Thursday, May 17, 2018

Apakah Masa Depan Altcoin Sudah Berakhir?

Sudah hampir empat bulan sejak awal tahun mata uang kripto mengalami penurunan yang sangat drastis. Setiap Minggu terjadi penurunan signifikan dan hampir setengah nilai asetnya saat ini. Jelas ini bukan merupakan kondisi yang sangat baik dalam perkembangan kripto dan juga blockchain.

Penyebab penurunan beragam, mulai dari akses peretas sejumlah akun digital aset pengguna yang ada di Korea, kebijakan sejumlah negara hingga aksi panic sell sejumlah pengguna yang menyebabkan harga turun.

Merujuk pada data yang dihimpun oleh Coinmarketcap saat ini. Ada sekitar 1523 dan ada sekitar 1178 mata uang kripto yang sudah memiliki nilai dan diperdagangkan di Coinmarketcap. Ini jadi lahan besar sejumlah altcoin baru bermunculan. Dengan berbagai konsep yang ditawarkan dan pastinya siapa yang mampu menarik minat pengguna digital aset.

Namun muncul sebuah pertanyaan besar tentang itu semua, bagaimana nasib Altcoin dan digital? Apakah hanya menjadi sejarah?

Proses peluncuran sebuah digital aset saat ini sangat marak. Mereka hanya butuh sebuah Whitepaper, membagi-bagikan koin pada pengguna, membentuk tim hingga menunggu proses ICO. Apalagi konsep yang digunakan dari blockchain sangat beragam dan sangat tepat digunakan di berbagai bidang saat ini. 
Jelas ini membuat sejumlah pengembang berbondong-bondong untuk menerbitkan koin milik mereka. Dengan harapan ada yang membelinya dengan harga lebih mahal dan kemudian bisa meledak di pasaran. Tak jarang banyak altcoin yang tergolong scam dan hanya mencari keuntungan dari penggunanya. Ini jelas sangat berbahaya.

Nah.... supaya Anda tidak tertipu ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan di antaranya:

Tidak percaya iming-iming
Sebuah altcoin baru pasti memberikan iming-iming untuk pengguna baru. Tujuan utamanya adalah menggaet pengguna baru dengan koin yang belum diluncurkan. Jelas ini sangat menggiurkan, nyatanya koin tersebut tidak berarti apa-apa.

Lebih dikenal dengan Coin EDC tersebut punya sistem yang cukup lengkap dalam sebuah mata uang kripto. Ia punya segalanya, mulai dari Whitepaper, Blockchain Explorer dan terdaftar sebagai salah satu mata uang kripto resmi di Coinmarketcap.
Salah satunya EDC (E-Dinar Coin), konsep yang dijalankan menyerupai praktek Ponzi yang merugikan salah satu pihak. Selain itu pengguna tidak tahu jumlah koin yang ditambang dan yang tersedia saat ini. Ditambah lagi dengan Roadmap yang jelas dari EDC.

Tak hanya itu saja, proses pengumpulan dana atas pembelian Token tidak punya manfaat sama sekali, malahan merugikan. Selain itu EDC banyak mengincar para pengguna yang buta tentang dunia Cryptocurrency yang sangat tergiur dengan iming-iming keuntungan berlipat ganda. Ini jelas mencari para pengguna sebanyak-banyaknya tanpa jelas apa tujuannya. Anda yang pernah bergabung sebaiknya bisa meninggalkan aktivitas tersebut.

Whitepaper cukup meragukan
Sebuah koin baru pasti akan memiliki sebuah whitepaper yang ditulis. Tujuannya bagaimana nantinya sebuah platform tersebut bekerja dan mampu menguntungkan pengguna sebelum proses ICO berlangsung.

Semenjak kehadiran Bitcoin, banyak lahir altcoin dengan konsep beragam. Tak jarang ada sejumlah koin yang mengeluarkan whitepaper yang serupa atau tak jauh beda dengan altcoin terdahulu. Tujuannya mencari pengguna tanpa memikirkan kepentingan jangka panjang. Alhasil saat koin tersebut mengalami penurunan, ia langsung hilang dari peredaran.
 Image result for roadmap altcoin
Selain itu Anda harus memperhatikan Roadmapnya secara jelas dan pastinya kapan proses peluncuran berlangsung. Semua tertera jelas di Roadmap dari altcoin tersebut.

Tim yang menjanjikan
Sebuah platform harus punya tim yang punya reputasi baik. Tujuannya agar pengguna percaya dengan kinerja mereka di masa depan. Tim yang terbentuk pasti punya keahlian tertentu dan mereka punya reputasi baik. Misalnya dengan cantuman kinerja mereka di Linkedin serta kredibel atas platform yang dibuat.
scam 7.png

Ini akan meyakinkan para pengguna baru tahu dengan reputasi yang dimiliki oleh para tim. Sehingga mereka tidak tertipu saat proses airdrop yang sedang diberikan oleh altcoin baru tersebut. Apalagi ini jadi pegangan dan tempat aduan buat para pengguna saat altcoin tersebut nyatanya scam.

Unik dan Inovatif
Altcoin yang akan bertahan adalah yang unik dan bukan ikut-ikutan. Di antara ribuan altcoin, hanya beberapa yang mampu eksis dan dipercayai oleh pengguna. Alasan utama karena konsep yang ditawarkan mampu diimplementasikan dan punya whitepaper yang unik.

Tak hanya itu saja, ia mampu memecahkan masalah yang ada saat ini dan masa depan. Misalnya saja altcoin Ethereum yang mampu menerapkan konsep smart contract, sehingga mampu memudahkan proses pembuatan kontrak digital yang tidak mampu diubah oleh siapa pun. Konsep seperti inilah yang mampu bertahan di tengah gempuran altcoin baru yang hadir setiap harinya.
Mari kita kembali ke akhir tahun 90-an saat dot.com bubble pernah menimpa dunia teknologi. Saat itu begitu banyak perusahaan berbasis dot com muncul dan pastinya harga sahamnya melonjak sangat tinggi. Setiap ada perusahaan yang listing di lantai bursa saham, banyak investor yang membelinya dengan harapan harganya akan meroket naik.

Tak jarang mereka membeli dengan alasan keuntungan tanpa memikirkan dasar dari perusahaan itu di masa depan. Hampir mirip dengan begitu banyak altcoin saat ini, mereka membeli dengan harapan ada membeli dengan harga lebih mahal. Di dalam dunia bisnis, istilah ini akrab disebut dengan Greater Fool Theory

Walaupun begitu, di era 2000-an seleksi alam terjadi. Perusahaan yang punya konsep yang jelas dan visi jangka panjang mampu bertahan. Mulai dari Amazon, Ebay, dan bahkan Ali Baba. Membuktikan mereka mampu menjawab keinginan pasar bukan asal ikut-ikutan. Kini mereka sudah menjadi raksasa retail di dunia internet karena telah melalui pasang surut dunia dot.com dan pastinya konsep yang jelas dibutuhkan oleh masyarakat.

Kesimpulannya
Gebrakan dari sekian banyak altcoin saat ini memang punya nilai positif dalam perkembangan beragam digital aset. Walaupun nantinya hanya yang punya konsep yang jelas dan pengguna setia yang mampu bertahan.
Pesan saya adalah tetap berhati-hati di dunia digital aset, karena cukup rawan khususnya dari sejumlah altcoin baru dengan iming-iming tertentu. Lihatlah sebuah altcoin dari segi inovasi yang ia berikan bukan iming-iming menggiurkan yang mampu merugikan Anda.

Semoga saja postingan ini menginspirasi  di dunia klripto dan silakan komentarnya.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ROG Phone 8

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer

Part of EcoBlogger Squad

Part of EcoBlogger Squad