Kamis, 30 Agustus 2018

Inovasi Teknologi, Bukti Nyata Merdeka di Era Digital


Sudah 73 tahun bangsa kita merdeka, lepas dari belenggu penjajahan berabad lamanya. Perjuangan meraih kemerdekaan diraih berkat semangat pantang menyerah para pahlawan. Siang dan malam mempertahankan kedaulatan dan jati diri bangsa hingga akhirnya gaung kemerdekaan 17 Agustus 1945 berkibar.

Mari kita mencoba mundur ke belakang, melihat saat masa jelang kemerdekaan dari RI digaungkan. Kala itu hanya ada media massa radio dan surat kabar dalam menyebarkan kemerdekaan. Sampai akhirnya berita gembira akan kemerdekaan berhasil tersebar luas di nusantara, membuktikan kita sudah merdeka.


Kini kita hidup di era digital dan segala informasi begitu mudah, tak perlu harus menunggu informasi radio atau bahkan surat kabar. Dalam hitungan menit kita bisa mendapatkan segala informasi yang diinginkan. Cukup dengan mengakses internet dari setiap gawai yang dimiliki, segala kemudahan bisa didapatkan.

Menginjak usia 73 tahun kemerdekaan, Indonesia dinilai punya prospek cerah terkait dunia digital. Semua itu didukung dengan penetrasi pengguna internet. Menurut data  Asosiasi Penyelenggara jasa Internet Indonesia (APJII), ada 49,5% dari kelompok usia 19-34 tahun (generasi milenial) yang sangat aktif menggunakan internet setiap harinya.

Tujuannya beragam, anak milenial punya cara sendiri menebarkan Semangat 45. Berbeda dengan cara terdahulu yang harus mengangkat senjata Kini saatnya berkarya untuk membukti bangsa kita adalah bangsa besar di mata dunia.

Anak muda zaman now harus kreatif dan inovatif, buktinya kini menjamurnya startup yang bisa memecahkan masalah bangsa dan menyerap tenaga kerja. Visi misi di era digital dari anak milenial dianggap sangat tepat dalam menghasilkan karya mereka dalam mengubah bangsa.

Ada juga konten kreator yang mampu menghasilkan karya terbaik mereka sesuai bidangnya. Ada dulunya pekerjaan tersebut dianggap sebelah mata, kini mampu menjadi tolak ukur kebanggaan bangsa di era digital.

Era digital yang menopang kemajuan bangsa
Indonesia dinilai punya pangsa yang menjanjikan terutama sekali pada prospek akan perkembangan ekonomi digital. Saat ini kemajuan digital tanah air ditopang oleh lima penunjang mulai dari Financial Technology (Fintech), On Demand Services, Internet of Things (IoT), dan E-Commerce. Setiap penunjang punya segmen tersendiri dan pasar menjanjikan. Apa sajakah itu, berikut ini ulasannya:

Financial Technology
Kemunculan Fintech buatan lokal dinilai mampu mengubah industri keuangan yang dahulunya dimonopoli perbankan. Konsep yang ditawarkan lebih transparan, demokratis, terjangkau, dan melayani semua pelanggan. Ruang lingkup mencakup segmen pembayaran digital, pembayaran bisnis, dan pembiayaan personal.


Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), transaksi Fintech sudah melibatkan 135 startup lokal dan total transaksi yang berlangsung menyentuh angka US$ 23,8 Miliar. Pangsanya tumbuh subur setiap tahunnya sejalan dengan kemajuan digital. Pastinya mendongkrak industri digital tanah air serta memudahkan proses pembayaran.

Service on Demand
Macet sudah jadi persoalan pelik nan klasik di perkotaan khusus dalam melakukan mobilitas. Salah satu ide tercetus adalah lahirnya startup anak negeri yang menawarkan jasa khusus salah satunya transportasi untuk masyarakat urban.


Adanya online driving yang ditawarkan menggunakan SoD seakan memudahkan mobilitas dan segala aktivitas dari fitur yang ditawarkan. Ia mengajak mitra kerja dalam memudahkan koneksi dengan pelanggan menggunakan aplikasi berbasis internet.Menariknya di era digital kini, SoD buatan anak negeri mampu melihat peluang besar yang ditawarkan dari aplikasi internet.

Internet of Things (IoT)
Beragam cara dilakukan dalam memperluas koneksi internet tanpa henti, salah satunya melalui teknologi Internet of Things (IoT). Semua didukung dengan meningkatnya akses dan kecepatan internet termasuk menghubungkan manusia dengan perangkat.


Peran IoT dinilai mampu menghubungkan semua mesin yang ada di sekitar kita melalui kontrol secara remote (jarak jauh). Konsep ini seakan mengambil sebuah keputusan cerdas baik melalui kontrol manusia atau perangkat tersebut.

Angka yang dihasilkan dari startup IoT karya anak bangsa terus meningkat dari tahun ke tahun.  Indonesia berpeluang besar menjadi pangsa menjanjikan, mengingat begitu banyak persoalan sekitar yang bisa diselesaikan oleh sejumlah startup baru yang nantinya terjun di bidang IoT. Anak-anak bangsa kita pasti terus bersaing dan meramaikan dunia IoT yang penuh kejutan.

E-Commerce
Dukungan internet  di era digital juga paling terasa dalam aktivitas belanja online. Begitu banyak startup rasa lokal yang berkembang di era ekonomi digital saat ini. Beragam barang yang dijual dengan melibatkan sejumlah dana elektronik, pertukaran data elektronik, dan sistem pengumpulan data otomatis.


Hal mendasar naiknya nilai itu dipengaruhi beberapa faktor, Mulai dari jumlah populasi penduduk Indonesia yang besar, akses internet yang mengalami peningkatan hingga tingkat antusiasme masyarakat dalam sejumlah produk dan jasa yang ditawarkan.

Peran startup dalam perkembangan e-commerce jadi alasan kuat, apalagi banyak produk dan jasa yang diinginkan pada masyarakat. Adanya pelayanan yang baik, inovatif, dan tepat guna makin mendorong masyarakat giat beralih pada ekonomi digital.

Salah satu e-commerce menjanjikan dan bergerak bidang otomotif dan menjawab kegundahan para bikers ialah Moladin. Kehadirannya bak oase di padang pasir buat para bikers, sesuai dengan taglinenya: Ingat Motor, Ingat Moladin.


Kerajaan bisnis yang dikembangkan tidak main-main. Semenjak diluncurkan pada November 2017, Moladin sudah menjalin mitra dengan 40 dealer dan sejumlah perusahaan leasing. Alhasil Moladi mendapatkan pendanaan sebesar US$ 1,2 juta dari East Ventures, Berjaya Group, dan Ethos Partner dalam pengembangan bisnis. Setiap bulannya, pertumbuhan penjualan Moladin terus meningkat 20-30%, dengan melibatkan transaksi lebih dari US$ 1 juta.

Walaupun Moladin masih berada di areal Jabodetabek, e-commerce ini punya perkembangan menjanjikan. Tidak tertutup kemungkinan bisa mengembangkan ke seluruh wilayah di Indonesia.

Sekilas mengenai bisnis yang ditawarkan oleh Moladin, mengingat kebutuhan kendaraan roda dua sudah menjadi kebutuhan wajib. Kendalanya karena banyak pembeli mengurungkan niatnya membeli diakibatkan sistem yang menyulitkan dan memakan banyak waktu. Pembeli harus beberapa kali datang ke dealer hingga akhirnya menemukan kendaraan yang ia inginkan.
 
Kemudahan yang ditawarkan Moladin
Lahirnya e-commerce sepeda motor berbasis digital seperti Moladin seakan memudahkan belanja kendaraan yang Anda inginkan tanpa harus ke dealer. Proses pembayaran pun sudah melayani secara online. Konsep e-commerce ini akan makin berkembang di masa depan, Moladin dianggap memberikan solusi dalam memecahkan masalah yang mendera para konsumen.

Apa saja yang ditawarkan Moladin?
Moladin sudah hadir dalam beragam platform yang menarik dan pastinya sudah tersedia di PlayStore. Ada tujuh menu menawan yang ditawarkan buat para bikers dijamin sesuai dengan keinginan. Penasaran, berikut ulasan lengkapnya:

Motor
Pada fitur ini menawarkan sejumlah motor yang pelanggan inginkan. Sedikitnya ada 21 brand pabrikan motor yang dijual di Moladin. Ada dapat memilih motor yang diinginkan, spesifikasi, dekat lokasi Anda (area Jabodetabek), tipe, jumlah DP hingga pilihan tenor cicilan.

Ada juga fitur mengenai ulasan dari para biker mengenai motor yang ingin Anda beli. Tak ketinggalan ada testimoni dari para pembeli di e-commerce Moladin.

Apparel
Pada bagian Apparel, Anda bisa menemukan berbagai peralatan perlengkapan motor. Ada 15 apparel yang dapat Anda temukan, mulai dari helm, jaket, sarung tangan hingga gadget.


Anda dapat menemukan yang sesuai dengan size, warna, brand, dan tipe. Dijamin Anda bisa menemukan barang yang diinginkan.
 
Pilihannya beragam, sesuai dengan selera
Part & ACC
Di dalam fitur ini, para biker bisa menemukan suku cadang yang ia cari. Dari yang paling kecil seperti busi sampai yang paling besar adalah Decal & Striping motor. Sedikitnya ada 31 item yang dijual pada fitur Part & ACC. Harganya jelas sangat terjangkau.



Perawatan
Motor yang Anda beli pastinya butuh perawatan berkala. Apakah itu untuk mesin dan bodi luar. Moladin memiliki fitur yang membantu tetap terjaga dengan baik. Sedikitnya ada 5 produk yang ditawarkan seperti oli, pembersih, cover hingga cat. 

Pada pemilihan oli, Anda dapat membeli oli yang dibutuhkan seperti size, isi, kekentalan, brand, dan tipe yang ditawarkan. Pastinya banyak pilihan yang sesuai dengan keinginan biker.



Bengkel
Moladin kini sudah mulai tersebar di Jabodetabek, ada 40 dealer yang sudah bermitra. Bengkel resmi tersebut datang dari pabrikan ternama, sedikitnya ada 21 pabrikan. Serta 6 franchises yang melayani proses service bengkel kendaraan Anda. 

Bahkan Moladin menawarkan dan merekomendasikan bengkel langganan Anda buat bermitra dengan Moladin. Nantinya Anda bisa tahu lokasi terdekat buat service kendaraan, jam operasional, dan kontak dealer terkait.

Forum
Dalam membangun silaturahmi dengan para biker dan menjawab segala kegundahannya, Moladin menyediakan Forum khusus biker. Permasalahan yang dikupas mengenai segala masalah terkait motor. Forum ini akan direspons dengan sangat oleh para bikers, sehingga Anda bisa mendapatkan jawaban terbaik. 
Salah satu contoh diskusi di forum
Ada 10 fitur yang ditawarkan, mulai dari masalah motor hingga perbandingannya. Anda akan mendapatkan jawaban seputar motor di Forum ini. Bisa saja Anda menjawab permasalahan serupa yang menimpa biker lain. Segala aktivitas di Forum dapat dilihat dari terbaru dan trending. Kini permasalahan motor Anda bisa terjawab dengan jelas dan detail.

Blog
Moladin ingin membangun e-commerce dan para pembaca, tidak ketinggalan dengan menambahkan fitur Blog. Bekerja sama dengan para Blogger ternama dalam mengabarkan dunia otomotif. Pastinya berita yang dihadirkan sangat update yang bisa biker nikmati.
 
Tampilan ciamik dari blog Moladin
Salah satunya adalah memeriahkan 17 Agustus dengan sesuatu yang Indonesia banget. Moladin tidak mau ketinggalan dengan melakukan berbagai promo bagi para konsumen. Di bulan kemerdekaan, Moladin memberikan Diskon DP Motor Mulai dari 73% pada sejumlah varian motor seperti Yamaha Aerox, Yamaha Lexi, Yamaha Fino Grande, Yamaha R15, dan varian lainnya.

Nah... peluang Indonesia menjadi salah satu akan perkembangan ekonomi digital saat ini dan masa depan saat kuat. Mengingat berbagai faktor, mulai dari pelaku dari tanah air hingga regulasi yang dibuat pemerintah saat ini mendukung terciptanya ekonomi digital.

Bukan tidak mungkin, akan banyak lahir startup terbaru tanah air yang membantu meningkat transaksi digital serta meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat Indonesia. Di era saat ini, merdeka di era digital adalah dengan membangun ekosistem digital khas anak negeri. Moladin sudah membuktikan, kita bangsa yang besar dan mampu bersaing di era digital.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email