Jumat, 30 Juni 2017

Quora, Aplikasi Penjawab Segala Rasa Penasaran

Malu bertanya sesat di jalan, sudah berani bertanya tapi tak ada yang bisa jawab?

Permasalahan pelik ini sering terjadi saat ini, manusia sering kali haus akan jawaban apalagi pertanyaan yang sering kali terngiang di kepalanya. Opsi yang paling banyak ditawarkan ialah bertanya saja sama Mbah Google atau tanya sama teman yang pintar. 

Tetap saja tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan, tidak semuanya mesin pencarian dan kolega anda tahu, hanya orang tertentu yang tahu. Nyatanya sejumlah situs hasil pencaharian Google tidak selamanya mampu menjawab pertanyaan yang anda ajukan.

Permasalahan makin pelik dirasakan oleh generasi millenial, mereka umumnya menyukai sesuatu yang praktis termasuk lebih mengandalkan gadgetnya. Wajar sekali generasi millenial malas pergi ke perpustakaan untuk menemukan jawaban yang ia cari atau bertanya kepada ahlinya langsung.

Kini tak perlu lagi khawatir, rasa penasaran tersebut akhirnya bisa dijawab dengan salah satu aplikasi sederhana bernama Quora. Di bentuk pertama kali di tahun 2009 oleh salah seorang mantan teknisi ternama di jejaring Facebook yaitu Adam D’Angelo dan teman dekatnya bernama Charlie Cheever.

Alasan utama Adam D’Angelo keluar dari posisi yang begitu nyaman saat itu karena alasannya sangat sedikit situs Q&A di internet yang tersedia, selain itu jawabnya tidak sesuai harapan. Sama seperti kegundahan oleh generasi millenial saat ini.

Inilah yang menjadi motivasi kuatnya untuk mendirikan Startup bookmark sosial dan forum antar pengguna. Selain itu mereka mempunyai ide untuk mampu memperluas wawasan dan pengetahuan antar pengguna. Ini jadi alasan kuat Adam D’Angelo dan temannya Charlie Cheever keluar dari zona nyaman untuk mendirikan Startup rintisan mereka bernama Quora.

Sebenarnya apa itu Quora?
Masih banyak yang bingung dan penasaran dengan situs (kini tersedia dalam bentuk aplikasi) bernama Quora, Konsepnya ialah para user dapat membuat postingan bisa berbentuk pertanyaan dan menyampaikan pendapat tentang suatu topik yang user lainnya.

Nantinya user akan mendapatkan jawaban dari pengguna lainnya, ibarat berbentuk forum tanya jawab. Platform ini cukup ciamik dalam memecahkan berbagai masalah di sekitar kita, tapi kurang populer di dalam negeri.

Awal mulanya Quora hanya forum bertanya sederhana setelah awal mulanya didirikan pada Juni 2009. Kemudian pada akhir tahun 2009 situs tersebut mulai diluncurkan dalam bentuk beta privat hingga pada 21 Juni 2010 dibuka untuk umum.

Konsep yang ditawarkan dari Quora ialah mengumpulkan pertanyaan dan jawaban pada topik tertentu serta para pengguna dapat memberikan suara dan pendapatnya. Bisa jadi jawaban yang paling lengkap mendapatkan kredit lebih (upvote) dan akan tayang, selain itu memperbaiki jawaban sebelumnya.

Itu disebabkan banyak mereka yang ahli di bidangnya bergabung di Quora, tujuannya untuk menjawab pertanyaan dari mereka yang tidak tahu atau bertanya topik lain yang mereka kurang paham. Ini ibarat forum berbagi ilmu sesama penggunanya.

Sebelumnya telah ada beberapa pesaing yang menerapkan cara yang sama seperti Quora, mulai dari Reddit selaku bookmark sosial media dan jejaring sosial seperti Yahoo, Answers, Linkedin, dan Answerbag. Namun Quora tidak gentar karena mereka punya keunikan sendiri dibandingkan dengan sosial media lainnya.

Konsep yang ditawarkan Oleh Quora agak sedikit mirip dengan Reddit, salah satunya ialah menyediakan kolom pertanyaan sesama pengguna Reddit. Namun kini nasib Reddit di tanah air tidak menggembirakan, aksi blokir yang dilakukan oleh pemerintah membuat pengguna Reddit gigit jari dan kehilangan pamornya. Salah satunya aplikasi alternatif ialah Quora sebagai pengganti sepadan.

Alasan menggunakan Quora?
Ibarat sebuah jembatan penghubung, Quora jadi cara mempertemukan orang yang ahli di bidangnya dengan orang yang membutuhkan jawab langsung dari mereka. Mulai dari pendapat hingga diskusi.

Itu semakin jelas tergambar dari misi Quora dalam menumbuhkan pengetahuan dan keakraban antar penggunanya. Bila sebelumnya hanya orang-orang yang ahli di bidangnya masing-masing dan kaya akan pengalaman . Kini ilmu mereka bisa saling terhubung satu sama lain dengan pengguna lainnya.

Pendiri Quora ingin menghubungkan mereka yang cukup mumpuni di bidangnya masing-masing dengan yang membutuhkan jawaban dari pertanyaan. Semua kalangan bisa terhubung dan menyatukan sejumlah buah pikir untuk kemauan pengetahuan. Apalagi ilmu itu mahal dan menemukan jawaban yang tepat sulitnya minta ampun. Semua bisa terjawab dengan Quora.

Apa yang ditawarkan oleh Quora?
Di dalam benak setiap orang pasti ada pertanyaan yang selalu saja muncul, sering kali pertanyaan itu begitu mengganjal dan tidak tahu ke mana tempat bertanya yang tepat. Apalagi pertanyaan tersebut sering kali menjelaskan kejadian saat ini.

Adanya mesin pencarian kadang tidak sepenuhnya anda mendapatkan jawaban sesuai dari hasil pencarian organik. Quora jadi salah satu tempat yang tepat, apalagi pertanyaan yang anda tanyakan dijawab secara langsung oleh para ahlinya. Selain itu ada sejumlah pola pikir dari penjawab yang berbeda satu sama lain, intinya tetap sama. Ibarat menambah referensi jawaban terbaik dan kaya wawasan.

Orang ternama banyak berkecimpung di Quora sendiri, itu didasari rasa berbagi dengan sesama. Jangan heran tokoh dunia hingga sejumlah pakar dunia punya akun Quora. Selain bisa menjawab pertanyaan dari pengguna lainnya, lahir pula interaksi lebih dekat tentang banyak hal yang tidak diketahui masyarakat luas.

Tak hanya itu juga, sejumlah pertanyaan terkait bisa dilemparkan secara langsung seperti perusahaan terhadap kepuasan konsumen, politikus terhadap kebijakan yang ia ambil terhadap masyarakat hingga pertanyaan sulit yang mampu dijawab dengan gamblang oleh para ilmuwan.

Dengan begitu dapat diambil kesimpulan serta survei mendalam hanya dari sejumlah contoh dari pengguna Quora, sedikit banyak telah membantu dan mewakili apa yang paling diinginkan.

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan dari Quora sebagai sosial media bookmark jempolan. Apa sajakah itu, inilah ulasannya:

Sederhana dan ringan, banyaknya sejumlah aplikasi di gadget jelas menguras kapasitas penyimpanan dan baterai. Bentuk dari Quora yang ringan yaitu hanya 10 Megabyte jelas membuat aplikasi ini bisa dijalankan berbagai model Smartphone hingga yang low price sekalipun.
Quora, Aplikasi Penjawab Segala Rasa Penasaran
Hasil review dari Quora
Tidak ada iklan, sering kali iklan membuat anda malas untuk suatu platform, iklan jadi salah satu cara sebuah aplikasi mendulang pendapatan besar dari sponsor. Jangan heran hampir keseluruhan Startup disokong pengiklan.

Jelas saja iklan menguntungkan perusahaan tersebut, namun tidak dengan pengguna yang merasa riskan. Quora jelas mengedepankan user dalam platform mereka, salah satunya tidak adanya iklan yang berseliweran dibandingkan aplikasi lainnya.

Walaupun tidak memperoleh pendapatan yang relatif besar, namun itu salah satu prinsip dasar Quora sejak awal mulanya berdiri. Pendirinya ingin Quora jadi aplikasi bookmark berbagi informasi dalam bentuk Q & A sesama pengguna, bukan mencari profit lebih.

Memberikan jawaban terbaik, dibandingkan dengan sosial media bookmark lainnya, Quora jadi yang terdepan dalam memberikan jawaban terbaik. Sifatnya yang global jadi salah satu tolak ukur dan ditunjang dengan sejumlah ahli memiliki akun Quora.

Mempromosikan kemampuan, ini kesempatan langka untuk mereka yang ingin membagi ilmu yang dimiliki khususnya yang ia geluti. Selain itu rating anda bisa naik di kalangan pengguna lainnya andai pengguna lainnya tahu akan kemampuan yang anda miliki spesial.

Ini jelas promosi yang baik dan setiap jawaban khususnya bidang anda akan mendapatkan upvote terbaik. Untuk itu jangan lupa melengkapi biodata di profil pada akun Quora kali, sekaligus bentuk promosi.

Topiknya beragam, banyaknya pengguna Quora membuat banyak topik yang dibahas di dalamnya. Ada ratusan topik yang bisa anda pilih sesuai minat atau bidang anda, dengan begitu topik hasil pencarian akan masuk pada feed timeline.

Sebagai contoh, anda yang menyukai dunia blogging bisa dengan mudah pencarian kata kunci tentang blogging. Secara tak langsung akan banyak pertanyaan serupa mengenai topik yang anda gemar. Nah... makin banyak topik yang anda ikuti, maka besar pengetahuan yang sebelumnya tidak anda ketahui.

Menginspirasi pengguna lainnya, begitu banyak jawaban yang diberikan ialah pengalaman pribadi atau riset panjang yang dilakukan oleh ahli di bidangnya. Secara tidak langsung, pengguna yang bertanya mendapatkan jawaban terbaik dan pengalaman sang ahli.

Makanya jangan heran pengalaman jadi salah satu jawaban terbaik dibandingkan hanya teori semata. Semua itu hanya bisa anda dapatkan dari aplikasi Quora.

Mengajarkan sopan santun, kini sering kali kolom komentar berita hingga sosial media dipenuhi perdebatan panjang tanpa akhirnya. Jelas semua ingin terlihat paling pintar, nyatanya mereka terlihat bodoh.

Berbeda dengan Quora yang lebih santun dalam menyampaikan pendapat, karena kebanyakan diisi oleh kalangan profesional jelas penggunanya mengedepankan sifat santun dalam berpendapat.

Quora yang kurang populer di dalam negeri
Mungkin situs dan aplikasi Quora tak terlalu populer di tanah air, penulis sendiri melakukan penelitian kecil-kecil bagi pengguna sosial media aktif. Hampir sebahagian besar tidak pernah mendengar dan tahu apa itu Quora serta apa yang ditawarkan pada pengguna.

Mungkin di tanah air lebih terkenal dengan forum Kaskus, semenjak berdiri di tahun 1999 yang digawangi oleh Roby Darwis dan beberapa kolega seperti Ronald Stephanus, dan Budi Darmawan. Tujuannya ialah sebagai bentuk forum informasi bagi mahasiswa Indonesia yang ada di luar negeri.

Salah satu fitur yang tersedia ialah forum tanya jawab di Kaskus. Selain lebih dahulu berdiri dibandingkan Quora, Kaskus punya berbagai segmennya dan tidak hanya forum tanya jawab berbeda dengan Quora yang menitikberatkan berbagai ilmu dan forum tanya jawab semata.

Secara head to head jelas Kaskus selaku aplikasi karya anak negeri lebih unggul dan punya pertanyaan beragam, mulai dari masalah pekerjaan, hobi hingga asmara. Pasti dijawab oleh para Kaskuser lainnya.

Namun regional Kaskus hanya warganet Indonesia yang berkecimpung di dalamnya, baik di dalam maupun luar negeri. Jelas itu sebuah kekurangan dibandingkan Quora yang mencakup user secara global.

Selain itu ada beberapa hal yang membuat Quora tidak terlalu tenar di tanah air dan masih terasa sangat asing. Apa sajakah alasannya, berikut ulasannya:

Berbahasa Inggris, mungkin ini salah satu alasan kuat mengapa Quora tidak mampu memenangkan terlalu banyak pengguna sosial media. Jumlahnya kalah banyak dengan sejumlah sosial kekinian saat ini.

Quora yang menawarkan interaksi dan diskusi antar penggunanya khususnya Bahasa Inggris jadi kendala berarti bagi pengguna tanah air. Apalagi sejumlah pertanyaan punya nilai bobot yang berat dan sulit dipahami. Tak usah jauh-jauh, itu Bahasa Indonesia yang baik dan benar saja banyak yang masih banyak salah dalam penulisan.

Jelas faktor bahasa membuat sejumlah diskusi yang ada di timeline Quora jadi tak menarik dan berat. Saya pribadi menganalogikan seperti membaca sebuah koran bahasa asing, pasti banyak yang tidak menyentuhnya atau hanya melihat gambar saja diakibatkan karena kurang paham.

Sedangkan Quora tidak menampilkan terlalu banyak gambar dan video, lebih didominasi oleh  pertanyaan dan jawaban dari pengguna lainnya dalam Bahasa Inggris . Jelas saja saat menjawab atau meminta pertanyaan terasa begitu sulit. Ini jelas-jelas membuat banyak pengguna tak paham jadi mumet dilanjutkan sign out dan yang paling ganas ialah uninstall dari gadget.

Terlalu serius, sifat warganet kita pasti identik dengan gosip, humor, masalah asrama, dan berita hoax. Jelas itu bukan target utama dari Quora yang menyasar para profesional di bidangnya. Jangan harap ada masalah gosip terbaru di timeline Quora atau humor receh yang sering dianggap mampu mengocok perut.

Karena itulah Quora dianggap kurang asyik dan terlalu kaku dengan konsepnya tersebut. Itulah jelas bertolak belakang dengan pengguna sosial media tanah air yang suka berinteraksi serta menyukai konten yang jenaka. Pengguna sosial media di Indonesia sangat suka terlihat eksis untuk dapat perhatian dan pamer, itulah yang tidak ditawarkan oleh Quora sendiri.

Akrab dengan tulisan, Beda dengan sosial media saat ini sangat menonjolkan sebagai salah satu kekuatannya dalam menggaet pengguna. Itu dibarengi dengan banyaknya pengguna dari generasi millenial yang menjadikan gambar sebagai salah satu alasan menginstal aplikasi di gadgetnya.

Pada Quora hanya menawarkan tulisan dari pertanyaan dan jawaban user, jelas terasa membosankan serta kaku. Untuk gambar dan video hanya penunjang saja, hanya sebagai penguat pembahasan yang sangat panjang lebar. Ini dirasa kurang menarik bagi umumnya pengguna tanah air yang terbiasa dengan sosial media yang akrab dengan gambar dan video.

Jangan heran Quora hanya digandrungi oleh kalangan profesional atau mereka yang ingin memecahkan masalah dari setiap pertanyaan yang ditimpali untuknya. Jelas saja itu butuh jawaban yang masuk akal dengan data serta fakta yang lengkap, tidak bisa seenaknya dan ngelantur.

Materinya berat, jelas sekali materi yang dibagikan dari user sering kali berat untuk dicerna. Quora memberikan jawaban yang berat bagi sebahagian orang, itu jelas mengurangi minat dalam pengguna.

Hanya mereka yang paham dan mau berpikir lebih, jelas itu kurang digandrungi bagi pengguna sosmed di tanah air. Mereka umumnya menyukai materi yang ringan, bisa berupa gambar atau berupa infografis. Bisa juga gambar yang yang disertai gambar di dalamnya, agar tidak lelah buat dibaca.

Kurang menjanjikan, bentuknya yang sederhana terlihat kurang menjanjikan bagi kalangan millenial. Ini jelas membuat banyak kaum millenial mengalihkan pandangan ke sosial media kekinian yang terlihat cukup digandrungi.

Popularitasnya kalah jauh dengan sosmed terkemuka saat ini, kecenderungan itu dikarenakan banyak pengguna sosmed di tanah air banyak di dominasi anak usia 15-25 tahun. Jelas sangat sedikit mencakup pengguna Quora yang umumnya di dominasi oleh kaum profesional dan suka dengan wawasan.

Selain itu Quora jarang melakukan inovasi seperti sosial media lainnya, salah satunya fitur membagikan foto atau video yang sedang Hits saat ini. Karena mempunyai segmen tertentu, jelas saja hanya sebahagian kecil yang berlama-lama di Quora.

Terkesan serius dan kaku, platform Quora punya konsep agak sedikit mirip dengan Linkedin terutama penggunanya. Bila Linkedin ibarat Facebook versi profesional yang menekankan portofolio dan presentasi sedangkan Quora lebih ke tempat diskusi menarik tentang suatu hal sesuai minatnya.

