Sunday, March 24, 2024

ASUS Zenbook 14 (UX3405) Memaksimalkan AI pada Komputasinya

Apa yang ada di bayangkan kamu saat mendengan serie Zenbook dari ASUS?

Pikiran saya langsung tergambarkan ada beragam kesan elegan yang hadir di dalamnya. Semuanya serasa dibalut dengan bentuknya yang ringkas dan bertenaga. Itulah saat hadir serie terbaru Zenbook dari kelas UX yang siap menggebrak di awal tahun 2024.

 

Selaku pengguna Zenbook, jelas desain sekarang seakan ASUS mencoba membangun personal branding laptop premiumnya dari segala aspek. Bila dulu desain awal adalah bentuk cover tulisan ASUS yang berada di sebelah kiri. Lalu penulisan logo ASUS Zenbook berada di bagian bawah cover laptop.

 

Ada dimensi baru yang dihadirkan dengan garis-garis melintang yang seakan menggambarkan kesan mewah namun kreatif. Memang ASUS kini serasa membangun branding yang makin menarik terutama pada laptop kelas atas yang mereka miliki. 



Komitmen ASUS juga layak diperhatikan, sebagai blogger yang konsen di bidang lingkungan dan iklim, Saya sangat senang dengan komitmen ASUS dalam produknya mengurangi emisi karbon dengan memasukkan bahan daur ulang dan merancang packaging yang lebih ramah lingkungan.

 

Selain itu, Zenbook 14 OLED (UX3405) melampaui standar efisiensi energi, ENERGY STAR® sebesar 43% untuk mengurangi konsumsi daya listriknya. Melalui berbagai upaya tersebut, keseluruhan tujuan dari hadirnya laptop ini terhadap inisiasi pelestarian lingkungan adalah untuk tercapainya netralitas karbon.

 

Ringkas, Wujud Laptop Ultrabook Impian

Urusan bobot, bila sudah mengusung embel-embel ultrabook. Sudah pasti punya bobotnya jadi sangat ringkas buat dibawa-bawa. Bobotnya hanya 1,2 kg saja, ukuran 14 inchi namun dimensi yang ringkas serasa laptop 13 inchi.

 

Laptop ringkas punya keunggulan terutama mobilitas, banyak pekerja dan eksekutif hanya membawa laptop saat meeting atau bepergian. Bobotnya yang enteng jadi kemudahan karena ia tidak harus memperhitungkan banyak hal, ditambah lagi punya kemampuan super banyak.

Bahan yang digunakan tentunya sangat ringan dan kuat karena menggunakan bahan magnesium-aluminium dan merancangnya supaya bagian itu bisa tetap kokoh tanpa penyangga di baliknya. Tentunya dengan presisi yang tinggi termasuk desain motherboard yang juga dirancang ukurannya.

 

Bentuknya yang sudah ringan tentunya punya berbagai proteksi khusus agar tak gampang rusak. ASUS sudah mempertimbangkan ini dan membekalinya dengan US Military Grade (MIL-STD 810H). Ketahanan dari segala tes seperti tes jatuh, tes getaran, hingga tes operasional pada lingkungan ekstrem.

 

Proteksi ini penting, karena ada banyak laptop yang saat mengalami guncangan seperti di atas, komponennya jadi rusak. Ini sangat berguna seperti saya khususnya dalam bepergian jauh. Selama ini saat bepergian, umumnya hanya membuat sebuah ransel dan di dalamnya sudah termasuk laptop. Adanya perlindungan US Military Grade (MIL-STD 810H) membuat laptop aman diajak ke mana saja.

 

Layar OLED, Standar Laptop Kekinian

Menjadi pelopor laptop OLED pertama, jelas ASUS berkomitmen menghadirkan teknologi layar ASUS OLED. Salah satunya ada pada varian barunya yaitu SUS OLED di Zenbook 14 OLED (UX3450). Resolusi yang ditawarkan sendiri yaitu Layar ASUS Lumina OLED 3K (16:10) (2880x1800) 120Hz di Zenbook 14 OLED (UX3405) menghadirkan kualitas visual yang sangat jernih ditambah dengan tingkat kecerahan hingga 600-nits.

 

Hadir dengan rasio layar 16:10 untuk memaksimalkan produktivitas, serta bezel ultra-tipis dengan screen-to-body ratio 87%. Layar Zenbook 14 OLED (UX3405) juga telah dibekali dengan teknologi Adaptive Sync yang mampu mengatur refresh rate secara otomatis sehingga memastikan kualitas visual yang lebih halus. 

