Sunday, October 31, 2021

Yuk Ketahui Efek Samping Penggunaan Dexamethasone

Mengonsumsi obat merupakan salah satu upaya yang dilakukan saat seseorang sedang mengidap penyakit tertentu. Tidak jarang obat yang diresepkan pada orang tersebut pun memiliki dosis yang cukup keras bahkan penggunaan dari obat tersebut pun dibatasi dan hanya bisa dikonsumsi dalam jangka waktu tertentu.

 

Dari sekian banyak obat yang tergolong ke dalam obat keras salah satunya yaitu Dexamethasone yang merupakan obat yang biasa digunakan untuk mengobati masalah peradangan, pembengkakan di area tiroid, radang sendi, alergi, masalah pernafasan, masalah kulit, bahkan sampai masalah ginjal.

 

Penggunaan obat Dexamethasone ini harus sesuai dengan resep dan arahan dari dokter terkait karena dosisnya tidak boleh sembarangan. Bahkan di situasi pandemi seperti saat ini obat Dexamethasone ini juga dipercaya dapat membantu meringankan indikasi penyakit Covid 19 bahkan yang sudah pada tahap parah sekalipun.

 

Namun ternyata ada banyaknya manfaat penggunaan obat ini terdapat beberapa pertimbangan yang harus dipertimbangkan seperti usia penggunanya, kondisi Kesehatan, tingkat kerentanan penyakit yang diderita, dan juga reaksi yang diberikan tubuh terhadap jenis obat sejenisnya karena obat ini merupakan obat keras.

 

Beberapa hal di atas harus dipertimbangkan terlebih dahulu agar nantinya penggunaan dosis obat ini tidak menjadi berlebihan dan justru malah menimbulkan efek samping yang lainnya. Pemberian obat Dexamethasone ini juga harus diberikan secara bertahap dosisnya agar tubuh bisa menyesuaikan terlebih dahulu.

 

Begitu pun halnya jika ternyata pemberian obat ini menimbulkan reaksi yang berlawanan maka obat ini harus dihentikan dengan cara memberikan pengurangan dosis secara perlahan agar mencegah efek samping penarikan obat yang akan membuat virus ataupun tubuh kita kebal terhadap jenis obat seperti Dexamethasone ini.

 

Saat melakukan pemberhentian obat Dexamethasone ini juga Anda perlu berhati-hati terutama jika Anda sedang dalam kondisi jantung yang bermasalah, tekanan darah tinggi, lambung yang bermasalah, infeksi jamur, masalah penglihatan, TBC, Diabetes, hamil atau menyusui, bahkan baru beres di vaksin.

 

Obat dexamethasone ini merupakan obat steroid sehingga penggunaan obat ini akan mempengaruhi daya tahan tubuh dan membuat orang jadi lebih mudah terkena infeksi lainnya. Bahkan kemungkinan terburuknya dapat menyebabkan jenis infeksi atau virus lainnya yang pernah ada di tubuh Anda menjadi aktif kembali.

 

Ada baiknya sebelum meminum obat jenis Dexamethasone ini Anda melakukan konsultasi dengan dokter di rumah sakit dan memberi tahu detail kondisi Anda saat ini dan juga riwayat penyakit infeksi yang pernah dialami dalam kurun waktu 1 tahun terakhir agar menghindari efek munculnya infeksi lama yang sudah pernah diobati.

 

Mengonsumsi obat Dexamethasone ini juga dapat menimbulkan beberapa efek samping di antaranya seperti terjadinya pembengkakan di beberapa bagian tubuh, nafsu makan yang meningkat, gangguan suasana hati, gangguan tidur, ruam-ruam pada kulit, pusing dan sakit kepala, mual, muntah, bahkan perubahan siklus menstruasi.

 

Jika Anda mengalami hal tersebut secara berlebihan ada baiknya Anda berkonsultasi lagi dengan dokter terkait supaya bisa segera menangani efek samping tersebut. Jika efek samping tersebut diabaikan namun konsumsi obat Dexamathasone ini tetap dilanjutkan maka ditakutkan akan menimbulkan efek yang lebih fatal lagi pada tubuh.

 

Pada dasarnya reaksi tubuh seseorang terhadap efek penggunaan obat-obatan keras berbeda-beda, selama reaksi tersebut tidak mengganggu maka penggunaan obat tersebut dapat diteruskan sesuai dosis yang dianjurkan.

 

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menghibur kalian semua, Have a Nice Days

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Lomba Blog Zenfone 9 by widyanti yuliandari

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer