Saturday, June 25, 2022

Yuk Kenalan Lebih Dekat 6 Aset Kripto dengan Performa Terbaik

Mencari dan memilih kripto ibarat mencari jodoh, bila pilihannya salah. Kamu akan menyesal seumur hidup!

Tren kripto sedang sangat hype dalam 2 tahun terakhir, kemunculannya lebih dari sedekade terakhir akhirnya mencapai puncaknya di tahun lalu. Berbagai jenis digital aset terbang ke harga tertinggi, dulu dihina kini dipuji-puji. Dulu ragu-ragu dan kini jadi jor-joran dan dianggap sebagai potensi investasi yang menjanjikan.

Itulah awal mula diri ini mengenal dunia kripto, dulunya saat  mengenal kripto hanya ada 3 nama: Bitcoin, Ethereum, dan Litecoin. Terus berkembang pesat hingga kini telah menyentuh 10 ribu coin, mulai dari berbagai keunggulan, project yang ditawarkan hingga kadang buat menghimpun dana komunitas kemudian rug pull (bawa kabur dana investor).

Saat itu harganya pun sangat murah dan tak ada yang menyangka berhasil menjadi market yang cukup besar kini. Fenomena kripto seakan menunjukkan eksistensinya dalam menggaet banyak segmen terutama anak muda. Ada yang karena tertarik project yang ditawarkan atau hanya yang sekedar FOMO saja. Ini jelas sangat berbahaya karena siklus kripto sedang sedikit meredup.

Mengenal kripto makin sulit kini, apalagi yang mengenal hanya dari mulut atau hype saja. Tanpa tahu project yang ditawarkan dan membaca whitepaper saat pertama kali ICO. Bila terjebak dan ditambah pakai uang panas, jelas Anda sangat dirugikan dalam hal ini. Itulah mengapa Anda harus jeli dan bertanya pada yang lebih ahli dalam dunia perkriptoan.

Mengulik Aset Kripto Terbaik Buat di Beli

Pasar kripto terus berkembang dalam kurun waktu 13 tahun terakhir, sejak awal kemunculan Bitcoin di awal tahun 2009. Kini sudah mencapai 10 ribu kripto yang hadir dan terdata, jumlah ini akan terus bertambah karena animo masyarakat sangat tinggi.

Kala pandemi terjadi di 2020 lalu, semua orang seakan kesulitan memutar uang dan kripto jadi pelampiasan dalam menghasilkan cuan berlipat. Harganya naik sangat fluktuatif sehingga gejolak kedua dunia kripto terjadi di 2020 lalu.

Namun tidak semuanya berhasil, ada yang terjebak dan bahkan diguyur keras akibat salah membeli kripto. Parahnya lagi menggunakan uang panas dari dapur yang membuat ekonomi makin berantakan. Nah.. itulah perlu hal jeli dalam memilih kripto yang tepat.

Ada banyak aspek yang bisa dipertimbangkan bukan semata hanya FOMO. karena segala sesuatu yang dilakukan dengan FOMO berakhir tragis. Butuh sedikit ilmu sederhana dalam membeli aset kripto, misalnya dengan membaca whitepaper buat koin kripto terbaru, melihat analisis teknikal sehingga bisa antre di momen yang tepat.

Tentunya saja memilih harus memperbanyak edukasi terkait dengan kripto.  Saya pun akan membeberkan sejumlah aset kripto terbaik yang menarik dipilih bukan hanya sebatas hype namun berbagai program yang ia punyai sehingga bisa jadi rekomendasi.

Bitcoin (BTC), bisa dibilang ini sebagai mother of cryptocurrency dan jadi awal mulanya dunia kriptografi hype hingga kini. Punya jumlah pengguna terbesar dan kepercayaan yang sangat besar membuat Namanya jadi No.1.

Saat gejolak dunia kripto terganggu, BTC jadi digital aset yang paling berpengaruh. Bila dia terguncang saja. Sudah pasti kripto lainnya mengalami hal serupa. Inilah yang membuat BTC jadi indikator wajib dunia kripto dan bahkan kripto unggulan dalam para investor. Jumlah yang terbatas dan paling lama eksis membuat BTC jadi pilihan utama.

Ethereum (ETH), bisa dianggap kripto terbaik setelah BTC, terutama karena kualitas yang ia tawarkan pada penggunanya. Paling kentara adalah hadirnya Smart Contract yang dianggap memberikan ekspektasi dalam proses segala tranksaksi dari game, pendaftaran nama (domain) hingga surat berharga.

Ini dimungkinkan karena pengembang Ethereum menyediakan file bahasa pemrograman Turing-complete untuk blockchain. Itu adalah bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk membuat smart contracts dalam membuat aplikasi yang berbeda. Semua itu terdesentralisasi, karena metode dari blockchain.

Terkait harga juga, ETH harganya cukup terjangkau dibandingkan dengan BTC. Ia menjadi kripto rekomendasi karena sudah bertahan lebih dari 10 tahun dan selalu ada inovasi yang diberikan dalam pengembangan jaringan blockchain yang cepat pada penggunanya.

DOGE, Demam koin ini mulai hadir di akhir tahun 2020. Melalui ciutan Elon Musk di Twitter membuat harga meledak. Memenya bertebaran di mana-mana dan membuat banyak orang ingin tahu dengan Doge. Bahkan membuat harganya melejit dan masuk dalam top 20 kripto terbaik.

Popularitas besarnya tersebut bukan hanya alasan, berawal dari sosial media terutama dalam fitur ‘tip’ yang ditawarkan. Misalnya saat anda membuat konten yang unik dan bagus, aka nada ‘tip’ tersebut. Itu dilakukan oleh bot dan secara otomatis mentransfer jumlah Dogecoin yang Anda tunjukkan.

Selain itu, Doge punya keunikan dalam wallet yang diberikan, misalnya saja adalah dengan memberikan basis wallet secara desktop untuk berbagai sistem operasi tanpa terkecuali. Dogecoin juga bisa digunakan dalam kombinasi dengan Ledger Nano S. yang bisa disimpan secara offline secara aman pada penggunanya.

Shiba Inu (SHIB),  berupa cryptocurrency berbasis Ethereum yang merupakan meme berdasarkan anjing Shiba Inu Jepang. Koin meme biasanya diluncurkan sebagai lelucon daripada sebagai produk digital. Harga shiba inu shiba usdt masih cukup menarik buat dikoleksi. Meskipun harus melihat faktor teknikal bila ingin membelinya

Keunggulan dari Shiba Inu karena sepenuhnya koin ini dijalankan 100% oleh komunitas. Tak ada kendali dari pihak lainnya yang bisa membuat harganya jadi fluktuatif. Koin Shiba Inu benar-benar dimulai dari nol karena tidak ada pendanaan dari investor, tidak ada tim pengembang pusat atau dipimpin oleh pihak tertentu.


SHIB diprediksi akan tetap bertumbuh seperti koin populer lainnya. Apalagi dukungan Shiba Army yang bekerja untuk membuat Shiba semakin populer. Shiba Inu punya namanya Shiba Inu Incubator yang membuat program penyelamatan Shiba Inu seperti melalui platform Amazon Smile dan program NFT yang mereka jalankan.

Binance Coin (BNB), Dulunya mata uang kripto yang dulunya didasarkan pada blockchain Ethereum dan menggunakan token ERC20, namun sekarang berada di Binance Chain. Namun, pengguna tidak dapat menambang token, karena telah dimenangkan sebelumnya dan didistribusikan melalui ICO.

BNB mengalami kenaikan pesat karena pengalaman menarik yang ia tawarkan terutama dari aplikasi Binance sendiri. Ada banyak keunggulan yang ditawarkan pada pengguna, mulai dari proses transaksi yang jadi lebih cepat., ada banyak pilihan kripto lainnya yang bisa dibeli, berbagai jenis diskon, dan tentunya bisa dijadikan alat pembayaran.

Solana (SOL), kripto Solana dianggap sebagai Ethereum 2.0 karena fitur komputerisasi dan jaringan blockchain yang lebih kekinian. Menggunakan teknologi skala web pada blockchain yang menyediakan aplikasi kontrak pintar yang terdesentralisasi. Teknologinya memungkinkan transaksi kilat hingga mencapai 70.000 transaksi per detik dan waktu block kurang dari 0,5 detik.

Sistem Solana berbeda telah dijelaskan di awal yaitu memecahkan trilema blockchain. Memangnya trilemma itu apa? Skalabilitas teknologi blockchain yang bahkan bisa bekerja pada tiga jaringan dan fungsi sekaligus. Kemudian dari itu, proyek ini telah menghasilkan delapan protokol inovatif, yang masing-masing bekerja sangat lancar. Project yang menarik dari yang SOL tawarkan membuat ia menarik dikoleksi terutama yang menyukai dunia blockchain secara menyeluruh.

Sandbox Coin (SAND), Terakhir adalah koin yang sedang hype yang memungkinkan pengguna membuat, membangun, membeli dan menjual aset kripto dalam bentuk game. Dengan menggabungkan unsur decentralized autonomous organizations (DAO) dan NFT. Lalu Sandbox menciptakan sebuah platform terdesentralisasi untuk komunitas game.

Cocok sekali buat yang tergila-gila dengan dunia game, karena tujuan SAND adalah untuk memperkenalkan teknologi blockchain dalam industri game. Platform ini memiliki fokus utama untuk memfasilitasi model kreatif “play-to-learn”, yang memungkinkan seorang pengguna menjadi pembuat dan pemain gim secara bersamaan.

Pengguna juga punya kendali penuh dalam game yang ia mainkan sehingga membuat iklim game jadi kompetitif. Tak hanya itu saja, coin yang ditawarkan sangat menarik buat game karena bisa memberikan berbagai jenis game yang ia inginkan. Ibarat sambil bermain game bisa berinvestasi.

Itulah sejumlah aset kripto terbaik yang sedang hype dan menjadi pilihan buat pengguna. Namun yang paling penting adalah edukasi awal dalam membeli dan memahami sebuah digital aset. Pelajari dengan seksama, sesuaikan dengan preferensi dan pelajari teknikal.

Alasannya karena kripto punya risiko yang sangat besar sehingga dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman lebih. Apa pun itu yang ingin dibeli dan diinvestasikan. Tetap harus pelajari dan jauhi FOMO. Akhir kata, Have a Nice Days.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

Lomba Blog Zenfone 9 by widyanti yuliandari

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer