Wednesday, November 13, 2019

Fossil Gen 5, Smartwatch Tepat Pendukung Segala Aktivitas

 
Menjadi pekerja lapangan sudah pasti tak ada hari tanpa sengatan matahari. Cucuran keringat mengalir begitu deras dari leher dan dahi. Sebuah ransel, tumbler, catatan, dan laptop tak pernah lupa dibawa sebagai alat tempur. Bila semuanya sudah terisi di dalam tas, selanjutnya tinggal gas pol menuju lokasi kunjungan. Pekerjaan yang saya geluti saat ini adalah pendamping koperasi dan UKM. Sifatnya yang on going ke setiap lokasi kelompok usaha, kelompok masyarakat hingga usaha individu yang harus ditemui.

Fisik pun harus optimal dan waktu harus dimanfaatkan sedemikian rupa. Mendampingi salah Kabupaten yang ada di Aceh yakni Aceh Barat. Luas area yang dibina pun terbentang luas hingga 2.900 km persegi, total ada sebanyak 312 koperasi aktif yang tersebar 12 kecamatan di Aceh Barat. Itu semua belum termasuk lagi dengan ada 4.000 UMKM yang tersebar jauh hingga ke pelosok. Pekerjaan berat, namun untuk jiwa yang energik itu bukanlah sebuah rintangan.

Area yang luas dengan tenaga pendamping yang cukup terbatas, hanya ada dua orang di setiap kabupaten. Artinya ada banyak koperasi dan UKM yang harus dibina sedemikian rupa agar mencapai. Setiap harinya pasti ada rapat dan janji yang harus ditepati, belum lagi catatan dan materi yang harus dibawa. Semuanya harus dipersiapkan dengan sangat matang sebelum bertemu pemilik usaha ataupun pengurus koperasi.
Saya merasa mendapatkan sebuah kehormatan atas tugas ini, membina potensi ekonomi hajat hidup masyarakat banyak. Mulai dari sektor kelautan, perikanan, pertanian, dan perkebunan. Otomatis dengan berbagai sektor tersebut, ada banyak lokasi yang harus dijelajahi. Mulai dari sejuknya daerah perkebunan hingga panas teriknya datang ke desa nelayan.

Saya pun selalu siap sedia mempersiapkan materi yang akan dibahas, permasalahan yang harus dipecahkan hingga solusi akhir. Bila dianggap sudah selesai di satu koperasi dan UKM, beranjak meminta pamit. Segera bergegas menuju ke lokasi lain yang sudah terjadwal waktunya.

Satu hal yang tak boleh tinggal yakni jam tangan, setiap detik sangat berharga. Ada banyak konsekuensi yang terlewatkan. Berleha-leha atau ngaret artinya akan membuat satu skedul dengan lainnya berakhir berantakan. Lupa memakai jam tangan, seakan ada yang kurang sebelum bepergian. Kebiasaan memakai jam sudah jadi kebisaan sejak kecil, melekat erat di pergelangan tangan kiri, bukan hanya sebagai aksesoris tapi juga fungsinya yang sangat berharga.

Setelah selesai bertugas, ada sesuatu citra yang sedang saya bangun yaitu pola hidup sehat. Saya tak pernah absen berolahraga. Mulai dari latihan kekuatan napas dengan jogging dan berenang, melatih ketangkasan dengan bermain bola, dan melatih kekuatan otot di pusat kebugaran. Hidup bagi saya harus harmoni antara bekerja yang optimal dengan olahraga yang maksimal. Pola hidup yang saya jalani membuat saya jarang sakit dan terserang stres.

Salah satu perangkat yang saya butuhkan pastinya adalah smartphone, hanya saja fungsinya saat ini kurang optimal dan harus mengeluarkannya dari saku celana terlebih dahulu. Saya pun berpikir ada gawai yang dinilai layak dan menunjang itu semua. Pikiran saya pun tertuju pada jam tangan yang mulai punya segudang fitur.

Kini jam tangan bukan hanya mengedepankan fungsi, tapi nilai estetika dan sporty. Model jam tangan yang menarik buat saya adalah smartwatch, ada segudang fitur teknologi yang terbenam di dalamnya. Segala fitur yang tersemat di dalam smartwatch menjadi segala aktivitas dan tanpa mengurangi kesan mewah di dalamnya.

Mengapa saya memilih Smartwatch?
Smartwatch identik dengan masa depan dan teknologi, semua tergambar jelas dari bentuknya yang futuristik lagi kaya fitur. Menggunakan layar sentuh dengan material terbaik bebas goresan dan benturan, serta memudahkan proses perintah lewat jari ataupun via suara. Urusan perawatan pun gampang, bentuknya yang circular, jadi mudah dibersihkan dari debu atau kotoran yang menempel.

Smartwatch bagi saya sangat berfungsi sebagai pengingat segala aktivitas yang padat. Beban kerjaan dari smartphone bisa difleksibelkan melalui smartwatch tanpa harus mengeluarkan ponsel dari saku celana bahkan bisa ditinggal di rumah. Aura sporty sangat kental karena ada banyak fitur olahraga dan penunjang aktivitas outdoor sudah tertanam di dalam smartwatch.

Saat ini saya sedang aktif dalam menjawab tubuh tetap bugar dengan melakukan fitnes. Aplikasi yang sangat berguna adalah Fitness Tracker, punya kemampuan mencapai tujuan akhir dari program fitnes. Smartwatch akan menyambungkan antara aplikasi workout yang direkomendasikan sesuai latihan yang dijalani dan jumlah repetisi. Mengatur tekanan darah, detak jantung hingga hormon stres.

Sering kali punya jam tangan bagus dianggap hanya menaikkan status sosial. Jangan salah jam baik akan memberikan kesan lebih buat klien dan bahkan menunjang segala aktivitas harian. Itulah yang membuat saya menjatuhkan pilihan pada smartwatch. Segudang fitur yang tidak bisa diberikan oleh jam konvensional umumnya. Ada 5 syarat sebuah jam yang baik buat profesional penuh enerjik seperti saya dan saya sudah merangkumnya, cekidot:

Sebuah smartwatch tak hanya mengedepankan luas layar saja, tapi ada setiap aksen mewah dari setiap sudutnya. Mengedepannya konsep anak muda yang penuh warna tapi tetap rasa elegan. Anak muda punya gaya yang ditonjolkan dari smartwatch yang digunakan. Bukan sebatas jam tangan tapi juga punya nilai fesyen.

Tiap akhir pekan pun sering dibanjiri acara pesta. Sulit rasanya menolak di usia saat ini, ada banyak undangan pesta yang harus dihadiri setiap minggunya.  Hal yang wajib dalam pergi pesta adalah penampilan rapi dan formal. Segalanya diperhatikan dari pangkal rambut hingga ujung kaki. Salah satu yang diperhatikan adalah mengenai aksesoris pendukung yaitu smartwatch. Bukan hanya sebatas penunjuk arah waktu, seragam fitur di dalamnya dan paling penting penuh gaya.
Bagi saya, sebuah smartwatch juga mengedepankan build quality dari bahan terbaik yang tahan karat dan kokoh. Seperti menggunakan material stainless steel pilihan. Bentuk diameternya pun harus lebar supaya memudahkan berbagai gesture yang digunakan dan cocok dengan pergelangan tangan saya yang besar.

Desain sudah oke dan fitur sudah lengkap, makin sempurna dengan daya tahan di berbagai kondisi. Pekerjaan dan hobi saya sering dilakukan di luar ruangan, otomatis smartwatch akan menghadapi berbagai kondisi seperti terciprat air dan lumpur. Belum lagi kadang saya sering berenang tanpa melepas smartwatch di pergelangan tangan. Otomatis butuh smartwatch yang tahan air dalam kondisi lama, mendukung hingga 3 ATM, batas maksimal manusia bisa menyelam.

Bukan hanya layar, strap jadi daya tarik sebuah smartwatch. Kesan mewah, tidak kaku, dan tentu saja nyaman digunakan harus menggunakan bahan terbaik. Seperti bahan kulit, silicon, dan metal pilihan. Tujuannya supaya pergelangan tangan tidak lecet dan luka akibat gesekan dengan strap.

Bak mesin yang mampu memacu kendaraan melaju dengan cepat, prosesor jadi otak dari segala tindak tanduk si smartwatch. Saya pun urusan ini tidak main-main karena prosesor yang lambat akan menghambat laju kerja. Dibutuhkan sekali prosesor terbaru yang mendukung aktivitas harian yang super sibuk.

Pilihan menarik yaitu adanya prosesor baru buatan intel yaitu Snapdragon Wear 3100. Chipset ini punya kemampuan dalam daya baterai lebih lama tanpa mengurangi performa dibandingkan dengan pendahulunya. Mendukung konektivitas 4G dengan kemampuan download hingga 1 Gbps dan upload hingga 150 Mbps. 
Kecerahannya pun makin meningkat bahkan di bawah terik matahari serta prosesor terintegrasi dengan teknologi Deep Learning Engine dalam proses kostumisasi beban perangkat jadi lebih optimal khususnya terhadap perangkat sensor pada smartwatch.

Ada banyak Operating System yang digunakan pada smartwatch, bagi saya smartwatch harus cocok di perangkat Android ataupun iOS. Salah satunya ada pada Wear OS yang dikembangkan Google, mampu menyesuaikan dengan perangkat lintas ekosistem selain Android. Ini memudahkan pengguna non-Android menggunakan smartwatch tanpa berganti smartphone.

Smartwatch jadi pionir dalam urusan segudang fitur yang ditawarkan, salah satunya Google Assistant yang mampu menerima panggilan melalui suara. Smartwatch harus mampu melihat menerima segala notifikasi yang masuk dan kemampuan pengguna meresponsnya dengan sangat cepat. Pastinya punya banyak sensor yang berguna dalam proses tracking dan monitoring kegiatan Anda. Segala perpindahan dari semua fitur juga harus terasa smooth dan terpenting punya segudang interface keren yang disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Untuk level sebuah smartwatch harus didukung dengan RAM dan ROM memadai. Ibarat smartwatch jadi perantaraan ponsel saat ia lupa dibawa atau sulit dikeluarkan dari saku celana. Adanya dukungan dengan RAM ukuran 1GB saya nilai layak dan cocok untuk smartwatch masa kini dan buat proses multi app jadi lebih smooth
Makin lengkap dengan ROM yang besar, akan banyak data, dokumen, aplikasi dan fitur komplet di dalamnya. ROM yang lega akan bisa memuatnya, bahkan kumpulan musik, hingga podcast bisa didengarkan kala beraktivitas. Dukungan speaker yang nyaring akan membuatmu tak membutuhkan earphone.

Baterai ibarat nyawa untuk sebuah smartwatch,  makin lama ia bisa bertahan jauh dari daya listrik makin efisien kinerja smartwatch. Pastinya tak mau sebentar-bentar harus mengisi daya agar smartwatch bisa bekerja kembali. Sebuah smartwatch terbaik punya rata-rata waktu penggunaan seharian untuk intensitas tinggi dan bertahan beberapa hari untuk aktivitas ringan dan sedang.

Ada banyak opsi yang bisa dipilih pengguna dalam menghemat daya seperti custom, daily, dan time only. Ini berguna sekali saat diajak jalan ke lokasi yang minim akses listrik. Proses pengisian pun cepat dengan mengandalkan fast charging.  Isi sebentar, gunakan sepuasnya!

Urusan garansi juga dikedepankan, umumnya kendala smartwatch beragam, mulai dari permasalahan baterai, software, hingga layar yang pecah akibat terbentur. Itulah fungsinya klaim garansi dan layanan after sale yang membuat pengguna nyaman. Smartwatch bermasalah, bisa diselesaikan dalam singkat tanpa harus menunggu lama.

Pengguna pasti akan berpikir dua kali membeli barang mahal tapi tidak punya service center di kota-kota besar. Adanya klaim garansi akan mempermudah proses andai saja unitnya mengalami kendala. Kemudian durasinya pun harus panjang dan lebih dari satu tahun, karena umumnya smartwatch banyak mengalami kendala di tahun kedua penggunaan.
Image result for fossil gen 5"
Semua penjabaran di atas seakan membuat saya yakin segala spesifikasi mengerucut pada brand kenamaan asal USA, Fossil. Melalui produk smartwatch barunya Fossil Gen 5 yang digadang-gadang jadi best MVP smartwatch tahun 2019. Segudang fitur khas produktivitas tinggi dipadukan dengan kesan elegan khas anak muda.


Fossil Gen 5 menawarkan beragam fitur dan keunggulan dibandingkan dengan brand smartwatch lainnya. Nama besar Fossil yang terkenal high class di dunia fesyen digabungkan dengan sentuhan teknologi melalui smartwatch buatannya. Siap sih yang tidak tertarik, pengguna bisa mendapatkan desain futuristik. dibalut dalam kemewahan.

Bagi penggemar teknologi seperti saya, sangat sulit lepas dari teknologi, internet, dan bahkan saya sangat sering menulis konten mengenai teknologi. Perhatian besar yang sangat sulit saya lepaskan mengenai teknologi gawai terbaru. Fossil Gen 5 yang kaya akan sentuhan teknologi di setiap tombol dan switch dalam layarnya. Apa saja kelebihan Fossil Gen 5, saya sudah merangkumnya dalam daftar Gen 5 Adventage:

Memang setiap smartwatch bentuknya kaku, tapi pada Fossil Gen 5 ada sejumlah aksen yang memberikan terlihat mewah pada lingkaran circular berdiameter. 44 mm. Meskipun sepenuhnya sudah smartwatch tanpa harus mengurangi kesan klasik dengan tiga tombol fisik yang terhubung dalam aplikasi Fossil Watch.

Berbahan stainless steel sehingga memberikan rasa aman pada layarnya. Desain layarnya menggunakan layar AMOLED 1,23” dengan tingkat kecerahan tinggi bahan dalam terik matahari. Punya tiga tombol fisik berfungsi sebagai penghubung ke dalam aplikasi pada jam Fossil. Desain Fossil Gen 5 sangat cocok buat siapa saja baik anak muda ataupun orang tua.
Punya ketebalan smartwatch yaitu 13 mm dengan ukuran strap 22 mm. Ada tiga pilihan bahan strap yaitu kulit, silicon, dan stainless steel.  Ada dua varian model berbeda sesuai gender yakni Carlyle dan Julianna dibalut dalam enam pilihan warna strap mulai dari abu-abu, biru, coklat, hitam, merah muda, dan roses gold. Urusan pergantian strap mudah dilakukan, tinggal menekan strap, langsung kita bisa menggunakan model strap lainnya sesuai kondisi.  

Pekerjaan saat ini menuntut bekerja di lapangan, ada banyak waktu yang dihabiskan di jalanan atau bahkan lokasi terpencil. Ponsel pun saya selalu letakkan di dalam kantong celana atau bahkan di dalam tas. Ada banyak notifikasi yang terlewatkan, mode yang digunakan pun silent. Ada banyak panggilan masuk yang terlewatkan begitu saja.
Fossil Gen 5 punya segudang fitur penunjang kegiatan sehari-hari seperti voice to text, dalam membalas pesan tanpa harus mengetik, membalasnya dengan emoticon, hingga yang terakhir adalah reply melalui suara. AI-nya mampu mengenai beragam bahasan termasuk gaul sekalipun untuk segera diteruskan pada penerima. 
Adanya fitur OK Google dalam proses pemesanan, pengingat segala kegiatan, fitur penerjemah dan informasi kondisi cuaca. Kemudian Fitur untethered GPS berfungsi melacak dirimu sangat membantu saya dalam menunjang kerjaan lapangan yang sulit mengeluarkan smartphone dari saku celana. Menggunakan customizable dials, pada model ini sudah ada fitur yang bisa menggantikan dial sesuai dengan suasana hati atau bahkan sesuai dengan foto favoritmu yang ada di sosial media.

Fossil Gen 5 menyematkan prosesor baru buatan intel yaitu Snapdragon Wear 3100. Chipset ini punya kemampuan dalam daya baterai lebih lama tanpa mengurangi performa dibandingkan dengan pendahulunya. Mendukung konektivitas 4G dengan kemampuan download hingga 1 Gbps dan upload hingga 150 Mbps.

Kecerahannya pun makin meningkat bahkan di bawah terik matahari serta prosesor terintegrasi dengan teknologi Deep Learning Engine dalam proses kostumisasi beban perangkat jadi lebih optimal khususnya terhadap perangkat sensor pada smartwatch.
Pilihan baterai pun ada custom, daily, time only (durasi waktu akan lama saat bepergian jauh, ke gunung yang kurang daya listrik). 
Layarnya pun bisa diatur menjadi always on display atau diatur saat diangkat saja supaya bisa menghemat baterai dan bisa digunakan lebih lama. Pada bagian belakang jam pun terlihat keren karena ada sensor dan magnetik dalam proses pengisian daya.

Untuk level sebuah smartwatch, Fossil punya penyimpanan lega sebesar 8 GB yang bisa digunakan untuk menyimpan koleksi lagu favorit, konten audio, sejumlah aplikasi penunjang smartwatch hingga menyimpan wallpaper yang digunakan buat tampilan Fossil Gen 5 jadi lebih kece.
Smartwatch Fossil gen 5 sudah dibenamkan speaker yang mampu mendengarkan musik serta microphone yang mampu menangkap suara. Ada anggapan speaker sebuah smartwatch terdengar cempreng, semuanya di jawab Fossil Gen 5 dengan suaranya jernih tanpa noise yang mengganggu layaknya smartphone kelas flagship. Pengguna bisa mendengarkan audible functinlaity dan respons saat ada alarm dan panggilan.’

Fossil Gen 5 adalah salah satu smartwatch android terbaik yang menggunakan Wear OS yang cocok bahkan dengan perangkat non Android seperti iOS.  Tak ada alasan tidak mencoba Fossil karena kemampuannya yang lintas platform. Selain menggunakan Wear OS, Fossil Gen 5 juga menggunakan aplikasi bawaan bernama Fossil App yang bisa digunakan untuk segala aktivitas Anda, Seperti jumlah langkah, kalori yang dibakar hingga alarm pengukur waktu tidur.

Fossil tergolong brand mewah dan ternama, terobosan strategi marketing yang diterapkan adalah dengan melakukan promosi setiap produknya. Promosi yang dilakukan Fossil sangatlah gencar melalui media online atau bisa saja langsung datang ke Store-nya. Secara online bisa langsung saja berkunjung di website resmi Fossil Indonesia.

Andai saja dirasakan kurang puas melihat secara online standby 24 jam dengan proses pengiriman ke seluruh Indonesia. Di rasa masih kurang puas, ada layanan offline dari store Fossil sekaligus coba-coba mana model yang memikat hati. Di Indonesia sendiri, Fossil menggandeng Urban Icon Store. Oh iya, Fossil punya garansi hingga 2 tahun dan service center yang tersebar di kota besar dan bisa konsultasi kendala smartwatch milik Anda.
Fossil Gen 5 dinilai sangat tepat untuk kalangan dengan mobilitas, semuanya tanpa mengorbankan sisi klasik dari tombolnya, keran modern dalam fiturnya hingga kesan mewah dari balutannya. Segala kelebihan tersebut membuat Fossil Gen 5 layak dimiliki dan membangun personal branding dan mendukung lifestyle Anda.
Semoga postingan ini bermanfaat dan Have a Nice day.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Halo Penulis

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer

Berlangganan via Email