Sunday, July 12, 2020

Betapa Menawan dan Bertenaganya ASUS TUF Gaming A15

Dunia Game makin berkembang pesat, menawarkan berbagai opsi bermain dari beragam device. Penambahan pengguna seakan setiap tahunnya terus memacu produsen berinovasi memberikan produk terbaik.

Mungkin saat ini banyak sekali gamer yang mengawali perkenalan device dimulai dari mobile gaming. Selain harganya murah, ia menawarkan portabilitas yang tidak dimiliki oleh PC dan konsol. Hanya saja untuk pengalaman bermain tidak terlalu impresif.

Secara tak langsung gamer mulai berpikir naik kelas sekaligus merasakan sensasi baru. Pilihan itu jatuh pada laptop. Mengapa harus laptop, kenapa dengan PC atau dengan konsol?

Alasan pertama karena sifatnya yang lebih mobile dan tentu saja performa yang tak kalah gahar. Ada begitu banyak laptop yang bisa bersaing lebih hebat dengan spek kekinian. Salah satunya yang dibekali dengan Prosesor AMD Ryzen.
Tahun ini AMD hadir dengan tiga varian dari Ryzen 4000 Series Renoir yaitu Seri U, Seri H, dan Seri Pro. Jelas pilihan yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan performa. Untuk pekerjaan bergelut dengan kreator dan gaming, seri Ryzen 4000 H Series adalah pilihan terbaik.

Kenalan Dekat dengan Chipset Anyar AMD
Seri yang cukup menarik perhatian adalah AMD Ryzen 4000 H-Series. Mendukung segmen gamer dan konten kreator. Salah satu laptop pertama yang mendapatkan pengalaman tersebut adalah ASUS TUF Gaming A15.
Sebagai informasi buat gamer yang belum tahu tentang AMD Ryzen 400 H-Series. Segmen ini ditujukan pada konten kreator dan tentu saja gamer. Performa dan proses rendering lancar dalam proses editing video dan desain grafis pada gamer. Tentu saja pengalaman mengagumkan dalam bermain game dengan FPS tinggi.

Kenapa bisa seperti itu?
Semua itu bisa tercapai karena sudah dibekali dengan 8 core dan 16 thread pada Ryzen 7 4800H. Kemudian 6 core dan 12 thread pada Ryzen 5 4600H. Meskipun begitu, TDP yang dibutuhkan sangat kecil yakni 45W seakan-akan setara desktop laptop.
Pada Ryzen 4000 terdapat sejumlah keunggulan yang tak dimiliki pesaingnya. Sudah punya desain arsitektur Zen 2 dengan fabrikasi 7 nm. Terlihat jelas makin kecil jumlah nm membuat konsumsi daya jadi lebih irit. Selain itu hasil instruksi per clock 15% lebih tinggi dengan densitas transistor ganda.

Selama ini laptop gaming terkenal dengan boros energi karena konsumsi daya. Kini daya berhasil hemat hingga 20% dan memberikan Performance per Watt yang lebih baik. Radeon Core pada Renoir APU juga punya kinerja grafis lebih baik 59% dan tentu saja clock speed hingga 2,9 GHz (Boost up to 4.2GHz).
Prosesor yang digunakan punya kombinasi core yang lebih banyak yaitu 8 core dengan 16 thread. Ryzen 4000 series juga mendukung memori LPDDR4X. Sudah pasti CPU dan GPU bertambah ngebut dan tentu saja kemampuan latency meningkat lima kali lebih dari versi sebelumnya.

Ini yang menurut saya cukup menarik adalah penerapan SmartShift dalam alokasi daya CPU dan GPU stabil. Ryzen 4000 Series menyesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan komputasi yang ringan hingga gamer dengan performa besar.
Saat bermain game konsumsi daya CPU diturunkan dan memberikan daya lebih pada GPU dalam sebaliknya pada proses komputasi. Terlihat pada skor gaming meningkat 10% dan proses rendering video 12% dari generasi sebelumnya.

Urusan bobot laptop gaming sangat jarang yang ringkas, beratnya bisa di atas 2,3 kg dan menyulitkan penggunanya berpindah-pindah. Berkat desain baru dari Ryzen 4000 Series membuat para produsen bisa mendesain form factor gaming laptop jadi lebih ringkas.

ASUS TUF Gaming A15 jadi contohnya, pada SKU A15 FX506IV dengan RTX 2060 bobotnya 2,16 kg. Kemudian SKU A15 FX506II dengan GTX 1060Ti bobotnya malah hanya 2,05 kg. Serta bentuk adaptor yang tak kalah ringkas, jadi tak masalah pindah-pindah lokasi ngegame.

TUF Gaming, Laptop Gaming Impian Para Gamer Budget
ASUS seakan memberikan segmen khusus dari TUF gaming buat para gamer yang ingin naik tingkat. Ada banyak para gamer yang naik tingkat dari sebatas mobile gaming, beralih ke gaming laptop.

Mereka datang dari usia muda yang punya banyak eksplorasi dan yang terpenting adalah spek. Setiap FPS begitu berharga agar bisa lancar bermain tanpa lag dan tentu saja tetap adem saat bermain di kondisi best performance.
ASUS melihat ini jadi lahan basah potensi termasuk di Indonesia, salah satu caranya dengan menggandeng AMD.  Performa gahar yang ada dari AMD Ryzen dalam beberapa tahun terakhir membuat para gamer kepincut. Bahkan bermimpi untuk bisa segera memiliki laptop terbaru dengan stiker merah khas Ryzen.

Apalagi menawarkan harga miring tapi dengan performa oke. Ini seakan memberi jalan bahwa siapa saja bisa punya laptop gaming idamannya. Selama ini laptop budget dikenal degan fitur yang terbatas dan spesifikasi yang tak terlalu mumpuni.

Tapi kini ASUS sadar, pada pangsa ini ada banyak para gamer yang ingin beralih ke PC gaming. TUF Gaming hadir memberikan segala impian para gamer. Merasakan performa terbaik, build quilty yang kokoh, desain yang modern hingga fitur kekinian.

Bagi yang belum tahu mengenai segmen laptop ASUS TUF Gaming. Saya mau jelaskan sedikit akan segmen gaming terbaru dari ASUS tersebut. Ini jadi tahun ketiga mereka eksis dalam menghadirkan laptop gaming budget.
Alasan ASUS cukup sederhana, besarnya potensi gaming PC di tanah air. Ada banyak gamer yang ingin naik kelas, dulunya hanya bermain game mengandalkan ponsel saja. Kini ia merasakan bermain game di layar yang lebih besar lebih leluasa.

Banyak gamer pemula yang mulai beranjak dewasa. Ini menimbulkan hasrat memiliki laptop gaming, selama ini laptop gaming harganya tak terjangkau. Tak jarang banyak gamer yang ingin naik tingkat kesulitan membeli device impian mereka.
Laptop dan Desktop punya pangsa yang besar dan terus meningkat
Hingga akhirnya ASUS hadir dengan segmen menengah ke atas melalui segmen TUF Gaming. Harga terjangkau tapi kaya akan spek dan fitur canggih. Siapa sih yang tak tertarik dengan yang ditawarkan ASUS, apalagi buat gamer advance.

Pasar ini akan terus tumbuh seiring bertambahnya para gamer dari waktu ke waktu. Menurut data dari WeAreSocial, saat ini ada sebanyak 50% gamer tanah air yang menggunakan PC sebagai senjata andalannya.
Angka ini akan terus tumbuh di masa depan, mengingat PC gaming adalah device terbaik memainkan game. Ada banyak yang tidak bisa dilakukan oleh mobile gaming, ditambah lagi chipset yang makin kompetitif dengan harga terjangkau.

10 Harapan Besar Para Gamer Budget
Selama ini saat ada review laptop di berbagai kanal dari sosial media, Youtube, dan Blog. Ada istilah kaum mendang-mending, istilah mereka yang ingin spek terbaik tapi harga teman. Ada banyak keinginan yang diminta dari produsen laptop untuk laptop impian mereka.

Saya mencoba merangkum sejumlah spesifikasi, desain, hingga hal detail lainnya yang sangat diperhatikan kaum mendang-mending, cekidot:

Tampilan Desain Anak Muda Banget, Desain laptop bisa menggambarkan portofolio seorang penggunanya. Segmen game sudah pasti lekat sekali dengan anak muda. Punya semangat dan jiwa energik, sekaligus jadi arena show off pada teman-temannya.

Itulah mengapa laptop gaming pada umumnya terlihat begitu nyentrik dibandingkan dengan mainstream laptop. Ini seakan memberikan daya pikat yang kuat, ada banyak akses dan kombinasi warna di setiap sudutnya. Sekaligus menandakan bahwa dunia anak muda penuh warna adalah stiker.
Material yang digunakan juga tak main-main, karena laptop ibarat sebuah investasi jangka panjang. Harus ada perlindungan dan pengujian yang membuatnya tahan banting dari berbagai skema pengujian.

Prosesor Andal dan Ngebut, Bagi gamer, hal yang paling penting performa terbaik dalam menjalankan gaming. Alasan inilah yang mengharuskan punya dapur pacu yang ngebut.

Pilihan prosesor untuk saat ini datang dari seri Ryzen 4000, seakan menjawab kebutuhan gamer dengan performa terbaik. Sudah pasti berbagai skema pengujian berhasil berjalan dengan sangat optimal. Satu hal yang  wajib adalah mendukung berbagai  genre game Triple A kekinian.
Sebagai otak utama dari laptop, prosesor yang ngebut ini mampu mengintregrasikan berbagai komponen internal seperti chipset, RAM, SSD,  dan VGA bekerja secara berbarengan.

Dimensi Layar Berukuran Besar, Saat ini yang paling dibutuhkan adalah laptop yang sudah dibekali dengan IPS level. Rasanya jadi sia-sia saja andai layar yang dibekali masih layar TN. Pengalaman menikmati konten dan bermain game jadi tak optimal.
IPS Level adalah standar wajib yang diharapkan, ini menghasilkan sudut penglihatan pada laptop pun jadi lebih luas. Menikmati konten tak harus tepat di depan laptop, tapi bisa sudut mana pun. Nah... yang tak kalah penting adalah sudah punya kemampuan hingga 144 Hz.

Memangnya apa itu Refresh Rate?
Buat yang belum tahu, Refresh Rate ialah kemampuan dari layar yang mampu menghasilkan gambar setiap detiknya. Bila saja laptop tersebut punya 144 Hz, itu artinya ada sebanyak 144 frame (gambar) yang diolah.
Ini sangat diharapkan buat para kreator dan gamer, membuat pengalaman mengolah konten dan bermain game jadi sangat  mulus. Mampu membuat mata tidak cepat lelah saat bekerja dalam tempo waktu lama.

Bobot yang ringkas, tak selamanya laptop gaming punya bobot yang berat. Makin ke sini laptop gaming casual makin memangkas beratnya di bawah 2,3 kg. Berat begitu cukup ideal saat berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Mengingat di dalam sebuah tas bukan hanya laptop saja yang harus dibawa. Berat laptop yang terpangkas otomatis memberi ruang yang banyak di dalam laptop. Sekaligus tidak lelah bahu saat dibawa atau saat diajak bekerja di atas pangku.

Konektor yang lengkap, Satu kelebihan laptop segmen gamer adalah punya konektor port di sisi kanan dan kiri laptop. Ini memudahkan berbagai koneksi perangkat periferal yang terhubung ke laptop. Prosesnya jadi lebih cepat dan gampang tanpa harus menggunakan dongle tambahan.

Tak hanya konektivitas yang sifatnya nirkabel juga tak boleh dikesampingkan. Minimal sudah mendukung proses Wi-Fi 5 dan Bluetooth 5 yang membuat akses jadi lebih cepat dan mudah.

Proses Upgrade yang memadai, Ngomongin upgradibality sebuah laptop, siapa yang senang buat upgrade?

Buat para gamer opsi upgrade yang tersedia jadi alasan dalam memutuskan membeli laptop. Opsi ini bisa menambah kecepatan proses read dan write serta daya penyimpanan laptop jadi lebih lapang.

RAM dan SSD penyimpanan jadi komponen yang sering diupdate. Ini membuat laptop mendapatkan performa terbaik, baik dalam bekerja dan bermain. Bila opsi ini tidak tersedia, sudah pasti kurang dilirik para gamer.

Sistem Pendingin optimal, Proses kinerja laptop dengan prosesor seri H otomatis menghasilkan panas berlebih saat bekerja. Panasnya tak jarang merembet ke bagian surface laptop. Keyboard dan layar jadi area yang sering kali terjamah oleh panas berlebih.
Nah... laptop gaming diharuskan mampu mengelola panas dengan optimal. Seperti dengan ada duanya kipas, airflow di sisi kiri, kanan, dan belakang laptop. Karena panas jadi musuh terbesar sebuah laptop melambat dan tidak bisa bekerja optimal.

Daya tahan Baterai Panjang, durasi penggunaan laptop gaming relatif singkat dibandingkan seri lainnya. Itu karena kinerja CPU dan GPU yang bekerja pada level tertinggi. Meski begitu, laptop gaming juga mempertahankan daya yang lebih panjang.
Solusinya yang digunakan ialah dengan menambah watt ukuran baterai atau pengguna prosesor dengan konsumsi hemat daya. Cara ini sangat membantu para gamer bisa bekerja lebih lama saat jauh dari stop kontak.

Keyboard yang Empuk Sudah Backlit, rasanya sebuah laptop gaming kurang lengkap tanpa adanya RGB. Ibarat penegas ia punya segmen gaming yang terkenal dengan gemerlap warna.
Bentuknya didesain sangat menarik dengan key travel distance ideal dan empuk saat digunakan. Bentuk desain tuts keyboard juga diberikan berbagai akses berbeda dengan laptop mainstream.

Kualitas Audio yang menggelegar, Sudah pasti laptop gaming sering digunakan menggunakan speaker bawaan saat lupa membawa headset. Kualitas suara audio yang biasa-biasa saja jelas sebuah kerugian, menimbulkan banyak noise mengganggu.
Itulah mengapa laptop gaming menggunakan kombinasi hardware dan software dalam pengaturan suara yang diinginkan. Ini bisa menyesuaikan komposisi suara sesuai dengan ruangan saat digunakan menonton film dan mendengarkan musik.

Nah... dari segudang harapan tersebut seakan jadi hal yang diimpikan oleh para gamer ialah urusan budget. Ini menjadi pertimbangan panjang dari semua harapan tersebut. Seakan mimpi harus mentok karena budget tak sesuai dengan isi kantong.

Nah... penasaran bukan laptop apa itu?
Tapi buat gamer jangan berkecil hati, kalian bisa mendapatkan apa yang dinginkan dari segmen terbaru dari ASUS TUF Gaming. Menawarkan segala keinginan mereka yang dulunya harus merogoh kocek begitu dalam.

Pastinya sepuluh harapan dan keinginan itu terwujud di tahun 2020 ini dari varian ASUS TUF Gaming A15.  Bisa saya katakan bahkan lebih dari itu, ibarat laptop impian yang menjangkau gamer menengah.

Daya Pikat ASUS TUF Gaming A15
Apa saja yang ditawarkan dari ASUS TUF Gaming A15 pada konsumen?
Kita mulai dari desain, ini yang cukup menarik siapa saja yang melihatnya. ASUS TUF Gaming A15 menawarkan dua varian warna yaitu BonFire Black dan Fortress Gray. Menurut saya warna tersebut kental dengan nuansa militer di setiap aksennya.
BonFire digambarkan seperti sebuah koper kokoh yang kalem sedangkan Fortress Grey identik dengan kesan modern termasuk menyerupai sekrup di setiap ujungnya. Pilihan warna ini seakan menegaskan penggunanya, untuk BonFire identik dengan gamer sedangkan Fortress Grey.

Ukuran layar pasti lega karena sudah 15,6 inchi dengan resolusi FullHD IPS anti-glare dengan Refresh Rate 144 Hz dan Color Gamut 45% NTSC. 
Pada ketiga sisi framenya berteknologi NanoEdge Dipslay namun tetap kokoh sudah melewati skema dari standar MIL-STD-810H. Tes yang harus dilalui antaranya uji jatuh, guncangan, kelembapan, hingga ketinggian.
Meskipun punya frame yang tipis, TUF Gaming A15 tidak menghilangkan posisi webcam di bagian atas. Posisi paling ideal saat melakukan teleconference, apalagi webcam sangat berguna saat ini yang mengharuskan bekerja dari rumah.

Urusan kebutuhan pada software TUF GameVisual dengan pengaturan Color Preset dan Color Temperature pada layar. Membuat pengguna bisa mengonsumsi konten dan bermain game dengan komposisi warna lebih kaya.

Paling menggambarkan kesan gaming lainnya ada pada desain keyboard yang futuristik. Tersedia juga numpad dan tentu saja tombol power sudah memisah dari keyboard. Bentuknya heksagonal yang menjadi tema dari ASUS TUF Gaming A15.
Pastinya sudah punya backlit dengan RGB satu zona diatur melalui Software Armoury Crate. Ada juga tombol WSD yang transparan dan ROG Overstoke Technology yang tahan akan 20 juta kali tekanan. Keyboardnya empuk dan nyaman dengan travel distance 1,8 mm saat digunakan dalam waktu lama.

Tak ketinggalan ada touchpad yang ukurannya center to space bar. Ini memudahkan saat mengetik, touchpad tidak terkenal telapak tangan. Ada pula dukungan multigesture dan tombol klik kiri dan kanan yang memisah.
Setelah bahas dari desain laptop, kini yang menjadi rasa penasaran ada jeroannya. Pada ASUS TUF Gaming A15 sudah dibekali dengan AMD Ryzen 7 4800H dengan 8 core dan 16 thread dengan pilihan GPU GeForce GTX 1650 Ti dan GeForce  RTX 2060.

AMD dengan Ryzen kini tak main-main dalam segala lini. Dimulai dengan sudah berarsitektur Zen 2 dengan fabrikasi 7 nm dan TDP 45 watt. Base clock yang dihasilkan 2,9 GHz dan Max Boost hingga 4,2 GHz.
Chipset dan GPU sudah optimal, kemudian ASUS TUF Gaming sudah dibekali dengan SSD NVMe PCle 512 GB dan RAM DDR4 8 GB yang bisa diupgade. Kemampuannya read dan write SSD-nya cukup bagus terutama dalam berbagai kegiatan multitasking. ASUS juga menyediakan salah satu slot HDD 2,5 inchi yang bisa diisi sebagai penyimpanan tambahan.
Baterai yang disediakan ASUS memang tak terlalu besar yaitu hanya 48 WH. Tapi tak perlu khawatir karena ASUS punya Software khusus Battery Health Charging yang membuat hemat daya. Lalu karena sudah menggunakan Ryzen 4800H dengan fabrikasi 7 nm, otomatis daya tetap hemat.

Bagi saya pribadi, yang paling menarik dari TUF Gaming A15 ialah sistem pendinginnya. Menggunakan dua buah kipas dengan 4 heatpipe dalam membuang panas dari laptop. Desain buangan pada bagian bawah laptop menyerupai sarang lebah.
Mengapa ASUS menggunakan pola unik tersebut?
Menurut pertama kali ada bentuk dari heksagonal dari sarang lebah mekanisme buangan panas yang optimal. Pada sejumlah bidang heksagonal memberikan banyak ruang, itulah yang membuat bagian laptop ASUS TUF Gaming punya begitu banyak heksagonal untuk buangan panas.
Faktor kedua adalah nilai jual dan estetika, ini dirasa sangat menarik meskipun tidak terlihat. Tetapi ASUS sadar bahwa nilai jual laptop kini bukan sebatas spek saja tapi estetika dari setiap aksen yang diberikan. Termasuk logo TUF Gaming di punggung dan pinggir laptop.

Menikmati konten dan bermain game rasanya terasa hambar bila kualitas audio yang diberikan kurang nendang. Speaker laptop dengan kemampuan surround sound seakan memberikan pengalaman nyata.

Pengalaman itulah yang dihadirkan ASUS TUF Gaming A15 bersama DTS:X Ultra Technology. Seakan-akan memberikan suara surround virtual 7.1 kanal berkualitas tinggi layaknya gelegar di dalam teater.
Dibekali tentunya dengan dua speaker yang sudah ditingkatkan dengan empat cut-out yang memompa 1,8 kali suara lebih banyak dan 2,7 kali hentakan bass yang lebih dalam dari generasi sebelumnya. Jadi... selamat tinggal suara speaker cempreng.

Tersedia pula fitur Windows Default pada sistem operasi. Ada tiga opsi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Mulai dari Mode Silent, Performance, dan Turbo. Setiap mode akan mengatur tingkat kebisingan dari kipas bekerja khususnya dalam membuang panas.
Sampai pada akhir kesimpulan buat kita semua akan impresi yang ASUS TUF Gaming A15 berikan. Pada paket penjualan juga tak kalah lengkap termasuk di dalamnya adalah Tas ransel kalem yang terdapat logo TUF Gaming.
Serta stiker yang keren-keren, cocok dihiasi pada laptopmu supaya terkesan lebih berwarna dan eye-catching. ASUS juga menyediakan banyak ruang pada laptop yang bisa digunakan buat kamu menghiasinya dengan stiker.

Kesimpulan Akhir
Setelah kita ngomong panjang lebar, akhirnya sampai pada tujuan akhir yaitu kesimpulan. Buat saya pribadi, ASUS TUF Gaming A15 seakan memberikan segmentasi baru gamer. Menyasar begitu banyak gamer yang ingin beralih ke serius PC tapi dengan pengalaman optimal.

Latar belakang pengguna datang dari anak muda yang penuh dengan tantangan dan rasa penasaran tentu. ASUS pun pintar melihat ini dengan menghadirkan desain menarik, chipset kencang Ryzen 4000 series disandingkan dengan GeForce GTX 1060 Ti atau RTX 2060.
Serta berbagai kemudahan seperti proses ugrade RAM dan SSD tersedia, desain keyboard futuristik, hingga konsep pembuangan panas optimal dipadukan dengan nilai estetika heksagonal khas sarang lebah.

Layak bila ASUS TUF Gaming A15 memberikan dimensi gaming akan sensasi gaming optimal tapi dengan performa maksimal.

Semoga tulisan ini memberikan inspirasi untuk kamu semua, Have a Nice Days. Dan berikut sejumlah spesifikasi lengkapnya. 
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer

Langganan via Email Yuk?