Saturday, September 2, 2023

Karhutla, Ancaman Nyata pada Kehidupan Biota

Langit cerah tak terlihat jelas, kepulan asap pekat menutupi langit biru. Saat matahari sedang panasnya, asap seakan mengubah warna langit menjadi merah pekat. Kebakaran hutan dan lahan jadi hal menakutkan, apalagi saat musim kemarau tiba.

 

Intensitas kebakaran hutan di daerah-daerah meningkat pesat, semua makhluk hidup terdampak olehnya. Masalah yang sampai saat ini belum bisa dicegah sepenuhnya. Paling parah yang terjadi di tahun 2015, menjadikan kebakaran hutan yang sangat merugikan dan mencoreng Indonesia di mata dunia.

 

Total kerugian mencapai  $16  miliar. Kerugian yang dua kali lipat dari membangun ulang daerah yang terdampak Gempa Bumi dan Tsunami 2004. Bila Gempa Bumi dan Tsunami 2004 adalah bencana alam terbesar yang terjadi di tanah air. Sedangkan Karhutla 2015 adalah kelalaian terbesar manusia. Secara dampak berpengaruh pada banyak sektor. Apalagi kabut asap berlangsung sangat lama.

 

Timbulnya asap yang menyebar dan mengakibatkan perubahan kualitas udara serta komposisi gas yang masuk ke atmosfer. Asap tersebut merupakan kumpulan polutan partikulat padat dalam bentuk debu yang dikategorikan sebagai aerosol dari proses mekanis seperti penghancuran, penghalusan dan penggerindahan pada tumbuhan yang terbakar.

Apalagi debu yang terdapat dalam asap Karhutla pada lapisan atmosfer terdiri dari dua bagian, yaitu Deposit Particulate Matter yang merupakan partikel debu yang berada sementara di udara dan mengendap akibat gravitasi dan Suspended Particulate Matter yang merupakan debu yang tetap berada di udara dan tidak mengendap.

 

Nilai total gambut dunia mengandung 329-525 Gt (35% total karbon dunia). Gambut di Indonesia menyimpan 46 G 1 Gt atau 8-14% total karbon pada lahan gambut. Jika lahan gambut ini terbakar, atau terdegradasi, akan teremisi berbagai jenis gas rumah kaca ke atmosfer yang siap untuk mengubah iklim global

 

Karhutla Mengapa Engkau Sulit Padam?

Gambut  mempunyai fungsi hidrologi dalam mengatur aliran dan menyimpan air. Inilah yang membuat lahan gambut selalu tergenang air setiap tahunnya. Kemampuannya menyerap air yang tinggi menjadikan rawa gambut berperan penting dalam mencegah terjadinya banjir dan mengurangi bahaya banjir.

 

Inilah yang menyebabkan tanah bagian atasnya sudah kering, di bagian bawahnya tetap lembab dan bahkan relatif masih basah. Manakala terjadi kebakaran hutan dan lahan gambut, kobaran api tersebut akan bercampur dengan uap air di dalam gambut dan menghasilkan asap mengepul.

Kebakaran hutan dan lahan gambut jauh lebih sulit ditangani dibandingkan dengan kebakaran hutan dan lahan kering. Hal ini disebabkan oleh penyebaran api yang tidak hanya terjadi pada vegetasi di atas permukaan gambut tapi juga terjadi pada lapisan dalam tanah gambut yang sulit diketahui penyebarannya.

Faktor utama terjadinya karhutla yaitu pemicu kebakaran dan kondisi pendukung. Pemicu kebakaran terutama disebabkan oleh aktivitas manusia, baik disengaja maupun faktor kelalaian. Sedangkan pemicu kebakaran yang disebabkan oleh faktor alam seperti halilintar atau gesekan ranting kering dan ini sangat jarang terjadi.

 

Lahan Gambut, Penopang Karbon Dunia

Sebagai negara yang punya lahan gambut terluas, Indonesia punya 21 juta ha dan menjadikan negara dengan luas lahan gambut terbesar di dunia. Lahan gambut tak hanya berfungsi secara langsung dalam menyokong kehidupan yaitu sebagai sumber pakan dan habitat bagi berbagai makhluk, tetapi juga memiliki fungsi ekologi seperti pengendali banjir dan pengendali perubahan iklim global.

 

Beberapa jenis flora dan fauna hanya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di lahan gambut, sehingga jika terjadi degradasi di lahan gambut, dunia akan kehilangan jenis-jenis yang hanya terdapat di lahan gambut yang tidak bisa tumbuh di tempat lain.

 

Sebagai gambaran saja, di Sumatera, lebih dari 300 tumbuhan telah ditemukan pada hutan rawa gambut. Jenis-jenis yang penting dan memiliki nilai ekonomis tinggi misalnya jelutung, ramin, Meranti, Kempas, Punak, Perepat, Pulai rawa, Terentang, Bungur, dan Nyatoh. Ada juga beragam hewan langka yang juga dijumpai di antaranya adalah Buaya Sinyulong, macan Sumatera, beruang madu, tapir, sejenis angsa sayap putih, dan jenis lainnya.

Sedangkan pada tanaman adalah berupa jenis pohon yang banyak terdapat pada tipe hutan ini di antaranya adalah Alstonia sp., Dyera spp., Durio carinatus, Palaquium spp., Tristania spp, Eugenia spp., Cratoxylon sp., Diospyros sp. dan Myristica sp.  Keunikan inilah yang tentunya menjadi ciri khas tumbuhan di lahan gambut yang tersebar di Indonesia.

 

Dampak Nyata Karhutla pada Manusia

Kebakaran hutan dan lahan sering terjadi di beberapa wilayah Indonesia terutama di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Kebakaran yang terjadi tidak hanya pada kawasan hutan, namun juga terjadi di luar kawasan hutan seperti pertanian, perkebunan, pemukiman, semak belukar dan padang alang alang.

 

Karhutla dampak kebakaran hutan sangatlah parah. Mulai dari gangguan kesehatan, sosial, ekologi, ekonomi dan reputasi. Kerugian kesehatan adalah yang paling jelas. Asap dari   kebakaran hutan menyebabkan berbagai  penyakit seperti ISPA. Serta Indonesia mendapat kecaman dari negara tetangga akibat ekspor asap Karhutla.

 

Akibat kebakaran hutan, masyarakat mengalami kerugian sosial berupa hilangnya hutan sebagai sumber mata pencaharian, penghidupan dan identitas masyarakat  adat. Tidak  hanya itu, ada juga kerugian ekologi, seperti hilangnya habitat tempat keanekaragaman hayati flora dan fauna berada dan rusaknya ekosistem penting yang memberikan jasa lingkungan berupa udara dan air bersih makanan dan obat-obatan.

 

Aspek kesehatan  berdampak pada hampir satu juta orang menderita ISPA. Banyak penduduk harus menggunakan masker saat keluar rumah. Selain itu juga tabung oksigen bagi yang menderita ISPA. Jelas kondisi yang tidak sehat akibat Karhutla.

 

Kualitas udara yang memburuk diakibatkan asap kebakaran hutan yang terus-menerus berlangsung, selain itu jarak pandang terhalang paling parah hanya bisa melihat jarak 1 meter.  Risiko kecelakaan di jalan raya meningkat pesawat, aktivitas penerbangan dan perkapalan jelas terhambat bila kabut asap makin pesat.

 

Kerusakan  lingkungan  hidup,  maka akan mematikan segala macam yang ada di lingkungan   hidup   hutan   tersebut, seperti binatang, biota-biota yang diperlukan sebagai penyeimbang kehidupan kita, tumbuhan   obat, damar, kayu, buah-buahan dan lain sebagainya. Betapa tidak, hutan  merupakan  salah  satu  komponen lingkungan hidup yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

 

Menolong Satwa saat Karhutla Berlangsung

Hewan liar telah lama menghadapi banyak tantangan dalam kelangsungan hidupnya: mereka harus mencari air dan makanan tanpa menjadi santapan hewan lain; mereka perlu mencari pasangan dan mungkin tempat berlindung yang aman untuk membesarkan anak; fenomena alam seperti angin puting beliung, angin topan, kekeringan, dan banjir dapat menjadi bencana bagi habitat mereka.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, ancaman baru muncul: kebakaran hutan yang sangat besar. Kebakaran ini dapat menyebabkan penderitaan yang tak terhingga bagi satwa liar. Mereka menderita luka bakar, kehilangan teman dan anak, serta kerusakan lingkungan. Mereka mungkin juga terpaksa mengungsi, yang menimbulkan bahaya tersendiri.

 

Karhutla lebih sering terjadi akibat peningkatan pembukaan dan alih fungsi lahan gambut yang berdampak pada perubahan iklim. Selain mengubah distribusi, kelimpahan, dan keragaman genetik, kebakaran hutan juga berdampak pada hewan dengan cara berikut.

 

Cedera dan kematian, Mamalia, burung, serangga, ikan, dan amfibi semuanya rentan terhadap kebakaran. Asfiksia merupakan penyebab kematian yang paling sering terjadi. Luka bakar pada wajah dan anggota tubuh sering terjadi. Hewan liar juga dapat mengalami cedera akibat tabrakan dengan kendaraan saat melarikan diri dari api.

 

Petugas penyelamat harus menilai hewan untuk mengetahui adanya cedera, inhalasi asap, dan trauma lainnya. Kematian spesies secara keseluruhan bergantung pada mobilitas, penggunaan tempat berlindung, fleksibilitas makanan, dan ukuran tubuh.

 

Respons terhadap tekanan panas yang akut, Karakteristik spesifik dari kebakaran, habitat, ciri-ciri riwayat hidup, dan mekanisme penanggulangan individu semuanya mempengaruhi cara hewan liar merespons kebakaran. Musim semi dan musim panas adalah waktu yang tepat untuk kebakaran hutan, perkembangbiakan, dan reproduksi.

 

Oleh karena itu, kebakaran pada periode ini dapat menghambat pemulihan populasi. Tim penyelamat dapat membantu kelangsungan hidup melalui cara sederhana seperti menyediakan air di lokasi yang sesuai dengan spesies.

 

Menghindari kebakaran, Saat karhutla dapat mengubah habitat secara drastis, sehingga mengakibatkan berkurangnya vegetasi, tutupan lahan, atau makanan. Perubahan ini mendorong hewan untuk berpindah dari area yang terbakar ke area yang tidak terbakar. Namun, hewan yang kurang bergerak, seperti amfibi atau hewan pengerat kecil, mungkin tidak dapat bergerak dalam jarak jauh sehingga mungkin sangat menderita akibat dampak kebakaran.

 

Karhutla dapat meninggalkan area atau pulau yang tidak terbakar di dalam batas kebakaran, tim penyelamat dapat fokus pada area tersebut untuk pemantauan, penambahan, dan penyelamatan. Kita juga perlu mempelajari lebih lanjut tentang pengaruh kebakaran terhadap liang tempat spesies tertentu hidup atau berlindung.

 

Modifikasi habitat, Pasca karhutla, habitat dapat berubah secara drastis. Kebakaran mengubah komposisi tanah dan material yang terbakar menyimpan abu dan arang. Panas dan angin meningkat. Pepohonan tumbang, dan dedaunan menjadi kurang terstratifikasi secara vertikal.

 

Ketersediaan sumber pangan mengalami perubahan, baik jenis maupun jumlahnya. Dampak-dampak ini mengubah variasi dan jumlah hewan yang dapat bertahan hidup di area kebakaran.

 

Risiko pemangsaan, Pascar Karhutla, habitat yang lebih terbuka berarti hewan lebih mudah terlihat. Meskipun hal ini mungkin menguntungkan predator, mangsanya lebih sulit bersembunyi. Serigala, rubah merah, kucing liar, dan burung pemangsa semuanya menunjukkan ketertarikan terhadap area yang terbakar. Predasi pasca kebakaran meningkatkan bahaya bagi mamalia asli dan membatasi pemulihan mereka.

