Monday, September 2, 2019

5 Tips Mempersiapkan Rencana Keuangan untuk Pemula

Mempersiapkan rencana keuangan sama dengan mempersiapkan masa depan. Cara itu harus dilakukan agar jauh dari jeratan hutang sejak usia muda. Harus adanya pos tertentu yang dialokasikan, supaya pendapatan yang didapatkan bisa tepat sasaran. Salah satu pilihan terbaik menata masa depan melalui Investing Indonesia.
Perencanaan keuangan yang baik dan terkelola dengan rapi memberikan banyak keuntungan. Mulai dari tahu cara mengelola keuangan, tujuan penggunaan uang, terhindar dari kebiasaan konsumtif, hingga kebebasan finansial. Opsi pilihan terbaik yang saya sarankan adalah investasi, sekaligus Anda akan belajar banyak instrumen investasi yang dipilih
Mungkin ada banyak mitos yang mengatakan bahwa di usia produktif tidak mengharuskan investasi. Mitos tersebut mengatakan investasi hanya dilakukan pada usia 30-an ke atas, nyatanya investasi sudah bisa dimulai sejak masa muda. Makin jeli berinvestasi di usia muda, artinya kita sudah siap merajut masa depan.

Mengapa kita harus berinvestasi sejak muda?
Usia bukan halangan buat menunda kesempatan berinvestasi. Ada banyak keuntungan yang didapatkan dengan menyisihkan pendapatan untuk ruang berinvestasi. Keuntungannya seperti mampu mendapatkan passive income, kewajiban menyisihkan pendapatan, dan mempersiapkan masa depan dengan matang.
Tidak harus menunggu tua atau mapan, investasi pun bisa dimulai dari langkah kecil karena tidak jaminan pekerjaan sekarang mendapatkan dana pensiun dari tempat bekerja. Dengan ada Investing Indonesia bisa digunakan sebagai dana pensiun dan dana darurat. Penghasilan yang masih sedikit bisa dialihkan dengan berinvestasi sesuatu yang dianggap menguntungkan di masa depan.

Alasannya sederhana, tak semuanya kita bekerja di instansi pemerintah atau swasta yang menjamin dana pensiun. Selagi masa muda dan kuat, tak salah berinvestasi sekaligus mengetahui mekanisme investasi yang bijak sesuai dengan kepribadian.

Nah… ada sejumlah tips sebelum berinvestasi yang perlu diperhatikan. Khususnya para pemula yang memulai petualangan di dunia investasi. Karena tidak semua investasi selalu menguntungkan, ada sejumlah hal yang kadang merugikan dan buat Anda tertipu. Di dalam memulai Investing Indonesia ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini lima cara mempersiapkan investasi bagi pemula, berikut ulasannya:

1.       Tentukan tujuan investasi
Ada banyak pilihan investasi yang dipilih, mulai dari yang jangka pendek, menengah, dan panjang. Sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan investasinya, karena ada sejumlah investasi yang butuh waktu lama sebelum akhirnya bisa dituai.

2.       Memahami dasar investasi
Bila Anda saat ini masih hijau di dunia investasi, salah satu cara adalah dengan memahami segala dasar instrumen yang ada di dalam investasi tersebut. Paling penting adalah tahu mekanisme kerja investasi yang dipilih. Bila belajar sendiri atau bertanya pada kolega atau teman yang sudah ahli. Pastikan juga investasi pilihan cocok dengan latar belakang dan kepribadian Anda.

3.       Paham terhadap risikonya
Setiap investasi pasti ada risiko yang harus dihadapi kelak dalam berinvestasi sebuah instrumen. Anda bisa mengetahui level risiko paling minim dan maksimum dari investasi yang dipilih. Supaya tidak menyesal saat memilih investasi tersebut sekaligus mengurangi kerugian yang diderita andai investasi tersebut berakhir mengecewakan. Karena tujuan akhir dari investasi dalam mendapatkan keuntungan dalam jangka tertentu.

4.       Gunakan modal sendiri
Harus diingat bahwa dalam investasi harus gunakan uang sendiri walaupun nominalnya masih kecil. Awali investasi dalam jumlah kecil sebelum loncat ke nominal yang lebih besar. Harus sangat perlu dihindari berinvestasi dari hutang karena berisiko andai investasi yang dipilih gagal. Anda akan merasakan tumpukan hutang, niat ingin untung malah berakhir buntung.

5.       Jangan letakkan pada satu keranjang
Dalam berinvestasi jangan hanya fokus pada satu instrumen investasi, seperti yang pernah dikemukakan oleh Warrent Buffet. Berinvestasi dengan beragam instrumen akan mengurangi risiko kegagalan andai saja tidak kehilangan uang Anda seluruhnya. Sekaligus mengenal beragam peluang investasi pilihan Anda.
Itulah sejumlah tips Investing Indonesia untuk pemula khususnya bagi anak muda. Investasi tidak harus menunggu hari tua, bahkan bisa dilakukan sejak usia masih muda. Apalagi masa depan itu harus dipersiapkan bukan ditunggu.  Saat orang lain baru mulai berpikir berinvestasi. kita sudah menuai berkah investasi dulu di usia muda.

Semua saja postingan ini memberikan inspirasi buat Anda semua dan akhir kata, Have a Nice Day.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Halo Penulis

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer

Berlangganan via Email