Saturday, November 18, 2023

Laptop Portable Kekinian: ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402)

Apa yang ada di bayangkan kamu saat mendengan Laptop ASUS serie Zenbook?

Tentunya saja kesan mewah dan tentu saja hadir dengan tampilan desain baru yang lebih elegan, ringkas, serta ringan. Kini semuanya hadir pada varian terbaru ASUS yaitu Zenbook 14 OLED (UM3402).  Ada banyak hal yang layak diketahui dari laptop anyar terutama kelas Zenbook yang setiap tahunnya punya kejutan.

 

Selaku pengguna Zenbook, jelas desain sekarang seakan ASUS mencoba membangun personal branding laptop premiumnya dari segala aspek. Bila dulu desain awal adalah bentuk cover tulisan ASUS yang berpindah ke sebelah kiri. Lalu penulisan logo ASUS Zenbook pada bagian frame.

 

Kini ASUS mencoba hal lebih ikonik lagi dari proses perubahan logo khusus Zenbook hingga proses booting awalnya. Makin elegan dengan perpaduan warna Jade Black yang elegan. Bagian belakang layarnya kini hadir dengan logo monogram “A” yang pertama kali diperkenalkan di Zenbook edisi 30th Anniversary.

 

Pada Logo baru tersebut diukir secara presisi pada bodi laptop yang berbahan aluminium yang sangat ringan namun tetap tangguh. Sementara desain yang telah lama menjadi ciri khas Zenbook, yaitu Spun Metal Finish, dapat ditemukan di bagian engsel laptop ini.

 

Komitmen ASUS juga layak diperhatikan, sebagai blogger yang konsen di bidang lingkungan dan iklim, Saya sangat senang dengan komitmen ASUS dalam produknya mengurangi emisi karbon dengan memasukkan bahan daur ulang dan merancang packaging yang lebih ramah lingkungan.

 

Selain itu, Zenbook 14 OLED (UM3402) melampaui standar efisiensi energi, ENERGY STAR® sebesar 43% untuk mengurangi konsumsi daya listriknya. Melalui berbagai upaya tersebut, keseluruhan tujuan dari hadirnya laptop ini terhadap inisiasi pelestarian lingkungan adalah untuk tercapainya netralitas karbon.

 

Ringkas, Wujud Laptop Ultrabook Impian

Urusan bobot, bila sudah mengusung embel-embel ultrabook. Sudah pasti punya bobotnya jadi angat ringkas. Bobotnya hanya 1,39 kg saja, ukuran 14 inchi namun dimensi yang ringkas serasa laptop 13 inchi.

 

Laptop ringkas punya keunggulan terutama mobilitas, banyak pekerja dan eksekutif hanya membawa laptop saat meeting atau bepergian. Bobotnya yang enteng jadi kemudahan karena ia tidak harus memperhitungkan banyak hal, ditambah lagi punya kemampuan super.


Bahan yang digunakan tentunya sangat ringan dan kuat karena menggunakan bahan magnesium-aluminium dan merancangnya supaya bagian itu bisa tetap kokoh tanpa penyangga di baliknya. Tentunya dengan presisi yang tinggi termasuk desain motherboard yang juga dirancang ukurannya.

 

Bentuknya yang sudah ringan tentunya punya berbagai proteksi khusus agar tak gampang rusak. ASUS sudah mempertimbangkan ini dan membekalinya dengan US Military Grade (MIL-STD 810H). Ketahanan dari segala tes seperti tes jatuh, tes getaran, hingga tes operasional pada lingkungan ekstrem.

 

Proteksi ini penting, karena ada banyak laptop yang saat mengalami guncangan seperti di atas, komponennya jadi rusak. Ini sangat berguna seperti saya khususnya dalam bepergian jauh. Selama ini saat bepergian, umumnya hanya membuat sebuah ransel dan di dalamnya sudah termasuk laptop. Adanya perlindungan US Military Grade (MIL-STD 810H) membuat laptop aman diajak ke mana saja.

 

Layar OLED, Standar Laptop Kekinian

Menjadi pelopor laptop OLED pertama, jelas ASUS berkomitmen menghadirkan teknologi layar ASUS OLED. Salah satunya ada pada varian barunya yaitu SUS OLED di Zenbook 14 OLED (UM3402). Resolusi yang ditawarkan sendiri yaitu 2,8K (16:10) dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang akurat, jernih dan enak dipandang.

 

Itu makin terasa lega saat rasio yang ditawarkan sangat luas. Hadir dengan Teknologi NanoEdge Display memungkinkan bezel layar Zenbook 14 OLED (UM3402). punya screen-to-body ratio hingga 92%. Seakan rasio layarnya dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif.

 

Lanjut ke urusan kualitas visual yang dihasilkan tentu saja akurat karena sudah memiliki Color gamut hingga 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display. ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

 

Kualitas yang dihadirkan pada layar Zenbook 14 OLED (UM3402 sudah masuk ke level pekerja kreatif. Jelas saja laptop sangat ideal buat para pengguna yang ingin produktif, inovatif dan kreatif. Hasilnya semua konten yang ditampilkan oleh ASUS OLED dijamin akurat sesuai dengan apa yang ingin ditampilkan oleh sang pembuat konten. Setelahnya juga bisa memaksimalkan kegiatan lainnya yang ingin pengguna inginkan.

 

Lalu muncul pertanyaan, layar OLED sangat cerah apakah berpengaruh pada masukan cahaya pada mata?

Tentu saja tidak, karena ASUS sudah menyematkan fitur berupa Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang.

 

Bahkan pada laptop ASUS yang sudah menggunakan OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Artinya aman digunakan pada ruangan atau oudoor sesuai brightness yang akan menyesuaikan sesuai keadaan ruangan.

 

Desain Menawan Khas Zenbook

Pada Zenbook 14 OLED (UM3402) tidak hanya tampil elegan dan mewah, tetapi juga dibekali fitur-fitur yang dapat mempermudah penggunanya. Paling inovatif dan jadi ciri khas ASUS tentu saja dengan adanya  180° ErgoLift Hinge. Fitur ini juga mampu mengatur sirkulasi udara yang ada di bawah kolong laptop sehingga hawa panas bisa cepat dibuang. Selain itu posisi ini sangat nyaman buat diajak ngetik dalam jangka panjang.

 

Ada juga fitur yang ASUS beri nama yaitu NumberPad 2.0 bisa membantu pengguna untuk melakukan input angka secara lebih cepat, dan sensor pembaca sidik jari yang terintegrasi dengan tombol power membuat proses login menjadi lebih cepat dan mudah. Lokasinya yang berada di touchpad, membuat proses input angka jadi lebih mudah dan praktis.

 

ASUS juga memperkenalkan teknologi ErgoSense Keyboard yang hadir untuk membuat pengalaman mengetik di Zenbook 14 OLED (UXM402) menjadi sempurna. ErgoSense Keyboard menggabungkan desain keyboard full-size dengan key pitch 19,05mm dan key travel sejauh 1,4mm sehingga dapat menghadirkan pengalaman mengetik layaknya menggunakan keyboard PC desktop dengan tingkat akurasi dan kenyamanan yang tinggi.

 

Pada ErgoSense Keyboard juga ditemani dengan touchpad yang dilapisi oleh lapisan hydrophobic yang membuat permukaannya memiliki sentuhan yang lebih halus dan memudahkan pengguna Zenbook 14 OLED (UM3402) untuk menggunakan berbagai gesture.

 

Kualitas Kamera Webcam Jempolan Buat Conference

Buat yang menjadikan meeting online sebagai aktivitas, Zenbook 14 OLED (UM3402) juga merupakan perangkat yang andal untuk menunjang aktivitas tersebut. Adanya Teknologi 3DNR pada kamera di Zenbook 14 OLED (UM3402) memungkinkan penggunanya untuk tetap dapat melakukan video conference dalam kondisi yang minim cahaya dengan noise yang minim.

 

Selama ini, Laptop umumnya punya kualitas gambar dan suara yang buruk, ini membuat proses saat meeting jadi tak maksimal. ASUS sadar dengan ini dengan meningkatkan sejumlah aspek. Mulai dari dengan hadirnya  teknologi ASUS AI Noise-Cancelling, pengguna Zenbook 14 OLED (UM3402) tidak perlu khawatir dengan suara bising di sekitarnya saat melakukan online conference call.

 

Kini dengan hadirnya Zenbook 14 OLED (UM3402)  ini menjawab perkembangan kamera webcam pasca pandemi yang jauh mumpuni. Kualitasnya sudah Full HD 1080p. Kualitas ini bisa memberikan tampilan yang lebih tajam setara kamera ponsel. Ini jadi tak sabaran buat melakukan conference meeting karen keunggulan dari kamera Zenbook 14 OLED (UM3402) bisa optimal dan tentu saja kualitas noice yang minim selama meeting.

 

Tentu saja saat meeting, internet harus tetap lancar jaya karena telah ada WiFi 6E yang memungkinkan laptop ini untuk terhubung ke jaringan WiFi 6GHz yang lebih kencang. Selain itu, Zenbook 14 OLED (UM3402) tetap dibekali dengan Bluetooth 5 yang dapat mempermudah penggunanya untuk menghubungkan berbagai perangkat mulai dari mouse hingga headphone nirkabel.

 

Selain itu, ASUS juga melengkapi kamera di laptop ini dengan fitur infra merah dalam deteksi pengenalan wajah sebagai otentikasi biometrik Windows Hello. Fitur ini yang paling sering saya gunakan karena membuat keamanan laptop meningkat.

 

Selain webcam, fitur lain yang memuaskan dari laptop ini ada di sisi audionya. Sistem audionya sudahmemiliki sistem suara stereo Dolby Atmos® yang tersertifikasi Harman Kardon, dengan dukungan Smart Amplifier yang dapat meningkatkan volume hingga 3,5x lebih kencang daripada amplifier standar.

 

Bersama dua standar itu, ASUS juga melengkapi laptop ini dengan Smart Amp dan Audio Booster, yang bisa meningkatkan kualitas suara lebih jauh lagi. Meskipun kecil, ASUS Zenbook S 13 OLED UX5304 sangat cabe rawit dari kualitas suara yang dihasilkan dan bisa diadu.

 

Apalagi daya baterai yang cukup besar. Dukungan baterai 75Wh, Zenbook 14 OLED (UM3402) mampu bertahan hingga lebih dari 9 jam penggunaan berdasarkan uji baterai menggunakan PCMark 10 Battery Benchmark pada mode Modern Office.

 

Ringkas Namun Konektivitas Lengkap

Masalah konektivitas malah lengkap meskipun hanya berukuran 1 cm saja. Terdapat sejumlah Port yang ada di laptop ini terdiri dari USB 3.2 Type-A, HDMI, 3.5mm combo audio jack, serta sebuah SD card reader.

 

Di samping itu, Zenbook 14 OLED (UM3402) juga dibekali dengan dua port USB 3.2 Type-C yang mendukung fitur DisplayPort serta power delivery sehingga penggunanya tidak lagi membutuhkan dongle. Itu juga sudah termasuk dengan mendukung pengisian daya dan transfer data cepat hingga 40Gbps.

 

Tentu makin lengkap dengan berbagai fitur berupa Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas kamu sepanjang hari.

 

Dilengkapi Office Pre-Installed 

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. 

 

Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda. 

 

Prosesor Gahar terbaru di Zenbook 14 OLED (UM3402)

ditenagai prosesor AMD Ryzen 5000 Series. Zenbook 14 OLED (UM3402), laptop ultra-portable yang ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen 5000 Series.  Prosesor ini punya konfigurasi 6-core/12-thread, 16MB cache, up to 4.3 GHz max boost, serta grafis AMD Radeon Graphics. Pada versi AMD Ryzen ini juga dilengkapi RAM 8GB LPDDR5 dan Storage SSD NVMe M.2 dengan kapasitas 512GB. Selain itu, memori penyimpanannya sama-sama berjenis SSD PCIE 4.0 Performance dengan kapasitas sampai 512 GB. Baterai yang dipasangkan di dalamnya juga punya daya tahan yang panjang.

 

Meski ringkas, Zenbook 14 OLED (UM3402) tetap mampu tampil dengan performa komputasi yang dapat diandalkan. Ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 5 5625U yang menggunakan konfigurasi 6 core dan 8 thread serta dibekali chip grafis terintegrasi AMD Radeon™ Graphics, Zenbook 14 OLED (UM3402) dipastikan dapat memenuhi kebutuhan harian.

 

Buat yang belum tahu, Laptop dengan prosesor AMD Ryzen™ 5000 memberikan solusi buat permasalahan ini karena bukan hanya mampu memberikan tenaga yang lebih gahar, prosesor tersebut juga dapat memperpanjang masa pakai baterai.

 

AMD Ryzen™ 5000 memperkuat masa pakai baterai laptop hingga dua jam lebih lama daripada prosesor lain. Untuk penggunaan harian, rata-rata laptop dengan AMD Ryzen™ 5000 dapat bertahan sampai 17,5 jam pemakaian. Sementara itu, untuk menonton film, prosesor ini membuat laptop dapat bertahan hingga 21 jam!. Berdasarkan pengujian internal ASUS Indonesia, baterai 75Wh tersebut bisa bertahan hingga 18 jam pemakaian normal

 

Punya Ragam  Ekosistem Khas Zenbook di Fitur MyASUS

Urusan premium tak melulu urusan hardware semata, namun mengedepankan software pendukung. Laptop modern tentunya punya segudang fitur khusus dalam proses keamanan data dan transfer dalam. Salah satunya adalah fitur MyASUS, fitur killer dalam pemakaian laptop harian.


Pertama ada Battery Health Charging, memungkinkan kamu mengatur kapasitas maksimal pengisian baterai. Tersedia pilihan berupa: Full Capacity, 100%, Balanced, sampai 80%, dan Maximum Lifespan, sampai 60%.

 

Kedua ada TaskFirst, memungkinkan kamu mengatur prioritas pemakaian koneksi internet. Jenis aktivitas apa yang diutamakan dalam akses koneksi internet. Pengguna bisa memilih aktivitas Produktivitas dan Komunikasi, Multimedia Streaming, Game, bahkan layar eksternal.

 

Terakhir ada Link to MyASUS, memungkinkan laptop Zenbook 14 OLED (UM3402) terhubung dengan perangkat lainnya semisal ponsel. Fitur yang bisa dilakukan melakukan transfer file, berbagi layar, atau melakukan kegiatan komunikasi. Ponsel menggunakan OS Android dan IOS bisa terkoneksi pada fitur ini, cukup dengan menginstal aplikasi Link to MyASUS di Play Store atau dari App Store.

 

Kesimpulan Akhir

Setelah kita ngomong panjang lebar, akhirnya sampai pada tujuan akhir yaitu kesimpulan. Buat saya pribadi, ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402). Menyasar begitu banyak para pekerja dan eksekutif dengan mobilitas tinggi. Tentunya tetap trendi dan tentu saja menjadikan mereka ibarat lampu sorot saat laptopnya dibuka dan memulai kerja dan hiburan.

Akhir kata, semoga tulisan ini menginspirasi kita semua. Sekaligus menggambarkan kisah penulis dengan studi, pekerjaan, dan berkreasi. Membagi waktu terasa mudah dengan perangkat yang tepat. ASUS Zenbook 14 OLED (UM3402) adalah jawabannya.

 

Semoga tulisan ini menginspirasi kita semua, akhir kata Have a Nice Days. Berikut ini spesifikasi lengkapnya, tercantum di tabel pada bawah ini.


Main Spec.

Zenbook 14 OLED (UM3402)
   
CPU   
   
AMD Ryzen™ 5 5625U Mobile Processor
   
(6-core/12-thread, 16MB cache, up to   4.3 GHz max boost)   
   
Operating   System   
   
Windows 11 Home   
   
Memory   
   
8GB LPDDR5   
   
Storage   
   
512GB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD   
   
Display   
   
14-inch, 2.8K (2880 x 1800) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms,   550nits,
   
DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black   
   
Graphics   
   
AMD Radeon™ Graphics   
   
Input/Output   
   
1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x   Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, 1x HDMI 2.0b, 1x   3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader   
   
Connectivity   
   
Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual   band) 2*2 + Bluetooth 5   
   
Camera   
   
Up to 1080p FHD camera   
   
Audio   
   
Smart Amp Technology, Built-in speaker, Built-in   microphone, harman/kardon certified   
   
Battery   
   
75Wh, 2S2P, 4-cell Li-ion   
   
Dimension    
   
31.36 x 22.06 x 1.69 ~ 1.69 cm   
   
Weight   
   
1.39 Kg   
   
Colors   
   
Jade Black   
   
Price   
   
Rp11.999.000   
   
Warranty   
   
2   tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty   
Share:

0 komentar:

Post a Comment

ROG Phone 8

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer

Part of EcoBlogger Squad

Part of EcoBlogger Squad