Monday, September 18, 2017

Co-Working Space, Ruang Kerja Khas Millenial

Bingung nyari tempat kerja yang nyaman dan bawaannya santai?
Sekarang tak usah dikhawatirkan lagi, di zaman millenial kerja bisa di mana saja dan kapan saja. Asalkan ada gawai, koneksi internet ngebut, dan cemilan enak sampai duduk leyeh-leyeh sudah dapat melahirkan karya.

Tapi ada yang kurang, tempat yang nyaman dan santai waktu bekerja. Sudah pasti buat siapa saja yang ada di dalamnya bebas berkreasi dan menuangkan idenya. Konsep tempat kerja model baru ini dikenal dengan Coworking Space. 
Walaupun sudah ada cafe atau kedai kopi, rasanya tak cukup mengapresiasikan tempat kerja sesungguhnya. Kesannya kedua tempat tadi lebih cocok sebagai lokasi santai namun terlalu riskan untuk bekerja. Berbeda jauh dengan konsep yang ditawarkan dari Coworking Space sendiri.

Kenal lebih jauh dengan Coworking Space
Siapa di sini yang belum kenal dengan konsep Coworking Space? silakan ngacung!
Coworking Space sebuah konsep ruang kerja ala millenial yang memanfaatkan ruangan yang sempit jadi efisien namun tetap santai dalam bekerja. Ini menjadikan kantor bagi semua kalangan mulai dari kelompok atau komunitas hingga perorangan.

Ada sekitar 3000 Coworking Space yang tersebar di dunia dan salah satunya yang ada di Indonesia. Ada banyak keuntungan yang didapatkan dari Coworking Space mulai dari kalangan profesional, perusahaan perintis (Startup) hingga perorangan mampu bekerja di ruangan yang sama dengan fasilitas lengkap.

Coworking Space ialah tempat atau ruangan layaknya kantor dengan konsep yang digunakan secara bersama-sama dan bersifat terbuka dari berbagai instansi dengan sejumlah akomodasi lengkap yang ada di dalamnya. Mulai dari fasilitas seperti meja, kursi, ruangan serba nyaman hingga colokan + Wi-Fi super ngebut.

Jangan heran setelah proyek masing-masing, Anda bisa berinteraksi dengan siapa saja dari berbagai latar belakang yang ada di Coworking Space. Secara tak langsung Anda mampu memperkuat jaringan dan interaksi. Ruangan yang kondusif semakin membuat setiap anggota merasakan energi positif saat mengerjakan proyeknya.
Konsep dari anggota Coworking Space
Walaupun ada cafe atau mungkin kedai kopi, tetap saja suasana nyaman dan serius sulit ditemukan suasana yang tidak berisik dan bahkan asap rokok. Belum lagi terbatasnya jumlah colokan yang ada di setiap meja, Wi-Fi yang sering gangguan hingga kendala lainnya membuat Anda selaku pengunjung merasa kurang nyaman bekerja dan ide gampang buyar.

Memang tempat yang paling nyaman melakukan apapun menyerupai rumah sendiri. Namun di rumah pasti punya sejumlah kendala klasik yang membuat konsentrasi gampang buyar. Bagi yang sudah berkeluarga mulai dari gangguan kecil seperti sang buah hati, keluhan istri hingga kadang tak adanya koneksi internet.

Selain itu, ide tidak keluar dengan semestinya saat berada di rumah karena kurang menghasilkan ide kreatif serta bawaan jadi malas dengan sendirinya. Tak cukup di situ saja, kerja di rumah apalagi seorang lelaki sering dianggap sebagai pengangguran oleh orang sekitar.

Mengapa harus memilih Coworking Space?
Akhir-akhir ini begitu banyak anak muda yang bekerja di bidang kreatif dan punya semangat besar khususnya sebagai sebagai tenaga lepas dan perusahaan perintis (Startup). Konsep Coworking Space yang mengadopsi ruangan dengan sejumlah ruang kerja minimalis, nyaman, dan sejumlah fasilitas lengkap.

Pekerjaan kaum millenial pasti sangat akrab dengan mengupload dan mendownload data dari setiap pekerjaan yang dikerjakan. Pasti tidak bisa bekerja jauh dari Laptop, kopi dan sejumlah kudapannya hingga berjam-jam lamanya.

Dan di dalam Coworking Space ditemui berbagai orang yang bekerja secara perorangan, tim kecil hingga kelompok besar dalam mengerjakan proyeknya. Konsep ini berbeda jauh dengan cafe dan kedai, Anda dipaksa harus memesan sesuatu.

Tujuannya untuk mendapatkan password sehingga bisa terkoneksi internet, terasa aneh andai Anda tidak memesan apa pun. Di Coworking Space Anda tidak perlu membayar menu makanan karena telah tersedia. Bisa juga dibawa dari rumah asalkan tidak mengotori lokasi.

Tak hanya itu saja, anggota akan saling menginspirasi satu sama lain saat pekerjaan sendiri telah selesai. Di Coworking Space akan mudah ditemukan berbagai ruangan mulai dari yang diperuntukkan buat perorangan, kelompok kecil hingga kelompok besar seperti ruangan untuk melakukan rapat.
Di Indonesia sendiri, konsep ini masih sangat awam dan masih sedikit saingannya. Namun bisa menjadi lahan bisnis yang menggiurkan mengingat besarnya nilai pekerja lepas di tanah air. Selain itu sangat sedikit ruang kerja yang memiliki atmosfer yang nyaman dan meningkat produktivitas kerja.

Mungkin baru di beberapa kota besar di tanah yang sudah memiliki Coworking Space. Namun jangan berkecil hati, karena nantinya akan muncul di sejumlah kota-kota kecil lainnya. Mengingat akan besarnya kebutuhan ruangan kerja khususnya bagi perusahaan perintis dan pekerja lepas.

Banyak pengembang yang mulai membuka kantor Coworking Space, mengingat terbatasnya lahan khususnya di perkotaan. Dulunya sering disebut dengan SOHO (Small Office Home Office) yang terkesan kaku dan hanya terdiri satu perusahaan saja di dalamnya.

Lalu SOHO disulap jadi lebih menarik dan punya nilai jual tinggi menjadi Coworking Space. Salah satunya yang berbeda ialah konsepnya dan siapa saja bisa ambil bagian untuk bekerja di dalamnya.

Sebenarnya, apa perbedaan Coworking Space dengan kantor biasannya?
Sebenarnya hampir sama, namun Coworking Space menawarkan sesuatu yang berbeda dari kantor biasanya yaitu ruangan yang terhubung satu sama lain. Berbeda jauh dengan perkantoran umumnya yang mempunyai sekat-sekat setiap ruangan, dari karyawan biasa dan atasan.
Perbedaan dari coworking space dengan kantor konvensional
Di Coworking Space, semua berbagai pekerja kreatif bisa ditemui dengan berbagai proyek yang dikerjakan. Anda mampu membangun interaksi dengan siapa saja setelah pekerjaan selesai. Sifat kekeluargaan pun ikut terjalin tanpa mengenal latar belakang dan siapa yang lebih dahulu tergabung di Coworking Space.

Kelebihan lainnya adalah kemampuan menjaga interaksi sosial Anda yang jarang ditemui di kantor konvensional. Selain karena sekat, anggota baru juga sulit berinteraksi dengan anggota lama karena faktor senioritas. Namun di Coworking Space tetap bisa bekerja dan interaksi yang saling beriringan.

Ini sebuah impian ruang kerja yang minimalis dengan memanfaatkan area yang sempit jadi begitu berharga. Apalagi dengan adanya Coworking mampu mewadahi cukup banyak perusahaan Startup memiliki kantor idamannya.

Apa sih keuntungan yang didapatkan dari bekerja di Coworking Space?
Begitu banyak keuntungan yang Anda dapatkan saat berada di dalam ekosistem Coworking Space. Berikut ini 6 keuntungan yang akan Anda rasakan di antaranya.

Pertama, Kolaborasi berbagai karyawan yang ada di dalam suatu wadah Coworking dan membangun chemistry satu sama lain. Mungkin saja dari perkenalan mampu melakukan proyek besar dan bahkan mendirikan perusahaan besar.
Aura positif langsung terasa layaknya kantor sendiri dari berbagai latar belakang pekerjaan. Selain itu motivasi tambahan pasti didapatkan dari berbagai rekan kerja meskipun bukan dari perusahaan yang sama. 

Kedua, Kesempatan besar bisa didapatkan dari komunitas dari Coworking Space ialah mengasah dan menempa kemampuan yang telah ada. Setiap anggota yang ada di ekosistem saling memotivasi satu sama untuk bekerja secara maksimal. Bukan tak mungkin mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas dari iklim yang ditempati oleh setiap anggota.

Anggota Coworking sadar mereka datang jauh-jauh ke situ, akan sia-sia andai hanya untuk bermain-main atau tidak serius bekerja. Fasilitas yang menunjang akan terasa percuma andai tidak bisa bekerja secara optimal.

Ketiga, Kaya akan wawasan jadi salah salah satu keistimewaan yang dimiliki dari Coworking Space. Di dalam ekosistem yang berbeda dengan bidang ilmu dan spesialisasi ilmu berbeda mampu membuat Anda kaya akan ilmu. Itu ditambah buat Anda yang supel, pasti dengan mudah bisa menambah teman dari berbagai perusahaan atau bahkan yang perorangan.
Tak hanya itu saja, konsep Coworking buat Anda bisa menghilangkan stres dengan ngobrol kepada siapa saja. Doyan menulis bisa berbagai ilmu dengan yang ahli coding atau ahli design. Secara tak langsung mampu membagi ilmu dan pengalaman. Mana tahu ke depan mereka yang perorangan mampu mendirikan perusahaan sendiri dari kenalan yang ia temui di Coworking.

Selain itu, penghuni dari Coworking yang telah berpengalaman akan saling membantu yang baru berkecimpung atau pemula. Semangat kekeluargaan yang lahir jadi alasan orang lain akan membantu kesulitan yang Anda miliki asalkan tak malu bertanya dan berinteraksi.

Saran dan masukan yang datang sangat membantu, apalagi kesalahan yang pernah mereka lakukan jadi bahan pembelajaran ke depan misanya saja ingin mendirikan Startup. Mulai dari manajemen proyek, sistem pemasaran, masalah pendanaan hingga proses mencari investor.

Keempat, Bentuk ruangan jadi pilihan, mulai dari  yang ada meja besar terutama yang bekerja secara kelompok besar, meja perorangan, ruang bilik terutama yang ingin melakukan konferensi atau rapat jarak jauh. Hingga yang cuma tersedia kursi saja, namun tak perlu khawatir karena disuguhi interior atau pemandangan yang menyejukkan mata. Di yakin tak akan membuat anda jenuh dan buntu ide. 
Interior yang menawan dan memanjakan anggota
Mau ngeprint, butuh cemilan dan buat kopi, semua ada di Coworking Space. Jadi anda tak perlu merasakan konsep kantor ala millenial yang minimal namun serasa seperti di rumah. Terpenting ialah tidak bikin berisik dan mengotori tempat, karena sama-sama dijaga dengan baik oleh para anggota Coworking Space.

Kelima, Harga yang ditawarkan tergolong tidak memberatkan dibandingkan pada cafe atau bahkan harus menyewa kantor pribadi. Paketnya mulai dari hitungan jam, harian, mingguan, dan bulanan. Anda bisa memilih di mana saja duduk untuk mengerjakan kerjaan Anda.

Walaupun harus merogoh kocek cukup dalam untuk kalangan mahasiswa, tapi Anda akan mendapatkan fasilitas yang sangat lengkap. Semuanya terbayar puas dan pekerjaan Anda terselesaikan tepat waktu.

Ada sejumlah fasilitas yang bisa menghilangkan badmood dan rasa Anda. Mulai dari sejumlah buku bacaan, sejumlah permainan ruangan seperti ping pong, board game hingga tempat bermain video. Rasanya jadi malas untuk pulang ke rumah.

Keenam, Semakin banyaknya Coworking Space, maka semakin besar pula peluang bertemu dengan media makin besar. Apalagi setiap Coworking Space sering banget menyediakan berbagai Event yang melibatkan Startup yang menarik perhatian besar media.

Tak hanya itu saja, malahan banyak media yang khusus berkunjung ke Coworking Space hanya untuk tahu Startup mana saja yang berada di dalamnya. Kesempatan besar dan juga ajang promosi buat yang punya Startup ataupun yang punya keahlian pribadi tanpa perlu harus mempromosikan diri.

Menakar peluang bisnis dari Coworking Space
Peluang besar bisa saja datang dengan mendirikan Coworking Space mengingat kebutuhan akan kantor saat ini. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bisa mendirikan sebuah Coworking Space khususnya di kota Anda, di antaranya.

Pemilihan lokasi, Daerah perkotaan saat ini begitu mendukung lahirnya sejumlah Coworking Space. Para anggota dari Coworking Space mulai dari profesional, freelance, Startup hingga mahasiswa merasa membutuhkan lokasi kerja dan wadah menuangkan idenya. Mereka menganggap Coworking Space sebagai kantor idaman dengan fasilitas lengkap dalam bekerja.

Pemilihan daerah perkotaan sibuk jadi lokasi yang tepat Coworking berdiri, namun harus disesuaikan dengan pemilihan lokasi yang strategis. Mulai dari akses yang mudah dan setiap anggota mudah menjangkaunya.

Prospeknya jelas menjanjikan, Coworking Space sangat memiliki prospek yang cerah, apalagi berada di daerah bisnis. Banyak orang yang mencari kenyamanan dalam bekerja, apalagi biaya sewa toko yang mahal sering menghambat perusahaan perintis kesulitan.

Ini jadi kesempatan besar bagi pendiri Coworking Space dalam mengembangkan usahanya. Bangunan yang bisa saja sebuah ruko atau rumah yang disulap sedemikian rupa menjadi Coworking Space. Asalkan mampu memberikan rasa tertarik para pelanggan dan mereka nyaman di dalamnya.

Budget yang memadai, Mendirikan Coworking Space memang membutuhkan dana yang besar khususnya dalam merancang ulang konsep ruangan yang diinginkan. Tak harus membeli atau membangun pertokoan, bisa saja dengan menyewanya lalu merancang ulang sesuai keinginan pemilik Coworking.

Jelas dibutuhkan budget besar yang nantinya jadi keinginan pelanggan. Itu wajib Anda pertimbangkan baik-baik dalam mendirikan Coworking Space sesuai kemampuan finansial Anda.

Design interior menawan, Faktor ini cukup banyak menarik pelanggan terutama kalangan millenial yang ingin bekerja serius tapi terlihat santai. Itulah salah satu ciri khas dari Coworking Space yang ditonjolkan. Pengaruh ruangan sangat besar dalam lahirnya ide dan kenyamanan anggota.
Konsep denah dari co-working yang ingin dibangun
Interior dirancang dengan berbagai konsep kekinian yang membuat penghuninya nyaman. Mulai dari ruangan berupa meja besar, meja perorangan, lokasi rapat, dan berbagai ruangan lainnya yang dibutuhkan oleh anggota Coworking Space.

Fasilitas mumpuni, Tak hanya design yang menawan, segala akan sia-sia andai tidak punya koneksi internet yang ngebut atau colokan buat mengisi daya dari sejumlah gawai anggota Coworking Space. Selain itu, harus adanya ruangan khusus seperti ruangan rapat, seminar, talk show dan presentasi harus ada sebagai penunjang.

Melihat peluang dan kompetitor, Coworking sedang menjamur khususnya di kota-kota besar, dengan begitu harus melihat siapa saja kompetitor yang menjadi saingan usaha Anda. Dengan begitu Anda mampu menganalisa kekurangan dan kelebihan kompetitor dan pangsa yang tersedia.

Sehingga Anda mampu mendirikan Coworking Space yang sesuai dengan kebutuhan dan menjaring berbagai kaum profesional perusahaan Startup dan freelance untuk datang ke Coworking Space Anda.

Itulah berbagai penjabaran tentang kantor kerja baru bernama Coworking Space, bagaimana pengalaman Anda yang pernah ke sana. Silakan diceritakan di kolom komentar.
Share:

4 comments:

  1. Keren ya, anadaikan pelayanan publik di Aceh sudah ada coworking pasti lebih produktif lah para generasi mileneal ini.

    Tentunya tempat yang disediakan nyaman dan bebas dari asap rokok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ke depan ada, mengingat anak muda millenial yg bekerja di dunia kreatif

      Delete
  2. jadi kapan iqbal mau bikin ginian? kami yang sewa deh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu.. Bsok mau bikin jadi bilateral sama petinggi gugel dulu :p

      Delete

ROG Phone 8

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer

Part of EcoBlogger Squad

Part of EcoBlogger Squad