Tuesday, April 2, 2019

Ini Dia 4 Peralatan Pendukung Kegiatan Arung Jeram Nan Menantang


Related image
Sumber : balitourclub.net

Ketika kamu bingung untuk menikmati liburan cobalah untuk wisata petualangan rafting. Wisata petualangan rafting merupakan salah satu rekreasi menantang di dalam air, tak heran banyak orang yang menyukai wisata ini. Selain wisata, rafting lebih sering digunakan untuk kegiatan olahraga adu nyali. Kegiatan olahraga rafting ini sudah banyak terdapat di Indonesia, salah satunya Bali. Di Bali terdapat 3 sungai yang sangat populer untuk rafting yakni, sungai Ayung, Telaga Waja dan juga Melangit. Tentunya semua itu tidak lepas dengan perlengkapan dan standar keamanan.

Karena wisata rafting atau lebih dikenal dengan arung jeram ini merupakan olahraga yang menjelajahi jalur/lintasan di sungai dengan mengikuti arus yang deras. Maka dari itu ketika peralatan yang kamu pakai sudah menggunakan standar keamanan, petualanganmu akan terasa fun, asyik dan nyaman, karena itu semua akan dapat meminimalisir kecelakaan serta kejadian tidak terduga lainnya.

Kamu masih tidak tahu perlengkapan apa saja yang dibutuhkan? Tenang saja, kali ini kami akan memberikan beberapa perlengkapan yang harus dibawa sebelum melakukan kegiatan arung jeram.

 1. Perahu karet (boat) 


Sumber : Shopee.co.id 
Yang pertama yaitu perahu karet. Pada umumnya petugas sudah menyiapkan perahu untuk keamanan kegiatan ini, biasanya perahu karet yang digunakan untuk rafting bisa muat 4-10 orang, tapi tergantung ukuran besar kecilnya. Perahu karet yang digunakan tidak boleh sembarangan, harus terbuat dari bahan karet khusus yang sangat kuat dan berkualitas.

Untuk perahu yang digunakan memiliki dua jenis yaitu Non self Bailing dan Self Bailing boat. Non Self Bailing boat adalah perahu yang tidak memiliki lubang pembuangan air, maka dari itu perlu menyediakan ember untuk membuang air yang masuk ke perahu. Sedangkan Self Bailing adalah perahu yang dilengkapi dengan lubang-lubang yang berfungsi sebagai pembuangan air.

2. Pelampung (life jacket) 


Sumber : newsureadventure.com 
Yang kedua yakni pelampung. Peralatan yang satu ini sangat penting, Baju pelampung bisa melindungi kamu ketika terjatuh ke dalam air. Bagi kamu yang tidak bisa berenang di dalam air sangat disarankan untuk memakai pelampung, karena dengan pelampung dapat memungkinkan posisi kamu terapung dan bisa selamat.

Selain untuk perlindungan ketika terjatuh di dalam air, pelampung juga dapat melindungi badan kamu dari berbagai benturan yang terjadi. Pelampung memiliki pelindung dari mulai tubuh hingga ke tengkuk leher. Pastikan ketika memilih pelampung yang sesuai dengan tubuhmu jangan sampai terlalu longgar atau terlalu kencang, karena itu merupakan hal penting untuk keamanan dan kenyamanan pengguna.

3. Pelindung bagian kepala



Sumber : Shopee.co.id 
Yang ketiga peralatan untuk melindungi bagian kepala yaitu kacamata renang dan helm. Helm merupakan peralatan yang sangat penting digunakan, karena dapat melindungi kepala dari benturan benda-benda keras seperti batu dan bahkan bisa berbenturan dengan peserta lainnya. Selain itu kacamata renang juga diperlukan untuk melindungi mata dari semburan air dan benda lainnya. Pilihlah helm yang sesuai dengan ukuran kepala kamu dan atur kekencangannya senyaman mungkin. Paling tidak berikan kelonggaran tali sekitar dua jari dari dagu.

4. P3K Kit (First aid) 

Sumber : medicom.co.id 
Yang selanjutnya kamu perlu membawa perlengkapan obat-obatan untuk pertolongan pertama. Bahwa sangat penting jika kamu membawa obat-obatan ketika sedang pergi kemana pun, umumnya para provider rafting sudah menyediakan peralatan P3K di dalam boat namun tidak salah juga jika kita membawanya sendiri kan! Karena kegiatan rafting ini merupakan rekreasi petualangan yang berada di alam bebas, sehingga rentan untuk terjadinya benturan atau gesekan. P3K juga diperlukan untuk melengkapi beberapa peralatan yang dibawa apalagi jika kamu memiliki gangguan kesehatan.

Itulah beberapa peralatan penting yang perlu dibawa ketika kamu ingin melakukan kegiatan rafting. semoga artikel ini dapat berguna !

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Halo Penulis

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer

Berlangganan via Email