Lanjut ke urusan kualitas visual yang dihasilkan tentu saja akurat karena sudah memiliki Color gamut hingga 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

 

Kualitas yang dihadirkan pada layar Zenbook 14 OLED (UX3405) sudah masuk ke level pekerja kreatif. Jelas saja laptop sangat ideal buat para pengguna yang ingin produktif, inovatif dan kreatif. Hasilnya semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh sang pembuat konten. Setelahnya juga bisa memaksimalkan kegiatan lainnya yang ingin pengguna inginkan.

 

Lalu muncul pertanyaan, layar OLED sangat cerah apakah berpengaruh pada masukan cahaya pada mata?

Tentu saja tidak, karena ASUS sudah menyematkan fitur berupa Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang.

 

Bahkan pada laptop ASUS yang sudah menggunakan OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÃœV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Artinya aman digunakan pada ruangan atau oudoor sesuai brightness yang akan menyesuaikan sesuai keadaan ruangan.

 

Desain Menawan Khas Zenbook

Pada Zenbook 14 OLED (UX3405) tidak hanya tampil elegan dan mewah, tetapi juga dibekali fitur-fitur yang dapat mempermudah penggunanya. Paling inovatif dan jadi ciri khas ASUS tentu saja dengan adanya  180° ErgoLift Hinge. Fitur ini juga mampu mengatur sirkulasi udara yang ada di bawah kolong laptop sehingga hawa panas bisa cepat dibuang. Selain itu posisi ini sangat nyaman buat diajak ngetik dalam jangka panjang.

 

Ada juga fitur yang ASUS beri nama yaitu NumberPad 2.0 bisa membantu pengguna untuk melakukan input angka secara lebih cepat, dan sensor pembaca sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power membuat proses login menjadi lebih cepat dan mudah. Lokasinya yang berada di touchpad, membuat proses input angka jadi lebih mudah dan praktis.

ASUS juga memperkenalkan teknologi ErgoSense Keyboard yang hadir untuk membuat pengalaman mengetik di Zenbook 14 OLED (UX3405) menjadi sempurna. ErgoSense Keyboard menggabungkan desain keyboard full-size dengan key pitch 19,05mm dan key travel sejauh 1,4mm sehingga dapat menghadirkan pengalaman mengetik layaknya menggunakan keyboard PC desktop dengan tingkat akurasi dan kenyamanan yang tinggi.

 

Pada ErgoSense Keyboard juga ditemani dengan touchpad yang dilapisi oleh lapisan hydrophobic yang membuat permukaannya memiliki sentuhan yang lebih halus dan memudahkan pengguna Zenbook 14 OLED (UX3405) untuk menggunakan berbagai gesture.

 

Kualitas Kamera Webcam Jempolan Buat Conference

Buat yang menjadikan meeting online sebagai aktivitas, Zenbook 14 OLED (UX3405) merupakan perangkat yang andal untuk menunjang aktivitas tersebut. Adanya Teknologi 3DNR pada kamera di Zenbook 14 OLED (UX3405) memungkinkan penggunanya untuk tetap dapat melakukan video conference dalam kondisi yang minim cahaya dengan noise yang minim.

Selama ini, Laptop umumnya punya kualitas gambar dan suara yang buruk, ini membuat proses saat meeting jadi tak maksimal. ASUS sadar dengan ini dengan meningkatkan sejumlah aspek. Mulai dari dengan hadirnya  teknologi ASUS AI Noise-Cancelling, pengguna Zenbook 14 OLED (UX3405) tidak perlu khawatir dengan suara bising di sekitarnya saat melakukan online conference call.

 

Kini dengan hadirnya Zenbook 14 OLED (UX3405) ini menjawab perkembangan kamera webcam pasca pandemi yang jauh mumpuni. Kualitasnya sudah Full HD 1080p. Kualitas ini bisa memberikan tampilan yang lebih tajam setara kamera ponsel. Ini jadi tak sabaran buat melakukan conference meeting karen keunggulan dari kamera Zenbook 14 OLED (UX3405) bisa optimal dan tentu saja kualitas noice yang minim selama meeting.

 

Tentu saja saat meeting, internet harus tetap lancar jaya karena telah ada WiFi 6E yang memungkinkan laptop ini untuk terhubung ke jaringan WiFi 6GHz yang lebih kencang. Selain itu, Zenbook 14 OLED (UX3405) tetap dibekali dengan Bluetooth 5 yang dapat mempermudah penggunanya untuk menghubungkan berbagai perangkat mulai dari mouse hingga headphone nirkabel.

 

Selain itu, ASUS juga melengkapi kamera di laptop ini dengan fitur infra merah dalam deteksi pengenalan wajah sebagai otentikasi biometrik Windows Hello. Fitur ini yang paling sering saya gunakan karena membuat keamanan laptop meningkat.

 

Selain webcam, fitur lain yang memuaskan dari laptop ini ada di sisi audionya. Sistem audionya sudahmemiliki sistem suara stereo Dolby Atmos® yang tersertifikasi Harman Kardon, dengan dukungan Smart Amplifier yang dapat meningkatkan volume hingga 3,5x lebih kencang daripada amplifier standar.

 

Bersama dua standar itu, ASUS juga melengkapi laptop ini dengan Smart Amp dan Audio Booster, yang bisa meningkatkan kualitas suara lebih jauh lagi. Meskipun kecil, ASUS Zenbook S 14 OLED (UX3405) sangat cabe rawit dari kualitas suara yang dihasilkan dan bisa diadu.

 

Kualitas Baterai berdaya Pakai Panjang

Daya tahan baterai adalah salah satu fitur yang patut diperhatikan saat memilih perangkat penunjang produktivitas dan mobilitas. Jelas sebuah rasa kecewa bila sudah punya perangkat yang sangat hebat namun boros daya.

 

Itulah ASUS mengakali dengan prosesor rendah daya yang mampu digeber maksimal tetapi hemat daya. Ukuran baterainya relatif besar karena sudah dibekali dengan kapasitas besar 75Wh yang dapat menemani penggunanya beraktivitas seharian, tetapi juga memiliki siklus pengisian daya hingga 20% lebih tinggi, sehingga memberikan jaminan masa pakai laptop yang lebih panjang.

 

Didukung fitur USB-C® Easy Charge, Zenbook 14 OLED (UX3405) tampil lebih fleksibel karena daya baterainya dapat diisi menggunakan adaptor USB-C® yang ringkas, atau bahkan menggunakan power bank. Jadi tak perlu repot-repot bawa charger dan kalaupun bawa, ukurannya ergonomis.

 

Ringkas Namun Konektivitas Lengkap

Laptop tipis identik dengan port yang minimalis karena ukurannya yang tipis membuat banyak port jadi berkurang. Namun tidak pada Zenbook 14 OLED (UX3405), ada terdapat sejumlah Port yang ada di laptop ini terdiri dari USB 3.2 Type-A, HDMI, 3.5mm combo audio jack, serta sebuah SD card reader. 

Di samping itu, Zenbook 14 OLED (UX3405) juga dibekali dengan dua port USB 3.2 Type-C yang mendukung fitur DisplayPort serta power delivery sehingga penggunanya tidak lagi membutuhkan dongle. Itu juga sudah termasuk dengan mendukung pengisian daya dan transfer data cepat hingga 40Gbps.

 

Tentu makin lengkap dengan berbagai fitur berupa Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas kamu sepanjang hari.

 

Dilengkapi Office Pre-Installed 

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. 

 

Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda. 

Hadir dengan sistem operasi Windows 11, ASUS Zenbook DUO (UX8406) juga merupakan laptop berfitur AI dengan dukungan Copilot. Asisten cerdas berbasis AI ini akan membantu Anda mendapatkan jawaban dan inspirasi dari seluruh penjuru internet, mendukung kreativitas dan kolaborasi, serta membantu Anda fokus untuk menyelesaikan tugas-tugas.

 

Prosesor Gahar terbaru di Zenbook 14 OLED (UX3405)

Zenbook 14 OLED(UX3405), laptop ultra-portable yang ditenagai oleh prosesor Intel Evo Edition tentunya, varian terbaru pada sebuah laptop ultrabook.  Prosesor Intel® Core™ Ultra dilengkapi NPU atau Neural Processing Unit yang hadir secara spesifik untuk memproses aplikasi yang menggunakan AI. Semua aplikasi dan fitur yang bekerja menggunakan AI dapat dijalankan secara lebih baik tanpa menguras daya secara berlebihan. Ditambah dengan penyimpanan SSD hingga 1 TB, RAM 32 GB, dan WiFi 6E (802.11ax), merupakan laptop ultraportable premium terbaik saat ini. 

Buat yang belum tahu, Laptop dengan prosesor Intel Evo Edition memberikan solusi buat permasalahan ini karena bukan hanya mampu memberikan tenaga yang lebih gahar, prosesor tersebut juga dapat memperpanjang masa pakai baterai.

 

Tentunya Intel Evo Edition menghadirkan mesin khusus untuk membantu Anda mengoptimalkan pengalaman AI pada PC, tingkat berikutnya dalam grafis yang imersif, dan pemrosesan daya rendah beperforma tinggi, sehingga Anda dapat beraktivitas lebih lama tanpa khawatir meskipun tidak terhubung ke charger.

 

Punya Ragam  Ekosistem Khas Zenbook di Fitur MyASUS

Urusan premium tak melulu urusan hardware semata, namun mengedepankan software pendukung. Laptop modern tentunya punya segudang fitur khusus dalam proses keamanan data dan transfer dalam. Salah satunya adalah fitur MyASUS, fitur killer dalam pemakaian laptop harian.

Pertama ada Battery Health Charging, memungkinkan kamu mengatur kapasitas maksimal pengisian baterai. Tersedia pilihan berupa: Full Capacity, 100%, Balanced, sampai 80%, dan Maximum Lifespan, sampai 60%.

 

Kedua ada TaskFirst, memungkinkan kamu mengatur prioritas pemakaian koneksi internet. Jenis aktivitas apa yang diutamakan dalam akses koneksi internet. Pengguna bisa memilih aktivitas Produktivitas dan Komunikasi, Multimedia Streaming, Game, bahkan layar eksternal.

 

Terakhir ada Link to MyASUS, memungkinkan laptop Zenbook 14 OLED (UX3405) terhubung dengan perangkat lainnya semisal ponsel. Fitur yang bisa dilakukan melakukan transfer file, berbagi layar, atau melakukan kegiatan komunikasi. Ponsel menggunakan OS Android dan IOS bisa terkoneksi pada fitur ini, cukup dengan menginstal aplikasi Link to MyASUS di Play Store atau dari App Store.

 

Kesimpulan Akhir

Setelah kita ngomong panjang lebar, akhirnya sampai pada tujuan akhir yaitu kesimpulan. Buat saya pribadi, ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405). Menyasar begitu banyak para pekerja dan eksekutif dengan mobilitas tinggi. Tentunya tetap trendi dan tentu saja menjadikan mereka ibarat lampu sorot saat laptopnya dibuka dan memulai kerja dan hiburan.

Akhir kata, semoga tulisan ini menginspirasi kita semua. Sekaligus menggambarkan kisah penulis dengan studi, pekerjaan, dan berkreasi. Membagi waktu terasa mudah dengan perangkat yang tepat. ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405) adalah jawabannya.


   
Main Spec.    
   
Zenbook 14 OLED   (UX3405MA)    
   
CPU    
   
Intel® Core™ Ultra 7   Processor 155H 1.4 GHz (24MB Cache, up to 4.8 GHz, 16 cores, 22 Threads) with   Intel® AI Boost NPU
   
Intel® Core™ Ultra 5   Processor 125H 1.2 GHz (18MB Cache, up to 4.5 GHz, 14 cores, 18 Threads) with   Intel® AI Boost NPU    
   
Operating   System    
   
Windows 11 Home    
   
Memory    
   
32GB LPDDR5X
   
16GB LPDDR5X    
   
Storage    
   
1TB M.2 NVMe™ PCIe®   4.0 Performance SSD    
   
Display    
   
14-inch ASUS Lumina   OLED, 3K (2880 x 1800) 16:10, 120Hz, 0.2ms, 100% DCI-P3, PANTONE Validated,   600nits, VESA CERTIFIED Display HDR True Black 500, Low Blue Light,   Anti-Flicker, Touchscreen with Stylus Support (in some models)    
   
Graphics    
   
Intel® Arc™ Graphics    
   
Input/Output    
   
1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4   supports display / power delivery, 1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio   Jack    
   
Connectivity    
   
Wi-Fi   6E(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.3    
   
Camera    
   
FHD camera with IR function to support Windows Hello    
   
Audio    
   
Smart Amp   Technology, Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified    
   
Battery    
   
75WHrs,   2S2P, 4-cell Li-ion    
   
Dimension    
   
31.24   x 22.01 x 1.49 ~ 1.49 cm    
   
Weight    
   
1.2 Kg    
   
Colors    
   
Ponder Blue, Foggy   Silver    
   
Price    
   
Rp17.299.000 (Ultra   5-125H / 16GB RAM / 1TB Storage / Non-touch)
   
Rp20.299.000 (Ultra   7-155H / 32GB RAM / 1TB Storage / Non-touch)
   
Rp21.299.000 (Ultra   7-155H / 32GB RAM / 1TB Storage / Touch)    
   
Warranty    
   
2 Tahun Garansi Global dan 1 Tahun ASUS   VIP Perfect Warranty    
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ROG Phone 8

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer

Part of EcoBlogger Squad

Part of EcoBlogger Squad