Rabu, 19 September 2018

Masa Depan Berbalut Kecerdasan Buatan di Huawei Nova 3i


Sempat pikiran saya memikirkan perkembangan teknologi di masa depan yang sulit dibayangkan. Evolusi teknologi paling kentara datang dari kecerdasan buatan, di film-film Hollywood seakan digambarkan AI akan mengganggu eksistensi manusia. Bahkan tak jarang dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan di masa depan.

Seakan mengingatkan saya pada Trilogi film Hollywood Terminator. Bagaimana saat robot hasil ciptaan manusia berhasil menginvasi bumi di masa depan yang siap mengancam kehidupan koloni manusia. Perang dengan robot tak terelakkan karena tingkat inteligensinya sudah menyamai ciptaannya.
Hasil gambar untuk artificial intelligence terminator
Duh seremnya, untuk hanya sebatas film
Ada juga film lainnya yang menurut saya cukup menggambarkan masa depan dan kecerdasan buatan. Transcendence yang diperankan oleh Johnny Depp bercerita tentang seorang peneliti bidang AI bernama Dr. Will Caster yang berhasil mengupload kesadaran manusia di dalam internet. Sebelum mati, ia berhasil mengupload seluruh pikirannya ke dalam bentuk digital dan menguasai dunia internet. Seakan pikirannya jadi kecerdasan buatan yang mampu mengontrol segala aktivitas manusia di jagat maya.

Duh... cerita di atas menyeramkan. Tenang dan tak perlu takut, itu semuanya hanya film bertema Science Fiction khas Hollywood yang bisa menghibur waktu senggang. Malahan AI yang berkembang saat ini bikin manusia jadi lebih santai melakukan pekerjaan.

Saat ini banyak ide-ide di film fiksi yang kemudian berhasil diadopsikan dalam kehidupan nyata salah satunya AI. Adanya AI seakan jadi salah satu tolak ukur kemajuan teknologi yang sangat membantu memudahkan pekerjaan manusia. Anggapan skeptis berdatangan di awal pengembangannya. banyak manusia yang sinis dan menganggap kecerdasan akan mengganggu eksistensi manusia dengan mesin-mesin berkemampuan mutakhir.

Memang tidak dipungkiri bahwa banyak pekerjaan yang harus berganti peran dari dikerjakan oleh manusia, berganti ke tangan-tangan terampil dari AI. Pastinya ia tak pernah lelah, membuat drama, dan bahkan minim kesalahan.

Bayangan di masa depan kita melihat mobil tanpa supir, dokter robot yang mampu mendeteksi penyakit dalam hitungan milidetik, dan segala infrastruktur yang sudah dilengkapi dengan perangkat AI. Sejumlah perusahaan teknologi percaya diri mengembangkan kemampuan AI. Salah satunya mampu meningkatkan bisnis jadi lebih menguntungkan dan efisien.
Hasil gambar untuk artificial intelligence
Segala bidang yang sudah dijamah AI
Well.. harus Anda ketahui, kecerdasan bukan hanya sebatas robotik semata tapi penerapan dalam berbagai fitur yang memudahkan pekerjaan manusia di pabrik dan manufaktur. Kini perangkap ponsel serupa dalam penerapan AI di dalam sejumlah fiturnya.

Memberikan pengalaman dan sensasi genggam Anda sarat teknologi AI. Pabrikan ponsel paling kekinian dan getol mengembangkan AI adalah Huawei, salah satunya dalam lini produk anyar mereka Huawei Nova 3i.

Teknologi tidak terbendung datangnya, ia bak gelombang yang menghujam daratan tanpa henti menghancurkan pembatas pantai. Kini kita sudah memasuki era industri jilid 4.0 dan dobrakan teknologi seakan tidak pernah berhenti.

Di tahun 2018 menjadi tahun penuh arti buat sejumlah ponsel, tren penggunaan AI seakan sudah jadi barang wajib sebuah ponsel. Teknologi AI dibenamkan pada beragam fitur yang memudahkan penggunanya. Seperti penerapan Face Detection, Object Recongnition, Language Recongnition, dan AI Smart Camera.
Hasil gambar untuk ai smartphone
Peran kamera pada sebuah ponsel begitu krusial... Bagaimana patah hati saat datang ke tempat atau acara terbaik, hasil jepretannya begitu mengecewakan dan semua yang dipersiapkan jadi berantakan.

Momen tersebut sangat sulit diulang kembali dan butuh banyak percobaan dengan hasil optimal. Sebagian besar hasil jepretan harus dihapus karena tak layak tayangkan di sosial media. Apa karena hasilnya ngeblur, kamera rentan goyang hingga kadang tidak sesuai yang diharapkan.

Masalah tersebut sudah diatasi oleh Huawei, salah satu pabrikan yang serius dalam pengembangan AI berbasis kamera, melalui produk anyarnya Huawei Nova 3i. Dibekali kemampuan kamera pintar berbasis AI yang mampu memperbagus hasil jepretan, mengenal objek, hingga pengaturan cahaya kamera yang sesuai.

Andai dahulu butuh puluhan percobaan dan menghasilkan waktu lama untuk bisa mendapatkan jepretan terbaik. Cukup sekali jepret momen terbaik terekam dengan sempurna berkat kamera mumpuni dari Huawei Nova 3i.

Bagaimana nyamannya tangan saat menggenggam mahakarya sebuah ponsel pintar. Ia sangat memikat mata dengan gradasi dua warna saat pantulan cahaya menerpa. Pengguna diberikan dua pilihan sulit dan memikat dari warna Irish Purple dan Black dari Huawei Nova 3i.
Pilihan warna yang bikin Anda penuh gaya
Bodinya semakin menawan berkat kaca di bagian belakangnya termasuk fingerprint yang melekat di belakangnya. Kemudian di bagian sisinya dilapisi aluminium di semua sisinya, finishingnya sangat compact seperti menggenggam ponsel kelas flagship. Sekilas Huawei Nova 3i dapat disandingkan dengan kakaknya Huawei P20.  Walaupun direntang kelas Mid-Range, Huawei Nova 3i layak setara flagship kelas atas yang punya daya tarik luar lebih.

Bagi saya pilihan warna Irish Purple mampu menarik perhatian orang lain di keramaian, saya menilai warnanya sangat eye-catching. Pantulan cahaya yang datang seakan membuat gradasi warna berubah dan memikat mata siapa saja yang melihatnya. Ponsel terbaik menurut saya punya kesan modern dan mewah, semua tergambar lengkap dari Huawei Nova 3i.
Hasil gambar untuk huawei nova 3i
Kesan lainnya saat melihat layarnya, dibekali panel IPS dengan resolusi FullHD+  2340 x 1080 piksel dengan tampilan FullView Display 2.0 membuat layar terlihat begitu luas. Makin keren lagi karena sudah mengusung ponsel flagship kekiniaan, lekat dengan Notch (poni) di bagian atas. Layarnya membentang sebesar 6,3 inchi, meskipun begitu dengan rasio 19.5:9 buat Huawei Nova 3i nyaman digenggam satu tangan.

Urusan sistem operasi memang sesuatu yang penting dan kaya nilai estetika. Huawei Nova 3i tahu bahkan dibalik desainnya yang cantik harus dibekali OS terbaru. Mengusung Android 8.1 Oreo dengan mengandalkan User Interface asyik dari EMUI 8.2.
Hasil gambar untuk huawei nova 3i ui
Tampilannya begitu smooth dan mudah digunakan bagi siapa saja. Alasannya karena Software UI dari EMUI 8.2 akan menyesuaikan dengan kebiasaan pengguna bukan pengguna mengikuti UI tersebut. Sehingga Anda dengan tidak perlu beradaptasi dengan Huawei Nova 3i. Tampilan UI sangat fleksibel dan sederhana, pastinya  kaya fitur yang Anda dibutuhkan.  

Nah.... ini salah satu kriteria yang paling saya sukai dalam sebuah ponsel. Kapasitas besar sudah jadi kewajiban buat penggunanya tak kesulitan. Bagaimana rasanya punya ponsel memorinya terbatas dan buat Anda tidak leluasa menyimpan foto dan video.

Belum lagi sejumlah aplikasi yang sering update, kapasitasnya cepat penuh. Jangankan buat menyimpan foto atau video berkualitas tinggi, aplikasi yang jadi kebutuhan pokok harus dikorbankan.

Masalah tersebut ada pada ponsel saya saat ini, kapasitasnya hanya 16GB dan sudah saya tingkatkan menjadi 32GB. Jumlah tersebut dirasakan sangat terbatas dan bahkan harus pintar-pintar memindah video dan foto lama ke laptop. Asalkan ada foto dan video terbaru, ada saja file lama yang dihapus atau dipindahkan sebagai korban seleksi alam. Standar ponsel saat ini adalah punya  kapasitas ponsel 64GB dan dirasa sudah cukup nyaman.

Kalian tahu berapa jumlah yang Huawei Nova 3i berikan?

Yupp... Huawei Nova 3i memberikan kapasitas lebih besar dari ponsel umumnya di kelas mid-range ponsel yaitu 128GB. Ajib bener!!!. Bila dianggap masih kurang cukup, ada Slot Hybrid memori tambahan berkecepatan tinggi yang mendukung microSD hingga 256 GB.
Hasil gambar untuk huawei nova 3i
Anda bisa memilih menggunakan dua buat kartu SIM atau sebuah SIM saja dengan microSD tambahan. Terlihat praktis dan fleksibel penggunaannya. Lega banget buat menyimpan foto, video, dan install koleksi game kalian. Masalah keterbatasan penyimpanan teratasi dengan Huawei Nova 3i.
Masalah chipset dianggap sebagai otak sebuah ponsel bekerja dengan optimal. Huawei Nova 3i menanamkan chipset buatan pabrikan mereka sendiri. Chipset tersebut ialah HiSilicon Kirin 710. Performanya begitu menjanjikan karena sudah menggunakan 4x2.2 Ghz Cortex A73 High performance, sedangkan sisanya menggunakan 4x1,7 Ghz Cortex A53. Tujuannya buat  memenuhi hemat energi, Huawei menggunakan fabrikasi 12 nano meter.
 Hasil gambar untuk kirin 710
Didukung dengan GPU Mali-G51 MP4 yang sudah memiliki fitur GPU Turbo, Anda bisa dapatkan performa gaming terbaik namun tetap hemat daya. Beragam game kekinian macam PUBG dan Mobile Legend dilibas dengan lancar jaya. Wow... semakin lengkap berkat dukungan RAM sebesar 4GB yang mendukung segala aspek multitasking tanpa ngelag membuka banyak aplikasi dan main game berjam-jam.
Hasil gambar untuk huawei nova 3i
Persoalan yang diperhatikan adalah daya tahan baterai yang kuat. Huawei Nova 3i dibekali baterai berkapasitas 3340 mAh. Sudah cukup buat diajak pakai seharian seperti aktivitas produktif, sosial media, browsing hingga ngegame.

Saat ini nilai sebuah kamera terasa sangat akrab dengan sektor kamera. Huawei Nova 3i tidak main-main masalah ini. Salah satunya dengan menghadirkan 4 modul kamera yang mendukung 2 buah dalam sektor aktivitas selfie dan 2 buah lainnya yang mendukung kamera bagian belakang.

Sektor kamera selfie hadir dengan pengaturan luar biasa yakni 24 Megapiksel  + 2 Megapiksel untuk depth sensor yang mampu mempercantik objek dengan algoritma mutakhir dan pengalaman foto bokeh jadi luar biasa. Semuanya dibenamkan pada poninya (Notch) yang ukurannya pas banget.

Semakin terasa mutakhir dengan adanya teknologi AI yang mendukung 8 kondisi. Secara tak langsung AI kamera mampu menyesuaikan kontras cahaya di lingkungan yang masuk dan efek yang diberikan saat berfoto. Fitur HDR Pro canggih seakan foto dan video yang dihasilkan begitu seimbang dan presisi bahkan pada kondisi di bawah sinar matahari.

Pada kamera selfie depan AI sudah hadir pada Qmoji dengan format GIF dan video yang telah dipersonifikasikan. Qmoji akan menyesuaikan dengan ekspresi wajah, gerakan, dan suara Anda khususnya dalam mengirim pesan. Sensasi mengirimkan pesan via Qmoji jadi lebih menarik dan atraktif pastinya.
Qmoji buat pengalaman chatting jadi berkesan
Pengalaman luar bisa hadir juga di kamera utama Huawei Nova 3i. Sudah dibekali dengan pengaturan 16 Megapiksel + 2 Megapiksel depth sensor dengan Aperture f/2.2.  Beragam fitur lengkap seperti PDAF, CDAF, dan LED Flash sudah tersedia lengkap.  Kemampuannya sudah dibekali dengan algoritma AI yang punya pengetahuan terhadap 100 juta gambar sekaligus.
Hasil gambar untuk huawei nova 3i camera
Pada bagian belakang bodi menawannya Huawei Nova 3i tertulis: Dual Lens 1:2.2/26 ASPH. Nah... perannya adalah sebagai Dual Lens yang mengacu pada aperture 1:2.2/26 serta Focal Length pada kamera utama. Sedangkan ASPH merupakan singkatan Aspheric Lens yang membuat begitu tipis dan minim distorsi saat pemotretan.

Hasil gambar lebih menarik dan ditambah dengan ditanam teknologi AI yang mampu mengingat 22 kategori dengan lebih dari 500 momen. Huawei Nova 3i mampu menghasilkan foto dengan kejernihan tinggi dan efek bokeh.
Ada 22 pengaturan yang memanjakan pengguna

Peran kamera semakin lengkap dengan tersedianya efek Slow Motion, aksi-aksi rekaman spektakuler yang ingin Anda lakukan seakan mampu ditangkap dengan super lambat. 
Gambar terkait
Semua berkat mode 16X Super Slow Motion yang mampu merekam gerakan lambat jadi sesuatu mengesankan dan mengubahnya jadi sebuah momen menakjubkan sebanyak 480 frame/detik.

Pencarian segudang dokumen, foto, dan video yang tertimbun lama memang melelahkan, persoalan waktunya hingga nama foldernya. Adanya AI Huawei Nova 3i mampu mengatur ratusan atau ribuan foto dengan pencarian berbasis AI.
HUAWEI nova 3i AI image searching

Teknologi AI akan dengan mengurutkan segala kenangan yang mulai terlupakan sesuai tanggal, tempat, orang, dan objek foto. Pastinya semua momen tersimpan aman, makin lega dengan kapasitas penyimpanan mencapai 128 GB. Sekarang pengen simpan apa lagi, silakan disimpan saja di Huawei Nova 3i.
Fokus AI pada Huawei tidak sepenuhnya pada proses yang berhubungan dengan kamera. Ada sejumlah penambahan yang begitu mengesankan buat segala segmen. Menghilangkan kejenuhan salah satunya hadir melalui game.

Chipset Hilicon Kirin 710 berteknologi 12 nanometer sudah dibekali update GPU Turbo, seakan memberikan pengalaman ngegame jadi sangat hidup. Tak ada lagi gangguan berati saat bermain game online baik menggunakan jaringan kouta 4G atau Wi-Fi, seakan ada transisi lembut termasuk saat jaringan mengalami gangguan.

Main game makin fokus tanpa gangguan karena Huawei sudah membekali Mode Uninterrupted Gaming yang mampu menyembunyikan notifikasi sejenak. Saatnya Me Time banget ala Huawei Nova 3i jadi lebih terasa.
HUAWEI nova 3i Gaming
Tak hanya itu, konektivitas AI yang sangat responsif pada setiap gangguan sinyal. Sebagai contoh di daerah saya tinggal koneksi sinyal 4G sering mengalami gangguan berarti. Butuh waktu lama supaya cepat mengalami pemulihan ke sinyal semula. Hadirnya mode elevator di Huawei Nova 3i dengan cepat melakukan pemulihan jaringan di lokasi yang terhalang.

Apakah saat berada di keramaian, di dalam gedung, basement, elevator hingga terowongan. Semua berkat adanya fitur Huawei Go 1.5 yang menstabilkan jaringan Anda. Pengalaman panjang Huawei sebagai penyedia layanan telekomunikasi di tanah air jadi bukti mereka sadar jaringan yang baik akan membantu optimalisasi smartphone sesuai keinginan.
Dan kini Huawei mengembangkan sayapku ke arah ponsel flagship kelas atas dengan harga terjangkau tapi kaya fitur. Hadirnya fitur AI seakan memberikan nuansa ponsel kekinian dan memudahkan pengguna dalam sejumlah aktivitasnya.

Pernah kalian berada di kondisi kebisingan yang mengganggu aktivitas?
Suara bising sangatlah mengganggu saat melakukan percakapan dengan telepon. Kalian pasti mencari lokasi yang nyaman buat akan telepon biar bisa mendengar atau bahkan suara kalian kedengaran jelas oleh lawan bicara.

Huawei pun tahu kendala tersebut dan menanamkan AI yang mengurangi suara berisik di sekitar saat menelepon. Proses panggilan volume rendah akan ditingkatkan dan panggilan berisik akan diubah sedemikian rupa menjadi percakapan jelas berkualitas jernih. Ngga perlu teriak-teriak atau nyari lokasi senyapi lagi. Huawei tahu kendala Anda dan mengubahnya jadi solusi.

Keranjingan belanja online tapi bingung mau belanja apa?
Pasar online shop bertebaran dari berbagai marketplace seakan menggoda buat membelinya. Cukup dengan dua sentuhan barang yang ingin Anda beli masuk ke daftar belanja. Fitur AI ini akan membantu Anda menemukan barang sesuai keinginan dalam sekedap, lapar mata jadi cepat terobati. Tapi harus ingat kesehatan dompet ya, biar ngga bablas belanja dan pusing di akhir bulan.
HUAWEI nova 3i smart shopping with AIHUAWEI nova 3i smart shopping with AI
Jadi dengan segala yang ditawarkan Huawei Nova 3i seakan membuat penggunanya merasakan fitur masa depan di masa kini. AI yang mungkin begitu ditakutkan seakan memudahkan manusia dalam berbagai proses termasuk dalam mengambil gambar.

Merasakan masa depan di mulai dari genggam, itulah hal layak Anda rasakan. Ponsel terbaik adalah yang sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda, Huawei Nova 3i itulah yang begitu memikat hati saya dan Anda. Ini cerita saya dan silakan cerita kalian tentang smartphone idaman dan semoga menginspirasi.

Cerita ini saya ikut sertakan dalam lomba Oom Boy Punya Gawe Berhadiah Huawei

Pengen tahu spesifikasi lengkap Huawei Nova 3i? Anda dapat melihatnya di bawah ini
Spesifikasi Ponsel
Huawei Nova 3i
Ukuran
Panjang: 75,2 mm,
Tinggi: 157,6 mm,
Lebar: 7,6 mm,
Berat: 169 g (termasuk dengan baterai)
Warna
Black dan Iris Purple
Layar
Ukuran: 6,3 inch, Warna: 16,7 juta warna, Ukuran Saturasi Warna (NTSC): 85%
(typical value), Typle: TFT LCD (IPS),
Resolusi: FHD+ 2340 x 1080, 409 PPI
CPU
HUAWEI Kirin 710
4 x Cortex A73 2,2 GHz + 4 x Cortex A53 1,7 GHz
Sistem Operasi
Android 8.1 Oreo
Memori
INE-LX2: 4 GB RAM + 128 GB ROM
Jaringan
INE-LX2 (Dual SIM) 4G LTE TDD: B38 / B40 / B41 (2.545 - 2.655 MHz),
4G LTE FDD: B1 / B3 / B5 / B7 / B8 / B28,
3G WCDMA: B1 / B5 / B8,
2G GSM: B2 / B3 / B5 / B8
Secondary SIM card: 4G LTE TDD: B38 / B40 / B41 (2.545 - 2.655 MHz),
4G LTE FDD: B1 / B3 / B5 / B7 / B8 / B28,
3G WCDMA: B1 / B5 / B8, 2G GSM: B2 / B3 / B5 / B8
GPS
GPS, GLONASS, BeiDou, AGPS
Koneksivitas  
802.11b/g/n, 2.4 GHz,
Bluetooth 4.2, BLE, HWA, aptX and aptX HD,
Micro USB, USB 2.0, 3,5 mm Headset Jack,
PC Data Synchronization
Sensor
Sensor Gravitasi,
Sensor Cahaya,
Sensor Sentuh,
Giroskop,
Kompas,
Sensor Sidik Jari
Kamera Utama
16 mega-pixel (color) + 2 mega-pixel (color),
F/2.2 aperture,
supports autofocus (phase focus, contrast focus)
Kamera Depan
24 mega-pixel (color) + 2 mega-pixel(color),
F/2.0 aperture,
supports fixed focal length
Audio/Video
Audio File Format: mp3, mp4, 3gp, ogg, aac, flac, midi.
Video File Format: 3gp, mp4
Emotion UI
EMUI 8.2
Baterai
3.340 mAh, 5 V/2 A charger
Isi Kemasan
Phone x 1,
Built-in battery x 1,
Quick Start Guide x 1,
Charger x 1,
Warranty Card x 1 (dependent on market),
Headset x 1,
Eject pin x 1,
Micro USB cable x 1,
TPU Protective case x 1(dependent on market),
TP protective film x 1(dependent on market)
Harga
Rp 4.199.000,-


Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email

Kumpulan Tulisan