 

Para peneliti juga meneliti pekerjaan penyelamatan hewan terkait kebakaran hutan. Hewan dapat memperoleh manfaat dari rehabilitasi dan pelepasan yang efektif selama kebakaran, serta pemantauan pasca kebakaran. Informasi yang dikumpulkan selama kegiatan ini dapat mendidik dokter hewan, petugas rehabilitasi satwa liar, dan masyarakat tentang cara terbaik menjaga kesejahteraan satwa liar dalam menghadapi kebakaran.

 

Teknologi seperti drone, serta informasi publik tentang siapa yang harus dihubungi untuk mendapatkan bantuan satwa liar, dapat meningkatkan kemampuan penyelamat untuk membantu hewan liar yang berada dalam bahaya jika terjadi kebakaran.

 

Deteksi Dini Peringatan Karhutla

Sistem peringatan dini (Early Warning System) yang dapat digunakan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan sebelum terjadi kebakaran yang lebih besar. EWS sangat penting sebagai manajemen pengelolaan terjadinya sebelum Karhutla dibandingkan ketika saat Karhutla terjadi.

 

Penanggulangan sebelum Karhutla memiliki risiko yang kecil bila dibandingkan dengan saat Karhutla yang memiliki risiko yang besar dan lebih kompleks serta berbiaya mahal. Beberapa tindakan yang dilakukan pada kondisi sebelumnya dengan pemantauan atau pengamatan wilayah yang rentan pada daerah kecil maupun lebih luas.

Pengamatan dan pemantauan ini menggunakan sistem pengamatan berbasis keantariksaan dan atmosfer permukaan. Pengamatan berbasis keantariksaan menggunakan teknologi Penginderaan Jauh dapat menghasilkan informasi awal yang dapat dijadikan sebagai EWS untuk mengetahui potensi akan terjadinya Karhutla dan penyebarannya.

 

Seiring dengan perkembangannya, penggunaan Sistem Peringkat Bahaya Kebakaran (SPBK) sudah dapat dilakukan dengan sistem komputerisasi. Pengolahan data hasil pemantauan SPBK dapat dilakukan menggunakan Sistem Informasi Geografi menjadi informasi spasial dan dapat digunakan untuk mitigasi bencana. Dampak Karhutla dapat menimbulkan asap di atas permukaan atmosfer.

 

Pemanfaatan sistem pengamatan atmosfer permukaan merupakan salah satu sistem yang menghasilkan data dan informasi dalam bentuk indeks kualitas udara. Sistem ini untuk mengetahui tingkat pencemaran udara yang terjadi sebagai indikator dampak kesehatan masyarakat pada kondisi sebelum dan saat terjadinya Karhutla.

 

Adanya langkah-langkah tegas dalam penegakan hukum terhadap praktik pembakaran hutan dan lahan ilegal. Sanksinya tegas dan berat bagi yang melanggar, perusahaan yang melanggar akan dicabut izinnya. Sehingga aksi nakal tidak terulang kembali.

 

Harus adanya pendidikan dan kesadaran masyarakat, cara ini berupa kampanye penyuluhan dan edukasi di sekolah-sekolah, media massa, dan komunitas dapat membantu mengubah perilaku dan mendorong partisipasi aktif dalam mencegah kebakaran. Serta adanya kolaborasi ini dapat memperkuat upaya pencegahan dan penanggulangan.

 

Menjaga Hutan Melalui Team up For Impact

Buat yang belum tahu, Team Up For Impact adalah sebuah inisiatif global yang bertujuan untuk mengembangkan kemitraan antara organisasi nirlaba, bisnis, dan pemerintah untuk menciptakan dampak positif dalam masyarakat dan lingkungan.

 

Inisiatif ini diprakarsai oleh Social Enterprise Alliance (SEA), sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Amerika Serikat yang fokus pada pengembangan usaha sosial.

 

Team Up For Impact bekerja dengan menghubungkan organisasi nirlaba, bisnis, dan pemerintah yang memiliki visi dan misi yang sejalan untuk bekerja sama dalam menciptakan proyek-proyek yang dapat memberikan dampak positif dalam masyarakat dan lingkungan.

 

Tim ini membantu mengidentifikasi proyek-proyek yang dapat dilakukan secara bersama-sama, memberikan sumber daya dan dukungan dalam pelaksanaan proyek, serta memastikan bahwa proyek-proyek tersebut memberikan dampak positif yang signifikan.

 

Inisiatif Team Up For Impact juga menawarkan berbagai program dan sumber daya untuk membantu organisasi nirlaba, bisnis, dan pemerintah dalam mengembangkan kemitraan yang saling menguntungkan. Beberapa program dan sumber daya tersebut antara lain pelatihan, workshop, seminar, dan konsultasi.

 

Dengan bekerja sama melalui inisiatif Team Up For Impact, organisasi nirlaba, bisnis, dan pemerintah dapat menciptakan dampak positif yang lebih besar dan berkelanjutan dalam masyarakat dan lingkungan.

 

Kegiatan Seru Team Up For Impact untuk Karhutla

Sebelumnya sudah banyak kegiatan seru yang dilakukan oleh Team Up For Impact mulai dari membentuk tim untuk mengidentifikasi proyek-proyek yang dapat dilakukan bersama-sama untuk menciptakan dampak positif dalam masyarakat dan lingkungan.

 

Mengadakan acara networking dan workshop untuk mempertemukan organisasi nirlaba, bisnis, dan pemerintah untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan sumber daya.

Termasuk dengan menyediakan program pelatihan dan konsultasi untuk membantu organisasi nirlaba, bisnis, dan pemerintah dalam mengembangkan proyek dan kemitraan yang berkelanjutan dan sukses.

 

Hingga mengadakan kampanye atau program bersama untuk meningkatkan kesadaran tentang isu-isu sosial dan lingkungan yang relevan, dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam aksi nyata.

 

Tentu yang terbaru adalah mengadakan acara sosial dan lingkungan yang menginspirasi dan memberdayakan masyarakat untuk membuat perubahan positif dalam hidup mereka dan lingkungan sekitar.

 

Jadi gimana sih bisa gabung dalam aksi yang dilakukan oleh Team up for Impact?

Di Website dari teamupforimpact yang di sana da begitu banyak challenge yang bisa ikuti dalam mengurangi karbon. Efeknya kecil namun berdampak besar, yang rata-rata tak kita sadari.

Mereka menamai dengan Challenge of the day dengan 6 item challenge yang bisa dicoba. Saya pun memilih 3 challenge yang sesuai dengan minat dan program yang sedang saya jalankan.

 

Pertama ada challenge terkait dengan Digital. Energi, dan Aktivisme. Alasannya karena ketiga saling berkaitan apalagi saat di dunia digital, ada banyak energi yang dibutuhkan dan makin nyambung dalam bentuk program aktivisme dalam berjuang mengampanyekan.

Ada 3 sumber karbon yang terbuat cuma-cuma dan saya mencoba mengurangi ketiga faktor tersebut dengan mengikuti challenge yang dilakukan oleh Team up for Impact. Apalagi ada 1400 poin yang bisa dihabiskan dari akumulasi challenge yang dikuti.

 

Penasaran, yuk jadi bagian dari Team up for Impact dan ikuti tantangannya di SINI. Apa saja yang saya dapatkan dari 3 challenge yang berhasil saya coba. Berikut ulasannya:

 

Share Aksi Kecilmu untuk Bumi

Saat ini ada 192 juta pengguna sosial media di Indonesia. Setiap kamu posting, kamu berkesempatan untuk menjangkau orang yang tidak kamu kenal. Ini adalah kesempatan untuk menginspirasi lingkungan pertemananmu dan lingkaran yang lebih luas lagi tentang aksi untuk Bumi. Berikut adalah beberapa aksi kecil yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga dan merawat Bumi:

 

Mengurangi Penggunaan Plastik Sekali Pakai, Gunakan botol minum yang dapat diisi ulang, bawa tas belanja sendiri, hindari penggunaan sedotan plastik, dan pilih produk dengan kemasan minimal.

 

Hemat Energi, Matikan peralatan elektronik saat tidak digunakan, gunakan lampu hemat energi, dan pertimbangkan untuk menggunakan energi terbarukan seperti panel surya jika memungkinkan.

 

Kurangi Pemakaian Air, Perbaiki keran bocor, gunakan shower yang hemat air, dan pertimbangkan untuk menangkap air hujan untuk keperluan non-potable.

 

Daur Ulang dan Mendaur Ulang, Pisahkan sampah sesuai dengan jenisnya dan daur ulang sebanyak mungkin. Gunakan kertas daur ulang, baterai isi ulang, dan pertimbangkan untuk mendonasikan atau memperbaiki barang yang rusak daripada membuangnya.

 

Menanam Pohon, Jika memungkinkan, tanam pohon di area sekitar Anda. Pohon dapat membantu mengurangi emisi karbon, meningkatkan kualitas udara, dan menyediakan habitat bagi satwa liar.

 

Menggunakan Transportasi Ramah Lingkungan, Gunakan transportasi umum, berjalan kaki, dan bersepeda untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dari kendaraan bermotor.

 

Mengurangi Konsumsi Air dan Listrik, Gunakan air secara hemat saat mandi atau mencuci piring, dan matikan lampu dan peralatan yang tidak diperlukan.

 

Dukung Produk Ramah Lingkungan, Pilih produk yang dihasilkan secara berkelanjutan, organik, atau ramah lingkungan. Lihatlah label dan sertifikasi yang menunjukkan produk tersebut memenuhi standar lingkungan.

 

Edukasi dan Membagikan Informasi, Bagikan pengetahuan tentang keberlanjutan dan pentingnya merawat Bumi kepada orang lain. Ajak mereka untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dan berbagi tips kecil untuk tindakan berkelanjutan.

 

Ingatlah bahwa aksi kecil yang dilakukan secara konsisten oleh banyak orang dapat memiliki dampak besar terhadap lingkungan. Setiap usaha lebih untuk merawat Bumi sangat berarti!

 

Share Berita tentang Lingkungan

Karena Indonesia sangat luas, banyak berita soal dampak krisis iklim pada masyarakat di laut, pesisir dan pulau-pulau kecil yang kita tidak tahu. Padahal kehidupan masyarakat adat dan mata pencaharian nelayan mulai terganggu. Kita bisa bantu menyebarkan berita-berita ini dalam lingkungan pertemanan kita supaya makin banyak yang peduli.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk berbagi berita terkait lingkungan dengan orang lain:

 

Melalui Media Sosial, Bagikan berita lingkungan melalui platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, atau LinkedIn. Kamu bisa membagikan tautan langsung ke artikel berita atau menulis cuplikan singkat tentang beritanya dan menambahkan hashtag yang relevan untuk meningkatkan jangkauan.

 

Melalui Email atau Pesan Langsung, Jika kamu ingin berbagi berita dengan keluarga, teman, atau rekan kerja, caranya dapat mengirimkan email atau pesan langsung dengan tautan ke artikel berita. Sertakan deskripsi singkat tentang mengapa berita tersebut penting dan bagaimana mereka dapat berkontribusi pada isu lingkungan yang dibahas dalam berita tersebut.

 

Melalui Grup Diskusi Online, Bergabung atau buat grup diskusi online yang berkaitan dengan lingkungan dan berbagi berita terkait di dalamnya. Ini dapat berupa grup Facebook, forum online, atau platform komunikasi lainnya yang fokus pada isu-isu lingkungan. Pastikan untuk mematuhi aturan grup dan melibatkan diri dalam diskusi yang sehat.

 

Menulis di Blog, Jika kamu memiliki blog, caranya cukup menulis posting tentang berita lingkungan yang menarik minat dan menyertakan tautan ke artikel berita yang relevan. Ini dapat membantu menjangkau orang-orang yang mengikuti blog dan memberikan wawasan serta pemahaman lebih lanjut tentang isu lingkungan.

 

Diskusi Terkait Lingkungan, Jika kamu terlibat dalam kelompok, organisasi, atau acara yang berkaitan dengan lingkungan, caranya dapat membagikan berita tersebut selama diskusi atau acara tersebut. Ini dapat memberikan kesempatan bagi peserta untuk mendapatkan pengetahuan baru dan memicu percakapan yang lebih dalam tentang isu lingkungan yang relevan.

 

Share Konten tentang lingkungan

Konten tentang lingkungan memiliki dampak positif yang besar pada lingkungan dan masyarakat.  Apalagi sebagai blogger, membagikan konten lingkungan menjadi nilai tambah dan bukti kepedulian. Berikut alasannya sebagai berikut:

 

Meningkatkan kesadaran lingkungan, konten tentang lingkungan dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan dan kelestariannya. Hal ini dapat memotivasi masyarakat untuk mengambil tindakan yang lebih baik dalam menjaga lingkungan. 

Mengedukasi masyarakat, konten tentang lingkungan dapat menjadi sarana untuk mengedukasi masyarakat tentang masalah lingkungan dan cara untuk mengatasi masalah tersebut. Konten tersebut dapat membantu masyarakat memahami peran mereka dalam menjaga lingkungan dan memberikan informasi yang berguna tentang cara hidup yang lebih berkelanjutan.

 

Menginspirasi tindakan nyata, konten tentang lingkungan dapat menginspirasi masyarakat untuk mengambil tindakan nyata dalam menjaga lingkungan, seperti mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, menghemat air dan energi, atau memilih transportasi yang lebih ramah lingkungan.

 

Menyebarkan pesan positif, konten tentang lingkungan juga dapat membantu menyebarkan pesan positif tentang lingkungan dan mengubah persepsi masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan. Hal ini dapat membantu menciptakan budaya yang lebih peduli terhadap lingkungan di masyarakat.

 

Membangun komunitas yang lebih baik, konten tentang lingkungan dapat membantu membangun komunitas yang lebih baik dan peduli terhadap lingkungan. Konten tersebut dapat menjadi ajang untuk berbagi informasi, pengalaman, dan tips yang berguna untuk menjaga lingkungan.

 

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk terus berbagi konten tentang lingkungan dan memperkuat kesadaran lingkungan di masyarakat. Memulai hal kecil pada lingkungan berdampak besar dan Team up for impact sudah melakukannya. Ayo jadi bagiannya.

 

Kesimpulan Akhir

Karhutla merupakan masalah serius yang berdampak negatif terhadap lingkungan, kesehatan manusia, dan keanekaragaman hayati. Karhutla sering kali disebabkan oleh faktor manusia, seperti pembukaan lahan dengan cara membakar atau kelalaian dalam mengelola api. Dampaknya meliputi polusi udara yang berbahaya, kerusakan ekosistem, hilangnya habitat, dan pemanasan global.

 

Upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla sangat penting. Hal ini melibatkan kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta. Langkah-langkah yang dapat diambil termasuk pemantauan dan penegakan hukum yang ketat, peningkatan kesadaran masyarakat, pengelolaan lahan yang berkelanjutan, dan peningkatan kapasitas pemadam kebakaran.

 

Penting untuk menghargai hutan dan lahan sebagai aset berharga yang memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan lingkungan. Restorasi ekosistem yang terkena karhutla juga perlu diperhatikan untuk memulihkan keseimbangan alam dan melindungi keanekaragaman hayati.

 

Akhir kata, have a nice days dan akhir kata, semoga tulisan ini menginspirasi kita semua.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer