Thursday, March 14, 2024

Meretas Batas: Mendalami Performa ASUS ROG Phone 8

Bertakhta terlalu lama ibarat sebuah pohon tinggi, akan banyak akan angin yang menerpa saat berada di puncak

Pameran Computex di Juni 2018 menjadi tonggak sejarah besar gaming phone. Sejak pertama kali diperkenalkan hampir enam tahun silam. Pada Computex 2018 yang digelar di Taipei, Taiwan, ASUS memperkenalkan ROG Phone sebagai "Smartphone Gaming Android Pertama di Dunia".

 

Ini menjadi tonggak sejarah karena sebelumnya belum ada vendor besar yang benar-benar fokus mengembangkan smartphone khusus untuk gaming. Tentu saja itu bukanlah waktu yang singkat, ada banyak pesaing serupa yang menciptakan produk serupanya, tetap saja ASUS ROG Phone nama pertama saat mendengarkan ponsel yang khusus ditujukan buat gaming.

Dunia gaming ibarat sebuah dunia kompetisi, selalu saja ada top leader yang siap memimpin atau bahkan tersalip lalu terlupakan dalam waktu sekejap. Menciptakan produk terbaik saja tidak cukup, ada banyak tantangan yang harus dihadapi ke depan saat pesaing makin berkembang.

 

Awal mulanya, ASUS kala melihat bahwa dunia game di masa depan akhir cukup kompetitif melalui gawai. Selama ini, gaming hanya didominasi oleh tiga segmentasi: konsol, PC dan tentu saja laptop. Masih belum banyak pabrikan yang berani turun ke dunia gaming phone.

 

Masa itu superioritas PC dan konsol masih sangat kuat, laptop gaming pun beratnya masih sebesar gaban. Boro-boro mikirin buat ponsel gaming yang powerfull buat diajak gaming. Ponsel hanya digunakan sebagai alat koordinasi, meskipun punya spek gahar. Itu saja ia tidak mampu bersaing kuat di lini gaming.

 

Kehadiran ASUS ROG Phone di tahun 2018 menjadi bukti, segmentasi ponsel gaming akan meledak di masa depan. Menjadi top leader nyata tak mudah, ada banyak tekanan dan harapan terutama saat produk ROG Phone sangat digandrungi oleh gamer. Satu sisi menguntungkan namun di sisi lain, ada banyak yang siap mengintai peluang. Menganalisis segala kelemahan yang dimiliki dan membuat produk Anti tesis yang mampu mengalahkan top leader.


Tak hanya itu saja, para kompetitor akan mencari cara baru untuk mengalahkan juara yang sedang berkuasa. Hal ini mendorong juara untuk terus-menerus beradaptasi dan mengembangkan strategi baru untuk tetap bersaing di puncak. Proses penyesuaian ini dapat memakan waktu dan sumber daya, dan tidak jarang mengharuskan juara untuk keluar dari zona nyaman mereka.

 

Di sini kompetisi makin ketat, apalagi seiring berjalannya waktu, pesaing-pesaing lainnya juga akan terus berkembang dan meningkatkan kemampuan mereka. Ini berarti bahwa setiap kali seorang juara berhasil mempertahankan gelar, mereka mungkin harus melawan lawan-lawan yang semakin tangguh dan terampil.

Bila tak mampu meretas batas dan berhenti berinovasi tanpa henti, rasanya meretas batas akan ada batasannya. Perlahan akan ada siklus yang berganti dengan cepat. Inilah coba ASUS pertahankan dari produk unggulannya. Ia sadar bahwa menjadi pertama saja tak cukup, namun menjadi yang terbaik dari pada pesaingnya adalah modal belajar ditambah dengan kemampuan mau berkreasi setiap tahunnya.

 

Dunia Gaming Phone: Ibarat Kompetisi Balapan Teratas

Dunia gaming tiap tahun ibarat legitimasi siapa yang terbaik di bidangnya, mulai dari inovasi, rancangan produk hingga performa. Ada banyak pesaing serupa yang mempersiapkan ponsel gaming terbaiknya. Ia berupa sebaik mungkin untuk bisa menang, melibas setiap segmen pengguna agar ponsel yang ditawarkan bisa menang.

 

Analoginya tak jauh beda dengan balapan, melahap setiap sirkuit dengan berbagai karakteristik berbeda. Apakah berpengaruh pada down force, sirkulasi udara hingga tentu saja ketahanan mesin pacu. Ada sejumlah mobil balap yang harus mengakhiri balapan lebih awal karena masalah mesin.

 

Saat ini saya getol menyaksikan kompetisi balap terutama balapan Jet Darat Formula 1. Jelas di sini digambar seperti sebuah kompetisi bukan hanya terbaik di atas lintasan saja, namun semua aspek dari pembalap, divisi pengembangan mesin, divisi aerodinamika hingga tentu saja kondisi politik tim.

 

Barulah bila semua komponen ini bisa berjalan dengan cukup baik, bisa dikatakan bahwa mobil balapnya mampu bersaing di setiap lintasan. Acuan ini seakan menggambarkan bagaimana sebuah kompetisi yang sebenarnya.

 

Proses pengembangan mobil Formula 1 jadi hal paling kompleks dan memakan waktu yang panjang. Semua diawali dari proses penerapan desain awal sebuah mobil, buat yang fans F1 pasti tahu bahwa sejak tahun 2022 konsep yang digunakan adalah Ground Effect. Di sini semua tim berlomba-lomba membuat mobil dengan konsep tersebut. Bila mereka berhasil, artinya untuk 4 tahun ke depan akan digdaya.

Segala sumber daya dan tenaga dikerahkan, melakukan riset dan membuat berbagai desain yang nantinya akan dipakai dan terus disempurnakan selama 4 musim beruntun. Lalu sampailah tahapnya para tim insinyur dan desainer menganalisis regulasi terbaru dan mulai membuat sketsa awal desain dengan menggunakan perangkat lunak CAD. Merancang mobil sedemikian lupa seperti regulasi yang berlaku. Tahapan ini, para desainer juga harus punya nilai estetika, tak hanya cepat di atas lintasan tapi juga punya desain yang cakep.


Bila konsep mobilnya sudah jadi, dilanjutkan pada proses pengujian yang dilakukan dengan terowongan angin dan perangkat lunak computational fluid dynamics (CFD) untuk mengoptimalkan desain. Pada proses ini, tentu saja para teknisi bekerja di bidang lainnya terutama dalam mempersiapkan komponen dari chassis, suspensi, rem, dan sistem elektronik.

 

Dan... akhirnya jadi. Tapi masih berbentuk prototype yang tentu saja masih melalui proses pengujian awal seperti kekuatan struktur, distribusi bobot, dan packaging komponen. Lalu ada juga proses pengujian yang dilakukan secara simulator terutama pada bagian mesin, transmisi, dan sistem aerodinamika diuji terpisah menggunakan simulator dan dinamometer sebelum diintegrasikan ke mobil.

 

Akhirnya mobilnya selesai, tapi itu harus dilakukan proses perakitan. Ini pekerjaan yang sulit dan dengan ketelitian tinggi. Ibarat membangun kumpulan lego yang sangat rumit hingga menjadi sebuah mobil yang utuh.

 

Perakitan mobil berbagai komponen seperti mesin, transmisi, sistem aerodinamika, dan elektronik dirakit menjadi satu mobil F1 yang utuh di fasilitas manufaktur. Ada jutaan komponen menjadi satu buah mobil utuh yang kencang lagi bertenaga. Urusan ketahanan juga harus dipertahankan, percuma cepat bila nantinya overheat dan gagal finish.

Hari pengujian di lintasan akhirnya tiba, ini berlangsung selama masa pra musim. Waktu yang singkat itu manfaatkan buat menguji kemampuan mobil semaksimal mungkin. Pengujian di wind tunnel atau 3D model design tak ada artinya bila tanpa mengaspal sedikit pun. Di sinilah hasil data telemetri didapatkan dan menjadi patokan keunggulan dibandingkan pesaingnya.

 

Hingga akhirnya tiba, balapan sebenarnya datang. Di awal dengan free practice dan kualifikasi buat menentukan posisi terbaik di Grid. Siapa yang paling punya catatan waktu terbaik, dialah yang akan memimpin start di hari minggu.

Saat barisan mobil berbaris untuk memulai start di hari minggu. Saat itulah balapan sebenarnya dimulai, menjadi yang terbaik selama satu musim. Mengalahkan rival di segala aspek sirkuit dan membuat para fans senang. Persiapan melelahkan selama 12-18 bulan bahkan lebih dari tim insinyur, desainer, dan mekanik akan diuji saat itu.

 

Hingga akhirnya lampu hijau menyala, memacu mobil secepatnya dan balapan serta musim pun dimulai.

 

Menciptakan Ponsel butuh Persiapan Matang

Menciptakan sebuah ponsel gaming semuanya dimulai dari riset dan perencanaan yang matang. Para teknisi di sini mencoba memahami pasar terutama itu segmentasi yang sangat baru. Inilah tantangan pertama ASUS saat pertama kali mengeluarkan seri ROG Phone.

 

Mereka para produsen harus memahami kebutuhan dan keinginan konsumen, serta analisis kompetisi dengan para pesaingnya. Selain itu, perencanaan dilakukan untuk menetapkan target kinerja, fitur, dan desain ponsel gaming yang akan dikembangkan. Makin baru, jelas makin sulit. Namun bila sukses, pasti akan jadi trendsetter di kalangan gamer.

 

Bila dirasa sudah sangat siap dalam hal proses ini, tinggal memilih konsep. Setiap tahunnya konsep gaming berubah-ubah sesuai selera pasar. Di awal kemunculannya, konsep dari ROG Phone sangat gaming abis dengan ciri khas fisik dan tentu saja lebih ngejreng.

 

Perlahan kini, desain ponsel gaming jadi lebih kalem secara bentuk fisik dan juga bobot. Secara tampilan interface baru deh saat dihidupkan segala fitur gamingnya keluar. Ada juga proses pengembangan seperti hal pengaturan gaming, dan aplikasi khusus gaming. Inilah yang membedakan dengan ponsel biasa.

Perangkat lainnya yang perlu diperhatikan tentu saja urusan hardware. Tahap ini melibatkan pengembangan komponen perangkat keras utama seperti prosesor, GPU, RAM, layar, baterai, dan pendingin. Desain sirkuit cetak, pengujian, dan iterasi dilakukan untuk memastikan kinerja optimal.

 

Bila dirasa sudah siap semua, kini saatnya dilakukan berupa pengujian internal dan eksternal. Ini termasuk pengujian kinerja, keandalan, ergonomi, dan pengalaman pengguna. Para penguji akan melihat sebagai mana produk yang nanti akan diluncurkan akan diterima sama gamer. Barulah nantinya dilakukan proses validasi agar memastikan produk sudah terjadi dari segala macam: pengujian daya tahan, uji tahan air/debu, pengujian baterai, dan pengujian perangkat lunak.

Baru deh, masuk ke tahapan produksi massal. Saat produk prototipe sudah berhasil dan layak diproduksi. Pastinya divisi bagian manufaktur sibuk banget apalagi bila produk akan segera diperkenalkan ke publik. Kerja lembur bagai kuda deh.. Sudah pasti harus sebaik mungkin dan minim kesalahan.

 

Dan akhirnya, yang ditunggu-tunggu tiba yaitu proses peluncuran dan pemasaran. Ini sih biasa beragam ada yang cuma iklan di TV atau sosial media dan bahkan mengundang para jurnalis serta sebagian fanboy hadir. Melihat serta merasakan aura sebuah ponsel baru, apalagi itu segmen baru. Jelas jadi buah bibir buat dicoba sama siapa saja.

 

Bila dirasa sangat menarik dan berhasil, jangan heran angka penjualan akan melejit. Mengalahkan para pesaing bukan hanya di tahun itu saja namun di tahun-tahun ke depan. Nah.. inilah yang ASUS lakukan saat pertama sekali ROG Phone meluncur. Para pesaingnya pada melongo dan sadar bahwa gaming ponsel adalah segmentasi sendiri. Sisanya adalah sejarah dan menjadi top leader.

 

Jadi... waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan sebuah ponsel baru dari awal hingga peluncuran biasanya berkisar antara 12-18 bulan. Itu dimulai dari proses kompleksitas desain dan fitur yang akan disematkan. Bagi produsen ponsel besar untuk memastikan kualitas dan mengurangi risiko produk yang cacat.

Semakin kompleks desain dan semakin banyak fitur baru yang ingin diintegrasikan, akan semakin lama waktu pengembangannya. Ponsel flagship dengan fitur-fitur canggih seperti kamera berkemampuan tinggi atau teknologi baru biasanya membutuhkan waktu pengembangan lebih lama.

 

Innovation to Survive ala ROG Phone 8

Saya mendapatkan inspirasi dari Film Dokumenter di Netflix berjudul Drive to Survive. Bagaimana setiap race adalah sebuah tantangan terbesar untuk ditaklukkan. Sama halnya dengan dunia produksi ponsel, setiap langkah ada kompetisi dan harus dimenangkan.

Inilah yang membuat ASUS ROG Phone 8 berani jor-joran dan tentu saja tampil beda. Sudah hampir 6 tahun dan perubahan dunia gaming itu cepat ibarat Formula 1. Bila di dunia balap ada istilah perubahan regulasi yang membuat setiap tim harus beradaptasi dengan cepat. Di dunia ponsel gaming ada istilah perubahan kebiasaan pengguna.

 

Bagi saya sendiri, dunia gaming tak jauh berbeda dengan dunia jet darat. Sebagai contoh,  saya memberikan contoh gamblang dalam hal desain. Saat ini pergeseran desain sebuah ponsel gaming sudah berbeda. Aksen-aksen khas gaming makin berkurang jumlah dan bahkan bobotnya sudah mendekati bobot ponsel gaming terutama karena manajemen panas yang makin bagus.

Selain itu juga, ROG Phone juga memiliki desain bodi dengan sudut-sudut tajam dan permukaan 3D yang bertujuan untuk meningkatkan aliran udara pendingin dan distribusi bobot yang efisien. Sama halnya pada mobil F1 yang menerapkan prinsip aerodinamika dalam tata letak desainnya.


Loncat pada urusan performa, ASUS ROG Phone didesain khusus untuk memberikan performa balapan maksimal, ROG Phone dikembangkan dengan spesifikasi hardware terbaik untuk menjalankan game dengan performa tinggi, seperti prosesor kuat, RAM besar, dan sistem pendingin khusus untuk menghindari throttling.

 

Kokpit pembalap didesain sangat kuat agar menghindari pembalap dari cedera. Kini sudah ada perangkat keselamatan bernama HALO, berguna melindungi kepala pembalap dari benturan. Sama hal pada ROG Phone, disematkan perlindungan dari bentuk oleh Gorilla® Glass Victus™2 agar layarnya tetap aman dan tentu saja sertifikasi IP682 yang aman dari cipratan air serta debu.

 

Ada satu hal yang penting urusan kontrol Presisi dalam balapan F1, kontrol yang presisi sangatlah penting. Demikian juga dengan ROG Phone yang dilengkapi fitur AirTrigger, memungkinkan gamer menambahkan tombol sentuh virtual di posisi yang nyaman untuk kontrol permainan lebih akurat.

 

Aksesoris pendukung mobil F1 ada sangat banyak seperti ban, perangkat telemetri, dan sebagainya. Inilah yang membuat olahraga jet darat jadi menarik. Aksesoris ini mampu mendukung mobil dipacu semaksimal mungkin.

ROG Phone 8 serupa, sejak awal kemunculannya ASUS sadar bahwa aksesoris jadi nilai tambah pada sebuah produk yang ditawarkan. Sebagai buktinya, kini ada beragam aksesoris dari dock pendingin, kipas angin, kunai hingga gamepad. Tokcer pastinya...

 

Fokus pada Komunitas Tim F1 memiliki basis penggemar yang besar dan loyal. ROG Phone juga ditujukan khusus untuk memenuhi kebutuhan gamer, dengan pemasaran yang berfokus pada komunitas gaming. Ada banyak turnamen game yang ROG lakukan dan juga membangun komunitas para gamer dalam mengenal dan mengenai lebih jauh terkait produk ROG yang ia miliki.

Intinya, secara keseluruhan, ROG Phone dapat dianggap sebagai "mobil F1" di dunia smartphone gaming, didesain khusus untuk memberikan pengalaman dan performa gaming terbaik kepada para penggunanya. Jadi tak heran analogi yang kami pakai sangat layak. Ingin jadi terdepan di lintasan balap bernama gaming.

 

Daya Tawar Menarik dari ASUS ROG Phone 8

Sudah makan asam garam di dunia gaming phone, ASUS sadar setiap tahun peluncuran produk mereka. Harus ada daya tarik yang membuat gamer membeli produk terbarunya. Urusan gaming mah sudah masuk ke ranah performa dan loyalitas penggunanya.

ASUS sudah membangun citra ini sejak awal kemunculannya, jangan heran saat pertama kali diperkenalkan pasti produknya akan raib. Tak berhenti di situ saja, ada banyak keunggulan dihadirkan terutama di generasi ROG Phone 8. Apa saja kejutan yang ASUS ROG Phonem berikut ulasannya:

 

ROG Vision dan Permainan Kombinasi Warna

Ini termasuk fitur baru menurut saya. Seakan menampilkan berupa tampilan warna matriks unik di bagian belakang ponsel yang menunjukkan inovasi berani di balik merek ROG. Fitur kreatif ini dapat menampilkan animasi luar biasa yang dipicu oleh peristiwa penting seperti status pengisian daya, panggilan masuk, aktivasi Mode X, dan lainnya.

 

Ada lebih dari 16 juta kombinasi warna dan 8 mood-lighting preset pada ASUS ROG Phone 8. Nah.. buat yang suka kombinasi animasi sekalian buat flexing, bisa dipilih dan disesuaikan animasi sesuai dengan gaya mengapresiasikan vision sesuai gaya.

Bahkan pada seri ROG Phone 8 terbaru memiliki elemen unik yang dapat disesuaikan, termasuk logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layar Mini-LED Anime Vision (ROG Phone 8 Pro/Pro Edition), yang memungkinkan pemiliknya untuk mengekspresikan individualitas dan kreativitas mereka.

 

Lalu ada juga tampilan berupa AniMe Vision adalah layar 341 elemen yang dapat menampilkan animasi yang telah diatur sebelumnya atau yang dibuat oleh pengguna. Selain itu, sesama pengguna ROG Phone 8 Pro/Pro Edition juga dapat membuka kunci animasi rahasia dengan menempelkan punggung kedua ponsel satu sama lain. Tokcer pastinya...

 

ASUS ROG Phone 8, Ponsel Gaming paling Kompetitif

Berbicara dengan ASUS ROG Phone 8, saya rasa ia merupakan ponsel gaming yang dicari oleh gamer atau pun non-gamer sekalipun. ASUS pintar melihat peluang itu semua yaitu dari desain awalnya. Menampilkan tampilan matriks ROG Vision yang unik di bagian belakang, dan sistem pendingin GameCool 8 yang ditingkatkan dengan AeroActive Portal yang inovatif.

 

Bentangan layarnya tergolong luas dan sudah menggunakan layar Samsung AMOLED 165 Hz dengan tingkat kecerahan hingga 2500 nits. Menawarkan Delta E < 1 yang dapat membedakan warna dalam setiap perbedaannya warna minor sekalipun saat ditangkap oleh mata.

Ukuran bentangan layaknya hingga 6,78 inci membuatnya makin lega karena sudah punya mendukung kecepatan refresh adaptif menggunakan teknologi LTPO.  Mampu menyesuaikan kecepatan refresh secara otomatis dari 1 hingga 120 Hz tergantung pada tugas yang sedang dikerjakan untuk mengurangi konsumsi daya yang digunakan.

 

Layar ini juga dilengkapi dengan TUV Rheinland Low Blue Light Certification, dengan solusi berbasis hardware untuk mengurangi flicker yang mengganggu kenyamanan dan kesehatan mata. ASUS ROG Phone 8 telah mendukung Refresh Rate 165Hz. Ada pula perlindungan utama dari Gorilla® Glass Victus™2 karena ROG Phone 8 sudah punya bezel sangat tipis hingga rasio display-to-body sebesar 94%.

Serta juga menampilkan efek legendaris yang dihasilkan AI dalam game, tombol haptic AirTrigger yang dapat disesuaikan, dan pembaruan pengaturan game berkelanjutan oleh tim ROG Gaming yang melambangkan semangat inti ROG.

 

Selain itu, ROG Phone 8 Ultimate menampilkan ROG Vision, tampilan warna matriks unik di bagian belakang ponsel. Fitur kreatif ini dapat menampilkan animasi yang dipicu oleh peristiwa sistem, seperti status pengisian daya, panggilan masuk, aktivasi Mode X, dan lainnya. Gamer bahkan dapat membuat animasi yang dipersonalisasi di bagian belakang ponsel.

 

Performa Gahar buat diajak buat Pertandingan Akbar

Seri ROG Phone 8 yang perkasa dibangun tanpa kompromi, melepaskan kekuatan gaming yang luar biasa. Itu semua berkat hadirnya dapur pacu Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 3,3 GHz, CPU menjadi 30% lebih cepat7 dan GPU 25% lebih cepat7 dibandingkan sebelumnya. ROG Phone 8 Pro juga dibekali RAM LPDDR5X 8533 Mbps dan ROM UFS 4.0.

Berkat teknologi Snapdragon Elite Gaming, ROG Phone 8 mendukung ray tracing percepatan komputasi waktu nyata pada perangkat keras. Artinya, untuk game yang didukung, gamer dapat menikmati pantulan hiper-realistis terutama pada permukaan air dan logam yang menambahkan dimensi baru pada pengalaman bermain game.

 

Didukung WiFi 7 (802.11be) dengan Qualcomm® FastConnect 7800, yang mendukung kecepatan tinggi 320 MHz dan Multi-Link operation dengan kinerja latensi yang memungkinkan pengguna mengubah permainan secara sangat gampang. Serta adanya HyperFusion meningkatkan kecepatan koneksi internet dengan menggabungkan koneksi seluler 4G/5G dan WiFi. Jelas terasa ngebut banget dah.

 

Sistem Manajemen Panas Jempolan GameCool 8

Untuk meminimalkan konsumsi daya tanpa mengorbankan kinerja, seri ROG Phone 8 memanfaatkan peningkatan efisiensi daya sebesar 15% yang ditawarkan oleh Platform Seluler Snapdragon 8 Gen 3, disempurnakan dengan sistem pendingin GameCool 8 terbaik yang pernah ada untuk mendinginkan CPU dari segala arah.

Metode ini menggunakan pendekatan tiga cabang. Untuk sesi singkat, senyawa termal Boron Nitride (BN) di satu sisi CPU mengurangi pelambatan. Sesi tengah ditangani oleh vapor chamber yang lebih besar dan lembaran grafit di sisi lain CPU. Lalu pada AeroActive Cooler X dilengkapi dengan kipas yang ditempatkan tepat di atas modul CPU yang bekerja untuk pendinginan aktif bertenaga AI.

 

Tak hanya itu saja, ada peningkatan proses pendinginan dengan AeroActive Portal. Caranya dengan mengarahkan aliran konstan udara dingin dari pendingin ke sirip pendingin vapor chamber. Sangat efisien menghilangkan panas yang dihasilkan oleh SoC, serta menghasilkan peningkatan kinerja game dan daya tahan baterai. Saat Portal AeroActive diaktifkan, efisiensi termal meningkat hingga 20%.

 

Teknologi terbaru rapid-cycle vapor chamber di ROG Phone menggunakan kolom sumbu berbentuk trisula khusus di tepi panjang ruangan untuk meningkatkan efisiensi. Selain itu, ada enam saluran pengembalian cairan yang berfungsi sebagai jalan bagi air untuk mengalir kembali ke SoC yang siap untuk siklus termal berikutnya.

 

AeroActive Cooler X menghadirkan kipas dengan lebih banyak bilah, serta pendingin Peltier termoelektrik bawaan untuk daya pendinginan maksimum. Desain DualCool yang revolusioner memastikan bahwa meskipun bagian belakang ponsel didinginkan oleh pendingin Peltier, udara pendingin juga diarahkan ke seluruh layar ponsel untuk efisiensi pendinginan maksimum.

Lembaran grafit yang hemat panas di ROG Phone 8 juga dibuat lebih besar dan dibentuk ulang untuk memaksimalkan perpindahan panas dari mainboard dan RF board. AeroActive Cooler X juga menghadirkan pendingin Peltier termoelektrik bawaan untuk daya pendinginan maksimum.

 

Desain DualCool yang revolusioner memastikan bahwa meskipun bagian belakang ponsel didinginkan oleh pendingin Peltier, udara pendingin juga diarahkan ke seluruh layar ponsel guna efisiensi pendinginan maksimum.

 

Gelegar Ledakan Suara di ROG Phone 8

Para gamer yang menggunakan seri terbaru ASUS ROG Phone 8 akan merasakan kualitas suara yang terdengar sebagus jernih. Semua tentunya berkat adanya speaker kembar depan 12 x 16 mm dengan volume 50% lebih efektif dari sebelumnya, serta dibantu oleh sub-woofer lima magnet super-linear 13 x 38 mm dalam pendingin AeroActive Cooler X.

 

Peningkatan volume bass hingga 77 % untuk suara 2.1 yang tidak ada duanya dalam game atau film saat pendingin terpasang. Penyempurnaan bekerja sama dengan pakar audio di Dirac memastikan kualitas suara yang tak tertandingi.  Cocok digunakan saat berada di outdoor dan kondisi yang cukup berisik, sekaligus bisa sekalian show off saat lagi gaming.

Seri ROG Phone 8 memiliki semua teknologi untuk semua suara, mulai dari headphone jack 3,5 mm hingga Dirac Virtuo™ For Headphone untuk menghasilkan suara spasial layaknya teater. Dukungan teknologi Snapdragon Sound memastikan audio Bluetooth® dengan fidelitas tinggi latensi super rendah, jadi apa pun yang didengar oleh pengguna, telinga mereka akan dimanjakan oleh ROG Phone 8.

 

Ragam Fitur Unik Khas ASUS ROG Phone 8

Fitur perangkat lunak baru meningkatkan pengalaman bermain game lebih tinggi. X Sense 2.0 membantu gamer untuk mendeteksi peristiwa penting di layar, seperti saat item baru yang penting muncul di peta atau musuh mendekat dengan notifikasi pop-up.

 

Buat gamer profesional, dalam proses mengalahkan banyak lawan dalam satu manuver, X Sense 2.0 menambahkan efek visual untuk menambah efek selebrasi. X Capture adalah alat AI yang secara otomatis merekam momen tak terlupakan dalam pertempuran, seperti mengalahkan musuh atau memenangkan pertandingan.

 

Empat fitur AI yang ramah untuk bermain game di seri ROG Phone 8 meningkatkan pengalaman bermain game ke tingkat yang lebih tinggi. Gamer dapat dengan mudah mengalihkan game ke latar belakang dengan Background Mode atau menangkap momen penting dengan X Capture, menjadikan perangkat ini sangat diperlukan oleh para gamer yang cerdas.

AI Grabber yang intuitif untuk menangkap teks dan X Sense 2.0 meningkatkan pengalaman bermain game dengan memberikan tips dan bantuan saat dibutuhkan. AI Grabber kini juga dapat mengambil teks langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition, dan X Capture serta X Sense 2.0 kini mendukung lebih banyak game terbaru berkat teknologi AI Pattern Recognition.

 

Proses ini tentunya makin mudah karena sudah ada kontrol ultrasonik AirTrigger yang terkenal memberi gamer kontrol ujung jari yang tak tertandingi untuk pengalaman seperti konsol. Fitur ini mendukung berbagai gerakan, termasuk Dual Action, Press and Lift, dan Gyroscope Aiming.

Ada juga 10 kontrol gerak dan motor linier sumbu X yang memberikan umpan balik haptic yang kuat, membawa gamer ke dalam aksi. Hal ini juga memungkinkan fitur Vibration Mapping yang luar biasa, yang meningkatkan pengalaman sentuh dengan memberikan umpan balik haptic yang dapat disesuaikan untuk tombol virtual di layar.

 

Ponsel Gaming Tetap Mengutamakan Kamera

Gamer ngga butuh kamera bagus? Kata siapa?

Kini Gamer tak hanya ngebut di permainan tapi ciamik dalam mengolah gambar. Jepretan gambar yang ngeblur tentu tidak ada di ASUS ROG Phone 8. Gamer dan kreator sekarang dapat menjelajahi kemungkinan fotografi tanpa batas dengan kecanggihan tri-camera system dari seri ROG Phone 8.

 

Menurut saya pribadi, kameranya jadi cakep dan lebih besar. Seakan-seakan ini bukan segmentasi gaming. Kalau diibaratkan, ia mirip mobil city car yang kelihatan kecil dan santun di jalan raya. Nyatanya punya tenaga turbo yang setara supercar. Begitulah urusan kualitas kamera yang kali ini disematkan pada ROG Phone 8.

Kamera utama menggunakan sensor gambar Sony 50 MP terbaru untuk menghasilkan gambar yang jernih. Lensa sudut lebar 24 mm sangat cocok untuk pengambilan gambar di jalanan yang dinamis, sementara mode zoom 2X mengubahnya menjadi lensa utama 50 mm yang serbaguna, ideal untuk fotografi potret dan fotografi makanan. Fotografi dan videografi dapat mencapai tingkat yang lebih tinggi dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, yang memastikan video yang lebih mulus dan foto yang bebas guncangan saat bepergian.

 

Perkembangan stabilisasinya sekarang mendukung mode pemotretan standar dan potret, sehingga ideal untuk fotografi rendah cahaya. Stabilitas video terjamin dengan perangkat keras anti-guncangan OIS dan algoritme perangkat lunak EIS yang telah ditingkatkan yang menggunakan data giroskopis untuk mendeteksi gerakan. Penyesuaian dinamis bidang pandang ini memastikan video tetap stabil.

 

Untuk pertama kalinya, seri ROG Phone 8 menyertakan lensa telefoto 3X yang memungkinkan pengambilan gambar objek yang jauh. Lensa yang dilengkapi dengan OIS internal ini memberikan hasil yang jernih dan tajam, bahkan dalam kondisi minim cahaya dengan mode Night Photography. 

Teknologi ASUS HyperClarity, menggunakan file yang belum diproses (RAW), mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X. Selama perekaman video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk menghasilkan hasil yang stabil hingga zoom 10X.


Kamera ultrawide 13 MP memiliki lensa free-form dan algoritma canggih untuk mengurangi distorsi lensa, sehingga menghasilkan gambar yang memukau namun tetap natural. Seri ROG Phone 8 memberikan kualitas dan kejernihan yang luar biasa dalam setiap pemotretan dan perekaman.

 

Terakhir, kamera swafoto ultrawide 32 MP di bagian depan memiliki Field of View yang telah ditingkatkan dari 73° menjadi 90° untuk membuatnya sempurna untuk swafoto grup. Lensa ini memiliki sensor RGBW yang memastikan gambar yang bersih dengan noise yang lebih sedikit, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

 

Daya Baterai Optimal dari ROG Phone 8

Untuk kenyamanan maksimal saat digunakan bermain game secara maksimal. ROG Phone 8 hadir dengan baterai monster 5500 mAh, sebuah kapasitas yang cukup besar dan bisa digunakan secara jangka waktu lama. Sudah dilengkapi charger 65 wat dalam paket pembelian. Tentunya dengan charger sebesar ini, dapat mengisi ulang hingga 100% hanya dalam waktu 39 menit saja.

Selain itu telah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti Steady Charging untuk mengontrol kecepatan pengisian daya, dan Bypass Charging yang menjeda pengisian daya saat lagi aksi bermain game. Hasil akhirnya adalah masa pakai baterai yang lebih lama dan masa pakai baterai yang lebih baik.

 

Termasuk juga berupa tambahan pengisian daya nirkabel 15 watt saat bepergian jauh. Tak perlu khawatir ngegame meskipun di perjalanan, masih ngegas sampai puas.

 

Jadi ingin memilikinya, lalu bagaimana dengan harganya?

ASUS ROG Phone 8 hadir dengan sejumlah varian terutama pilihan warna Phantom Black dan Storm grey. Pilihannya dari yang 12 GB RAM dan kapasitas penyimpanan 256GB hingga yang edisi spesial berupa RAM 24GB dengan kapasitas penyimpanan hingga 1TB.

 

Penasaran bukan, berikut ini list harga sejumlah produk unggulan dari ASUS ROG Phone 8. Cekidot:

Harga & Ketersediaan ROG Phone 8

- ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black - Rp. 10.999.000

- ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey - Rp. 10.999.000

- ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black - Rp. 14.999.000

- ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black - Rp. 19.999.000

Promo ROG Phone 8 dalam Pembelian

First Sale Promo, Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Maret hingga 30 April 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.

Online : Eraspace, Tokopedia,  Blibli dan Asus Online Store

Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.


Consumer Launch Sales Promo, Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik dengan melakukan pembelian ROG Phone 8, start from Rp. 10.999.000. Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG Phone 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Maret hingga 23 Maret 2024.

Kesimpulan Akhir

Bisa dibilang bahwa ASUS ROG 8 sebagai senjata dan marwah utama ASUS di segmen gaming phone. Ia tak hanya membuat sebuah ponsel saja namun ekosistem hingga aksesoris pendukung yang membuatnya tak hanya sebagai produk semata namun sudah masuk ke ranah branded.

 

Hadirnya ASUS ROG Phone 8 seakan menjadi salah satu potensi besar dunia mobile gaming. Bahkan bisa dianggap sebagai role model yang diberikan. Mulai dari chipset terkencang, baterai badak, AirTrigger baru, layar AMOLED dengan Refresh Rate tertinggi, dukungan fitur khas gaming hingga game eksklusif yang dihadirkan dalam paket pembelian.

Rasanya ngga heran mengapa, dominasi ASUS ROG di kancah ponsel gaming akan bertahan cukup lama. Segala riset dan perubahan ekstrem dengan fitur mumpuni seakan membuat penggunanya betah pada seri ROG.

 

Saya pribadi juga ingin merasakan pengalaman ini, sudah begitu banyak review yang saya baca dan saksikan mengenai kesaktian akan ASUS ROG Phone. Kini saatnya menjadi bagian dari pengguna setia ROG Phone, bak ibarat pembalap Rockie yang siap duduk di dalam kemudi balapan jet darat. Sedangkan saya ibarat duduk di sofa dan saat X-Mode diaktifkan, semuanya terlarut di dalam dunia game.

 

Semoga tulisan dan cerita saya menginspirasi kita semua. Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 8Blog Writing Competition di Blog Travelerien 

Berikut spesifikasi lengkap dari ASUS ROG Phone 8 yang baru rilis: Cekidot:

Dimensi dan Bobot 163.8 x 76.8 x 8.9mm / 225g
Warna ROG Phone 8 Pro Edition & Pro: Phantom Black
ROG Phone 8: Rebel Grey & Phantom Black
Kamera Belakang Main: 50 MP 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, 1/1.56”, f/1.9
Wide: 13 MP, f/2.2, Free-form Lens
Tele: 32 MP, f/2.4, OIS, 3X optical zoom, pixel binning 1.4μm(Actual output photo: 8 MP)
Kamera Depan 32 MP RGBW,pixel binning 1.4 μm(Actual output photo: 8 MP)
Layar 6.78” flexible AMOLED, FHD+, up to 165 Hz refresh rate, LTPO 1~1 20 Hz, peak brightness 2500 nits
Kapasitas baterai 5,500 mAh (typical), Wired 65 W HyperCharge, Wireless 15 W Qi-certified charging
Memori 12 GB + 256 GB / 16 GB +512 GB / 24 GB +1 TB
Frekuensi 5G SA&NSA: n1 / n2 / n3 / n5 / n7 / n8 / n12 / n18 / n20 / n25 / n26 / n28 / n38 / n40 / n41 / n48 / n66 / n77 / n78 / n79

4G FDD-LTE: B1 / B2 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B12 / B17 / B18 / B19 / B20 / B25 / B26 / B28 / B32 / B66
4G TDD-LTE: B34 / B38 / B39 / B40 / B41 / B42 / B43 / B48

WCDMA: 850 / 900 / 1700 / 1800 / 1900 / 2100MHz
GSM: 850 / 900 / 1800 / 1900MHz
Lainnya Accelerator, E-Compass, Proximity, Ambient light sensor, Fingerprint on Display, Gyro (supports ARCore), AirTrigger, WiFi 7 ready, Bluetooth® 5.3, GPS / GNSS / GLONASS / Galileo / Beidou / QZSS / NavIC, 3.5 mm headset, NFC
Kamera Up to 1080p FHD camera
Audio Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in microphone, harman/kardon certified
Baterai 75Wh, 2S2P, 4-cell Li-ion
Dimensi 31.36 x 22.06 x 1.69 ~ 1.69 cm
Bobot 1.39 Kg
Warna Jade Black
Harga Rp11.999.000
Garansi 2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Share:

2 comments:

  1. Salut sih asus rog phone ini jadi jawara hp gamers bertahun2, aku dulu gak berpikir punya hp gamers. Tp setelah anakku yg cowok uda pada gede ternyata aku butuh jg hp gamers yg mumpuni utk sehari2

    ReplyDelete

ROG Phone 8

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer

Part of EcoBlogger Squad

Part of EcoBlogger Squad