Sunday, February 20, 2022

Menilik Potensi Investasi di NFT

NFT adalah salah satu jenis investasi yang saat ini sedang populer di dunia, termasuk di Indonesia. Bagi Anda yang ingin melakukan investasi NFT ini Anda ini harus tahu beberapa kekurangan dan juga kelebihan dari investasi ini, yuk langsung saja kita bahas lebih dalam lagi.

 

Berikut adalah segala kelebihan dan kekurangan investasi di NFT serta peluangnya di masa depan. Mengingat era NFT sudah menjadi era baru dari perkembangan blockchain, cekidot:

 

Sumber pendapatan baru, NFT ini hadir dan sangat menguntungkan bagi para seniman Karena mereka bisa mendapatkan uang lagi pada platform digital. Menjual atau membeli aset digital berupa NFT ini bisa membuat luas akses ke lebih banyak pembeli atau penjual lainnya.

 

Jika karya seni ini jadi populer di internet dan berhasil mendapat harga yang tinggi membuat seniman jadi dapat keuntungan berupa materi.

 

Smart Contract, NFT ini tidak bisa Anda ubah atau Anda ganti mengenai keasliannya, karena sudah diverifikasi oleh blockchain. Nilai intrinsik orientasinya ini jadi nilai yang ekstrinsik yang cukup aktual.

Serangkaian perintah kode yang di bangun dalam blockchain ini bisa membuat artis atau pembuat konten bisa mendapatkan bayaran berdasarkan penjualan dan juga penggunaan karyanya di masa depan.

 

Selain NFT ini memiliki beberapa manfaat di atas, NFT juga punya beberapa jebakan yang cukup potensial, di antaranya ada:

 

Pasar spekulatif, Sampai saat ini NFT masih sangat terkait dengan nilai sentimental dan juga estetika. Nilainya ini tidak bisa Anda ukur jadi sebuah investasi dalam jangka yang panjang karena hingga saat ini sifatnya masih spekulatif.

 

Faktor yang lain juga membuat nilainya ini jadi tidak stabil karena adanya permintaan dari pembeli. Maka dari itu harga NFT yang mahal ini jadi tidak bisa bertahan selamanya.

 

Biaya Membuat NFT, Untuk membuat dan juga membuat NFT ini ternyata membutuhkan biaya, biaya yang di keluarkan bisa lebih tinggi jika nilai NFT dihargai oleh para pengguna yang lain di pasaran.

 

Sustainability, enjual dan juga membuat akun NFT Anda ini membutuhkan banyak penggunaan data, hal ini sama saja dengan transaksi blokchain. Para ilmuan cukup khawatir jika pasar NFT yang saat ini berkembang bisa jadi penyebab dari kerusakan lingkungan.

 

Kepemilikan tidak sama dengan kontrol, Pemilik NFT ini memiliki copyright asli, tapi mereka ini tidak bisa mengontrol distribusinya secara menyeluruh dalam berbagai platform.

 

Apa NFT merupakan sebuah investasi yang tepat?

Saat menjual dan membuat investasi digital ini adalah sebuah langkah yang masuk akal untuk para pembuat konten, kehadiran NFT ini bisa jadi salah satu potensi ekonomi digital yang memang di harapkan supaya bisa berlaku lebih banyak lagi untuk orang lain.

 

Tapi jika ada orang yang hanya ini membeli NFT maka barang koleksinya ini hanya jadi investasi yang spekulatif. Nilai dari NFT sendiri jadi tidak pasti dan bisa terjadi fluktuasi sesuai dengan permintaan dari karya untuk NFTnya.


Bagi Anda yang suka dengan music atau seni atau Anda juga suka koleksi investasi NFT ini tidak ada salahnya Anda coba. Saat Anda ingin mulai membeli beberapa karya dari NFT ini dia beberapa hal yang harus Anda perhatikan: 

  • Pembuat aset (kreator)
  • Keunikan aset 
  • Riwayat kepemilikan aset

Bagi para kreator mungkin Anda ini mengidentifikasi tren dari NFT ini supaya bisa mengikuti perkembangannya, jadi sangat disarankan untuk mempelajari semua hal mengenai NFT ini. Jika Anda sudah tahu lebih dalam mengenai NFT investasi ini bisa berhasil.

 

Semoga postingan ini bermanfaat dan akhir kata, Have a nice days.

 

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Lomba Blog Zenfone 9 by widyanti yuliandari

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer