Thursday, February 29, 2024

Seberapa Pentingkah Kehadiran Internet Gratis?

Internet diakui sebagai sarana utama untuk mendapatkan informasi terkini, memperluas wawasan, dan mengakses sumber daya pendidikan. Dengan akses yang merata, masyarakat dapat meningkatkan keterampilan, membuka peluang pekerjaan, dan memperkuat daya saing dalam ranah ekonomi global.

 

Dalam konteks era digital, di mana transformasi teknologi telah membentuk cara hidup dan berinteraksi, internet dinilai setara dengan kebutuhan pokok lainnya. Adanya akses internet yang merata dianggap sebagai langkah esensial dalam memajukan masyarakat ke arah yang lebih inklusif dan berdaya saing. Ada banyak aspek yang terbantu dari pendidikan, pengetahuan, pengembangan usaha hingga konektivitas sosial melalui internet gratis.

 

Realisasi ini sudah dicoba dengan meluncurkan satelit terbaru bernama Merah Putih 2. Diluncurkan dengan bantuan Falcon 9 SpaceX dari landasan Cape Canaveral, Florida, AS. Memiliki teknologi mumpuni berupa HTS yang dibawanya, satelit ini dikhususkan untuk pemerataan layanan internet di RI yang siap beroperasi pada April 2024. Siap lebaran, internet kita di pelosok makin ngebut dan merata.

Sebagai gambaran realitas untuk saat ini, penetrasi internet Indonesia belum sepenuhnya terserap dengan baik. Menurut laporan We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia telah mencapai 213 juta orang per Januari 2023. Jumlah ini setara 77% dari total populasi Indonesia yang sebanyak 276,4 juta orang pada awal tahun ini. Jumlah pengguna internet di Tanah Air naik 5,44% dibandingkan tahun sebelumnya.

 

Meski demikian, Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak penduduknya belum terkoneksi internet. We Are Social melaporkan, ada 63,51 juta penduduk di seluruh Tanah Air yang belum terkoneksi internet hingga awal 2023. Adapun jumlah tersebut menjadi yang terbesar kedelapan secara global. Sementara, posisi pertama ditempati oleh India dengan 730,02 juta penduduk belum terkoneksi internet.


Seberapa Penting Kehadiran Internet

Pentingnya internet gratis sangat bergantung pada konteks dan situasi penggunaannya. Bagi banyak orang di seluruh dunia, khususnya di negara-negara berkembang, akses internet gratis dapat menjadi sumber pengetahuan, komunikasi, dan akses ke layanan penting.

 

Alasan pertama berupa akses informasi, Internet gratis memungkinkan individu untuk mengakses informasi yang diperlukan untuk pendidikan, pekerjaan, kesehatan, dan banyak aspek kehidupan lainnya. Ini membantu dalam meningkatkan akses terhadap pengetahuan dan sumber daya yang mungkin sulit diakses secara konvensional.

Alasan kedua berupa peningkatan pemberdayaan ekonomi, ini akan memperluas peluang ekonomi dengan memberikan akses ke pasar global, pelatihan online, dan peluang pekerjaan lewat internet. Termasuk juga memungkinkan individu untuk tetap terhubung dengan teman, keluarga, dan rekan kerja mereka melalui email, media sosial, dan aplikasi pesan.

 

Alasan terakhir tentu saja dalam akses kebutuhan, ketergantungan pada internet gratis juga bisa menjadi masalah, karena beberapa orang mungkin tidak belajar memanfaatkan internet secara efektif atau mengandalkan sumber daya yang mungkin tidak selalu dapat diandalkan.

Fungsi internet gratis dapat sangat penting dalam memfasilitasi akses informasi, komunikasi, dan pembangunan ekonomi, terutama bagi mereka yang mungkin tidak mampu membayar akses internet. Namun, penting untuk mempertimbangkan berbagai aspek dari penggunaan internet gratis, termasuk dampak sosial, ekonomi, dan kesejahteraan individu.

 

Muncul Pertanyaan, Lebih Butuh Internet Gratis atau Internet Cepat?

Baiklah, pada pengadaan internet gratis dapat menjadi solusi bagi mereka yang memiliki keterbatasan finansial atau tinggal di daerah dengan akses internet terbatas. Meskipun mungkin memiliki kecepatan yang lebih lambat atau batasan akses, internet gratis masih memberikan akses ke informasi dasar dan sumber daya online.

Ini cukup baik dirasa terutama dalam membantu meningkatkan inklusi digital dan akses masyarakat terhadap informasi dan layanan online. memerlukan biaya langganan, ini acapkali dianggap sebagai kebutuhan untuk kegiatan sehari-hari, termasuk pekerjaan, pendidikan, hiburan, dan komunikasi.

 

Sedangkan pada internet ngebut ini berada pada kebutuhan yang sifatnya khusus seperti dukung dalam streaming video berkualitas tinggi, bermain game online, mendownload file besar, dan melakukan pekerjaan online dengan efisien. Internet cepat sering diperlukan oleh bisnis dan industri untuk menjalankan operasi mereka dengan lancar dan efisien.

 

Mengenal Jauh Program Internet Gratis

Program internet gratis merujuk pada inisiatif atau program yang diselenggarakan oleh pemerintah, organisasi nirlaba, atau perusahaan swasta untuk menyediakan akses internet kepada masyarakat tanpa biaya atau dengan biaya yang sangat rendah.

 

Tujuan utama dari program ini adalah untuk memperluas akses internet kepada individu atau komunitas yang mungkin tidak mampu membayar layanan internet secara reguler. Berbagai aspek yang ditekankan berupa pengadaan Wi-Fi Publik, kehadiran paket internet gratis yang ditujukan pada individu atau keluarga dalam pemenuhan kebutuhannya terutama yang bersifat wajib.

Hingga pada kemitraan dengan perusahaan telekomunikasi untuk menawarkan layanan internet gratis atau dengan harga yang sangat terjangkau kepada masyarakat tertentu. Di dalamnya termasuk dengan pembangunan infrastruktur internet dasar, seperti kabel serat optik atau jaringan nirkabel, untuk memperluas jangkauan akses internet di daerah-daerah yang kurang terlayani.

 

Tak hanya di internet gratis yang ditawarkan, ada sejumlah pembekalan dalam wujud pendidikan dan pelatihan agar pengguna bisa belajar dengan menggunakan internet gratis menjadi internet baik dan kreatif terutama sekali dalam menggali skill baru.

 

Tujuan dari program-program ini adalah untuk mengurangi kesenjangan digital dan meningkatkan akses ke informasi, pendidikan, pekerjaan, dan layanan kesehatan bagi masyarakat yang kurang mampu. Meskipun ada berbagai tantangan dalam implementasi dan pemeliharaan program-program ini, upaya untuk menyediakan akses internet gratis ke seluruh penjuru negeri.

 

Ada banyak pihak yang diuntungkan dalam program ini, memang suara sumbang selalu berkata: Yang diuntungkan tentu saja pemerintah, pejabat setempat, dan pengusaha yang terlibat dalam proyek ini. Namun nyatanya dalam praktik semua pihak diuntungkan dari program ini.

Pihak yang pertama merasakan dampaknya datang dari kalangan masyarakat kurang mampu: Salah satu kelompok yang paling diuntungkan adalah masyarakat miskin dan kurang mampu yang sebelumnya tidak mampu untuk membayar akses internet. Program internet gratis memberikan mereka akses ke informasi, pendidikan, peluang kerja, dan layanan penting lainnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

 

Selanjutnya ada para pelajar dan pendidik: Program internet gratis memungkinkan mereka untuk mengakses materi pembelajaran, kursus online, dan sumber daya pendidikan lainnya yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

 

Para pelaku UKM juga mengambil manfaat dari program internet gratis dengan memanfaatkannya untuk memperluas jangkauan pasar mereka, meningkatkan promosi dan pemasaran, serta mengakses sumber daya bisnis dan pelatihan online. 

Pada pemerintah juga berguna karena saat ini pemerintah sudah menerapkan sistem berbasis digital. Ini mampu membuat pekerjaan jadi cepat. Selama ini, tidak semua instansi pemerintah punya akses internet yang cukup baik. Hadirnya internet gratis mampu mendukung kinerja jadi lebih baik karena banyak pekerjaan kantor yang tertunda karena tidak adanya internet.

 

 

Terakhir tentu saja yang diuntungkan adalah pengguna secara umum. Jumlahnya paling besar dan bisa bermanfaat dalam mendukung berbagai pekerjaan dan bisnisnya. Selain itu, pengguna internet secara umum juga dapat diuntungkan dari program internet gratis dengan meningkatkan akses ke informasi, layanan, dan komunikasi yang memungkinkan mereka untuk terhubung dengan dunia secara lebih luas.

 

Dampak Nyata Atas Hadirnya Internet Gratis

Program internet gratis memiliki dampak besar yang dapat memengaruhi berbagai aspek kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya. Internet ini dampaknya besar dan ada banyak aspek yang dirasakan oleh masyarakat secara nyata.

 

Ini dimulai dari akses informasi jadi lebih luas. yang berdampak pada pengetahuan masyarakat. Akses tanpa batas ini juga mampu meningkatkan literasi masyarakat terutama dalam berita yang dicerna. Sudah pasti hoax akan terkikir secara perlahan-lahan berkat akses tanpa batas tersebut. Masyarakat tentunya jadi lebih teredukasi.

 

Program internet gratis memungkinkan individu dari berbagai lapisan masyarakat untuk mengakses informasi yang luas dan beragam. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan pendidikan bagi mereka yang sebelumnya terbatas dalam akses informasi. Selain itu pengaruh ekonomi terutama dalam hal peluang kerja dan bisnis online. Ini jelas akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Internet gratis mampu menunjang akses pendidikan dan pembelajaran online. Ini memungkinkan akses ke kursus online, sumber belajar, dan pelatihan keterampilan, yang dapat meningkatkan kesempatan pendidikan bagi mereka yang sebelumnya terbatas. Termasuk di dalamnya interaksi sosial antar pengguna dalam membangun solidaritas.

 

Peningkatan akses kesehatan yang memungkinkan individu untuk mencari informasi kesehatan, konsultasi medis online, dan mengakses sumber daya kesehatan yang diperlukan. Ini dapat meningkatkan kesadaran akan masalah kesehatan, memungkinkan deteksi dini penyakit, dan meningkatkan akses ke layanan kesehatan.

 

Meskipun program internet gratis memiliki dampak yang positif, penting untuk diingat bahwa ada juga tantangan dan risiko yang terkait, termasuk keamanan data, privasi, dan ketergantungan pada teknologi. Oleh karena itu, penting untuk merancang dan mengelola program-program ini dengan bijaksana, dengan memperhatikan kebutuhan dan kepentingan masyarakat yang dilayani.

 

Dampak Buruk dari Program Internet Gratis

Meskipun program internet gratis memiliki banyak manfaat, ada beberapa dampak buruk yang juga perlu dipertimbangkan terutama buat generasi muda. Ada banyak penyalahgunaan internet yang awalnya bisa menjadi sarana penunjang namun menjadi masa sosial baru.

 

Internet bisa dibilang kebutuhan selain dari masalah sosial bila digunakan dengan cara yang tidak tepat. Dampak pertama yang paling dirasakan tentu saja berupa ketergantungan pada internet. Terutama jika digunakan secara berlebihan atau tanpa pengawasan. Ini dapat mengarah pada gangguan kesehatan mental, seperti gangguan tidur, stres, atau kecanduan internet.

 

Masalah privasi juga melanda khususnya dari proses pengumpulan data oleh penyedia layanan, baik itu pemerintah atau perusahaan swasta. Ini dapat menimbulkan masalah privasi bagi pengguna yang tidak menyadari risiko yang terlibat.

Lalu namanya internet gratis, sudah pasti kita harus menurunkan standar kita terutama kualitas layanan. Sudah pasti kecepatannya lambat dan bandwidthnya dibatasi karena banyaknya pengguna dalam mengakses. Tentu ini dapat menghambat kemampuan pengguna untuk mengakses konten atau layanan secara efektif.

 

Gangguan pada Ekosistem Bisnis: Program internet gratis dapat mengganggu ekosistem bisnis lokal dengan mengurangi permintaan terhadap layanan internet berbayar. Ini dapat mempengaruhi pendapatan perusahaan telekomunikasi dan mendorong mereka untuk mengurangi investasi dalam infrastruktur dan inovasi.

 

Faktor lainnya tentu saja ada banyak ancaman siber, ini mirip dari penyalahgunaan data pengguna. Tentu saja ada banyak yang dikorbankan terutama sekali serangan siber. Hampir semua orang diberikan akses internet yang berdampak makin banyak target siber yang diincar terutama dari kalangan orang tua.

 

Terakhir tentu saja, bagaimana konten tidak sehat yang merugikan karena aksesnya sudah tanpa batas. Para anak-anak dan remaja tentu dengan mudah terpengaruh dari dampak buruk. Internet gratis juga menjurus pada internet bebas, butuh regulasi ketat karena internet positif saat ini saja banyak celahnya. Paling berdampak terutama pengguna muda yang terkena konten buruk dan para generasi tua yang terpapar konten hoaks

 

Oleh karena itu, penting bagi penyelenggara program internet gratis untuk memperhatikan dan mengatasi dampak-dampak buruk ini dengan cara yang sesuai. Ini termasuk menyediakan pendidikan tentang penggunaan internet yang bertanggung jawab, melindungi privasi pengguna, dan memastikan bahwa program tersebut memberikan manfaat yang seimbang bagi masyarakat secara keseluruhan.

 

Implementasi Pelaksanaan Internet Gratis

Implementasi pelaksanaan internet gratis dapat melibatkan beberapa langkah dan strategi, tergantung pada konteks dan tujuan dari program tersebut. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan sangat matang karena ini program terdengar begitu gampang diucapkan namun ada banyak hal yang perlu dipersiapkan.

 

Pertama sekali tentu saja studi dan perencanaan awal. Mulai dari mendata daerah yang belum memiliki akses internet. Indonesia masih sangat sedikit masyarakat yang punya penetrasi internet sama baiknya terutama yang tinggal di pedesaan.

 

Bila dirasa sudah cukup matang dari studi awal, kini saatnya berlanjut ke tahap pemilihan model program. Apakah misalnya dengan membangun banyak BTS yang menjangkau ke desa-desa atau bahkan balon udara seperti yang dilakukan oleh Google. Bahkan paling ekstrem seperti yang dilakukan oleh Starlink dengan membuat satelit kecil. Lalu model-model ini bisa berupa penyediaan akses Wi-Fi publik, subsidi langganan internet, atau kemitraan dengan penyedia layanan internet komersial. Awas ya, jangan sampai ada kasus korupsi BTS seperti yang sudah kejadian beberapa waktu lalu.

 

Tahapan selanjut dengan cara melakukan kemitraan antara pemerintah, organisasi nirlaba, sektor swasta, dan masyarakat sipil. Kerja sama dan koordinasi antara berbagai pemangku kepentingan sangat penting untuk kesuksesan program. Ini bertujuan dalam melakukan pengadaan dan pemasangan infrastruktur yang diperlukan untuk menyediakan akses internet gratis. Ini bisa meliputi instalasi jaringan Wi-Fi, pembangunan tower atau infrastruktur nirkabel lainnya.

 

Jangan lupakan juga regulasi yang diterapkan terutama dalam kebijakan privasi data, keamanan jaringan, dan akses yang adil dan merata bagi semua warga. Ini juga harus dibarengi tentu saja dengan sosialisasi dengan masyarakat yang mendapatkan internet gratis. Misalnya saja seperti program pelatihan penggunaan internet, kampanye kesadaran, dan dukungan teknis bagi pengguna baru.

 

Terakhir tentu saja proses evaluasi dan monitoring dari program yang berjalan, Bisa saja per kuartal atau tahunan. Tujuannya tentu saja memastikan tercapai dalam penerima internet gratis serta masalah dalam setiap bidang implementasi sehingga semua bisa merasakan internet gratis dengan layanan terbaik. Termasuk di dalamnya masyarakat yang sudah teredukasi.

 

Kendala dalam Implementasi Program Internet Gratis

Implementasi program internet gratis bisa dihadapkan pada sejumlah kendala, yang bisa bersifat teknis, kebijakan, atau sosial. Jelas ada banyak suara sumbang yang hadir bila program ini jalan. Mulai dari masalah buang-buang anggaran, ketidaksiapan infrastruktur hingga tentu saja permasalahan sosial yang terjadi setelah.

 

Segala program memang menghadirkan pro dan kontra hingga akhirnya program tersebut berjalan semestinya. Berikut ini sejumlah kendala yang bisa terjadi dalam proses hingga program ini berjalan dengan maksimal.

 

Pertama tentu saja urusan infrastruktur, sebagai gambaran saat ini, Ada begitu banyak ketimpangan pembangunan antara di pedesaan dan perkotaan. Urusan pemenuhan internet sama sulitnya dalam membangun infrastruktur jalan atau jembatan. Butuh dukungan hingga setiap orang bisa mendapatkan internet yang layak sama halnya dengan air bersih.

 

Kedua tentu saja urusan biaya, sumber pendanaan yang tidak mencukupi atau tidak stabil dapat menjadi kendala serius dalam implementasi program internet gratis. Terkadang, program-program ini mengandalkan dana pemerintah, bantuan luar negeri, atau dukungan swasta, yang mungkin tidak selalu tersedia secara konsisten.

 

Itu belum lagi dengan proses pemeliharaan setiap jaringan hingga pelosok. Mulai dari biaya perangkat keras, biaya koneksi internet, dan biaya operasional lainnya. Ini harus dilakukan dalam jangka pendek, menengah dan panjang. Bila tidak, investasi yang sudah besar dikucurkan akan jadi sia-sia.

 

Ketiga tentu saja masalah dalam regulasi yang dibuat, ini tentunya mempertimbangkan banyak. Apakah itu dengan penerapan regulasi seperti UU ITE hingga regulasi dalam pembatasan akses internet sehat pada usia dan lingkup tertentu. Kebijakan ini harus jelas karena urusan teknologi kadang melebihi perkembangan UU seperti yang pernah terjadi sebelumnya.

 

Keempat tentu saja bagaimana masyarakat siap akan digitalisasi, Tak hanya dalam hal penetrasi internet saja, mulai dari perangkat pendukung dalam mengakses internet. Rasanya akan sia-sia membangun internet hingga pelosok desa tapi tak digunakan karena masyarakat masih belum melek teknologi. Sosialisasi awal sangat penting karena internet jadi akses masyarakat desa ke arah global.

 

 

Terakhir tentu saja urusan privasi, ini jadi hal yang sangat konsen bagi saya prubadi. Perlindungan terhadap data pribadi pengguna dan keamanan jaringan harus menjadi prioritas utama untuk mencegah penyalahgunaan dan pelanggaran privasi.

 

So… segala kendala tersebut bisa menjadi alasan kuat dalam hal pelaksanaan program internet gratis. Rasanya saat program ini berhasil selesai, akan jadi lompatan besar dalam penetrasi internet dan bahkan menjadi masyarakat digital terbesar di dunia.

 

Lalu, muncul pertanyaan, siapakah yang paling layak mendapatkan internet gratis?

Pemberian internet gratis nyatanya bukan diberikan cuma-cuma tapi menyasar kalangan masyarakat tertentu yang membutuhkan internet. Mereka ini datang dari berbagai kalangan yang tentunya sangat butuh dan selama ini terkendala masalah koneksi dan paket data dalam akses internet. Berikut ini sejumlah pembagiannya:

 

Masyarakat kurang mampu masih prioritas karena memiliki pendapatan rendah seringkali tidak mampu membayar langganan internet. Memberikan akses internet gratis kepada mereka dapat membantu mengurangi kesenjangan digital dan memberikan kesempatan yang lebih besar untuk mengakses informasi, pendidikan, dan peluang ekonomi.

 

Ada juga para pelajar dan mahasiswa, sangat layak karena selama ini sangat mengandalkan internet untuk belajar dan mencari informasi. Memberikan akses internet gratis kepada mereka dapat membantu meningkatkan aksesibilitas pendidikan dan memungkinkan mereka untuk mengakses sumber daya pembelajaran online dengan lebih mudah.

 

Secara kelompok program internet gratis sangat membantu terutama komunitas di daerah pedesaan dan terpencil. Memberikan akses internet gratis kepada komunitas-komunitas ini dapat membantu mengatasi isolasi dan meningkatkan konektivitas dengan dunia luar, termasuk akses ke layanan kesehatan, pendidikan, dan peluang ekonomi.

 

Terakhir tentu saja para anak-anak dan remaja, mereka mengandalkan internet untuk pembelajaran, hiburan, dan interaksi sosial. Tapi dengan catatan berada di bawah kontrol orang tua, pemerintah harus mencari solusi ini dalam akses anak-anak pada internet namun berada di kontrol orang tua.

 

Memberikan akses internet gratis kepada mereka dapat membantu memastikan bahwa mereka memiliki akses terhadap informasi yang aman dan bermanfaat, serta mencegah mereka terjerumus ke dalam konten yang tidak pantas atau berbahaya secara online.

 

Hadirkan program internet gratis tentunya memastikan kepada mereka yang membutuhkan. Serta bisa memanfaatkannya dengan baik merupakan langkah penting untuk mencapai inklusi digital yang lebih luas.

 

Jadi nantinya yang rugi siapa dong, apa konter pulsa?

Jelas tidak karena mereka punya segmentasi sendiri yang berada di luar dari konteks penerima internet gratis. Bahkan makin diuntungkan karena penetrasi internet makin luas karena sifatnya mampu menggenjot ekonomi mikro.

 

Opsi Lain  dalam Penerapan Program Internet Gratis

ada beberapa opsi lain yang dapat dipertimbangkan dalam penerapan program internet gratis. Bila itu dianggap berupa program final, sebelum sudah banyak program lainnya yang sudah berjalan dengan semestinya.

 

Opsi pertama hadir dari program subsidi layanan internet, dalam hal ini pemerintah atau lembaga nirlaba dapat memberikan subsidi kepada individu atau rumah tangga dengan pendapatan rendah untuk membantu mereka membayar langganan internet bulanan. Subsidi ini dapat membantu memastikan akses internet yang berkelanjutan bagi mereka yang membutuhkannya.

 

Opsi kedua yaitu pengembangan infrastruktur telekomunikasi dan ini sudah lama berjalan. Caranya dengan memperluas jaringan kabel serat optik atau membangun tower seluler baru, dapat membantu meningkatkan akses internet di daerah-daerah yang sebelumnya kurang terlayani.

 

Tak berhenti di situ saja, pemerintah dan lembaga nirlaba dapat membentuk kemitraan dengan penyedia layanan internet komersial untuk menawarkan layanan internet gratis atau dengan harga yang sangat terjangkau kepada masyarakat tertentu. Penyedia layanan internet mungkin memberikan kontribusi dalam bentuk infrastruktur atau biaya layanan yang ditanggung secara parsial.

 

Ada juga pengadaan dalam hal ini perangkat pendukung buat mengakses internet. Bisa saja itu berupa ponsel pintar atau berupa komputer. Ini dapat membantu memastikan bahwa mereka yang memiliki akses internet gratis juga memiliki perangkat yang diperlukan untuk mengaksesnya.

 

Program ini juga satu paket dengan berupa pendidikan dan pelatihan. Misalnya saja masyarakat yang terlibat di dalamnya akan diberikan pelatihan tentang keamanan online, penggunaan alat-alat produktivitas, dan navigasi internet yang aman. Efek jangka panjangnya akan melahirkan para pengguna andal baru di bidang digital.

 

Pilihan-pilihan ini dapat digabungkan atau disesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lokal di masing-masing wilayah. Pendekatan holistik yang melibatkan kerja sama antara pemerintah, sektor swasta, dan masyarakat sipil dapat membantu memastikan kesuksesan program internet gratis dan meningkatkan inklusi digital bagi semua lapisan masyarakat.

 

Lalu kini muncul pertanyaan, apakah pengadaan internet gratis sangat urgen?

Jawabannya tergantung, karena kebutuhan internet berada pada kebutuhan sekunder. Pemerintah juga harus membenahi sejumlah kebutuhan dasar terlebih dahulu yang ada di pedesaan. Bila dirasa siap dan dianggap kebutuhan lainnya sudah mencukupi.

 

Kini saatnya gas program internet gratis, toh buktinya internet dulunya dalam gambaran masih hanya diakses terbatas oleh kalangan tertentu dan dari bilik warnet. Kin bisa diakses bahkan di Tengah hutan atau tengah Samudra dengan koneksi internet super cepat. Menjadi role model dalam perkembangan digital kini. Jadi asalkan berguna, sah-sah saja menjadi program unggulan di masa depan.

 

Semoga tulisan ini menginspirasi kita semua dan akhir kata, have a nice days.


Share:

0 komentar:

Post a Comment

ROG Phone 8

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer

Part of EcoBlogger Squad

Part of EcoBlogger Squad