Saturday, October 1, 2022

5 Cabang dari Ilmu Fisika dalam Kehidupan

Ilmu fisika merupakan salah satu cabang ilmu pengetahuan alam yang mempelajari bagaimana benda dan materi di alam semesta bergerak beserta perilakunya dalam lingkup ruang dan waktu. Ilmu fisika kerap dikaitkan dengan energi dan gaya. Kata fisika sendiri berasal dari bahasa Yunani, di mana Physikos yang berarti keterkaitan dengan semua aspek alam pada tingkat mikroskopik dan submikroskopik.

Ilmu fisika bertujuan untuk mengetahui bagaimana alam semesta bekerja. Yaitu mulai dari planet-planet yang dibahas dalam Astronomi hingga gerak manusia yang dapat menghasilkan gaya melalui aktivitasnya sehari-hari. Ilmu fisika sendiri memiliki ruang lingkup yang sangat. Terdapat banyak sekali cabang ilmu fisika yang menarik dan tentunya berguna diaplikasikan dalam kehidupan kita, yang memudahkan pekerjaan atau sebagai sarana memperluas pengetahuan.

Cabang Ilmu Fisika

1.      Astrofisika

Astrofisika merupakan penggabungan dari ilmu astronomi dan fisika yang secara khusus mempelajari mengenai perilaku, sifat fisik juga dinamika benda atau fenomena langit. Astrofisika kerap kali menerapkan hukum fisika dan kimia untuk menjelaskan kelahiran, kehidupan dan kematian benda-benda langit seperti bintang, planet, galaksi, dan nebula. Ilmu Astrofisika memiliki dua sepupu dalam sains, astronomi dan kosmologi. Di mana Astronomi digunakan untuk mengukur posisi, luminositas, pergerakan dan karakteristik lainnya. Sementara kosmologi menggagas teori fisika untuk struktur terbesar dan alam semesta secara keseluruhan.

2.      Ekonofisika

Ekonofisika merupakan salah satu cabang ilmu fisika yang menarik karena tidak hanya membahas mengenai prinsip-prinsip fisika, namun juga ilmu ekonomi. Ilmu Ekofisika merupakan penggunaan gagasan fisika dalam menganalisa data ekonomi (khususnya keuangan) dengan menggunakan pengalaman-pengalaman dalam menganalisa sistem fisika yang suatu saat tidak tertutup. Sehingga dalam hal ini dapat langsung diterapkan untuk memprediksi hal-hal ekonomi seperti misalnya prediksi fluktuasi harga saham.

3.      Elektronika

Elektronika adalah salah satu bidang fisika yang memiliki banyak aplikasinya dalam hidup sehari-hari. Yaitu mulai dari lampu, televisi, alat pendingin ruangan, dan lainnya. Ilmu Elektronika adalah cabang dari ilmu fisika dan teknik yang mempelajari arus listrik baik lemah ataupun tinggi. Di mana objek studinya terfokus pada pemancaran, perilaku dan dampak elektron serta alat-alat yang digunakan. Elektronika memiliki dua cabang utama, yaitu elektronika padat yang secara khusus mempelajari elektronika tanpa tabung hampa udara atau transistor, dan elektronika semikonduktor yang secara khusus menggunakan komponen semikonduktor untuk transistor.

4.      Fisika Gelombang

Ilmu fisika gelombang adalah salah satu cabang ilmu fisika yang membahas mengenai bagian-bagian inti dari sebuah atom, termasuk atom itu sendiri mirip dengan fisika kuantum. Ilmu fisika gelombang membahas tentang pergerakan elektron dalam sebuah gelombang elektromagnetik. Dalam praktiknya, cabang ilmu ini bisa dipadukan dengan cabang ilmu Fisika Kuantum karena memiliki objek studi yang serupa. Selain itu, ilmu fisika gelombang juga membahas getaran yang merambat pada suatu benda atau media lainnya. Gelombang tersebut biasanya dapat membawa dan meneruskan energi dari satu tempat ke tempat lainnya, seperti gelombang suara, gelombang cahaya, dan lainnya.

5.     Ilmu Fisika kedokteran

Seperti apa yang telah dibahas di atas, bahwa ilmu fisika membahas bagaimana alam bekerja secara keseluruhan, termasuk tubuh manusia. Karena itulah mengapa ada cabang ilmu fisika yang satu ini. Ilmu fisika kedokteran secara khusus mempelajari bidang-bidang medis. Ilmu tersebut membantu proses pengobatan, pengamatan, dan penelitian yang dilakukan oleh para tenaga medis.

Di dalam ilmu fisika kedokteran terdapat beberapa disiplin ilmu seperti:

·       Biomekanika, adalah ilmu yang secara khusus mempelajari gaya dan hukum fluida dalam tubuh manusia.

·       Bioakuistik, adalah cabang ilmu yang mempelajari bunyi pada sel-sel yang hidup.

·       Biooptik, adalah ilmu yang khusus mempelajari mata dan penggunaan alat-alat optik lainnya.

·       Biolistrik, adalah ilmu yang secara khusus mempelajari jantung pada manusia dan hewan-hewan lainnya.

·       Radiasi, adalah ilmu yang secara khusus mempelajari proses dimana energi bergerak lewat ruang sebelum akhirnya diserap oleh benda lain.

Share:

0 komentar:

Post a Comment

Lomba Blog Zenfone 9 by widyanti yuliandari

Kenalan Blogger

My photo
Blogger & Part Time Writer EDM Observer