Sedangkan sosial media yang digandrungi oleh warganet tanah air saat ini lebih menyukai sosial media dalam membahas masalah di luar pekerjaan atau rutinitas sehari-hari. Konsep dari Quora bertolak belakang dengan keinginan warganet dalam negeri dan wajar mengapa Quora tidak terlalu terkenal.

Kurang populer, Anak-anak millenial tanah air lebih kenal dengan aplikasi bernama Ask.Fm. pengguna kebanyakan di usia remaja ini sering kali dijadikan tempat bertanya pada pemilik akun. Umumnya pertanyaan tidak penting dan masalah pribadi hingga ingin terlihat eksis. Konsepnya hampir menyerupai dengan Quora, hanya saja banyak pengguna yang memakai hanya untuk hal tak penting membuat Ask.Fm hanya digandrungi oleh anak muda.

Sedangkan Quora sengaja didesain khusus dengan konsep tanya-jawab berbobot, sehingga moderator sangat menyukai pertanyaan yang memiliki pengaruh besar dan sesuai dengan bidang yang ia pilih. Sehingga setiap jawaban mampu memuaskan penanya dan orang lain yang ingin bertanya namun telah memiliki mendapatkan jawaban serupa.

Fitur-fitur yang ada di Quora
Kata siapa Quora ngga asyik?
Malah ada sejumlah fitur keren yang dihadirkan dalam aplikasi Quora, selain bentuknya yang responsif dan tidak memakan banyak tempat di gadget anda. Berikut sejumlah fitur yang tersedia dan memudahkan ada selaku penggunanya.

Feed, sejumlah pertanyaan yang ada di timeline Quora anda akan muncul, mulai dari yang paling ngehits hingga baru. Anda selaku pengguna dapat memilih topik sesuai dengan minat yang disukai, dengan begitu semua pertanyaan yang terkait akan muncul saat anda scroll feed timeline.

Menarik bukan, banyak dari pertanyaan yang ingin anda tanyakan sudah ada yang persis atau malah yang belum anda ketahui, cukup banyak menambah wawasan.

Bookmarks, Saat anda menginstall aplikasi Quora, ada sejumlah kata kunci pencarian yang bisa anda pilih sesuai minat anda. Bila dan tertarik dengan dunia blogging bisa menambahkan sejumlah pertanyaan.

New Questions, ialah fitur yang menampilkan sejumlah pertanyaan terbaru yang ada di timeline Quora anda sendiri dapat menjawab sejumlah pertanyaan tersebut sesuai kemampuan anda. Karena di fitur New Question banyak pertanyaan menarik dan juga melatih kemampuan anda dalam menyampaikan pendapat.
Quora, Aplikasi Penjawab Segala Rasa Penasaran
Fitur yang ada di Quora
Anda juga dapat melihat seberapa banyak jumlah follower si penanya dan juga respons dari penanya. Serta sejumlah pertanyaan terkait, cukup baik buat melatih kemampuan berbahasa Inggris anda dan tahu pendapat orang lain.
Ask, fitur ini tersedia untuk semua pengguna Quora untuk bisa bertanya segala hal yang ia belum pahami. Dengan begitu setiap pertanyaan yang masuk akan disaring oleh moderator sesuai dengan tata tulisan dan bahasa yang baik.

Nantinya pertanyaan tersebut akan dijawab oleh para ahlinya dan anda dapat memilah mana jawaban terbaik dan layak. Menarik bukan!

Read, Fitur yang ada di timeline Quora anda, dengan mudah anda bisa melihat berapa banyak pertanyaan yang masuk. Mulai dari yang terbaru hingga yang mendapatkan upvote terbaik. Dengan begitu anda bisa tahu lebih banyak tentang pertanyaan yang ada di timeline dan ikut memberi jawaban terbaik.

Answer, pada fitur ini tersedia jawaban yang ditujukan kepada anda atau minat bakat yang anda sukai. Ada beberapa pengelompokan lainnya yang ada pada fitur Answer mulai dari fitur For You, Requests, dan Saved.

Di mulai dari Fitur For You, fitur ini akan muncul sejumlah pertanyaan tentang minat anda serta semua yang anda ikuti saat mendaftar di akun Quora. Nantinya anda juga menambah minat yang disukai. Sehingga akan muncul sejumlah pertanyaan terkait hal tersebut, baik yang sudah dijawab orang lain ataupun mungkin belum.

Ada pula fitur Request, ialah fitur menyuruh kita menerima jawaban dari para user yang ahli di bidangnya atau sebaliknya anda yang menerimanya. Nantinya anda bisa mendapatkan jawaban yang memuaskan dan yang pasti itu sebuah ilmu berharga. Tak hanya itu saja, fitur Request juga bentuk pertemanan dengan para ahli di suatu bidang. Lumayan buat menambah inner circle anda.

Terakhir ahli fitur Saved, fitur ini bertujuan untuk menyimpan sejumlah jawaban yang anda rasa perlu dan menarik. Apalagi anda tidak sempat membacanya secara mendetail, fitur ini membantu anda membaca di lain waktu ataupun saat jaringan offline.
Quora, Aplikasi Penjawab Segala Rasa Penasaran
Fitur yang ada di Answer
Notification, hampir semua sosial media memiliki fitur notifikasi, tujuannya ialah memberitahukan pengguna Quora terkait pertanyaan di bidangnya. Anda akan mendapatkan notifikasi sesuai hal yang anda tahu, walaupun sedikit namun cukup banyak membantu anda berbagi pengetahuan dengan sesama.

Profile, pada profil anda dapat melihat diri anda dan juga profil orang lain. Di fitur profil akan terpampang dengan jelas keahlian sang pengguna, jumlah followernya, asalnya hingga informasi lainnya.

Jelas saja pertanyaan anda terasa berbobot sekali saat mendapatkan jawaban dari orang-orang yang ahli di bidangnya. Misalnya saja anda bingung tentang teknik SEO pada Blog, bisa saja jawaban anda dijawab langsung oleh pakar SEO dunia. Kece abis dan itu bukan kesempatan langka kecuali di Quora.

Pada setiap pertanyaan ada fitur seperti Upvote yaitu jumlah voting yang dilakukan oleh pengguna. Dengan begitu anda bisa tahu seberapa tinggi rating dari jawaban dari pertanyaan terkait. Selain itu ada juga Downvote, yaitu kebalikan dari Upvote andai jawaban yang anda berikan tidak sesuai atau bahkan kontroversi.

Ada pula fitur Comment, sejumlah komentar dari diskusi tersebut mendapat tanggapan beragam. Mulai dari sependapat hingga menyanggah atau mencerita pengalaman serupa yang hampir sama. Di kolom Comment, saya sering kali membaca komentar yang beragam namun tetap sopan antar pengguna.
Quora, Aplikasi Penjawab Segala Rasa Penasaran
Interface dari Quora keseluruhan
Selanjutnya ada fitur Share, bertujuan membagikan diskusi menarik yang anda baca ke sosial media lainnya. Cara ini saya rasa cukup bagus, sehingga banyak teman-teman anda di sosial media yang kurang tahu tentang Quora jadi tertarik untuk bergabung.

Terakhir ada beberapa fitur lainnya pada pengaturan seperti Answer, Bookmark, Suggest Edits, Edit Question & Details, Thank, Downvote Answer, Downvote Question, Report, dan Log. Semuanya terasa lengkap dan ada di Quora, pengguna akan merasakan pengalaman luar biasa dari aplikasi ini.

Silakan dicoba dan bisa menambah ilmu anda, bagi yang telah berpengalaman menggunakan Quora dapat berbagi pengalamannya. Semoga memberikan menginspirasi.
Share:

4 komentar:

  1. Bolehlah nih aplikasi, nice gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan dicoba gan, sangat menambah wawasan agan dan juga melatih kecakapan berbahasa agan.

      Hapus
  2. tadi iseng searching di google, eh malah nyasar di quora dan malah keasikan bacain pertanyaan2 yg unik dan jawabanya pada berbobot.. situs kyk gini ini gudangnya wawasan banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.. Quora menawarkan sesuatu berbeda dari aplikasi penjawab segala pertanyaan hingga menambah pengetahuan. Di jamin no hoax dan buat kepala jadi berisi.

      Hapus

Halo Penulis

Foto saya

Punya hobi membaca, mengobsevasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat musik EDM

Berlangganan via Email

Jadi Jutawan Cuma Modal Nulis