Selasa, 23 Oktober 2018

Berkreasi dan Bekerja Tanpa Batas di Layanan SpotQoe

Tren bekerja secara mobile dan instant merasuki anak muda khusus bekerja di dunia kreatif dan sesuai dengan passionnya. Mereka bisa bekerja di mana saja tanpa terikat apa pun (freelance) dan bahkan calon perusahaan perintis (startup).

Sejurus dengan pekerjaan kaum millenial sangat akrab dengan mengupload dan mendownload data dari setiap pekerjaan yang dikerjakan. Sudah pasti kerjaanya tidak jauh dari gawai, koneksi ngebut, dan seduhan secangkir kopi.

Kerjanya relatif fleksibel tanpa terikat tempat dan waktu. Puncaknya adalah melahirkan karya dan ide brilian yang mengundang decak kagum banyak orang.

Permasalahan lahir karena terbatasnya gedung yang layak, banyak startup  yang kesulitan karena mahalnya biaya sewa gedung. Umumnya menjadikan kos atau bahkan garasi sebagai lokasi bekerja. Hasilnya jelas tidak optimal, kesannya kedua tempat tadi lebih cocok untuk bersantai dibandingkan lokasi kerja.

Semua terjawab dengan lahirnya konsep tempat kerja model baru dengan sebutan Coworking Space. Konsep ruang kerja ala milenial yang memanfaatkan ruangan yang sempit jadi efisien namun tetap santai dalam bekerja. Menjadikan kantor bagi semua kalangan, mulai dari perorangan, komunitas hingga perorangan. Buat siapa saja yang ada di dalamnya bebas berkreasi dan menuangkan idenya.

Data tersebut makin nyata berkat riset yang dilakukan oleh Zug IWG selaku lembaga riset Swiss yang melakukan survei terhadap 96 perusahaan di seluruh dunia. Data secara global menyatakan bahwa 70% pelaku bisnis melakukan pekerjaannya secara remote (jarak jauh) paling sedikit sekali dalam sepekan, serta 53% jumlah dari separuh minggu pekerjaannya. Bisa ditarik kesimpulan ada banyak yang tidak lagi terpaku bekerja di kantor lagi.

Kini sudah ada lebih dari 3000 coworking space yang tersebar di dunia termasuk di tanah air. Ada banyak keuntungan yang didapatkan dari coworking space khususnya kalangan profesional, perusahaan perintis (startup) hingga digital nomad mampu bekerja di ruangan yang sama dengan fasilitas lengkap.

Adanya coworking space ialah tempat atau ruangan layaknya kantor dengan konsep yang digunakan secara bersama-sama. Bersifat terbuka dari berbagai semua kalangan dengan segudang fasilitas lengkap seperti meja, kursi, ruangan meeting, tempat bermain, dan Wi-Fi super ngebut.

Jangan heran setelah proyek masing-masing, Anda bisa berinteraksi dengan siapa saja dari berbagai latar belakang yang ada di coworking space. Secara tak langsung Anda mampu memperkuat jaringan dan interaksi. Ruangan yang kondusif semakin membuat setiap anggota merasakan energi positif saat mengerjakan proyeknya.

Konsep ini berbeda jauh dengan cafe dan kedai, Anda dipaksa oleh pelayan harus memesan sesuatu. Tujuan utamanya supaya bisa mendapatkan password dan terkoneksi internet. Aneh rasanya tidak memesan apa pun dan bahkan bawa makanan sendiri dari rumah.

Menariknya di coworking space Anda tidak perlu membayar menu makanan karena telah tersedia. Anda bisa membawa bekal atau cemilan dari rumah asalkan tidak mengotori lokasi.

Di lokasi coworking space akan mudah ditemukan berbagai ruangan mulai dari yang diperuntukkan buat perorangan, kelompok kecil hingga kelompok besar. Salah satunya buat dijadikan Ruang Meeting.

Di Indonesia, konsep ini masih sangat awam di telinga para pekerja. Kedepan konsep ini akan jadi lahan bisnis yang menggiurkan mengingat besarnya nilai pekerja lepas dan startup. Bahkan marketplace yang menawarkan sejumlah coworking di tanah akan punya nilai besar di masa depan. Seperti yang sedang diterapkan dari SpotQoe.

Coworking space menawarkan sesuatu yang berbeda dari kantor biasanya yaitu ruangan yang  terhubung satu sama lain. Berbeda jauh dengan perkantoran umumnya yang mempunyai sekat-sekat setiap ruangan, dari karyawan biasa dan atasan.

Segala jenis pekerja kreatif bisa ditemui dengan berbagai proyek yang dikerjakan. Anda mampu membangun interaksi dengan siapa saja setelah pekerjaan selesai. Sifat kekeluargaan pun ikut terjalin tanpa mengenal latar belakang dan siapa yang lebih dahulu tergabung di sana.

Kelebihan lainnya adalah kemampuan menjaga interaksi sosial Anda yang jarang ditemui di kantor konvensional. Selain karena sekat, anggota baru juga sulit berinteraksi dengan anggota lama karena senioritas. Beda jauh di coworking space tetap bisa bekerja dan interaksi yang saling beriringan. Malahan saling membantu kesulitan satu sama lain walaupun baru kenal.

Ini sebuah impian ruang kerja yang minimalis dengan memanfaatkan area yang sempit jadi begitu berharga. Apalagi dengan adanya konsep tersebut mampu mewadahi cukup banyak startup memiliki kantor idamannya.

Ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan saat berada di dalam ekosistem coworking space, semua itu memberikan perbedaan yang nyata setiap anggota. Apa sajakah itu berikut ulasannya:

Beragam pekerja di dalamnya ada di dalam suatu wadah coworking dan membangun chemistry satu sama lain. Mungkin saja dari perkenalan mampu melakukan proyek besar dan bahkan mendirikan perusahaan rintisan besar sesuai satu visi di masa depan.

Tak hanya itu saja, aura positif langsung terasa layaknya kantor sendiri dari berbagai latar belakang pekerjaan. Selain itu motivasi tambahan pasti didapatkan dari berbagai rekan kerja meskipun bukan dari perusahaan yang sama.

Setiap yang ada di ekosistem saling memotivasi satu sama untuk bekerja secara maksimal. Bukan tak mungkin mampu meningkatkan produktivitas dan kreativitas dari iklim yang ditempati oleh setiap anggota.

Anggota coworking sadar mereka datang jauh-jauh ke situ, akan sia-sia waktunya dihabiskan sekedar bermain-main atau tidak serius bekerja. Fasilitas penunjang yang sudah optimal seakan tidak bisa dimanfaatkan buat menyelesaikan proyek.

Pada ekosistem yang berbeda dengan bidang ilmu dan spesialisasi ilmu berbeda mampu membuat Anda kaya akan ilmu. Itu ditambah buat Anda yang supel, pasti dengan mudah bisa menambah teman dari berbagai perusahaan atau bahkan yang perorangan. Apalagi adanya Tempat Event yang ada di coworking space

Tak hanya itu saja, konsep coworking buat Anda bisa menghilangkan stres dengan ngobrol kepada siapa saja. Anda yang bekerja sebagai content writer bisa berbagai ilmu dengan yang ahli coding atau ahli desain grafis. Secara tak langsung mampu membagi ilmu dan pengalaman. Mana tahu ke depan mereka yang perorangan mampu mendirikan perusahaan sendiri dari kenalan yang ia temui di coworking.

Para penghuni dari coworking yang telah berpengalaman akan saling membantu yang baru berkecimpung atau pemula. Semangat kekeluargaan yang lahir jadi alasan orang lain akan membantu kesulitan yang Anda miliki asalkan tak malu bertanya dan berinteraksi.

Saran dan masukan yang datang sangat membantu, apalagi kesalahan yang pernah mereka lakukan jadi bahan pembelajaran ke depan misanya saja ingin mendirikan startup. Mulai dari manajemen proyek, sistem pemasaran, masalah pendanaan hingga proses mencari investor.

Di coworking Space bisa pilih apakah perlu meja besar terutama yang bekerja secara kelompok besar, meja perorangan, ruang bilik terutama yang ingin melakukan konferensi atau rapat jarak jauh. Hingga yang cuma tersedia kursi saja, namun tak perlu khawatir karena disuguhi interior atau pemandangan yang menyejukkan mata. Nah.. itu diyakini tak akan membuat Anda jenuh dan buntu ide.

Mau ngeprint, butuh cemilan dan buat kopi, semua ada di coworking space. Jadi anda tak perlu merasakan konsep kantor ala millenial yang minimal namun serasa seperti di rumah. Terpenting ialah tidak bikin berisik dan mengotori tempat, karena sama-sama dijaga dengan baik oleh para anggota coworking s pace.

Dibandingkan pada cafe atau bahkan harus menyewa kantor pribadi. Paketnya mulai dari hitungan jam, harian, mingguan, dan bulanan. Anda bisa memilih di mana saja duduk untuk mengerjakan kerjaan Anda.

Walaupun harus merogoh kocek cukup dalam untuk kalangan mahasiswa, tapi Anda akan mendapatkan fasilitas yang sangat lengkap. Semuanya terbayar puas dan pekerjaan Anda terselesaikan tepat waktu.

Ada sejumlah fasilitas yang bisa menghilangkan badmood dan rasa Anda. Mulai dari sejumlah buku bacaan, sejumlah permainan ruangan seperti ping pong, board game hingga tempat bermain video game. Rasanya jadi malas untuk pulang ke rumah karena semua sudah tersedia di coworking space. 

Kini bukan hal yang sulit menemukan coworking space atau bahkan space dengan kebutuhan lainnya sesuai kebutuhan. Apakah itu digunakan sebagai Ruang Meeting, Ruang Event, hingga jadi kantor sementara. Semua kemudahan itu bisa ditemukan dengan mudah dengan layanan SpotQoe.
 Image result for spotqoe
Prosesnya gampang banget dan bisa disesuaikan dengan tempat, kapasitas, dan bahkan budget. Penasaran bukan bagaimana proses kerja dan pemesanannya, berikut ulasan lengkap mengenai SpotQoe.

Sebelum memulai proses pemesanan, ada baiknya kenal lebih jauh dengan layanan penyedia baru bernama SpotQoe. Saat ini mencari office service kini sudah menjadi sebuah kebutuhan banyak orang. Hanya saja banyak yang masih kebingungan mencari yang sesuai untuk melakukan rapat hingga event besar.
 Image result for spotqoe
SpotQoe hadir sebagai salah satu marketplace menawarkan konsep pencarian berbagai hotel, restoran, dan coworking space di berbagai lokasi yang ingin pelanggan cari. Berkembangnya konsep industri berbasis MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) buat para pelaku bisnis, karyawan perusahaan, freelancer, mobile worker, hingga para digital nomad.

Lokasi, kapasitas, dan harganya yang ditawarkan sangat beragam. Sangat cocok buat kantong penyewa, apalagi banyak promo yang ditawarkan. Jadi pilihan terbaik dalam menentukan pilihan space yang sesuai buat aktivitas perorangan hingga kelompok besar.

Kehadiran SpotQoe seakan mampu menjawab kebutuhan pemesanan ruangan sesuatu lokasi yang terdekat dan kriteria yang dinginkan secara online. Prosesnya lebih cepat dan mampu berkolaborasi dengan pemilik usaha (merchant) space.

SpotQoe berada di bawah komando PT Astragraphia Xprins Indonesia, kini sedang giatnya mengembangkan dan penyediaan beragam office service dan perkantoran di Indonesia. Pilihan ini memberikan kemudahan, fleksibilitas, dan kecepatan terhadap pemesanan space.
Proses Launching SpotQoe ke Publik
SpotQoe pertama sekali diluncurkan ke publik pada 28 Agustus 2018. Walaupun masih seumur jagung, kabar baiknya sudah ada lebih dari 2.500 ruangan kantor, restoran, dan coworking yang sudah bergabung dengan SpotQoe. Jumlah makin bertambah sering dengan banyak merchant yang menawarkan diri ke SpotQoe.

Ini jelas sebuah keunggulan yang SpotQoe tawarkan karena jadi pasar pertama yang menawarkan keberadaan ruang meeting yang banyak diperlukan. Selain bisa menyesuaikan dengan keperluan para penyewa, juga menambah koneksi dengan pemilik usaha.

Mahalnya harga tanah dan properti kini membuat banyak bagi perusahaan baru berpikir ulang membuat atau bahkan membeli kantor. Sebagai alternatif adalah dengan memilih menyewa dari kenalan atau relasi.

Prosesnya pun lama dan panjang, mulai dari menelepon atau datang langsung ke tempatnya. Jadi makin praktis dengan tersedianya SpotQoe, karena makin padunya kolaborasi pemilik tempat, pelaku bisnis, dan pastinya pelangggan.

Di SpotQoe diberikan kemudahan dalam waktu, apakah dalam proses mencari, membandingkan, memilih, dan proses penyimpanan Space. Berikut infografis kemudahan dari SpotQoe:

Secara secara tampilan warna, SpotQOe sangat kentara dengan warna biru tua serta campuran warna merah. Menggambarkan kesan berani dan penuh inovasi. Sesuai dengan moto SpotQoe yang menjadi pelopor di dunia marketplace pada berbagai kebutuhan space di tanah air.

Logonya sendiri berwarna merah tua dengan menggambarkan titik lokasi yang ditujukan buat para pencari space. Pada bagian atas Dasboard ditemukan Search Space, Bagian ini digunakan para pengunjung untuk melihat space yang dibutuhkan. 

Ada fitur List Your Space yang memudahkan membooking pesanan yang Anda inginkan. Nantinya pemesan diminta keterangan diri seperi nama, email, dan nomor yang dapat dihubungi. Ada kolom deskripsi yang dapat menjelaskan segala kebutuhan yang ingin ditambahkan saat memesan space. Nantinya akan dipenuhi oleh penyedia space. 
Promo, pada bagian dasboard ada pilihan promo bagi sejumlah space yang ditawarkan. Ada beragam promo potongan harga yang bisa dipilih. Berhubung masih baru, aka nada banyak harga miring dan promo yang menawan. Jadi kesempatan buat Anda memilih space terbaik dengan harga terbaik pula.

Nah… Lanjut di bagian tengah Dasboard ada tiga bauh bar kolom yang masing-masing untuk memilih lokasi (Location), daerah atau kota, Bentuk ruangan yang dibutuhkan (Space Type), dan Kapasitas (Capacity) yang dibutuhkan buat penyewa.

Untuk bisa memesan ruangan yang Anda pilih di SpotQoe, yang pertama sekali dilakukan ialah dengan mendaftarkan terlebih dahulu. Anda masuk ke SpotQoe dan lakukan registrasi melalui sejumlah pilihan, mulai Facebook, akun Google, dan Linkedin.
 
Proses registrasi dan konfirmasi di SpotQoe
Bisa juga mendaftar dengan mengisi form biodata lengkap bila tidak memiliki akun. Langsung dalam sekejap Anda sudah memiliki Akun dan mendapatkan verifikasi untuk masuk dalam system SpotQoe.

Bagi pengguna Android, dapat dengan menginstal via Google Play di gawai milik Anda sesuai dengan link di bawah ini:
Serta Anda pengguna produk Apple dapat mendowload di App Store seperti pada link di bawah ini:

Pada bagian dasboar ada tiga pilihan yaitu Location, Anda bisa memilih lokasi Kota dan daerah terdekat untuk dilakukan penyewaan. Akan ada pencarian sesuai kata kunci yang Anda masukkan nantinya sesuai dengan lokasi Anda dari fitur Map 

Kemudian pada Space Type, ada tiga pilihan yang bisa dipilih. Mulai dari Meeting Space, Event Space, dan tentu saja Working Space. 
Terakhir adalah Capacity, untuk mengukur jumlah peserta atau bahkan yang mampu menampung komunitas yang kita ajak. Sebagai contoh saya memasukkan angka kapasitas 1000 kursi. Kemudian muncul sejumlah space yang bisa dipilih sesuai ukuran dan selera Anda. 

Ada juga fitur Recommended Space, ada bisa memilih mana space yang paling rekomendasi dari mulai harga, kapasitas, dan tentu saja lokasinya. Pengguna akan lebih mudah menemukan space sesuatu dengan keperluannya.

Kemudian ada juga fitur Favourite Space, fitur ini akan mencari lokasi space yang paling digemari oleh para pencari space. Bisa saja yang digunakan sebagai ruang meeting, ruang event, dan lokasi coworking space. Salah satunya alasan adalah kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan.

Ada juga tampilan Profil space yang dipesan yaitu pada bagian ini menurut saya sangat menarik karena menampilkan deskripsi singkat mengenai space. Mulai dari gambar sekilas space, kapasitas, akomodasi pendukung, lain sebagainya. Jadi pengguna nantinya tidak kesulitan saat tiba ke sana. 
Tampilan Profil Space yang eye-catching
Bagi yang masih bingung, tak perlu khawatir karena di SpotQoe ada Costumer Service yang melayani segala respons buat para pelanggan. Ia akan memandu proses pencarian space dan merekomendasi space terbaik.

Well… setelah proses tadi berhasil Anda lakukan, kini Anda bisa datang ke lokasi pemesanan. Upayakan datang lebih cepat dari jadwal yang sudah ditetapkan, misalnya 15-30 menit sebelum acara.

Kemudian anda bisa menunjukan email konfirmasi pesanan kepada petugas di merchant. Nantinya mereka akan melakukan verifikasi pesanan. Sekaligus melunasi proses pembayaran Space, pastinya pengguna bisa merasakan space yang sesuai dengan keinginan. Pastinya bisa irit bensin dan waktu harus ke space yang dipesan. Terima kasih SpotQoe!!
Nah… kini Anda tidak perlu khawatir dalam mencari pemesanan yang terbaik sesuai yang diinginkan. SpotQoe sudah menjawab kegundahan itu, apalagi di era milenial geliat bisnis space jadi sangat menguntungkan.

Secara tak langsung mampu merespons pekerja dunia kreatif dan bahkan startup melakukan inovasi besar. Bisa saja dari layana yang diberikan oleh SpotQoe berkembang pekerja kreatif dan startup yang membanggakan negeri.

Jadi… Kini pesan pesan space apa pun tak perlu pake repot karena semua #JadiLebihMudah dengan #SpotQoe.

Semoga saja postingan ini memberikan pencerahan bagi Anda dalam mencari space terbaik buat bekerja dan tempat meeting.
Have a Nice Day
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Halo Penulis

Foto saya

Hobi membaca, mengobservasi sekitar, pelaku lapangan hijau, dan pengamat EDM

Berlangganan via Email