Monday, May 20, 2024

Manfaatkan AI dalam Bangun Usaha

Kehadiran Artificial Intelligence (AI) telah menjadi bagian integral dari strategi pengembangan beragam jenis usaha. Dengan kemampuan analisis data yang cepat dan akurat, kemampuan mengotomatisasi alur kerja, serta kemampuan inovasi produk dan layanan, AI telah membantu bisnis meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keuntungan.

 

Sih yang tidak senang, ini jadi role model baru dalam memperbarui informasi. AI seakan menawarkan berbagai manfaat yang dapat membantu UMKM meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam berbagai aspek bisnis yang dijalankan.

 

Saya akan membahas bagaimana AI dapat membantu UMKM meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keuntungan bisnis. AI yang awal mulanya dianggap skeptis dan tidak fleksibel, seakan kini arahnya makin baik dan menarik. Sehingga bisa jadi referensi sumber dalam memulai usaha salah satunya.

 

Problematika UMKM Sulit Naik Kelas

Ada banyak pihak yang bisa menganggap AI sebagai salah satu tools meningkatkan kapasitasnya. Siapa saja yang mampu memaksimalkan potensi ini, jelas ia bisa unggul. Salah satunya para UKM, selama ini mereka sering kalah atau tidak up to date dalam perkembangan zaman. Alhasil digilas dengan usaha level menengah dan korporasi.

 

Faktor inilah, banyak UKM yang tidak mampu naik kelas. Mereka seakan berada di dalam tempurung yang membatasi kemampuannya. Jelas harus ada mampu mendorong mereka bangkit. Apalagi semua hal itu bersifat berbayar. 

Punya desain bagus harus desain ke desainer berefek harus keluar uang, Ingin meningkatkan periklanan di sosial media, jelas butuh admin dan juga keluar uang. Serta sewa jasa konsultan usaha, berbayar dan sangat mahal. Inilah yang mendorong UKM sulit naik kelas.

 

Kemunculan AI yang awalnya menakutkan dan menggerus potensi pekerjaan, nyatanya membuat pekerjaan jadi fleksibel dan tentu saja gratis. Segala yang tadinya sifatnya berbayar kini bisa didapatkan dari sejumlah tools AI.

 

Apakah itu dari membuat logo usaha yang baik dan sesuai dengan keinginan, membuat konten sosial media yang unik dan menarik. Lalu dilanjutkan dengan copywriting yang menarik dan tentunya dengan caption yang kita inginkan.

 

Selain itu juga, AI juga menjadi konsultan bisnis kita berkembang. Selama ini merupakan ilmu yang sangat langka untuk diakses. Semenjak kehadiran bahasa pemograman LLM bernama GPT. Ini menjadi hal yang lumrah dan tentu saja mampu memberikan referensi dasar hingga detail dalam pengembangan usaha.

 

Memanfaatkan AI dalam Pengembangan Usaha

Hadirnya AI dianggap sebagai bentuk baru dalam memanfaatkan peluang, tak heran mereka yang pertama sekali mencoba dalam paham seutuhnya akan berhasil. Ia bisa unggul dibandingkan pesaingnya, untuk itu UKM harus diarahkan.

Salah satunya ini tugas para pendamping, mereka punya peran tanggung jawab kerja dan moral. Selain itu bisa mengasah kemampuan softskill UKM yang bisa digunakan dalam menunjang usaha mereka. Salah satunya kita sudah bertebaran aplikasi berbasis AI yang bisa digunakan. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan.

 

Selain itu juga, konsep UKM masih menggunakan konsep sistem tukang pangkas. Mereka yang mengerjakan semuanya sehingga tak punya waktu dalam melakukan upgrade diri. Alhasil UKM seakan jalan di tempat. Hadirnya AI mampu mengatur waktu dan tentu saja meringkas waktu jadi lebih cepat, tentunya dengan planning yang sudah dibuat.

 

Tools Pendukung dalam memajukan usaha dengan AI

Dalam memajukan usaha dengan AI, beberapa tools pendukung yang dapat membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis. Misalnya saja adanya Figma yang mendukung digital marketing yang memungkinkan kolaborasi secara real-time dalam proses desain dan pengembangan produk.

