tunggu apalagi, ayo segera gabung!

Semoga bermanfaat guys
Share:

21 komentar:

  1. Nulis di sini harus fokus ke satu topik sih, harus semangt bagi yang baru mulai!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi... Tepat sekali apalagi modal utama si penulis UC News yakni konsisten berbalut fokus bidang yang ditulis.

      Hapus
  2. klo menulis topik sesuai keinginan sendiri bisa gk ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, asalkan tidak menyalahi peraturan yang ditetapkan oleh pihak uc we-media

      Hapus
  3. Gak bisa ganti kategori di awal yah...pantes viewer saya ratusan ribu tp pendapatan kecil bgt kalah sama pendpt di babe...trus knpa pas sya ganti foto profil jd gak ada iklannya yah...berarti saya gak dpt penghasilan apa gimana???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Pemilihan kategori dilakukan di awal mendaftar, namun penulis bisa memilih kategori apa yang berbeda dari kategori awal. Pendapatan di uc itu relatif dan pihak uc tidak memberitahukan mekanisme bagaimana. Mengganti profil tidak menghilangkan iklan, karena pada sistem monetisasi bukan iklan saja dinilai, ada faktor lain.

      Hapus
  4. APAKAH HARUS PUNYA BLOG?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menulis di uc news termasuk kewajiban. Karena blog membuat reputasi anda tinggi. Bila tak punya, bisa pakai blog instansi atau organisasi

      Hapus
  5. Mau nanya dong, pendapatan iklan sama pendapatan biasa itu beda apa gimana ? mohon pencerahannya newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendapatan yang bisa anda dapatkan saat bergabung dengan UC News yaitu pendapatan dari iklan dan super 1000.Selain itu anda juga bisa mendapatkan pendapatan dari lomba yang diselenggarakan oleh pihak UC.

      Hapus
  6. mau tanya dong saya waktu awal masuk bisa dapat viewers sampai 3000+ tetapi setelah saya mendaftar monetasi viewers artikel saya turun. Saya menerbitkan artikel 1 hari 2x tetapi viewers tidak sampai 50

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pernah mengalami hal seperti itu, kadang pihak UC News pilih kasih dalam menerbitkan tulisan anda sehingga membuat viewer bisa turun. Salah satu cara bisa viewer tetap naik yaitu menulis berita yang sedang hangat khususnya di Hotnews UC

      Hapus
  7. saya pemula nih di UC Newe, kreator perunggu, kapan dapat mengambil pendapatan dan berapa artikel yang harus dibuat???

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendapatan yang anda dapatkan salah satunya dari program iklan dari pihak UC, ia akan cair setiap 100 dolar via bank dan 50 dolar via payoneer. kalo jumlah artikel tergantung gan, kalo viewer banyak berpengaruh pada klik iklan dan pendapatan setiap bulannya.

      Hapus
  8. gan gimana caranya biar dapet follower? kok viewers saya sedikit ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu saran saya yaitu aktif menulis konten yang menarik dan juga yang sedang trending. ini mampu memicu pembaca dan menaikkan follower Anda dalam sekejap. Silakan dicoba

      Hapus
  9. Penilaian view gmana ya gan ?
    Misal :
    Tgl 1 dpt 100 view
    Tgl 2 dpt 200 view
    Tgl 3 dpt 200 view
    Itu dijumlah atau gmana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. view dinilai setiap saatnya (real time) sedangkan untuk pendapatan setiap harinya mulai pukul 07:00

      Hapus
  10. pendapatan nya apa dari iklan saja apa tiap mnggu kita dapat penghasilan dari murni artikel dan bukan dari iklan

    BalasHapus
    Balasan
    1. pendapatan kini dihitung setiap harinya, bila dahulu setiap selasa pagi. Pendapatan murni dari artikel biasa didapatkan dari artikel terbaik dan juga lomba yang diikuti. akan ada bayaran atau poin yang anda dapatkan

      Hapus
  11. pantes saja saya cuman dapat dari iklan , klo begini cara nya ya bakal lama sampai 100 dolar nya kalo dcuman pnghasilan iklan dan view nya tidak lebih 10 ribu dalam sehari

    BalasHapus

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis