Sunday, February 9, 2020

EDC SPOTS, Cara Mudah Transaksi Cashless

Proses pembayaran yang dilakukan untuk saat ini makin beragam, pelanggan sangat terbantu dalam akses transaksi yang cepat. Tak hanya pelanggan saja, berbagai mercant, e-commerce hingga UKM sudah menerapkan konsep tersebut.

Memasuki era yang lebih modern, pengembangan usaha haruslah cepat dan mudah beradaptasi dengan kehadiran teknologi. Ini sangat penting, karena menjadi keunggulan dibandingkan dengan para pesaing lainnya. Salah satu yang perlu ditekankan ialah proses perekaman dan pencatatan data keuangan, makin melek.
Sistem keuangan yang modern juga dapat mengetahui berbagai parameter produk, mana yang paling laris dan sepi peminat. Sangat cocok buat pemilik usaha dalam menyesuaikan stok sesuai dengan kebutuhan konsumen, pembayaran dan sistem keuangan mampu mengevaluasi itu semua.

Kemudahan yang ditawarkan tersebut seakan terjawab melalui EDC (Electronic Data Capture). Mesin ini punya segudang kegunaan khususnya sebagai penerima pembayaran yang langsung terhubung dengan rekening bank pelanggan.

Para pelanggan tak perlu lagi kesulitan harus menarik uangnya di ATM terdekat karena sudah ada EDC. Mesin ini diterbitkan secara langsung oleh pihak perbankan dan bisa secara langsung terkoneksi pada server bank.

Nah… secara bentuk mesin EDC tergolong jadul untuk buat zaman sekarang. Bentuknya pun menyerupai telepon genggam model layer dan berlayar kecil. Pada bagian samping terdapat lubang khusus sebagai tempat menggesek kartu ATM atau kartu debit.

Ada sejumlah yang tersedia dari mesin EDC yaitu komponen Graphical User Interface (GUI) yang bertugas dalam memasukkan data, komponen validasi untuk mengecek data, dan sebagai alat pembuatan laporan untuk mendukung analisis data yang terkumpul.

Cara kerjanya tergolong sederhana yaitu dengan menggunakan mesin perangkat kasir, pelanggan yang dibantu oleh pemilik usaha bisa menggesekkan kartu miliknya pada mesin EDC. Selanjutnya tinggal kasir yang memasukkan nominal pembayaran.

Bila transaksi berhasil, akan keluar berupa setruk pembayaran dari mesin EDC. Setruk tersebutlah sebagai bukti pembayaran yang diberikan kepada pelanggan. Ini dianggap sangat baik dalam mencatat data transaksi mulai dari usaha skala ritel hingga level UKM.

Semua pihak yang diuntungkan oleh EDC
Terobosan dari mesin EDC banyak dilakukan oleh berbagai pihak yang punya banyak interaksi langsung dengan pelanggan. Contoh yang paling sering adalah pusat perbelanjaan, restoran hingga cafe. Keberadaan mesin EDC sangat membantu para pelanggan dan bahkan menumbuhkan bisnis.
Cara berbelanja saat ini lekat dengan kata praktis dan mesin EDC salah satu yang menawarkan kemudahan itu. Berikut sejumlah kemudahan yang didapatkan saat beralih ke mesin EDC. Proses transaksi memangkas waktu, tempat seperti pusat perbelanjaan, restoran hingga cafe punya aktivitas yang sibuk pada jam-jam tertentu.

Proses yang cukup disesali oleh pelanggan adalah mengantre dalam proses belanja. Itu belum lagi proses uang kembalian atau perhitungan oleh kasir yang sedikit terhambat. Adanya mesin EDC terlihat lebih praktis tanpa mengantre lama. Bahkan konsumen tidak harus kesulitan dalam uang kembalian. Semuanya telah terdata di dalam proses pembayaran.

Penjualan yang terus mengalami peningkatan, ada kata beralih ke proses pembayaran dengan mesin EDC. Otomatis sirkulasi perputaran uang jadi lebih besar dan juga meningkatkan omzet penjualan. Selain itu tak menutup kemungkinan ada penambahan order dari sebelumnya karena tidak perlu membawa uang kontan. Selain itu harga mesin EDC yang terjangkau dianggap sebagai bentuk investasi usaha

Selangkah lebih maju dari kompetitor, cara beralih dengan mesin EDC tergolong revolusioner apalagi para pesaing belum menggunakannya. Memang awalnya butuh biaya besar untuk penyediaannya. Tak perlu khawatir karena itu tergolong investasi khususnya dalam meningkatkan laju keuangan usaha. Pelanggan pun menilai usaha Anda selangkah lebih maju dan modern, ini menarik dibandingkan cara konvensional.

Proses pembukuan yang lebih mudah dan transparan, selama ini urusan keuangan adalah momok yang begitu menakutkan bagi usaha kecil. Proses perhitungan yang kadang kurang diperhitungkan bisa berdampak pada kerugian atau sulitnya menghitung laba. Semuanya tersimpan secara otomatis di dalam program pembukuan yang ada di mesin EDC. Pemilik usaha pun tak perlu lagi kesulitan dalam proses pembukuan setiap penjual. Pembukuan yang dulunya menakutkan kini jadi begitu mudah.

Tak perlu menyimpan banyak uang, rezeki usaha yang meningkat memang berkah tersendiri. Akan tetapi pemilik usaha sering kesulitan dalam proses menukarkan uang atau menyimpan uang hasil penjualannya ke bank. Tak jarang bisa jadi peluang perampokan atau bencana lainnya, bahkan setelah jualan harus menghitung secara manual pemasukan total.

Mengontrol dan menghindari kecurangan, EDC dianggap solusi terbaik dan bahkan mengurangi kekhawatiran segala aktivitas keuangan usaha Anda. Bahkan sangat mudah dalam proses mengontrolnya, tak hanya dari pemilik usaha saja termasuk dengan pihak bank.

Para karyawan yang tak jujur pun cukup merepotkan pemilik usaha, adanya mesin EDC dianggap mampu menghindari karyawan melakukan penggelapan keuntungan bisnis seperti pada uang tunai. Jika ada transaksi yang mencurigakan, pihak bank pun bisa mengantisipasinya.

Terakhir adalah terhindar dari uang palsu atau uang rusak, ini jelas merugikan usaha. Ada banyak pelanggan curang yang mencoba melakukan hal tersebut atas dasar keuntungan pribadinya. Keberadaan mesin EDC mampu meminimalisir kejadian tersebut serta Harga Mesin EDC relatif terjangkau.

Mesin EDC SPOTS, pilihan terbaik dalam transaksi kekinian
Mesin EDC punya beragam model dan yang paling menarik ialah yang ditawarkan oleh SPOTS. Mesin aplikasi perangkat kasir berbasis online dengan sistem PoS (Point of Sale) khususnya dalam proses pengelolaan pesanan. Sangat baik khususnya bagi pemilik usaha dari skala besar hingga yang baru merintis jalan usahanya.
Nah… konsep PoS pada mesin perangkat kasir juga menghindari sejumlah kesalahan kasir khususnya dalam proses memasukkan data ke komputer. Sesuatu yang tidak ditemui pada perangkat EDC seperti SPOTS karena ia punya segala data transaksi transparan yang terkoneksi langsung ke bank.

Cara penggunaan mesin SPOTS pun sangat mudah namun multifungsi, dibandingkan dengan mesin EDC merek lainnya. EDC SPOTS punya keunggulan dari bentuk lebih minimalis dan modern, serta multifungsi untuk beragam aplikasi. Ukurannya kecil dan tidak terlalu berat sehingga mudah diletakkan atau dipindah ke mana saja sesuai keinginan. Serta harga mesin EDC cukup terjangkau oleh semua pihak.
Ini sangat menjawab berbagai kalangan khususnya pelaku UKM di tanah air yang ingin menerapkan proses pembayaran instan. Bahkan bisa menerima pesanan seperti Go-Food, pembayaran Go-Pay, proses percetakan resi, hingga penulisan laporan laba harian dari berbagai tipe pembayaran yang diterima.

Sebagai pemilik usaha, bukan hanya itu saja yang didapatkan dari aplikasi EDC SPOTS. Berikut sejumlah keunggulan yang didapatkan dibandingkan dengan harga mesin EDC lainnya seperti sejumlah penjabaran berikut ini

Punya segudang menu dan fitur menarik, perangkat SPOTS mampu menggantikan proses secara manual atau impor dari berbagai menu makanan seperti dari Go-Food. Serta mengatur dari jumlah, foto, harga hingga kategori produk yang Anda punya.
Misalnya pada usaha kuliner, pesanan yang datang dari Go-Food bisa segera diproses dengan cepat melalui notifikasi bersifat real time. Ini memungkinkan pesanan bisa segera dipersiapkan sebelum driver sampai ke tujuan. Sehingga menghemat waktu tanpa harus menunggu lama, apalagi menunggu jadi pekerjaan yang membosankan.

Kemudian proses percetakan resi pun cepak karena mesin SPOTS telah dilengkapi dengan printer atau lebih tepatnya disebut dengan All in One Device. Pemilik usaha tidak perlu lagi harus menambahkan mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi. Terakhir adalah proses monitor terhadap pendapatan dan laporan keuangan sudah real time, prosesnya melalui email setiap harinya.
Ada banyak yang bisa dilakukan pada EDC SPOTS, salah satunya terintegrasi dengan Go-Biz, segala sesuatu yang terkait dengan pemesanan akan masuk ke dalam aplikasi SPOTS sehingga memudahkan proses pemesanan.

Proses pembayaran yang dilakukan adalah dengan menggunakan Go-Pay QR, ini sangat diminati karena di era digital proses pembayaran tanpa tunai (Cashless) semakin digemari. Pembeli hanya perlu melakukan proses scan QR dan memasukkan angka yang harus ia bayarkan. Tergolong mudah dan cepat khusus pembelian dengan nominal besar.

Mengenai biaya transaksi dengan menggunakan Go-Pay, biayanya sebesar 2% untuk setiap transaksi yang berhasil. Biaya tersebut juga disesuaikan dengan tipe industri dan omzet yang dihasilkan si pemilik usaha. Nah.. sedangkan bila menggunakan kartu debit, biaya transaksi yang berhasil ialah 1,2%.
SPOTS sudah digunakan di sejumlah kota di Indonesia, total ada lebih 50 kota di tanah air dengan 50.000 outlet yang tersebar dari level UMKM hingga usaha skala menengah besar. Pemilik cukup saja membayar sebesar 490 ribu sebagai biaya pendaftaran dan Rp4.900 untuk setiap bulannya untuk harga mesin EDC. Biaya tersebut digunakan untuk pemeliharaan khususnya setiap proses transaksi yang Anda lakukan.

Jika dibandingkan menggunakan mesin kasir konvensional dengan perangkat PoS Handheld seperti Go-Biz tentu punya sebuah perbedaan cukup signifikan. Aplikasi Go-Biz bisa diunduh secara langsung di Google Play atau IOS pada smartphone milik Anda. Bahkan dalam waktu dekat, SPOTS sudah bisa menerima proses pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.
Tertarik tidak punya mesin EDC SPOTS? bila tertarik ayo gabung Bersama SPOTS. Caranya gampang yaitu dengan mengisi formulir pendaftaran yang ada pada website SPOTS. Selamat tinggal pembukuan keuangan atau nota pembayaran yang tercecer.

Proses pembayaran cashless memberikan kemudahan pengguna sekaligus pengalaman baru bertransaksi cepat dan mudah. Serta memudahkan kedua pihak, EDC SPOTS salah satu cara menuju ke arah pembayaran modern di masa depan.
Image result for pengalaman edc spots
Semoga postingan ini memberikan pengetahuan pada Anda dan Have a Nice Days.
Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer

Langganan via Email Yuk?