Ada juga berbasis web yang bertujuan meningkatkan SEO seperti Ubersuggest. Ia menawarkan fitur-fitur lengkap untuk meningkatkan kualitas konten dan meningkatkan visibilitas bisnis di online. Terakhir tentu saja SEMRush, ini membantu meningkatkan kualitas data bisnis dengan memberikan informasi tentang performa harian, rekomendasi best practice SEO, dan analisis data lainnya.

 

Nah.. di luar itu semua, ada sejumlah aplikasi yang berguna dan gratis digunakan khususnya dalam peningkatan konten, meningkatkan strategi produk hingga marketing. Aplikasi seperti ChatGPT, Bing Creator, Leonardo AI, Pictory AI, hingga Capcut AI. Selain aplikasi ini, ada segudang aplikasi lainnya yang bisa digunakan dalam peningkatan kapasitas UKM. Yuk cari tahu!!

 

ChatGPT, Mendukung CopyWriting buat UKM

Nah... fitur AI yang paling penting datang dari ChatGPT. Bisa dikatakan AI yang paling cepat mengalami perkembangan tentu saja ini. Saat awal pertama kali diluncurkan di akhir 2022, popularitasnya seakan meroket dengan cepat.

Setelahnya, ChatGPT dari OpenAI menjadi role model baru dalam proses bertanya. Ia akan menghasilkan data baru yang bisa digunakan dalam banyak hal. Salah satunya dalam memulai bisnis, critical thinking hingga hal krusial lainnya.

 

Memang di awal kemunculannya ada banyak yang skeptis terutama hasil pencarian yang ngawur. Namun sering dengan berjalannya waktu, OpenAI makin cerdas dan menghasilkan pencarian yang lengkap. Bahkan ia bisa jadi seorang copywriting hingga konsultan pribadi.

Sebagai contoh, saya mencoba pada salah satu produk yang ingin saya kembangkan. Berawal dari ide ingin mendirikan kedai kopi. Syaratnya saat bertanya pada OpenAI, pertanyaan yang diajukan harus jelas dan spesifik, serta ringkas dalam wujud pertanyaan terbuka atau tertutup. Jabarkan pula informasi yang ingin ditanya dengan format yang jelas. Sehingga hasil pencariannya optimal.

Misalnya seperti ini:

  1. Bagaimana cara mempromosikan produk UKM tanpa anggaran besar?
  2.  Apa saja alat otomatisasi media sosial yang efektif?
  3. Bagaimana cara memanfaatkan konten user-generated untuk pemasaran
  4. Tips membuat konten visual menarik dengan smartphone?

Nah sebagai contoh, saya mensimulasi awal bisnis dengan chatGPT. Saya pakai contoh bisnis Starbuck yang terkenal sama kopinya. Dari bisnis ini, kita bisa kembangkan bisnis serupa dari ChatGPT. Pertanyaan yang saya ajukan berupa: berikan ide membuat kopi Starbucks di Indonesia.

Hasil pencariannya cukup menarik, nanti ChatGPT akan menjabarkan dengan jelas terkait bisnis yang nanti bisa kita mulai dari mana. Berbagai hal bisa masuk pertimbangan awal, dimulai dari proses awal mulai bisnis kopi. Apakah itu dari riset pasar, konsep branding, lokasi usaha, sumber bahan baku hingga spek mesin yang akan digunakan.

 

Selain itu juga, inovasi yang bisa dihadirkan dari semua produk. Apakah itu kemasan, varian rasa, kandungan pada kopi semisal bebas gula hingga variasi dengan makanan pendamping. Ide lainnya bisa saja rekomendasi nama jenis usaha kopi yang nantinya menjadi merek produk kita. AI bisa memberikan rekomendasi nama yang belum digunakan sebagai pilihan.

 

Perannya sebagai konsultasi bahkan bisa menentukan biaya percangkir (COGS) misalnya saja biaya biji kopi, susu atau gula, tenaga kerja, overhead hingga kemasan. Nah.. di sini terlihat sangat detail dan tentu saja membuat peluang UKM bisa menghitung laba dan rugi bila iya berbisnis usaha kopi.

Buat aspek promosi juga dikemukakan, salah satunya misalnya dalam aspek menciptakan logo yang sesuai. Nantinya bisa didesain sedemikian rupa dengan menggunakan AI. Ini akan menyesuaikan dengan keinginan kita, sehingga tak perlu lagi jasa desainer grafis.

 

Termasuk juga di dalamnya berupa tagline yang akan digunakan pada produk. Seperti kualitas kopi, punya citra dan gaya hidup hingga kenyamanan dari tempat yang kita sajikan. Selain itu juga, ada strategi pemasaran yang digunakan dengan cara brand story, kemasan yang ramah lingkungan, kolaborasi serta kemitraan dan feedback.

 

Bahkan ia bisa digunakan sebagai alat copywriting sangat sempurna. Para pemilik usaha bisa menuliskan saya: tolong buatkan copwriting mengenai produk kopi kami yang bernama Kopi Gayo Gold. Dalam sekejap ia mendeskripsikan produk yang telah kita buat.

Ini bisa digunakan sebagai bahan copywriting di sosial media atau bahkan website. Nah.. artinya bisa dilakukan sendiri tanpa harus menyewa atau membayar jasa admin. Tentunya AI bisa memberikan ide berupa caption, hastag hingga kalimat copywriting setiap harinya pada postingan di sosial media. Tanpa harus mikir dan menghemat waktu.

 

Singkat cerita, AI seakan memberikan gambaran detail dalam membangun usaha di bidang coffe shop. Artinya ia cukup membantu, meskipun peran manusia masih sangat krusial, namun ia sudah memberikan gambaran kasar sebuah usaha. Kita bisa mempersiapkan sejumlah item di awal usaha.

 

Bing Creator, Desain Gambar Dan Logo Bagus Nan Unik

Tak hanya OpenAI dengan ChatGPT-nya, kini juga giliran Bing Creator dengan gebrakannya. Perannya ibarat alat kreatif yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan penggunanya untuk membuat gambar yang menarik dan profesional dengan menggunakan teknologi AI.

Alat ini memiliki antarmuka yang ramah pelaku UKM dan dapat diakses secara gratis melalui peramban web. Dengan menggunakan Bing Image Creator, jelas sekali dapat membuat gambar dengan berbagai fitur dan opsi kreatif, termasuk desain ala Disney Pixar, dan memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada bisnis mereka, meningkatkan efisiensi waktu, kemampuan berkomunikasi, berinovasi, dan berbagi.

 

Cara menggunakannya gampang, pelaku UKM dapat memasukkan teks perintah alias prompt untuk menghasilkan gambar yang sesuai dengan keinginan mereka. Alat ini dapat diakses melalui mesin pencarian Bing dan memungkinkan pelaku usaha untuk membuat poster, sampul media sosial, brosur, dan lain-lain dengan tampilan gambar karakter seperti animasi mirip garapan Disney Pixar.

 

Nah.. buat UKM, membuat mereka bisa mengkreasikan desain gambar yang diinginkan, apakah itu dalam wujud hasil gambar produk, logo hingga desain kreatif. Pastinya AI akan mencoba menggambarkan sesuai dengan keinginan pemilik usaha.

 

Total ada sebanyak tiga hingga empat foto yang dihadirkan. Nantinya pelaku UKM dapat membuat gambar yang diinginkan dengan beberapa kata kunci yang relevan dan detail, seperti kata sifat, lokasi, hingga gaya artistik lainnya yang diinginkan.

 

Yuk dicoba bersama, caranya gampang. Cukup dengan masuk ke Bing Creator dan tuliskan spesifikasi produk dengan sejelas-jelasnya. Sehingga hasil pembuatan dengan AI akan sesuai dan tentu saja maksimal. Nah.. ini bisa diakses dengan gratis dan tentu saja ada kouta sebanyak 14 pencarian setiap harinya.

 

Memang di Bing Creator bisa menghasilkan berbagai gambar, namun ada opsi lainnya yang bisa dicoba terutama sekali dalam membuat gambar khususnya logo. Salah satunya yang saya pilih adalah berupa Leonardo.AI.

 

Ia mampu menciptakan aset gambar untuk permainan komputer dan menawarkan fitur-fitur yang memungkinkan pelaku UKM untuk membuat gambar yang lebih menarik dan profesional dengan cepat dan mudah. Logo yang dihasilkan jauh lebih artistik dan tentunya punya nilai seni, cocok buat UKM yang ingin mendesain logo sesuai keinginannya.

 

Leonardo AI juga menawarkan fitur-fitur lainnya seperti pengeditan gambar, penghapusan latar belakang, dan penggunaan 3D Texture Generation untuk menciptakan tekstur yang lebih detail dan realistis.  Ada juga AI Canvas untuk mengedit gambar dengan lebih detail dan kontrol, serta menggunakan fitur-fitur lainnya seperti Image Generation untuk menciptakan gambar yang lebih menarik.

 

Buat Latar Belakang Produk Atraktif dengan AI

Bila sudah memiliki foto produk yang cukup baik, kini saatnya bagaimana produk yang kita miliki jauh lebih menarik dan menjual. Tak perlu seorang desainer grafis andal, kini semua bisa dilakukan dengan AI dengan hasil maksimal.

Salah satu fitur AI yang cocok digunakan oleh UKM yaitu Pebblely. Aplikasi ini memungkinkan pelaku UKM untuk mengubah gambar produk menjadi berbagai setting dengan cepat dan mudah, sehingga dapat meningkatkan kualitas konten produk dan meningkatkan efisiensi waktu.

 

Pebblely juga memungkinkan pelaku UKM untuk menghapus latar belakang gambar produk secara otomatis, serta menghasilkan gambar yang lebih realistis dengan menggunakan fitur-fitur seperti penghapusan latar belakang, subtitel otomatis, dan gaya yang sedang tren.

Pebblely telah digunakan oleh berbagai bisnis dan individu untuk meningkatkan kualitas konten produk dan meningkatkan efisiensi waktu. Aplikasi ini telah membantu meningkatkan engagement rates dan ad performance, serta meningkatkan kualitas konten produk secara keseluruhan.

 

Nah.. Pebblely gratis digunakan dan dalam sebulan dapat kouta sebanyak 40 hasil gambar yang bisa digunakan. Sedangkan yang berbayar bisa mengaksesnya tanpa batas. Menarik buat dicoba karena hasil perpaduan gambar yang dihasilkan sangat padu.

 

Pictory AI, Menciptakan Video Gampang

Platform yang memungkinkan pelaku UKM untuk membuat video yang menarik dan profesional dengan menggunakan teknologi AI. Alat ini memungkinkan untuk mengubah teks menjadi video dengan cepat dan mudah, serta menawarkan fitur-fitur seperti narasi suara AI, subtitel, dan caption, serta kemampuan untuk mengubah ukuran konten untuk berbagai platform media sosial.

Pictory AI juga menyediakan akses ke lebih dari 3 juta klip video dan gambar yang dapat digunakan secara royalty-free dari Storyblocks, sebuah perpustakaan aset yang terkemuka. Nah, ini cocok banget buat kalian yang ingin masih malu atau pemula dalam membuat video. Pictory.AI memberikan dimensi baru dalam proses membuat video.

 

Untuk membuat video dengan Pictory AI, berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti. Dimulai dari dengan membuka Pictory AI: Akses website Pictory AI atau aplikasi yang sesuai dengan perangkat Anda. Lanjutkan dengan memasukkan teks yang nanti akan diubah dalam wujud video. Teks ini dapat berupa artikel, skenario, atau informasi lain yang ingin disajikan dalam bentuk video.

Selanjut masuk dalam menu template, ada begitu banyak ragam template yang bisa digunakan. AI akan menyesuaikan dengan kata dan kalimat yang dituliskan. Bila dirasa kata atau kalimat masih kurang sreg, ada fitur edit skrip yang mampu menambahkan elemen pengisahan cerita visual, tempo, dan transisi untuk memberikan narasi yang lebih menarik.

 

Terakhir tentu saja, adanya gambar dan efek yang bisa disesuaikan dengan konten video. Pictory AI menawarkan berbagai pilihan gambar dan efek yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jadi UKM tak perlu repot lagi dalam membuat video. Tinggal simpan dan bagikan di sosial media hasil kreasi videonya.

 

Apakah ada opsi lain?

Jelas ada dan tak perlu khawatir, karena ada juga berupa Capcut AI. Menawarkan fitur-fitur yang memungkinkan para pelaku UKM untuk membuat video yang menarik dan profesional dengan cepat dan mudah, tanpa memerlukan keahlian mengedit video yang spesifik.

Pada Capcut AI dilengkapi dengan teknologi AI yang memungkinkan untuk membuat video yang lebih menarik dan profesional dengan menggunakan fitur-fitur seperti animasi video, efek, filter, dan musik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan para UKM.

 

Fitur yang ditawarkan di antaranya penghapusan latar belakang, subtitel otomatis, dan gaya yang sedang tren, serta kemampuan untuk mengedit video dengan berbagai font dan gaya, serta filter yang diperbarui setiap minggu dengan tren terbaru.

CapCut AI dapat diakses melalui aplikasi yang dapat diunduh pada smartphone dan PC, serta dapat digunakan secara online tanpa perlu unduhan. Alat ini sangat bermanfaat bagi pelaku UKM yang ingin membuat konten video untuk bisnis di media sosial, serta bagi para UKM yang ingin membuat video yang menarik dan profesional dengan cepat dan mudah. Makin mudah bukan?

 

Menciptakan Efek Suara dalam Promosi Produk dengan AI

Bagi sebagian orang, berbicara dengan lancar dan tidak gugup jelas sangat menantang. Bagi orang yang introvert, ini sangat menakutkan. Namun dengan adanya fitur AI dalam menirukan suara dengan berbagai jenis suara, kini rasa takut akan bicara dalam video bisa disamarkan.

Aplikasi yang layak dicoba yaitu ElevenLabs. Buat yang belum tahu, ElevenLabs yaitu alat text-to-speech yang menggunakan kemampuan AI dan pemrosesan bahasa alami untuk mengubah teks tertulis menjadi audio yang hidup. Tools ini memungkinkan pelaku UKM untuk menghasilkan suara yang sangat realistis dan indah, serta dapat digunakan untuk membuat konten audio.

 

ElevenLabs menawarkan fitur-fitur yang memungkinkan pelaku UKM untuk mengubah suara mereka menjadi suara AI, menerjemahkan rekaman suara secara instan, dan banyak lagi. Termasuk memadukan suara kita dengan suara AI, jadi hasilnya jauh lebih tegas dan lugas.

 

Paling seru lagi adalah tersedia dalam bentuk bahasa Indonesia dari 29 bahasa dan suara. Artinya cocok sekali digunakan sebagai audio video dalam mengedit produk UKM. Modalnya cukup menuliskan skrip apa yang ingin dibahas.

Fitur lainnya dirasa bagi saya menarik adalah kemampuan mereka suara kita. Ia akan mempelajari suara kita dengan sedemikian rupa lalu kemudian menjadi suara AI. Ini cocok buat dubbing suara terutama saat kurang PD dengan suara kita. Tinggal deh disesuaikan dengan aksen yang beragam, yuk dicoba!

 

Kesimpulan Akhir

Perkembangan AI yang begitu pesat ibarat pisau bermata dua, di satu sisi sangat merugikan karena ada begitu banyak ladang pekerjaan yang tergantikan. Namun di satu sisi lainnya, ia jadi tools yang berguna dalam peningkatan kemampuan.

 

Salah satu pihak yang cukup diuntungkan adalah UKM, mereka bisa menekan harga yang seharusnya memproduksi konten, membuat desain hingga menyewa konsultan. Biaya tersebut bisa dimanfaatkan buat meningkat modal usaha, karena AI sudah membantu menyelesaikan sebagian permasalahan mereka.

 

Kini tinggal bagaimana mengoptimalkan, karena tools hanyalah sebuah alat. Kerajinan dan kreativitas di dunia bisnis dikembalikan oleh pelaku usahanya. Semoga tulisan ini menginspirasi kita semua dan akhir kata, have a nice days.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer

Part of EcoBlogger Squad

Part of EcoBlogger Squad