Thursday, October 31, 2019

New Zealand, Surga Nan Eksotik di Belahan Bumi Selatan

Related image
Jalan-jalan ke New Zealand jadi mimpi saya sejak kecil, melihat negeri eksotis. Itu berawal dari berbagai cerita dan bahkan film dunia fiksi banyak dibuat di New Zealand. Pemandangan alamnya seakan membuat latar film menjadi begitu hidup, ada banyak film Hollywood yang pernah mengambil gambar di sini. Mulai dari Rings, King Kong, The Cronicle of Narnia, The Hobbits hingga Adventure of Tintin.

Perpaduan alam dan masyarakatnya yang ramah jadi satu kesatuan unik. Keindahan alam pun satu padu dalam apitan dua pulau utama. Pengunjung bisa merasakan air terjun, pegunungan yang terhampar luas, warna-warni danau, desir pantai yang elok hingga beragam flora dan fauna khas New Zealand.


Penyuka olahraga ekstrem pun pasti menganggap New Zealand jadi spot yang optimal menyalurkan hobinya. Di setiap tebing yang curam terdapat Bungy Jumping, ada juga permainan free falling dan sky diving. Sedangkan di laut dan danau dapat merasakan sensasi ocean swing dan diving melihat ekosistem di dalamnya. Serta berlayar dengan kapal The Dream Cruises sembari menikmati laut New Zealand.
 Image result for The Dream Cruises new zealand
Sejak lama saya sudah bermimpi bisa ke sana, New Zealand ibarat surga tersembunyi yang ada di belahan bumi selatan. Sorotnya jauh dari panggung dunia seperti eksotiknya kota-kota di Eropa, glamornya kota di timur tengah atau majunya kota-kota besar di Amerika. Andai cita-cita bisa terwujud, ada banyak tempat eksotik yang ingin dikunjungi dengan berbagai panorama yang ditawarkan.

New Zealand menawarkan keramahan masyarakat dan kultur masyarakat yang santun. Banyak pengalaman turis yang pernah ke sana merasa nyaman dalam menikmati wisata dan sarana yang tersedia. Bahkan tak jarang tak cukup sekali untuk bisa datang ke sana. Hasrat itulah yang membuat saya bermimpi bisa menginjakkan kaki ke sana.

Pergi ke sana tak harus secara berkelompok tapi juga bisa dilakukan dengan cara solo traveler. Artinya dengan keramahan dan akses yang mudah membuat solo traveler bisa datang tanpa riskan ke New Zealand. Masyarakat lokal sangat ramah dan sesuai dengan semboyan dari Bahasa Mouri: KIA ORA yang berarti selamat datang. Segala kemudahan dan kenyamanan tersebut seakan tak sabar datang langsung ke sana.

Perkenalan dengan New Zealand dimulai sejak saya masih duduk di bangku Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Bencana Gempa dan Tsunami yang terjadi 15 tahun yang lalu menjadi luka mendalam bagi Aceh. Pengalaman tak mengenakkan tersebut nyatanya menghasilkan donasi dan solidaritas terbesar dalam sejarah. Semua negara di dunia turut serta membantu Indonesia dalam aksi kemanusiaan.

Bantuan pun datang dan berbagai bantuan yang cukup membekas adalah berbagai buku bacaan. Seakan membuka jendela dunia anak-anak pengungsian seperti saya. Salah satu buku yang menarik adalah panorama alam sejumlah negara eksotik di dunia. Terbesit salah satu buku yang menarik bagi saya yaitu New Zealand, negeri yang ada di belahan selatan dunia dengan segala pesonanya.

Bukan hanya beragam buku saja, ada banyak relawan ramah yang menjadi volunteer dalam aksi tersebut. Keramahannya menggambarkan negara mereka yang sangat welcome kepada siapa saja dan melayani siapa saja. Inilah membuat cinta pertama saya dengan New Zealand. Ada banyak buku yang saya koleksi saya mengenai traveling keliling dunia dan asal ada buku yang membahas tentang New Zealand sulit untuk tidak membelinya.

Segudang cerita yang dirajut dari New Zealand
Salah satu yang dikenal dari New Zealand adalah hewan langka dan endemik yaitu Burung Kiwi. Hanya ditemukan di daratan New Zealand dan menjadi lambang negara tersebut. Bahkan Bangsa New Zealand di percaturan dunia disebut dengan The Kiwis. Bentuknya yang unik dan sifatnya pemalu, ia hanya bisa ditemukan di sejumlah taman nasional.
Image result for kiwi bird 
Taman Nasional yang bisa menemukan si burung pemalu tersebut adalah di Taman Nasional Rainbow Springs. Pengunjung bisa melihat Burung Kiwi dewasa dan bahkan bisa bila datang di waktu yang tepat, dapat melihat secara langsung proses menetasnya telur Burung Kiwi.

Ada satu yang unik dari New Zealand, sejumlah burung khas sana tidak bisa terbang seperti Burung Kiwi dan Kakapo (mirip burung kakaktua) karena tidak adanya predator berbahaya seperti ular hidup di sana. Burung-burung sangat nyaman berkeliaran di tanah dan bahkan mereka aman dari aksi perburuan liar.

Jelajah alam eksotis bak negeri dongeng
Lokasi alam yang menarik dari New Zealand menurut saya adalah jelajah alam Tranz Scenic menggunakan Kereta Tranz Alpine. Film Lord of The Rings dan Chronicle of Narnia menggambarkan secara jelas lokasi tersebut. Pemandangan lahan pertanian, pegunungan Souther Alps dengan hiasan puncak salju di setiap pegunungan tersebut. Makin lengkap dengan adanya aliran sungai dari Waimakariri yang berkelok-kelok.
Image result for tranzalpine train new zealand 
Gambaran nyata dari indahnya New Zealand terlihat jelas. Belum lengkap lagi jelajah alam hanya dilakukan di darat saja. Salah satu tempat menarik lainnya ada Danau Mapourika, aksi paling santai dan menguras keringat adalah Kayaking. Semua pastinya sudah sesuai dengan standar keamanan dalam melakukan jelajah danau. Sambil Kayaking santai di danau, pengunjung bisa melihat sensasi danua yang jernih dan pemandangan di sekitarnya yang menawan.
 Image result for tranzalpine train new zealand
Bila sudah merasakan perjalanan darat dan pengalaman Kayaking, ada satu yang menarik di New Zealand yaitu melakukan hiking ke gunung. Ada banyak gunung di New Zealand dan sebagian besar merupakan kawah aktif, sewaktu-waktu bisa saja melontarkan magma.

Salah satu gunung yang menarik di sana adalah Gunung Es Franz Josef, merupakan gunung api yang sudah tak aktif dan diselimuti es abadi. Seakan dalam perjalanan hiking jadi begitu hidup dan menantang, tebalnya jaket jadi hal wajib untuk menghindari hipotermia. Syaratnya adalah mengisi formulir kesehatan sebelum melakukan proses hiking menantang tersebut dan pastinya dengan perbekalan yang cukup selama proses hiking.
 Image result for franz josef new zealand
Para wisatawan yang ikut dalam hiking akan bisa melihat bagaimana air terjun es yang mencair atau lebih dikenal dengan gletser di Gunung Es Franz Josef. Setiap perjalanan akan dilalui dengan melewati es membeku yang sangat licin dan terjal. Terlihat seperti di film perjalanan mendaki puncak gunung es. Semua itu terjawab dengan adanya pemandian air panas di tengah gunung es tersebut. Ibarat menemukan oase di padang pasir, tapi di gunung es pengunjung bak menemukan sebuah oase air panas yang melegakan otot.

Wahana Ekstrem menguji adrenalin
Reputasi sebagai lokasi sky diving terbaik dunia dipegang oleh New Zealand. Alasannya adalah kondisi alam yang mengagumkan dan ditambah dengan kondisi cuaca stabil menjadi kombinasi lengkap. Lokasi terbaik ada di Wanaka. Lokasi ini sering dijadikan ajang menguji adrenalin buat para wisatawan.
 Related image
Ada banyak pesawat khusus yang siap menerbangkan wisatawan. Syaratnya relatif ketat seperti mengisi biodata, riwayat kesehatan hingga menandatangani formulir pernyataan kesehatan. Ini bertujuan untuk keamanan setiap peserta. Memang saat sebelum melakukan aksi sky diving jantung berdegup kencang, akan tetapi setelah terbaik dan melakukan aksi tersebut.

Perasaan gugup mendadak menghilang, tergantikan dengan pengalaman mendebarkan dan pastinya teriakan kencang. Pengalaman ini makin indah dengan barisan awan tipis, panorama pegunungan dan lembab khas New Zealand.

Masakan Hangi khas Bangsa Maori
Salah satu masakan yang menjadi primadona dalam memasaknya adalah Hangi. Makanan khas Suku Maori tersebut punya proses unik dalam memasaknya. Proses memasak dilakukan di dalam tanah, terlebih dahulu masakan yang terdiri dari daging domba, ikan, ayam, umbi-umbian hingga beragam campuran kol satu padu di dalamnya.
 Related image
Masakan tersebut dibungkus di dalam daun jerami yang mereka sebut dengan “Umu”. Namun kini sesuai dengan modernisasi, lebih sering dibungkus dengan menggunakan aluminium foil. Kemudian masakan dimasukkkan ke dalam wadah batu panas yang ada di bawah tanah dan kemudian dilapisin oleh kain basah.

Proses memasak dilakukan di dalam tanah hingga akhirnya masakan matang. Perlu waktu hingga beberapa jam hingga akhirnya bisa disantap oleh para pengunjung. Kegiatan memasak ala Hangi tersebut sangat banyak menyita perhatian banyak turis, mereka pun sangat antusiasn terlihat dari tahap awal hingga tahap akhir.

Tempat Hiburan Keluarga dari Negeri Kiwi

New Zealand tak hanya sebatas lokasi alam saja, ada banyak wahana unik yang ada di sana. Pernah Anda mendengar Menara Pisa di Italia? Bangunan tersebut sangat identik dengan kemiringan. Tapi jangan salah, bahkan di New Zealand punya hal serupa. Berlokasi di sebuah area bernama Puzzling World dan ikon bangunan yang mencolok tersebut adalah penampakan Tumbling Tower. Sebuah bangunan empat persegi yang tidak simetris dan tak beraturan, makin abstrak dengan beragam corak warna.
Image result for Leaning Tower of Wanaka 
Terdapat juga di dalam kompleks yaitu Learning Tower of Wanaka, berupa menara jam yang punya kemiringan 53 derajat. Sebagai perbandingan adalah Menara Pisa hanya punya kemiringan 6 derajat saja dan hanya berupa sebuah Gedung saja. Di Puzzling World ada banyak tempat hiburan yang menarik lainnya yaitu The Great Maze  yang menyerupai labirin. Lokasi ini jadi labirin terbesar yang ada di New Zealand, pengunjung akan terasah dengan memecahkan cara keluar dari labirin raksasa tersebut.
Image result for the great maze new zealand
Ada juga Hall of Following Face, ada beragam wajah orang terkenal yang siap mengikuti Anda setiap kali bergerak ke mana pun itu. Serta terakhir adalah Illusion Rooms, ruang yang terlihat tegak lurus tapi nyatanya punya kemiringan hingga 15 derajat. Ruangan ini seakan memberikan salah satu sensasi adaptasi pada pengunjung seakan segala kemiringan terlihat lurus. Pengunjung seakan dibawa di dalam ilusi dari pikiran mereka.

Sebagai oleh-oleh khas New Zealand, Wellington Chocolate jadi hadiah yang tepat kita hadiahi buat sanak keluarga. Rasanya yang khas menggunakan bubuk cokelat terbaik di New Zealand. Bungkusannya yang unik dan menarik jadi sesuatu buah tangan berkelas dari negeri Kiwi. Berlokasi di Eva St, Te Aro, Wellington 6011 dan berada di tengah kota.
 Image result for wellington chocolate
Segala panorama alam, taman wisata, lokasi keluarga, hingga kuliner menandakan New Zealand punya segalanya. Ia layak jadi lokasi destinasi siapa saja termasuk warga Indonesia, bahkan pengalaman pertama pergi ke sana akan selalu menghasilkan rindu yang sulit dilupakan. KIA ORA New Zealand!!!

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Halo Penulis

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer

Berlangganan via Email